Udawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Patih udawa)
Lompat ke: navigasi, cari

Udawa (Dewanagari: उध्धव,IASTUddhava, उध्धव), alias Pawanayadi, adalah tokoh dalam wiracarita Mahabharata dan kitab Bhagawatapurana. Ia merupakan sahabat dan penasihat Kresna. Dalam Bhagawatapurana, ia disebutkan sebagai orang yang diajarkan tahapan yoga dan bhakti secara langsung oleh Kresna. Ajaran tersebut dirangkum dalam kitab tersendiri yang disebut Uddhawagita (mirip dengan Bhagawadgita, namun dalam Bhagawadgita, Kresna memberi pelajaran kepada Arjuna).

Menurut susastra Hindu, Udawa adalah sepupu Kresna, karena ia merupakan putra Dewabaga, yaitu saudara Basudewa. Basudewa sendiri merupakan ayah kandung Kresna.

Pewayangan Jawa[sunting | sunting sumber]

Patih Udawa dalam versi Surakarta dan Yogyakarta

Dalam tradisi pewayangan Jawa, Udawa menyandang gelar patih, sehingga disebut pula Patih Udawa. Menurut pewayangan Jawa, ia menjadi patih di Dwarawati, sebagai patih Prabu Kresna. Patih Udawa berasal dari Widara kandang, sebagai anak dari Prabu Basudewa dengan Nyai Sagopi yang pernikahannya dirahasiakan. Menurut cerita, Nyai Sagopi adalah penari kraton yang sangat cantik. Secara diam-diam, Prabu Basudewa menaruh hati padanya. Dari hubungan secara diam-diam tersebut, Nyai Sagopi melahirkan seorang putra yang diberi nama Udawa. Tetapi saat Udawa masih dalam kandungan, Nyai Segopi diserahkan kepada Antagopa, dan sehingga Udawa diasuh sebagai anak dari Antagopa.

Sejak kecil Udawa sudah berkumpul dengan saudara-saudaranya, yaitu Kakrasana, Narayana, dan Roroireng. Sejak kecil sampai dewasa, ia sering mengikuti ke mana pun Narayana pergi, mulai dari bertapa hingga Narayana diangkat menjadi raja di Dwarawati. Karena kesetiaannya, maka Udawa diangkat menjadi patih di Dwarawati. Patih Udawa tergolong patih yang sakti, jujur, dan selalu mentaati perintah rajanya.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • R. Rio Sudibyoprono (1991), Ensiklopedi wayang purwa, PT Balai Pustaka, ISBN 979-407-341-5