Persebi Boyolali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Persebi Boyolali
Logo Persebi Boyolali.png
Nama lengkapPersatuan Sepak Bola Boyolali
JulukanSapi Jawa
Laskar Pandan Arang
Berdiri1975[1]
StadionStadion Pandan Arang
Boyolali, Jawa tengah
(Kapasitas: 15,000)
PemilikPemkab Boyolali
ManajerBendera Indonesia Kukuh Hadiatmo
PelatihBendera Indonesia Sukisno
LigaLiga 3
Situs webSitus web resmi klub
Kostum Kandang
Kostum Tandang

Persatuan Sepak Bola Indonesia Boyolali (disingkat Persebi Boyolali) adalah sebuah tim sepak bola Indonesia yang bermarkas di Boyolali, Jawa Tengah. Tim ini bermarkas di Stadion Pandan Arang. Lahir pada tahun 1975.

Ketika bermain di divisi 2, Persebi Boyolali masih di dukung oleh Supporter yang bernamakan Laskar Pandan Arang, superboy, pasoepati boyolali, dll. Kemudian pada tahun 2006 Persebi lolos ke divisi satu liga Indonesia. Pada tahun 2007 Persebi untuk pertama kalinya bermain di kompetisi Divisi Satu Liga Indonesia. Sehingga untuk menyatukan dukungan, beberapa supporter boyolali bersatu menjadi satu nama Pasukan Supporter Boyolali. Pasukan Supporter Boyolali yang dideklarasikan tanggal 10 Maret 2007. Ada perbedaan yang mendasar dengan supporter Pasoepati Boyolali, Pasoepati Boyolali adalah salah satu korwil Pasoepati yang didirikan 16 Oktober 2000. Lalu nama Laskar Pandan Arang yang awalnya merupakan nama supporter persebi, resmi menjadi nama julukan untuk klub Persebi Boyolali.

Pada tahun 2016, Ditengah surutnya dukungan untuk Persebi Boyolali, kemudian sekumpulan pemuda Boyolali membentuk kelompok supporter yang diberi nama "Brigade Boys Boyolali" yang bertempat di Tribun Timur bagian tengah Stadion Pandanarang. Seiring berkembangnya zaman, hingga kini Persebi Boyolali telah memiliki 3 kelompok supporter yaitu Pasboy (Mania), Brigade Boys Boyolali (Ultras) dan East Tribun Persebi Fans (Sisi Utara Tribun Timur).

Kompetisi Terkini[sunting | sunting sumber]

Kompetisi 2019, Persebi Boyolali sukses mengunci satu tiket ke babak 8 besar setelah lolos Runner Up di atas Persitema Temanggung,PSISra Sragen dan Persegal Kota Tegal dan dibawah Juara Grup yakni PSIP Pemalang. Di Babak 8 Besar, Persebi tergabung dengan Persab Brebes,Persiku Kudus dan Persip Pekalongan.Meski mengawali laga dengan kekalahan 2-0 atas Persab Brebes, Namun Persebi mampu mengalahkan lawany di Kandang dengan skor 1-0 vs Persiku,3-0 vs Persip dan 4-0 vs Persab Brebes di Laga pamungkas.Produktifitas Gol kandang sangat membantu Persebi Boyolali untuk lolos ke Semifinal Liga 3 Jateng. Di Semifinal Persebi harus bertemu Persekat Kabupaten Tegal.Leg 1 di Stadion Pandanarang Persebi harus puas dengan skor 1-1 atas Persekat,sedangkan di Leg 2 Skor imbang 0-0 dengan Persekat.Persrbi gagal ke Final karena gol Tandang tapi berhasil lolos untuk pertama kalinya setelah 11 tahun ke Liga 3 Regional Jawa. Saat undian Liga 3 Regional Jawa , Persebi plot pertama bertemu bye yang berarti langsung lolos dan lagi lagi bertemu Persekat. Di partai penentuan siapa yang lolos Ke Liga 3 Nasional ini Persebi hanya mampu bermain imbang 1-1 di Stadion Pandanarang dan 1-1 di Stadion Yos Sudarso,Kota Tegal.Pertandingan dilanjutkan Pinalti dengan dimenangkan Persekat dengan skor 5-3 atas Persebi Boyolali. Dan lagi-lagi untuk Persebi U-15 gagal menjadi Juara Piala Soeratin U-15 Jateng setelah takluk atas SSS dengan skor 3-1 di Stadion Trikoyo,Kabupaten Klaten.

Kompetisi 2018, tidak ada Prestasi menonjol dari Persebi Boyolali.Persebi dipaksa tidak lolos dengan berada di Peringkat 3 dibawah PSIP Pemalang dan PSD Demak. Bahkan hanya menang satu kali di laga terakhir melawan BJL 2000 Semarang. Namun untuk tim Persebi U-15 mampu lolos ke Final setelah membungk SSS dengan skor 6-1 untuk keunggulan Persebi. Dan laga puncak Persebi harus puas tunduk 3-2 atas Persis U-15 di Stadion Gemilang,Kabupaten Magelang.

Kompetisi 2017, Persebi Boyolali berhasil lolos dari fase grup sebagi Runner Up dibawah Persik Kendal namun terhenti di 6 besar Liga 3 Jateng, dibawah Persis Gotong Royong dan Persekap Kabupaten Pekalongan. Bahkan Persebi U-17 dipastikan tidak lolos setelah gagal memenangkan satu pun pertandingan.

Kompetisi tahun 2016, Persebi Boyolali berada di grup A di putaran pertama LINUS Jateng 2016 bersama Persekat Tegal, Persik Kendal, Persis Solo Muda Gotong Royong.

Kompetisi tahun 2015, Persebi akan bermain satu grup dengan Persiharjo Sukoharjo, Persiwi Wonogiri, Persekat Kabupaten Tegal, Persibara Banjarnegara di liga nusantara. Persebi Berhasil menduduki peringkat 1 di putaran pertama, namun sayang kompetisi tidak ada kelanjutannya karena adanya polemik antara PSSI dan Menpora.

Kompetisi tahun 2014 Persebi berhasil menduduki peringkat 4 setelah terpuruk di putaran pertama di Banyumas, akhirnya Persebi Bangkit dari juru kunci ke peringkat 4 saat home tournament di Kendal dan lolos dari juru kunci.

Kompetisi tahun 2013 Persebi meraih di posisi ketiga putaran I Divisi 1 Badan Liga Amatir Indonesia. Pada saat itu, Persebi Boyolali satu grup dengan Persinga Ngawi, Persikaba Blora, Persipa Pati, Tunas Jogja dan PSISra Sragen. Persebi meraih kemenangan atas Persikaba Blora 4-0, dan Tunas Jogja 3-0, sementara itu menelan kekalahan 1-0 atas Persipa Pati dan 3-1 atas Persinga Ngawi, dan berbagi hasil seri dengan tim satu karisidenan PSISra Sragen 1-1.

Kompetisi tahun 2011-2012 Persebi meraih di posisi ketiga putaran I Divisi 1 Liga Prima Indonesia. Pada saat itu, Persebi Boyolali satu grup dengan Persik Kendal, Persipur Purwodadi, Persikaba Blora, Persipa Pati dan PSISra Sragen. Match pertama, Persebi ditundukkan Persikaba 1-0, lalu menelan kekalahan kedua melawan Persipur Purwodadi, dan menahan imbang Persik Kendal 1-1, dan Persipa Pati 2-2, lalu menang melawan PSISra Sragen 1-0, di putaran kedua, Persebi mampu membalas kekalahan lawan Persikaba, Persebi menang 1-0, sedangkan partai selanjutnya juga dapat membalas kekalahan lawan Persipur dengan skor 2-0, dan menahan imbang Persipa 1-1 dan Persik kendal 0-0, namun menelan kekalahan 2-0 dari PSISra Sragen.

Stadion[sunting | sunting sumber]

Persebi Boyolali bermain di Stadion Pandan Arang Boyolali berkapasitas 15,000 kursi. Stadion Pandan Arang Boyolali, juga pernah digunakan homebase beberapa tim divisi utama, seperti Persewon Wondama, Persik Kediri maupun Perseta Tulung Agung

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Liga 3[sunting | sunting sumber]

Piala Soeratin U-15[sunting | sunting sumber]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pemain Persebi[sunting | sunting sumber]

Berikut skuat yang diturunkan untuk ajang Liga 3 2019 Jawa Tengah [2]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Pemain
1 Bendera Indonesia GK Muhammad Diaz Priambodo
78 Bendera Indonesia GK Fahmi Adam Pamungkas
20 Bendera Indonesia GK Soma Wijaya
25 Bendera Indonesia DF Muhammad Arif Kurniawan
13 Bendera Indonesia DF Mustokhin
28 Bendera Indonesia DF Ade Gilang Pratama
17 Bendera Indonesia DF Sandi Susanto
2 Bendera Indonesia DF Anthon Priyanto
24 Bendera Indonesia DF Mokhamad Yogie Saefudin
18 Bendera Indonesia DF Widi Kusumantoro
6 Bendera Indonesia DF Sidang Iskushardianto
4 Bendera Indonesia DF Ilham Satya Permana
14 Bendera Indonesia MF Agus Setyawan
No. Pos. Pemain
26 Bendera Indonesia MF Bayu Andra Cahyadi
8 Bendera Indonesia MF Abdul Rosid
24 Bendera Indonesia MF Adha Nurrokhim
19 Bendera Indonesia MF Hafidz Aulia Ardan
7 Bendera Indonesia MF Alamsyah Feri Tarnando
10 Bendera Indonesia MF Elgen Fajar Revanda
3 Bendera Indonesia MF Pandu Prasaja
23 Bendera Indonesia MF Jhony Krisdiantoro
9 Bendera Indonesia FW Gatot Wahyudi
11 Bendera Indonesia FW Tri Cahyono
19 Bendera Indonesia FW Riky Junian Adiputra
12 Bendera Indonesia FW Nova Afandi

Staff Kepelatihan[sunting | sunting sumber]

Posisi Staf
Pelatih Kepala Bendera Indonesia Sukisno
Assisten Pelatih Bendera Indonesia Ahmad Arif
Pelatih Kiper Bendera Indonesia Didik Tri Yulianto
Pelatih Fisik Bendera Indonesia Kurniawan Yusuf Subroto
Manager Tim Bendera Indonesia Kukuh Hadiatmo
Assisten Manager Bendera Indonesia Agung Djoko Purwanto
Dokter Medis Bendera Indonesia Muh Ikhsan Musthofa
Masseur Bendera Indonesia Wahyu Hary Pratomo
Kit Man Bendera Indonesia Nuryanto
Kit Man Bendera Indonesia Rahmad Saleh

Sumber: PSSI.org

Pelatih[sunting | sunting sumber]

Name Nationality Years
Ahmad Sukisno Bendera Indonesia 2007
Bambang Widayanto Bendera Indonesia 2008-2009
Sriyatno Bendera Indonesia 2010–2018
Sukisno Bendera Indonesia 2019

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ www.persebi.com/
  2. ^ "Skuad Persebi Boyolali". PSSI. Diakses tanggal 10 Desember 2019.