Mekanisme Antikythera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bagian utama mekanisme Antikythera berupa roda gigi berukuran besar.
Hasil penciptaan ulang mekanisme Antikythera pada tahun 2007.

Mekanisme Antikythera adalah sebuah kalkulator mekanik yang diyakini sebagai salah satu cikal bakal komputer mekanik di dunia. Alat ini ditemukan (bukan diciptakan) oleh arkeolog Valerios Stais pada tahun 1901 di sebuah kapal karam di lepas pantai Antikythera, sebuah pulau di antara Kreta dan Peloponnesos, Yunani. Alat ini ditelusuri umur penggunaannya melalui temuan koin yang juga terdapat di bangkai kapal tersebut. Ada koin dari Pergamon, diprediksi diciptakan antara 86 dan 67 SM, dan koin dari Efesus, diciptakan antara 70 SM dan 60 SM. Ini berarti kapal tenggelam antara 70 dan 60 SM. Perangkat ini adalah perangkat paling kompleks yang dikenal di zaman purbakala. Baru pada abad ke-14 manusia memiliki pengetahuan untuk membangun perangkat serupa.

Alat ini terdiri dari serangkaian roda gigi yang bekerja serangkai seperti yang terdapat pada jam mekanik. Ada tiga tombol besar dan satu tombol kecil yang juga melengkapi alat ini. Melalui model matematika, diketahui bahwa ditemukan bahwa alat tersebut dapat digunakan untuk mengkalkulasi posisi matahari, bulan, dan mungkin beberapa planet. Hal ini memungkinkan penggunaan perangkat sebagai kalender. Fungsinya sebagai kalender dapat digunakan untuk tujuan seperti berikut.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Antikythera Mechanism Research Project", The Antikythera Mechanism Research Project. Retrieved 2007-07-01 Quote: "The Antikythera Mechanism is now understood to be dedicated to astronomical phenomena and operates as a complex mechanical 'computer' which tracks the cycles of the Solar System".
  2. ^ Price, Derek J. de Solla 1975. Gears from the Greeks: The Antikythera mechanism: a calendar computer from ca. 80 BC. New York: Science History Publications. ISBN 0-87169-647-9.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]