Persipal Palu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Persipal Palu
Logo Persipal Palu
Nama lengkap Persatuan Sepakbola Indonesia Palu
Julukan The Hammers
Stadion Stadion Gawalise, Kota Palu, Sulawesi Tengah
(Kapasitas: 20.000)
Ketua Umum Bendera Indonesia Rusdi Mastura
Manajer Bendera Indonesia Ir. iskandar Arsyad
Pelatih Bendera Indonesia Usman Arya
Asisten Pelatih Bendera Indonesia Ramang Paduai
Bendera Indonesia Ardiansyah
Bendera Indonesia Balqis
Liga Liga 3
2017 Belum Di Selenggarakan
Kostum kandang
Kostum tandang

Persatuan Sepak bola Indonesia Palu atau biasa di singkat Persipal Palu adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Palu, Sulawesi Tengah. Persipal untuk musim 2017 mengikuti kompetisi Liga 3.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Persipal mengalami masa kejayaan di era 1970-an dan merupakan salah satu klub yang di segani di indonesia pada masa Liga Perserikatan. Beberapa pemain legendaris Persipal antara lain Jack Donald, Jaka Dewa, dan Erwin Sumampow berhasil membawa Persipal menuju partai Final 12 Besar Liga Perserikatan PSSI tahun 1979 menghadapi Persipura Jayapura.

Tak hanya itu legenda sepak bola Timnas Indonesia asal Makassar juga pernah melatih Persipal yakni Ramang. Prestasi terbaik Persipal tercatat pernah masuk dalam 10 besar klub terbaik Indonesia puluhan tahun silam. Juga pernah menjajal kekuatan klub besar Eropa asal negeri Belanda yakni PSV Eindhoven di Stadion Nokilalaki (sekarang telah Menjadi pusat perbelanjaan Palu Plaza) di Kota Palu.

Namun seiring berjalannya waktu prestasi Persipal kian menurun, sejak tahun 1995 Persipal masih sulit untuk keluar dari zona Divisi Satu Liga Indonesia. Pada musim kompetisi 2010-2011 kemarin, Persipal hampir saja dapat melaju ke Divisi Utama andai saja tidak mengalami kekalahan dari Persbul Buol pada laga Knock Out menuju babak 8 besar Divisi I Liga Indonesia di Stadion Gawalise, Palu.

Sekarang dengan sistem kompetisi baru Persipal Palu harus memulai perjuangan dari Liga 3 musim 2017.

Julukan[sunting | sunting sumber]

Laskar Tadulako[sunting | sunting sumber]

Selain The Hammers Persipal Palu juga mempunyai julukan Laskar Tadulako, Tadulako dalam bahasa Indonesia artinya Pemimpin. Filosofi yang bisa di pakai adalah Pemimpin disini maksudnya agar Persipal Palu bisa memimpin klasemen liga, dan tidak terpuruk di bawah klasemen.

Suporter[sunting | sunting sumber]

Persipal mempunyai suporter fanatik yang menamakan diri mereka "laskar The Hammers" atau "Laskar Tadulako". Suporter ini mempunyai slogan khas yakni "NEMAEKA PERSIPAL" yang berarti JANGAN TAKUT PERSIPAL. Laskar Tadulako selalu setia mendukung Persipal dalam laga kandang maupun tandang.

Pemain Terkenal[sunting | sunting sumber]

Beberapa Pemain Terkenal yang pernah memperkuat Persipal Palu


Stadion[sunting | sunting sumber]

Stadion Persipal bernama Stadion Gawalise. Letaknya berada di Kelurahan Duyu, Kecamatan Palu Barat. Stadion ini mempunyai kapasitas minimal 20.000 orang. Sejak tahun 2016 stadion ini di gunakan bersama dengan Celebest F.C. Palu yang berkompetisi di Liga 2.


Templat:Liga 3