Persikama Kabupaten Magelang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Persikama Kabupaten Magelang
Logo Persikama Magelang.png
Nama lengkapPersatuan Sepak Bola Indonesia Kabupaten Magelang
JulukanLaskar Syailendra
Berdiri19 November 1986
StadionStadion Gemilang, Bumirejo, Kota Mungkid
(Kapasitas: 15,000)
Ketua UmumRohman
SekretarisDoni Kurniawan
ManajerSukardiyono Goodres
PelatihTommy Parsep
LigaLiga 3 Zona Jawa Tengah
Kostum Kandang
Kostum Tandang

Persikama Magelang (Persatuan Sepak bola Indonesia Kabupaten Magelang) adalah sebuah tim sepak bola Indonesia kebanggaan warga Kabupaten Magelang yang bermarkas di ibu kota Kabupaten Magelang yaitu di Kota Mungkid.

Persikama berdiri pada tanggal 19 November 1986 di Muntilan dan telah diakui secara resmi PSSI pada kongres tahun 1997. Inisiator dalam pembentukan PERSIKAMA adalah Bupati Magelang (saat itu) Solichin dan Subagiono, Kepala Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan pada era tersebut. Persikama adalah tim yang masih sangat muda, apalagi bila dibandingkan dengan saudara tuanya PPSM Sakti Magelang. Pada tanggal 16 Juni 2011, bertempat di perwakilan dari beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang mendirikan wadah suporter Persikama yang disebut KAMANIA MAGELANG RAYA. Kehadiran kelompok suporter yang keberadaan dan kehadirannya mulai diterima kalangan pecinta sepak bola di Magelang sekaligus membawa beberapa desakan penting yakni ; meminta agar Pemerintah Kabupaten Magelang, DPRD Kabupaten Magelang dan sektor swasta potensial untuk mendukung PERSIKAMA mengikuti Kompetisi Divisi III dengan target lolos ke level yang lebih tinggi di setiap musim, serta segera merealisasikan rencana pembangunan "stadion" sepak bola yang sesuai standar kompetisi sepak bola nasional sebagai home-base PERSIKAMA. Kamania Magelang Raya berkomitmen untuk mendukung PERSIKAMA dengan cara damai dan kreatif, serta menjalin hubungan baik dengan kelompok suporter yang lain, demi terwujudnya cita-cita bersama untuk menjadikan PERSIKAMA sebagai ikon baru Kabupaten Magelang. Stadion Kabupaten Magelang atau disebut juga Stadion Gemilang sebagai home base Persikama. Stadion yang bertempat di desa Bumirejo, Kecamatan Mungkid ini yang samapi kini digunakan Persikama untuk melaksanakan laga kandang. Pada tahun 2015 ini Persikama siap mangarungi kompetisi Liga Nusantara. Bergabung dalam grup B Liga Nusantara 2015 Zona Jawa Tengah bersama dengan Persipa Pati, PSD Demak, Persiku Kudus, dan Persik Kendal.

Tim utama[sunting | sunting sumber]

Berikut merupakan tim utama dari Persikama Kab.Magelang 2015

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Pemain
21 Bendera Indonesia GK Fajar
1 Bendera Indonesia GK Ikhsan Yoga
12 Bendera Indonesia GK Agil
19 Bendera Indonesia DF Edi Rintoko
15 Bendera Indonesia DF Tyas
23 Bendera Indonesia DF Herwin
5 Bendera Indonesia DF Aditya Wahyudi
3 Bendera Indonesia DF Syamsudin
5 Bendera Indonesia DF Rino
16 Bendera Indonesia DF Hery
14 Bendera Indonesia DF Pandu
No. Pos. Pemain
10 Bendera Indonesia MF Ikmal
7 Bendera Indonesia MF Ahmad Kusdiyanto
25 Bendera Indonesia MF Ruslan "Ateng"
8 Bendera Indonesia MF Hendro Prasetyo
10 Bendera Indonesia MF Anton
11 Bendera Indonesia MF Reza
17 Bendera Indonesia MF Dendi
9 Bendera Indonesia MF Andhika
32 Bendera Indonesia FW Sumaryanto
18 Bendera Indonesia FW Anwar Rohman

Daftar transfer[sunting | sunting sumber]

Masuk[sunting | sunting sumber]

Nama Dari
Bendera Indonesia Sumaryanto Persitema Temanggung
Bendera Indonesia Ruslan "Ateng" PPSM Magelang

Pertandingan[sunting | sunting sumber]

Kesebelasan kebanggaan Kabupaten Magelang ini melakukan sejumlah laga uji coba menjelang kick off Liga Nusantara 1 April 2015 mendatang. Awalnya, uji coba di kandang terkendala izin, maka Persikama hanya melakoni laga tandang. Laga tandang pertama di Alun Alun Wates melawan Persikup Kulon Progo dan mampu menahan imbang tuan rumah 1-1 pada hari Minggu (15/3/2015). Setelah itu, Persikama pada laga uji coba ke dua melawat ke kandang Persiharjo di Stadion Gelora Merdeka, Sukoharjo Jumat (20/3/2015) kemarin, Ruslan ‘Ateng’ cs mampu mengalahkan tuan rumah 0-1. Satu-satunya gol Persikama dicetak Rino melalui titik putih menit ke-80. Hasil positif ini, tentu mendongkrak motivasi anak-anak Magelang . Sampai pada akhirnya, Persikama telah mengantongi izin untuk berlaga kandang setelah launching Stadion Gemilang dan tim persikama pada hari Kamis (26/3). Sore itu Persikama menjamu Persiharjo Sukoharjo. Dari jalannya pertandingan, kedua tim bertarung cukup sengit. Pada menit ke 4, Ruslan Ateng dan kawan-kawan (Persikama) langsung menyerangkan gawang lawan. Ini berawal dari serangan balik. Maman berhasil melewati dua pemain belakang Persiharjo. Sayang, tendangannya melebar beberapa sentimeter dari gawang tim tamu yang dijaga Baskoro.Selanjutnya, pada menit 27, Sumaryanto Gambir juga membuat peluang. Hanya, sundulannya masih bisa ditangkap penjaga gawang.Terus ditekan, tim tamu beberapa kali juga membuat peluang. Di antaranya melalui kaki Purwanto dan Ferry. Namun, semua gagal berbuah gol, akibat penyelesaian akhir yang buruk. Kedudukan 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.Memasuki babak kedua, Pelatih Persikama Tommy Parsep melakukan sejumlah pergantian pemain.Permainan anak asuhnya jauh lebih hidup. Serangan demi serangan terus dilancarkan. Lagi-lagi, gol gagal tercipta. Kiper dari Persiharjo masih mampu mengantisipasi lajunya bola.Pada menit- menit akhir, kemelut di depan gawang Persiharjo, Sumaryanto Gambir mampu menkonversi bola liar. Kedudukan menjadi 1-0 untuk Persikama. Beruntung, tidak lama kemudian wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]