PPSM Magelang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
PPSM Sakti Magelang
PPSM
Nama lengkap Perserikatan Paguyuban Sepak Bola Magelang
Julukan Laskar Macan Tidar
Stadion Stadion dr. H. Moch.Soebroto Magelang, Indonesia
(Kapasitas: 20.000)
Manajer Adi Wicaksono
Pelatih Agus Triyono
Asisten Pelatih Dedi Prayitno
Liga Divisi Utama
Kostum kandang
Kostum tandang

PPSM Sakti Magelang (singkatan dari Perserikatan Paguyuban Sepak Bola Magelang) merupakan klub sepak bola profesional Indonesia yang berbasis di Magelang, Jawa Tengah. Klub ini berlaga di kasta kedua kompetisi sepak bola Indonesia, Divisi Utama. Didirikan pada tanggal 15 Maret 1919 dengan cikal bakal bernama Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM). IVBM adalah salah satu klub yang ikut mendirikan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan keikutsertaan E.A. Mangindaan dalam pembentukan PSSI di Societeit Hadiprodjo Yogyakarta pada hari Sabtu tanggal 19 April 1930.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Era Sebelum Kemerdekaan[sunting | sunting sumber]

Awal berdiri perserikatan ini adalah dengan nama Perhimpunan Sepak Bola Magelang / Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM). didirikan oleh Wihardjo bersama 4 klub yakni Persatuan Sepak bola Mosvia, Starmvogels, HKS, dan Among Rogo pada tanggal 15 Maret 1919. Setelah PSSI terbentuk dan IVBM Menjadi anggotanya nama IVBM pun diubah menjadi PPSM.

Prestasi terbaik di era sebelum kemerdekaan adalah menjadi juara ke-3 pada tahun 1935.

Era Perserikatan[sunting | sunting sumber]

Tahun 1975, PPSM kembali ke kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia yang saat itu bernama Kerjurnas PSSI. PPSM berhasil lolos ke Kejurnas PSSI 1975 tingkat nasional setelah berhasil mengalahkan lawan-lawannya di kualifikasi tingkat daerah. Dalam kompetisi itu, PPSM tergabung dalam Pool C bersama Persipal Palu, Persebaya Surabaya, PSBS Biak dan PSL Langkat. Sayangnya PPSM gagal melaju ke babak perempat final setelah mengalami empat kekalahan beruntun di Pool C, sehingga harus rela menjadi juru kunci. Sejak saat itu, hingga kini PPSM belum bisa kembali ke kasta tertinggi kompetisi sepak bola nasional yang kini bernama Indonesia Super League (ISL),

Era Liga Indonesia[sunting | sunting sumber]

Divisi III[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2005, PPSM berlaga di kompetisi kasta keempat dalam piramida sepakbola nasional yaitu Divisi III Liga Indonesia. Sebelumnya PPSM bermain di Divisi II A Zona Jawa Tengah.

Dalam kompetisi Divisi III musim 2016 langkah PPSM terhenti di Putaran Kedua Zona Jawa. Namun pada akhir musim 2006, PPSM memutuskan untuk merger dengan klub Panca Sakti asal Sleman. Klub Panca Sakti yang juga berkompetisi di Divisi III ini baru saja mendapatkan hak promosi ke Divisi II berkat prestasinya di kompetisi Divisi III musim 2006. PPSM pun berubah nama menjadi PPSM Sakti Magelang dan berhak promosi ke Divisi II.

Sebenarnya nama PPSM Sakti Magelang hanya di pakai pada musim 2007 saja saat berlaga di Divisi II dikarenakan merger dengan manajemen Panca Sakti hanya untuk satu tahun. Tetapi karena alasan historis dimana saat era Galatama terdapat klub asal Magelang bernama Tidar Sakti, maka dalam perkembangannya nama 'Sakti' tetap dipertahankan dibelakang nama PPSM. Tidar Sakti sendiri merupakan salah satu klub pendiri kompetisi semi profesional Galatama. Tidar Sakti mengikuti kompetisi Galatama dari tahun 1979 sampai 1982.

Divisi II[sunting | sunting sumber]

PPSM berkompetisi di Divisi II hanya dalam waktu satu musim saja. Setelah promosi dari Divisi III ke Divisi II pada tahun 2006, PPSM kemudian berhak bermain di Divisi II pada musim 2007. Pada kompetisi Divisi II musim 2007, PPSM berhasil lolos ke babak delapan besar. Pertandingan babak delapan besar digelar di Stadion Narasinga, Rengat dalam sistem grup. PPSM tergabung dalam Grup E bersama tuan rumah Persires Rengat, Persikoba Kota Batu dan PS Banyuasin. PPSM berhasil tampil sebagai runner up Grup E dan berhak melaju ke Senayan untuk melakukan pertandingan perebutan tempat ketiga melawan runner up Grup F, PSBI Blitar. Keberhasilan PPSM menjadi runner up Grup E juga memastikan satu tiket promosi ke Divisi I, sehingga musim 2008 PPSM akan naik kasta ke Divisi I. Sementara dalam pertandingan perebutan tempat ketiga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada tanggal 31 Agustus 2008, PPSM takluk dari PSBI dan harus puas berada di peringkat empat Divisi II musim 2007.

Divisi I[sunting | sunting sumber]

Berkompetisi di Divisi I musim 2008 dengan status tim promosi setelah tampil sebagai tim peringkat empat Divisi II musim sebelumnya. Perjalanan PPSM di kompetisi ini sangat gemilang. Setelah lolos dari Babak Pertama, PPSM menjadi tuan rumah Babak 16 Besar dan Babak 8 Besar yang keduanya diakhiri dengan status juara grup. Posisi juara grup pada Babak 8 Besar membawa PPSM ke final Divisi I 2008. Pertandingan final Divisi I 2008 digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada 23 Agustus 2008 mempertemukan PPSM Magelang dengan PS Mojokerto Putra. Gol Benny Hartanto membuat PS Mojokerto Putra memenangkan pertandingan dengan skor 1-0. PS Mojokerto Putra keluar sebagai juara dan PPSM sebagai runner up. Tampil sebagai runner up Divisi I 2008, PPSM berhak promosi ke Divisi Utama musim berikutnya.[1]

Divisi Utama[sunting | sunting sumber]

PPSM tampil di Divisi Utama pertama kali pada musim 2008 / 2009. Divisi Utama adalah kompetisi level kedua di piramida kompetisi sepak bola Indonesia saat itu. PPSM promosi ke Divisi Utama setelah menjadi runner up Divisi I musim sebelumnya.

Divisi Utama (2009-2011)[sunting | sunting sumber]

Divisi Utama musim 2009 / 2010 diikuti 34 tim dan terbagi dalam tiga Grup. PPSM tergabung di Grup 2 bersama Persiba Bantul, Pro Duta, Persidafon Dafonsoro, Deltras Sidoarjo, Persikab Kabupaten Bandung, Gresik United, PSIS Semarang, Mitra Kukar, Persikota Tangerang, Persis Solo dan Persikad Depok. Skuad PPSM dihuni pemain-pemain seperti Ferdinan Sinaga, Riski Novriansyah, Fajar Listyantara dan Agus Murod dibawah asuhan pelatih Yusak Sutanto. PPSM mengakhiri musim 2009 / 2010 di posisi 9 Grup 2.

Divisi Utama musim 2010 / 2011 diikuti 39 tim dan terbagi dalam tiga grup. PPSM tergabung di Grup 2 bersama Mitra Kukar, Persiram Raja Ampat, Gresik United, Perseman Manokwari, PSIM Yogyakarta, Persik Kediri, Persikab Kabupaten Bandung, PSIS Semarang, PSCS Cilacap, Persemalra Langgur, Persikota Tangerang dan Persis Solo. PPSM mengakhiri musim di posisi 11 klasemen atau ketiga dari bawah di penyisihan grup, sama seperti musim sebelumnya. Musim ini jadi musim terakhir PPSM menggunakan Stadion H. Abu Bakrin sebagai kandang.

Divisi Utama LPIS[sunting | sunting sumber]

Tahun 2011 PSSI Melarang penggunaan APBD untuk Klub Sepak Bola Peofesional. Maka PPSM Sakti melakukan merger dengan PS. Kartika Nusantara. Sehingga Namanya pun menjadi PPSM Kartika Nusantara. PS Kartika Nusantara sendiri merupakan klub sepak bola milik Mabes TNI-AD yang awalnya bermarkas di Bandung. Kartika Nusantara dibentuk memang untuk mewadahi para pemain muda berbakat dari Sabang sampai Merauke yang kemudian direkrut menjadi TNI karena kepintarannya bermain bola. Sebagai penghargaan, para pemain itu disemati pangkat sersan dua.

Semenjak tak lagi mendapat suntikan dana dari APBD, PPSM dikelola oleh PT Magelang Soccer Academy (MSA). Dalam Komposisi offisial klub Jabatan CEO dipegang oleh kiai kondang Muhammad Yusuf Chudlori atau yang akrab disapa Gus Yusuf. Sedangkan manajer timnya Danpuspom TNI Mayjen Iran Saifuddin.

Dualisme[sunting | sunting sumber]

Dualisme kompetisi sepak bola terjadi di Indonesia, terdapat dua liga dengan operator berbeda PT Liga Indonesia (LI) dan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS). Banyak klub di Indonesia mengalami dualisme dan bertanding di dua kompetisi berbeda itu. Dualisme liga terjadi di tingkat ISL dan Divisi Utama. PPSM juga terkena imbas dualisme kompetisi sehingga ada dua PPSM yang masing-masing berkompetisi di DIvisi Utama LPIS dan Divisi Utama LI.

PPSM LPIS bertanding di kompetisi DIvisi Utama LPIS musim 2013 dan dilatih Siswanto 'Kancil'[2] dengan pemain-pemain seperti Dhika Bayangkara, Luki Nur Hakim, Ade Fermanto dan Bangun Permana[3]. PPSM LPIS tidak berhasil menyelesaikan kompetisi Divisi Utama LPIS 2013 karena beberapa masalah. Akhirnya tim ini secara resmi mengundurkan diri pada bulan Mei 2013[4].

PPSM LI turun di kompetisi Divisi Utama LI 2013 dibawah arahan pelatih Ari Mustiantoro dengan pemain-pemain seperti Ferry Setiawan, Patrick Domal dan Budi Ismanto. Tergabung di Grup 5, PPSM LI jadi juru kunci grup dengan hanya 4 poin tanpa sekali pun meraih kemenangan.

Era Unifikasi Liga[sunting | sunting sumber]

Tahun 2013 dualisme di tubuh PSSI berakhir sehingga musim 2014 menjadi musim unifikasi liga. Divisi Utama 2014 diikuti 64 tim dibagi dalam delapan grup. PPSM masuk Grup 4.

Era Pembekuan[sunting | sunting sumber]

Indonesia Soccer Championship[sunting | sunting sumber]

Stadion[sunting | sunting sumber]

Stadion dr. H. Moch Soebroto kandang PPSM Sakti Magelang saat ini

Sebelumnya PPSM menggunakan Stadion H. Abu Bakrin sebagai kandang mereka. Stadion ini dipake sejak zaman Perserikatan hingga kompetisi Divisi Utama 2010/2011. Musim 2012, PPSM memindahkan homebase mereka dari Stadion H. Abu Bakrin ke Stadion Madya. Stadion Madya adalah stadion baru milik Pemkot Magelang yang mulai bisa digunakan untuk menggelar pertandingan sejak akhir 2011. Meski sudah bisa digunakan, stadion ini sebenarnya masih dalam tahap pembangunan hingga saat ini. Alasan dipindahkannya homebase PPSM ke Stadion Madya adalah fasilitas, kapasitas dan kualitas stadion yang lebih baik. Stadion Madya berada di samping GOR Samapta, terletak di kampung Sanden atau sekitar 5 km sebelah utara Alun-alun Magelang. Pada tahun 2015, stadion ini resmi diberi nama Stadion dr. H. Moch Soebroto sebagai penghormatan bagi Walikota Magelang periode 1971-1981. Nantinya jika sudah jadi, stadion ini dapat menampung 20.000 penonton. Fasilitas yang ada dimiliki stadion ini adalah lapangan berstandar internasional, lampu lapangan, dua tribun tertutup dan dua tribun terbuka, lintasan lari dan papan skor elektrik. Pemandangan yang nampak dari stadion ini, adalah Gunung Sumbing di barat stadion dan Gunung Merbabu di timur stadion. Sementara pemandangan sekitar stadion adalah aliran Sungai Progo dan hamparan sawah hijau di sebelah barat stadion. Transportasi umum yang bisa menjangkau stadion ini adalah Angkutan Kota Jalur 3 dan 5, Taxi dan Becak.

Lapangan Latihan[sunting | sunting sumber]

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Piala Indonesia[sunting | sunting sumber]

Semifinalis Piala Indonesia 2012

Perserikatan[sunting | sunting sumber]

PPSM tidak banyak mengikuti kompetisi perserikatan. hanya tercatat 2 kali PPSM mengikutinya.

Juara 3 (1) : 1935
Babak 18-besar (1): 1975

Perjalanan di Liga[sunting | sunting sumber]

Kelompok Suporter[sunting | sunting sumber]

Dalam perjalanannya di Liga, PPSM juga mempunyai kelompok suporter yang sangat fanatik. Mereka adalah SIMOLODRO MAGELANG dan SQUADRA MACAN TIDAR. Keduanya selalu setia mengawal PPSM Magelang baik di laga Kandang maupun Tandang.

Tabel Perjalanan di Liga[sunting | sunting sumber]

Kompetisi Tahun Pelatih Urutan Akhir Prestasi Keterangan
Divisi II A Zona Jawa Tengah 2004 4 (10 tim Zona Jawa) Zona Wilayah --> Zona Nasional (41 Tim) --> 16 Besar
Divisi III 2006 1 (5 tim grup C Zona Jawa Tengah "24 tim" Putaran I)

4 (5 tim grup IX Zona Jawa "20 tim" Putaran II

Putaran I --> II --> 8 Besar Zona Jawa --> 16 besar Nasional
Divisi II 2007 1 (6 tim grup IIB "55 tim" Putaran I)

2 (4 tim grup B "16 tim" 16 Besar)
2 (4 tim grup E "8 tim" 8 Besar)
4 (2 tim Perebutan tempat ke 3)

Promosi ke Divisi I Putaran I --> 16 Besar --> 8 Besar --> Final
Divisi I 2008 1 (6 tim grup III "48 tim" Putaran I)

1 (4 tim grup B "16 tim" 16 Besar)
1 (4 tim grup E "8 tim" 8 Besar)
2 (2 tim Final)

Runner up
Promosi Divisi Utama
Putaran I --> 16 Besar --> 8 Besar --> Final
Divisi Utama 2009/10 9 (11 tim grup II "33 tim" Putaran I) Putaran I --> 8 Besar --> Semifinal --> Final
Divisi Utama 2010/11 Widyantoro
  1. 11 (13 tim grup II "39 tim" Putaran I)
Putaran I --> 8 Besar --> Semifinal --> Final
Divisi Utama 2012/13 Muhamad Hasan
  1. 7 (8 tim grup III "30 tim" Putaran I)
Putaran I --> 8 Besar --> Semifinal --> Final
Divisi Utama 2014 Muhamad Hasan
  1. 6 (8 tim grup IV "36 tim" Putaran I)
Putaran I --> 8 Besar --> Semifinal --> Final

Rekor musim ke musim[sunting | sunting sumber]

Liga[sunting | sunting sumber]

Musim Liga
Kompetisi Main Menang Seri Kalah Cetak Col Kebobolan Poin Posisi Terakhir
2006 Divisi III Putaran Kedua

Zona Jawa

2007 Divisi II Juara 4
2008 Divisi I Runner up
2009 / 2010 Divisi Utama 20 7 4 9 22 28 25 Peringkat 9

Penyisihan Grup

2010 / 2011 Divisi Utama 24 9 3 12 18 26 30 Peringkat 11

Penyisihan Grup

2011 / 2012 Divisi Utama 18 2 2 14 17 43 8 Peringkat 10

Penyisihan Grup

2013 Divisi Utama LPIS
Divisi Utama LI 12 0 4 8 12 32 4 Peringkat 7

Penyisihan Grup

2014 Divisi Utama 14 5 2 7 21 30 17 Peringkat 6

Penyisihan Grup

2015 Divisi Utama Kompetisi tidak diputar
2016 ISC B 12 2 4 6 10 18 10 Peringkat 6

Penyisihan Grup

2017 Divisi Utama TBD

Piala Indonesia[sunting | sunting sumber]

Musim Pencapaian
Copa Dji Sam Soe 2007 / 2008 Babak 64 Besar
Copa Dji Sam Soe 2008 / 2009 Babak 24 Besar
Piala Indonesia 2012 Semifinal

Skuat[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah daftar pemain PPSM Sakti Magelang yang bermain di ajang Indonesia Soccer Championship B 2016.[5]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional pemain sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat saja mempunyai lebih dari satu kewarganegaraan.

No. Pos. Nama
2 Bendera Indonesia DF Dedeyan Surdani
20 Bendera Indonesia DF Fatah Aditya Ariyanto
30 Bendera Indonesia DF Rony Ardian Saputro
11 Bendera Indonesia DF Adi Cahyadi
7 Bendera Indonesia MF Galih Tri Handoko
9 Bendera Indonesia FW Sumaryanto
10 Bendera Indonesia FW Rezza Ajie Yughantara
13 Bendera Indonesia DF Catur Erik Sandi
17 Bendera Indonesia MF Muhammad Sofyan Cahyono
16 Bendera Indonesia FW Mustokhin
19 Bendera Indonesia MF Voller Ortega
21 Bendera Indonesia GK Roma Surya Haryadi
22 Bendera Indonesia DF Budi Sismanto
No. Pos. Nama
23 Bendera Indonesia DF Delzi Putra Pratama
28 Bendera Indonesia FW Ilham Asdat Nugroho
29 Bendera Indonesia MF Fabio Marko Kodoati
77 Bendera Indonesia GK Ilham Husain
82 Bendera Indonesia GK Markus Harison Rihihina
87 Bendera Indonesia MF Iwan Hari Wahyudi
92 Bendera Indonesia MF Derry Tadarus
96 Bendera Indonesia MF Rino Viantoro
Bendera Indonesia MF Christian Alif Dogopia
39 Bendera Indonesia MF Agustinus Keiya
8 Bendera Indonesia MF Anwar Rohman
12 Bendera Indonesia MF Afriyan Moneter Pratama
27 Bendera Indonesia MF Wildan Maulana Baedhowi

Daftar Pelatih[sunting | sunting sumber]

Periode Nama Pelatih Kebangsaan Kompetisi
2006
2007 Inyong Lolombulan  Indonesia Divisi II, Copa Dji Sam Soe
2008 Widiantoro  Indonesia Divisi I, Copa Dji Sam Soe
2009 - 2010 Yusak Sutanto  Indonesia Divisi Utama
2010 - 2011 Widiantoro  Indonesia Divisi Utama
2011 Syahrial Effendi  Indonesia Divisi Utama
2012 Danurwindo  Indonesia Divisi Utama, Piala Indonesia
2013 Siswanto  Indonesia Divisi Utama (LPIS)
2013 Ari Mustiantoro  Indonesia Divisi Utama (LI)
2014 Muhammad Hasan  Indonesia Divisi Utama
2015 Inyong Lolombulan  Indonesia Pra Musim
2015 Gatot Barnowo  Indonesia Piala Kemerdekaan
2016 Agus Triyono  Indonesia Indonesia Soccer Championship B

Penyedia Seragam Tim[sunting | sunting sumber]

Periode Penyedia
2009-2010 -
2010-2011 -
2012 Bendera Inggris Mitre
2013 (LPIS) Bendera Indonesia Cilo
2013 (LI) -
2014 Bendera Indonesia Multisport
2015 Bendera Indonesia Orange Factory
2016 Bendera Indonesia Orange Factory

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. http://www.pelita.or.id/baca.php?id=36161
  2. https://www.instagram.com/p/BE0q466wD4y/?taken-by=ppsm_mgl
  3. http://ligaindonesia.co.id/index.php/klub/PPSM-SAKTI-99
  1. ^ "Indonesia 2008/09". www.rsssf.com. Diakses tanggal 2016-12-24. 
  2. ^ "Siswanto Resmi Pelatih PPSM". bola.okezone.com. Diakses tanggal 2016-12-25. 
  3. ^ "PPSM LPIS Resmi Kontrak 11 Pemain". bola.okezone.com. Diakses tanggal 2016-12-25. 
  4. ^ "PPSM Magelang Resmi Mundur Dari Divisi Utama LPIS". Tribun Jateng. Diakses tanggal 2016-12-25. 
  5. ^ Pemain PPSM

Pranala luar[sunting | sunting sumber]