Astronomi trotoar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Seorang astronom trotoar sedang melakukan kegiatan pemgamatan

Astronomi trotoar adalah salah satu metode kegiatan astronomi dimana seorang astronom menggunakan tempat-tempat publik (misalnya perkotaan) untuk melakukan kegiatan pengamatan astronomi. Orang pada umumnya akan menganggap bahwa hanya bisa melihat benda langit saat berada di tempat yang gelap, namun itu ternyata jauh dari kenyataan.[1] benda langit yang biasa dijadikan target pengamatan adalah Bulan dan Saturnus, dan juga Yupiter, Mars, serta Venus. Mereka memiliki kecerahan yang bisa dilihat oleh mata, terutama bulan.

Malam Internasional Astronomi Trotoar merupakan event internasional biasa yang diperuntukkan astronom trotoar di seluruh dunia. event ini dimulai pada tahun 2007 dan siapa saja boleh mengikutinya.

Organisasi[sunting | sunting sumber]

The Sidewalk Astronomers merupakan organisasi / asosiasi astronomi trotoar yang berlokasi di California. Asosiasi ini merupakan asosiasi yang pertama kali menyelenggarakan Malam Internasional Astronomi Trotoar. Kemudian ada pula San Francisco Sidewalk Astronomers[2], Burbank Sidewalk Astronomer, dll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sidewalk Astronomy: Taking it to the streets. | Night Sky Network". nightsky.jpl.nasa.gov. Diakses tanggal 2017-11-25. 
  2. ^ "San Francisco Sidewalk Astronomers - Home". www.sfsidewalkastronomers.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]