Galaksi tak beraturan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
NGC 1427A, sebuah galaksi tak beraturan yang berjarak 52 juta tahun cahaya.

Galaksi tak beraturan merupakan sebuah galaksi yang tidak memiliki bentuk beraturan, tidak menyerupai galaksi spiral maupun galaksi eliptis.[1] Bentuk dari galaksi tak beraturan tidaklah umum – galaksi tersebut tidak masuk dalam salah satu kelas yang umum pada sistem klasifikasi Hubble, dan penampilannya kacau, tanpa memiliki tonjolan galaksi maupun struktur lengan spiral.[2] Secara keseluruhan, seperempat dari galaksi yang ada memiliki bentuk tak beraturan. Kebanyakan galaksi tak beraturan sebelumnya merupakan galaksi spiral ataupun eliptis namun bentuknya berubah tak beraturan karena tarikan gravitasi.

Menurut sistem klasifikasi Hubble, ada dua tipe galaksi tak beraturan:[3]

  • Irr I : galaksi memiliki profil asimetris dan tidak memiliki tonjolan pusat atau struktur spiral yang jelas; sebaliknya mereka memiliki banyak kelompok individu dari bintang muda.
  • Irr II : galaksi memiliki penampilan yang lebih halus, asimetris dan tidak dipastikan secara jelas apakah bintang individu atau kelompok bintang.

Klasifikasi galaksi tak beraturan ketiga, di beri label dI atau dIrrs.[4] Tipe galaksi ini saat ini dianggap penting untuk memahami keseluruhan evolusi pada galaksi yang ada, karena tipe galaksi ini cenderung memiliki tingkat metalisitas yang rendah dan cenderung memiliki kandungan gas yang tinggi, dan diperkirakan menyerupai galaksi yang ada pada awal terbentuknya alam semesta.

Beberapa galaksi tak beraturan merupakan galaksi spiral kecil yang terdistorsi oleh gavitasi galaksi tetangga yang lebih besar.

Galaksi awan Magellan awalnya diklasifikasikan sebagai galaksi tak beraturan. Awan Magellan Besar selanjutnya di klasifikasi ulang sebagai tipe SBm [5] sebuah tipe galaksi spiral berbatang. Awan Magellan Kecil tetap masuk dalam klasifikasi galaksi tak beraturan tipe Im pada klasifikasi morfologi galaksi yang ada saat ini, meskipun galaksi tersebut tidak memiliki struktur batang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Butz, Stephen D. (2002). Science of Earth Systems. Cengage Learning. p. 107. ISBN 978-0-7668-3391-3.
  2. ^ Morgan, W. W. & Mayall, N. U. (1957). "A Spectral Classification of Galaxies." Publications of the Astronomical Society of the Pacific. 69 (409): 291–303.
  3. ^ Gallagher, J. S. & Hunter, D. A. (1984). "Structure and Evolution of Irregular Galaxies." Annual Review of Astronomy and Astrophysics. 22: 37-74. DOI:10.1146/annurev.aa.22.090184.000345
  4. ^ Grebel, Eva K. (2004). The evolutionary history of Local Group irregular galaxies. in McWilliam, Andrew; Rauch, Michael (eds) Origin and evolution of the elements. Cambridge University Press. p. 234-254. ISBN 978-0-521-75578-8.
  5. ^ Corso, G. and Buscombe, W. The Observatory, 90, 229 - 233 (1970) On the spiral structure of the Large Magellanic Cloud