Astronomi Yunani Kuno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mekanisme Antikythera adalah sebuah komputer analog dari 150–100 SM yang dirancang untuk mengkalkulasikan posisi objek-objek astronomi.

Astronomi Yunani adalah astronomi yang ditulis dalam bahasa Yunani pada zaman klasik. Astronomi Yunani dipelajari pada zaman Yunani Kuno, Helenistik, Yunani-Romawi, dan Zaman Kuno Akhir. Ilmu tersebut tak hanya terbatas secara geografi untuk Yunani atau orang yang beretnis Yunani, karena bahasa Yunani menjadi sekolah perguruan di seluruh dunia Helenistik setelah penaklukan-penaklukan yang dilakukan oleh Alexander. Fase dari astronomi Yunani ini juga dikenal sebagai astronomi Helenistik, sementara fase pra-Helenistik dikenal sebagai astronomi Yunani Klasik. Pada zaman Helenistik dan Romawi, kebanyakan astronom Yunani dan non-Yunani yang bekerja dalam tradisi Yunani belajar di Musaeum dan Perpustakaan Aleksandria di Mesir Ptolemaik.

Pengembangan astronomi oleh para astronom Yunani dan Helenistik dianggap oleh para sejarawan sebagai fase utama dalam sejarah astronomi. Ilmu tersebut dipengaruhi oleh astronomi Mesir dan secara khusus astronomi Babilonia; dan mempengaruhi astronomi astronomi India, Arab-Islam dan Eropa Barat.

Astronom kuno terkenal[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Astronomi Yunani