Nicky Hayden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Nicky Hayden
Hayden 2016 (cropped).jpg
Hayden di 2016.
Kebangsaan Bendera Amerika Serikat Amerika Serikat
Lahir 30 Juli 1981
Bendera Amerika Serikat Owensboro, Kentucky Amerika Serikat
Meninggal 22 Mei 2017 (umur 35)
Bendera Italia Cesena, Italia
No. motor 69
Situs web nickyhayden.com
Statistik karier
Kejuaraan dunia MotoGP
Tahun aktif 20032015
Pabrikan Honda, Ducati
Juara dunia 1 (2006)
Klasemen 2016 26th (1 pn)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
218 3 28 5 7 1698
Kejuaraan Dunia Superbike
Tahun aktif 2002, 2016
Pabrikan Honda
Klasemen 2016 5th (248 pts)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
28 1 4 0 0 264

Nicholas "Nicky" Patrick Hayden (lahir 30 Juli 1981 – meninggal 22 Mei 2017 pada umur 35 tahun), dijuluki The Kentucky Kid, adalah pembalap sepeda motor profesional asal Amerika Serikat yang memenangkan Kejuaraan Dunia MotoGP pada 2006.

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Hayden lahir di Owensboro, Kentucky. Saat muda, membalap dengan orang-orang yang dua kali umurnya, Hayden sering memulai balapan dari belakang grid sementara seseorang dari keluarga atau anggota kru menahan motornya tegak lurus karena dia tak bisa menyentuh tanah. Kemudian, pada usia 17, dia membalap dengan pabrikan Honda RC45 superbike saat masih SMA. Pada 1999, dia memenangkan kejuaraan AMA Supersport dengan tim pribadi Honda. Pada 2001, musim penuh pertamanya sebagai pembalap AMA Superbike, dia datang dengan 40 poin untuk memenangkan kejuaraan itu, menyelesaikan musim tersebut di belakang pemenang, Mat Mladin, dan runner-up, Eric Bostrom. Namun di musim 2002, Hayden menjawab panggilan tersebut: dia memenangkan Daytona 200 dengan Honda Superbike dalam perjalanannya menjadi pemenang AMA Superbike termuda, mengalahkan 3 kali juara bertahan, Mat Mladin, di antara yang lain. Dia juga memasuki ronde Superbike Dunia di Laguna Seca, menyelesaikan balapan di posisi ke-4 yang kuat pada balapan pertama sebelum bertabrakan dengan Noriyuki Haga pada balapan ke-2.

Hayden merupakan salah satu dari garis panjang pembalap motor Amerika yang datang dari arena dirt-track. Pada 1999, Hayden memenangkan balapan Kejuaraan Grand Nasional pertamanya (Hagerstown Half Mile) dan meraih penghargaan Rookie of the Year. Dia juga dinyatakan sebagai atlet AMA tahun itu. Pada 2000, Nicky Hayden memenangkan Springfield Short Track. Pada 2002, walaupun membalap dalam pertandingan dirt-track yang cukup menyibukkan, Hayden mampu memenangkan 4 balapan: Springfield Short Track (dua kali), Springfield TT, dan Peoria TT. Pada balapan Springfield TT, ketiga Hayden meraih 3 tempat pertama (Nicky 1st, Tommy 2nd, dan Roger Lee 3rd). Kemenangan di Peoria TT 2002 datang setelah mengalahkan pemenang 13 kali, Chris Carr, walaupun memulai balapan dari garis penalti. Hayden hanya kurang kemanangan di track mil untuk bisa bergabung dengan Dick Mann, Kenny Roberts Sr., Bubba Shobert, dan Doug Chandler di "Grand Slam Club" yang bergengsi.

Karier MotoGP[sunting | sunting sumber]

2003–2005[sunting | sunting sumber]

Segera setelah memenangkan kejuaraan AMA Superbike-nya, Hayden 'disadap' untuk bergabung kepada bukan sekedar tim Honda MotoGP biasa, tetapi apa yang bisa dibilang tim utama di balapan MotoGP: Repsol Honda. Hayden juga menjadi rekan setim sang juara bertahan, Valentino Rossi. Hayden tampaknya tak terpengaruh, dan tahun pertamanya di balapan MotoGP (2003) diselesaikannya ditempat ke-5 di klasemen poin kejuaraan, mengendarai Honda RC211V, sebuah raihan yang memenangkannya penghargaan 'Rookie-of-the-Year'. Pada 2005, Hayden finis ke-3 di poin kejuaraan MotoGP di belakang Marco Melandri dan pemenang seri, Valentino Rossi. Namun pada 2004, Hayden memiliki tahun yang sulit dan sangat dikritik, untungnya dia menjawab semua kritikan itu dengan kemenangan pertamanya pada 2005 di Laguna Seca.

2006[sunting | sunting sumber]

Untuk 2006, Hayden menjadi ujung tombak aspirasi kejuaraan untuk Repsol Honda, dan merupakan satu-satunya pembalap yang diberikan penuh motor Honda 2006 selama tes pra-musim. Dia memimpin kejuaraan dari balapan ke-3 dan terlihat siap untuk mematahkan rantai juara beruntun Valentino Rossi. Merebut kejuaraan itu bukanlah tanpa risiko: pada ronde ke-2 terakhir di Estoril di Portugal, rekan setimnya, Dani Pedrosa, kehilangan cengkeraman ban depan pada pengereman (sebuah lowside) untuk menghindari tabrakan dengan Hayden. Hasil dari kecelakaan lowside itu menjatuhkan kedua motor tersebut. Hal ini membuat Hayden tertinggal 8 poin di belakang Rossi dalam kejuaraan dengan satu balapan lagi yang tersisa. Di balapan terakhir dalam musim itu pada 29 Oktober 2006, Rossi jatuh pada putaran 5 saat mencoba untuk memperbaiki start-nya yang buruk. Hayden memenangkan gelar 2006 dihari itu dengan finis ke-3 (9,3 detik) di belakang sang pemenang, Troy Bayliss, dan Loris Capirossi.

2007[sunting | sunting sumber]

Nicky Hayden dengan nomor 1 di sepeda motornya untuk musim 2007

Pada 22 September 2006, Hayden menandatangani perjanjian 2 tahun yang membolehkannya untuk membalap dan berkembang dengan tim pabrikan Honda Racing Corporation (HRC) untuk MotoGP musim 2007 dan 2008. Dia menggunakan Honda RC212V 800 cc, dan nomor balapan MotoGP-nya diubah dari 69 ke 1 untuk musim 2007.

2007 dimulai dan diselesaikan dengan buruk untuk Hayden, kesulitan dengan performa, dan rekan setim, Dani Pedrosa, telah menunjukkan apa mampu dilakukan Honda. Kecelakaan di Le Mans menurunkannya ke posisi 11 di klasemen pada tahap ini. Namun, selama tes sebelum Donington, dia meminta sebagian besar bagian elektronik dimatikan dan catatan waktunya meningkat. Performanya selanjutnya pada balapan basah Donington dan balapan kering Assen menunjukkan sedikit kembali ke kondisi baik, menantang untuk 5 besar dengan 'trademark sliding' dan 'tail-out non-standard lines'-nya. Namun, dia akhirnya tetap terjatuh/crash, dengan satu pole dan 3 podium tetapi tidak ada kemenangan membuatnya menjadi juara bertahan terburuk ke-2 yang pernah tercatat setelah Kenny Roberts, Jr.. Musim 2007 juga menjadi tahun rilisnya sebuah biografi resmi tentang Hayden dan saudara-saudaranya--The Haydens: Nicky, Tommy, & Roger, from OWB to MotoGP-bertepatan dengan kembalinya dia ke Red Bull GP Amerika Serikat di Mazda Raceway Laguna Seca.

Pada 2008, Hayden menggunakan nomor lamanya, 69, karena Casey Stoner mendapat hak untuk menggunakan plat nomor 1 setelah memenangkan gelar MotoGP pada 2007.

2008[sunting | sunting sumber]

Donington Park menandai debut dari pneumatic-valve engine Honda, yang mana hanya Hayden yang menggunakannya awalnya. Di ronde berikutnya di Assen, Hayden berada di posisi ke-3 dari awal dan tadinya siap untuk finis disana sampai dia kehabisan bahan bakar di tikungan terakhir, karena masalah sistem elektronikal yang menghalangi pemantauan bahan bakar yang akurat. Colin Edwards merebut podium ke-3 Hayden sebelum Hayden melewati garis finis tanpa tenaga pada motornya, untuk finis ke-4. Cedera tumit yang didapatnya di kecelakaan motorcross membuatnya out dari dua ronde. Hubungan di dalam tim juga telah memburuk, dan ada pertentangan lebih lanjut ketika Pedrosa berganti pemasok ban pada pertengahan musim (dari Michelin yang kesulitan ke Bridgestone yang dominan) tanpa berkonsultasi dengan Hayden. Hayden menyatakan, "Aku tak pernah dimasukkan dalam kondisi untuk memilih. Mereka pernah bilang bahwa Aku hanya akan membuang-buang waktu jika aku berpikir tentang meminta ban Bridgestone... Aku tak terkejut mereka telah memberikannya padanya. Lagipula, di Misano Aku bahkan tak memiliki fork yang sama dengan yang Dani punya... Tak mungkin pula Aku berpikir mereka akan membiarkanku mencoba ban baru.".

Insiden ini memberikan bobot pada rumor bahwa Hayden dan Honda akan berpisah pada akhir musim. Rumor tersebut dikonfirmasi pada 12 September 2008, saat Hayden menyatakannya di sebuah konferensi pers Dorna, "Itu bukanlah rahasia. Semua orang tahu dimana perhentianku selanjutnya... Tapi sebenarnya kami sedang menunggu untuk melakukannya dengan benar, sampai rilisnya keluar, karena ada tim-tim dan sebagainya.".

Pada pertengahan 2008 telah diduga kuat oleh para fans, media, dan pedok MotoGP, dan kemudian didukung oleh pengakuan Hayden sendiri saat konferensi pers bahwa dia akan meninggalkan Honda, bahwa Hayden akan bergabung dengan Ducati Marlboro Team untuk membalap bersama Casey Stoner untuk musim MotoGP 2009. Hal ini dikonfirmasi pada 15 September 2008, dengan demikian mengakhiri hubungan sembilan tahunnya dengan Honda.

Ducati (2009–2013)[sunting | sunting sumber]

2009[sunting | sunting sumber]

Selama tes pra-musim, Hayden diganggu dengan masalah dan secara rutin finis di rombongan tengah atau lebih rendah. Keluhan utamanya adalah bahwa GP09 mengalami "pumping" saat keluar tikungan membuat masalah pada cengkeraman. Masalah ini berlanjut terus selama tes pra-musim.

Selama kualifikasi di pembuka musim, GP Qatar, Hayden menderita cedera punggung dan dada dalam kecelakaan besar. 'Dipukuli dan memar', Hayden finis diposisi ke-12 di balapan yang hujan-ditunda di belakang mantan rekan setim, Pedrosa. Meskipun mengalami kemunduran, Hayden terlihat optimistik mengenai hasil-hasilnya, mengatakan, "Aku pergi disini dalam keadaan yang sangat positif dan menantikan Motegi.".

Namun, hanya kekecewaan lebih lanjut menunggu Hayden di Motegi. Pembalap Ducati itu belum pernah mengendarai motor itu dalam kondisi hujan dan hasil kualifikasinya adalah posisi ke-12. Lalu, saat di lap pembuka balapan tersebut Hayden dibawa keluar oleh rookie, Yuki Takahashi, yang menyeruduk Hayden dari belakang. Akhirnya, Hayden tidak menyelesaikan balapan itu dan melorot lebih jauh kebawah di klasemen.

Pada GP Jerez Hayden berkualifikasi di posisi ke-16 dan finis ke-15. Pada 30 Agustus 2009, Hayden finis ke-3 di Indianapolis.

Hayden menyelesaikan kejuaraan MotoGP 2009 di posisi ke-13 (dari 18), hasil terburuknya dalam 7 tahun balapan MotoGP. Kampanye kejuaraannya ditandai oleh ketidakberuntungan yang luar biasa, dikeluarkan dari trek dalam 3 kejadian berbeda, membuatnya tak mencetak poin (kecuali di Phillip Island, dimana dia berhasil finis ke-15 meskipun ditabrak Lorenzo di tikungan dan lap pertama). Yuki Takahashi, Alex De Angelis, dan Jorge Lorenzo menabraknya di Motegi, Misano, dan Phillip Island.

2010[sunting | sunting sumber]

Pada 3 September 2009, dikonfirmasi bahwa Hayden telah menandatangani perpanjangan kontrak satu tahun dengan Ducati untuk musim MotoGP 2010, mengakhiri spekulasi kepindahannya dari tim tersebut. Dia akan menjadi rekan setim Casey Stoner lagi di tim itu.

Selama akhir musim, Hayden menjalani operasi pada lengan kanannya, telah menderita dari sindrom kompartemental atau yang lebih dikenal dengan 'arm-pump'.

2011[sunting | sunting sumber]

Hayden selama tes pra-musim, di Sepang, untuk musim musim MotoGP 2011

Pada 28 Agustus 2010, Hayden memperpanjang kemitraannya dengan Ducati, menandatngani kontrak perpanjangan dua tahun dengan tim pabrikan tersebut. Dia digabungkan di tim itu dengan mantan rekan setim Honda-nya, Valentino Rossi, yang juga menandatangani kontrak dua tahun, untuk serekan dengan Hayden. Musim 2011 Hayden dimulai dengan finis ke-9 di Qatar, sebelum dia meraih satu-satunya podiumnya dimusim itu pada GP Spanyol di Jerez. Dengan menghindari insiden-insiden lain yang mengeliminasi beberapa pembalap terdepan dari balapan itu, Hayden terbantu oleh kesalahan mekanikal Colin Edwards di lap terakhir untuk mearih podium pertamanya sejak balapan ditahun sebelumnya di Aragon, dimana dia juga finis di posisi ke-3.

Hayden di GP Portugis 2011

Hayden lalu finis di masing-masing 10 balapan berikutnya dalam posisi mencetak-poin – termasuk putaran tercepat saat GP Britania, menuju finish ke-4 – finis di 10 besar disemua kecuali satu balapan, saat dia finis ke-14 pada balapan kandangnya di Indianapolis. Dia menyelesaikan balapan tersebut dua lap dibawah setelah membuat pit stop yang tak direncanakan – setelah membalap setinggi posisi ke-5 selama balapan itu – setelah kehilangan cengkeraman ban depan Bridgestone-nya yang berkompon lembut, menyebabkan jumlah penggunaan yang lebih banyak pada bagian kiri dari ban itu sendiri.

Setelah jatuh di Misano, Hayden mencatatkan tiga kali finis ke-7 berturut-turut di Aragon, Jepang and Australia untuk mempertahankan posisi ke-8-nya di klasemen pembalap. GP Malaysia – yang mana hasil kualifikasi Hayden adalah ke-6 – dibatalkan setelah kematian Marco Simoncelli, sebelum Hayden dieliminasi, beserta rekan setim, Rossi, dalam sebuah tabrakan yang melibatkan 4 motor pada tikungan pertama di Valencia. Insiden itu meninggalkan Hayden dengan pergelangan tangan yang patah, dan membuatnya terpaksa melewatkan tes pasca-musim pada minggu berikutnya. Dia akhirnya mengakhiri musim tersebut ditempat ke-8 di klasemen pembalap.

2012[sunting | sunting sumber]

Hayden dan Rossi tetap bersama Ducati memasuki musim 2012; Hayden menyelesaikan masing-masing dari 10 balapan pertama dimusim itu dalam poin, finis di antara ke-6 dan ke-11 dalam balapan-balapan itu. Di Indianapolis, Hayden telah mengharapkan performa terbaik untuk diberikan kepada tim Ducati, percaya bahwa itu akan cocok ke kondisi trek di sirkuit itu. Namun, Hayden tak ambil bagian dalam balapan tersebut setelah mendapat kecelakaan di tikungan 14 selama sesi kualifikasi, mencoba untuk meingkatkan catatan waktunya saat itu. Hasilnya, Hayden menderita gegar dalam proses itu, memaksanya keluar dari balapan tersebut. Tangan kanan yang retak juga memaksanya keluar dibalapan berikutnya di Republik Ceko.

Walaupun belum pulih secara penuh dari cedera-cederanya, berkat dukungan dari fisioterapis resmi, Freddie Dente, Hayden kembali untuk GP San Marino, dimana ia finis diposisi ke-7. Hayden gagal untuk menyelesaikan GP Aragon, melebar ditikungan terakhir sebelum menabrak dinding sisi-trek dalam kecepatan yang cukup untuk meluncurkannya ke balik dinding itu. Dia finis ke-8 di Jepang dan Australia, menyisipkan finis terbaiknya dimusim itu diposisi ke-4 di GP Malaysia. Dia jatuh pada balapan terkahir di Valencia, menyelesaikan musim itu ke-9 diklasemen pembalap dan untuk pertama kalinya dalam kariernya, tanpa finis dipodium.

2013[sunting | sunting sumber]

Untuk musim 2013, Hayden digabungkan di tim pabrikan Ducati dengan Andrea Dovizioso, yang pindah dari Monster Yamaha tech 3 untuk menggantikan Valentino Rossi, yang kembali ke setup pabrikan Yamaha. Hayden menyatakan bahwa Dovizioso merupakan "pilihan yang tepat" untuk menggantikan Rossi, sebelum ia menandatangani kontrak.

Kembali ke Honda bersama Tim Aspar (2014–2015)[sunting | sunting sumber]

2014[sunting | sunting sumber]

Telah diumumkan pada 17 Oktober 2013, bahwa setelah 4 tahun bersama Ducati, Hayden telah bertandatangan dengan Drive M7 Aspar untuk musim 2014. Hayden bermitra dengan Hiroshi Aoyama, yang pindah dari squad Avintia Blusens, dengan keduanya mengendarai sepeda motor Honda RCV1000R berspesifikasi-open. Hayden tak membalap pada GP Italia di Mugello karena cedera pergelangan tangan, yang masih tertinggal sejak GP Spanyol di Jerez dua balapan sebelumnya. Ia finis ke-16 diklasemen akhir kejuaraan.

2015[sunting | sunting sumber]

Untuk musim 2015, Hayden tetap bersama Aspar Racing Team, untuk mengendarai Honda RC213V-RS spesifikasi-open yang baru. Dia digabungkan di tim itu dengan Eugene Laverty, yang pindah dari Kejuaraan Dunia Superbike.

Pindah ke Kejuaraan Dunia Superbike[sunting | sunting sumber]

Pada 8 Oktober 2015, telah diumumkan di konferensi pers pra-balapan MotoGP Jepang 2015 bahwa Hayden akan pindah ke Kejuaraan Dunia Superbike untuk musim 2016. Hayden akan menggantikan Sylvain Guintoli di tim Ten Kate Racing bermesinkan Honda, bersama Michael van der Mark.

Musim 2016[sunting | sunting sumber]

Setelah hasil yang bagus di tes pra-musim, Hayden menyelesaikan balapan akhir pekan pertamanya di posisi ke-9 dan ke-4 di Phillip Island. Di ronde 4 di Assen, Hayden mendapatkan podium pertamanya di tempat ke-3 di balapan pertama, membalap bersama dengan para pimpinan balapan sebelum akhirnya mundur di bagian akhir.

Pada ronde 6 di Sirkuit Internasional Sepang, Hayden memulai balapan di grid ke-4 di belakang para pabrikan Kawasaki dan Alex Lowes di Yamaha. Setelah finis di posisi ke-8 di balapan kering pada balapan pertama; Hayden membuat start yang bagus pada balapan ke-2 dan mendahului Lowes di tikungan 2, menantang para Kawasaki keatas bukit untuk memimpin di sektor 1. Hayden mendahului Tom Sykes dari sisi luar saat memasuki tikungan 5 dan mengikuti Jonathan Rea untuk mayoritas putaran tersebut, membuat pergerakan yang kuat memasuki tikungan ke-2 terakhir Sepang sebelum lurusan, Hayden mengambil alih pimpinan balapan dan melewati garis finis di tempat pertama. Nicky menjauh dengan balapan tersebut basah secara keseluruhan, menarik jarak 4 detik dari Rea dan para Ducati yang sekarang mengejar, Chaz Davies dan Davide Giugliano.

Ketika balapan memasuki 10 putaran terakhir, Giugliano mengambil posisi ke-2 dari Rea dan rekan setimnya, Davies, dan menjauh, mengurangi separuh jarak Hayden dengan 4 putaran tersisa. Ducati tersebut berada 1 detik di belakang saat memasuki putaran terakhir tetapi Hayden menahan jarak tersebut untuk memenangkan balapan Superbike Dunia pertamanya, mengambil kemenangan pertama Honda di musim itu.

Musim 2017[sunting | sunting sumber]

Hayden tetap di Ten Kate Honda (sekarang dikenal sebagai Tim Red Bull Honda World Superbike) untuk musim 2017, bermitra dengan Stefan Bradl.

Menjadi Pengganti di Honda MotoGP[sunting | sunting sumber]

Hayden kembali ke MotoGP sebagai pengganti saat para pengendara Honda cedera. Setelah bintang Estrella Galicia 0,0 Marc VDS, Jack Miller, absen di ronde Aragon, Hayden dipanggil oleh Honda dalam peran mengganti, finis ke-15.

Dia kembali ke Phillip Island saat Dani Pedrosa dikesampingkan menyusul kecelakaan pembalap Spanyol di Motegi, yang menandai penampilan pertamanya di Repsol Honda sejak 2008, namun baru selesai 17 setelah bertabrakan dengan Jack Miller di akhir lomba, yang dia ganti di Aragon seperti yang dikatakan atas.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

FIM menamainya seorang Legenda pada November 2015 sebelum MotoGP Valencia 2015.

Sejarah balapan[sunting | sunting sumber]

MotoGP[sunting | sunting sumber]

Kejuaraan Dunia Superbike[sunting | sunting sumber]

AMA Superbike[sunting | sunting sumber]

AMA 600 Supersport[sunting | sunting sumber]

AMA 750 Superstock[sunting | sunting sumber]

AMA Formula Extreme[sunting | sunting sumber]

Statistik karier[sunting | sunting sumber]

Kejuaraan Dunia Supersport[sunting | sunting sumber]

Balapan berdasarkan tahun[sunting | sunting sumber]

Tahun Motor 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Pos. Pn
1998 Suzuki GBR ITA SPA GER SMR RSA USA
Ret
EUR AUT NED NC 0

Kejuaraan Dunia Superbike[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan musim[sunting | sunting sumber]

Musim Sepeda motor Tim Balapan Kemenangan Podium Raihan terbaik Posisi Pole Putaran Tercepat Poin Menduduki Kejuaraan Dunia
2002 Honda RC51 American Honda 2 0 0 4th 0 0 16 26th  –
2016 Honda CBR1000RR Honda World Superbike Team 26 1 4 1st 0 0 248 5th  –
Total 28 1 4 0 0 264

* Musim masih dalam perkembangan.

Berdasarkan tahun[sunting | sunting sumber]

Tahun Motor 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 Pos. Pn
R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2
2002 Honda SPA SPA AUS AUS RSA RSA JPN JPN ITA ITA GBR GBR GER GER SMR SMR USA
4
USA
13
GBR GBR GER GER NED NED ITA ITA 26th 16
2016 Honda AUS
9
AUS
4
THA
Ret
THA
5
SPA
6
SPA
Ret
NED
3
NED
6
ITA
9
ITA
8
MAL
8
MAL
1
GBR
5
GBR
6
ITA
Ret
ITA
6
USA
3
USA
5
GER
3
GER
10
FRA
Ret
FRA
9
SPA
4
SPA
4
QAT
5
QAT
7
5th 248

* Musim masih dalam perkembangan.

Grand Prix Sepeda Motor[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan musim[sunting | sunting sumber]

Musim Kelas Sepeda motor Tim Balapan Kemenangan Podium Raihan terbaik Pole Putaran Tercepat Pn Menduduki Kejuaraan Dunia
2003 MotoGP Honda RC211V Repsol Honda 16 0 2 3rd 0 0 130 5th  –
2004 MotoGP Honda RC211V Repsol Honda 15 0 2 3rd 0 0 117 8th  –
2005 MotoGP Honda RC211V Repsol Honda Team 17 1 6 1st 3 2 206 3rd  –
2006 MotoGP Honda RC211V Repsol Honda Team 17 2 10 1st 1 2 252 1st 1
2007 MotoGP Honda RC212V Repsol Honda 18 0 3 3rd 1 1 127 8th  –
2008 MotoGP Honda RC212V Repsol Honda Team 16 0 2 2nd 0 1 155 6th  –
2009 MotoGP Ducati GP9 Ducati Marlboro 17 0 1 3rd 0 0 104 13th  –
2010 MotoGP Ducati GP10 Ducati Marlboro 18 0 1 3rd 0 0 163 7th  –
2011 MotoGP Ducati GP11 Ducati Corse 17 0 1 3rd 0 1 132 8th  –
2012 MotoGP Ducati GP12 Ducati Corse 16 0 0 4th 0 0 122 9th  –
2013 MotoGP Ducati GP13 Ducati Corse 18 0 0 5th 0 0 126 9th  –
2014 MotoGP Honda RCV1000R Drive M7 Aspar 13 0 0 8th 0 0 47 16th  –
2015 MotoGP Honda RC213V-RS Aspar MotoGP Team 18 0 0 11th 0 0 16 20th  –
2016 MotoGP Honda RC213V Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (ARA)
Repsol Honda Team (AUS)
2 0 0 15th 0 0 1 26th  –
Total 218 3 28 5 7 1698 1

Berdasarkan kelas[sunting | sunting sumber]

Kelas Musim GP Pertama Podium Pertama Kemenangan Pertama Balapan Kemenangan Podium Pole Putaran Tercepat Poin Kejuaraan Dunia
MotoGP 2003–2016 2003 Japan 2003 Pacific 2005 United States 218 3 28 5 7 1698 1
Total 14 musim 218 3 28 5 7 1698 1

Balapan berdasarkan tahun[sunting | sunting sumber]

(kunci) (Balapan yang ditebalkan menandakan posisi pole)

Tahun Kelas Motor 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 Pos Pts
2003 MotoGP Honda JPN
7
RSA
7
SPA
Ret
FRA
12
ITA
12
CAT
9
NED
11
GBR
8
GER
5
CZE
6
POR
9
RIO
5
PAC
3
MAL
4
AUS
3
VAL
16
5th 130
2004 MotoGP Honda RSA
5
SPA
5
FRA
11
ITA
Ret
CAT
Ret
NED
5
RIO
3
GER
3
GBR
4
CZE
Ret
POR JPN
Ret
QAT
5
MAL
4
AUS
6
VAL
Ret
8th 117
2005 MotoGP Honda SPA
Ret
POR
7
CHN
9
FRA
6
ITA
6
CAT
5
NED
4
USA
1
GBR
Ret
GER
3
CZE
5
JPN
7
MAL
4
QAT
3
AUS
2
TUR
3
VAL
2
3rd 206
2006 MotoGP Honda SPA
3
QAT
2
TUR
3
CHN
2
FRA
5
ITA
3
CAT
2
NED
1
GBR
7
GER
3
USA
1
CZE
9
MAL
4
AUS
5
JPN
5
POR
Ret
VAL
3
1st 252
2007 MotoGP Honda QAT
8
SPA
7
TUR
7
CHN
12
FRA
Ret
ITA
10
CAT
11
GBR
17
NED
3
GER
3
USA
Ret
CZE
3
RSM
13
POR
4
JPN
9
AUS
Ret
MAL
9
VAL
8
8th 127
2008 MotoGP Honda QAT
10
SPA
4
POR
Ret
CHN
6
FRA
8
ITA
13
CAT
8
GBR
7
NED
4
GER
13
USA
5
CZE RSM
DNS
IND
2
JPN
5
AUS
3
MAL
4
VAL
5
6th 155
2009 MotoGP Ducati QAT
12
JPN
Ret
SPA
15
FRA
12
ITA
12
CAT
10
NED
8
USA
5
GER
8
GBR
15
CZE
6
IND
3
RSM
Ret
POR
8
AUS
15
MAL
5
VAL
5
13th 104
2010 MotoGP Ducati QAT
4
SPA
4
FRA
4
ITA
Ret
GBR
4
NED
7
CAT
8
GER
7
USA
5
CZE
6
IND
6
RSM
Ret
ARA
3
JPN
12
MAL
6
AUS
4
POR
5
VAL
Ret
7th 163
2011 MotoGP Ducati QAT
9
SPA
3
POR
9
FRA
7
CAT
8
GBR
4
NED
5
ITA
10
GER
8
USA
7
CZE
7
IND
14
RSM
Ret
ARA
7
JPN
7
AUS
7
MAL
C
VAL
Ret
8th 132
2012 MotoGP Ducati QAT
6
SPA
8
POR
11
FRA
6
CAT
9
GBR
7
NED
6
GER
10
ITA
7
USA
6
IND
DNS
CZE RSM
7
ARA
Ret
JPN
8
MAL
4
AUS
8
VAL
Ret
9th 122
2013 MotoGP Ducati QAT
8
AME
9
SPA
7
FRA
5
ITA
6
CAT
Ret
NED
11
GER
9
USA
8
IND
9
CZE
8
GBR
8
RSM
9
ARA
9
MAL
Ret
AUS
7
JPN
9
VAL
8
9th 126
2014 MotoGP Honda QAT
8
AME
11
ARG
11
SPA
11
FRA
Ret
ITA
DNS
CAT
12
NED
17
GER
14
IND CZE GBR RSM ARA
9
JPN
14
AUS
10
MAL
Ret
VAL
13
16th 47
2015 MotoGP Honda QAT
17
AME
13
ARG
16
SPA
17
FRA
11
ITA
Ret
CAT
Ret
NED
16
GER
16
IND
16
CZE
17
GBR
12
RSM
17
ARA
15
JPN
13
AUS
Ret
MAL
16
VAL
17
20th 16
2016 MotoGP Honda QAT ARG AME SPA FRA ITA CAT NED GER AUT CZE GBR RSM ARA
15
JPN AUS
17
MAL
VAL
26th 1

Pribadi[sunting | sunting sumber]

  • Hayden memiliki 2 saudara, Tommy dan Roger Lee, keduanya pembalap sepeda motor profesional, dan 2 saudari, Jenny dan Kathleen. Pada 2010, Tommy membalap di AMA, dan Roger Lee berkompetisi di Kejuaraan Dunia Superbike.
  • Nomor balap tradisionalnya, 69, merupakan nomor yang sama yang digunakan ayahnya. Ayahnya bercanda bahwa nomor tersebut dipilih karena akan tetap bisa dibaca saat dia sering berakhir terbalik ditanah.
  • Hayden bertunangan pada 17 Mei 2016, dengan Jackie Marin.

Meninggal dunia[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 17 Mei, 2017, Hayden ditabrak mobil saat mengendarai sepeda di dekat Rimini, Italia.[1] Kecelakaan terjadi di persimpangan via Ca 'Raffaelli dan via Tavoleto di Misano Adriatico. Hayden sedang bepergian ke barat via Ca 'Raffaelli saat dia dikejutkan oleh sebuah mobil saat dia memasuki jalan untuk menyeberang melalui Tavoleto. Sopir mobil tersebut menyatakan bahwa dia sedang dalam perjalanan untuk bekerja saat Hayden melewati sebuah rambu berhenti dan tiba-tiba muncul di depannya. Dia tidak bisa menghindari tabrakan.[2] Kecepatan pengemudi belum diketahui tapi dampak tabrakan Hayden ke kaca depan cukup kuat untuk benar-benar menghancurkannya dan mengusap atap mobil. Sepeda Hayden ditemukan di selokan dekat dengan bingkai yang ditabrak menjadi dua.[3]

Hayden dibawa ke rumah sakit Rimini dengan luka parah. Pukul 18:00 waktu setempat, empat jam setelah kecelakaan itu, staf rumah sakit Rimini mengumumkan bahwa dia telah dipindahkan ke unit trauma utama di Rumah Sakit Maurizio Bufalini di Cesena untuk kemungkinan pembedahan. Hal itu dilaporkan secara luas oleh media mainstream bahwa Hayden dimasukkan ke dalam koma yang diinduksi secara medis untuk operasi, yang tidak demikian menurut ayah Hayden Earl. Nicky tidak pernah mengalami koma dan dia tidak menjalani operasi karena kondisinya terlalu parah untuk dioperasikan.[4] Hayden mengalami cedera otak traumatis dan juga patah tulang pangkal, pelvis patah, dan vertebra retak ganda. Pada 19 Mei, dia saat ini mendukung kehidupan dan kondisinya saat ini digambarkan sangat penting dengan prognosis yang dijaga.[5]

Nicky Hayden meninggal dunia pada tanggal 22 Mei 2017, lima hari setelah mengalami koma akibat kecelakaan yang dialaminya di Italia. Rumah Sakit Maurizio Bufalini, tempat di mana Hayden dirawat, mengonfirmasi kepergian pria berjulukan The Kentucky Kid tersebut. Rumah sakit itu juga sempat mewartakan kerusakan otak dan luka traumatis yang dialami Hayden. Hal itu dipicu oleh kecelakaan yang melibatkan Hayden di sebelah selatan daerah Rimini, Italia. Hayden bersama 14 orang lainnya ditabrak mobil saat berlatih sepeda di Riccione-Tavoleto, sebelah selatan daerah Rimini, Italia, Rabu 17 Mei 2017 waktu setempat. Setelah kecelakaan, Hayden langsung mendapatkan perawatan di lokasi lalu dibawa ke rumah sakit terdekat yang ada di Rimini. Beberapa jam kemudian dia dipindahkan ke rumah sakit di Cesena untuk menjalani perawatan dan kemungkinan operasi.[6]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "American Superbike rider Nicky Hayden hit by car while cycling". USA Today. Diakses tanggal 2017-05-18. 
  2. ^ "El conductor que arrolló a Hayden asegura que éste se saltó un STOP y no pudo hacer nada". TodoCircuito.com (dalam bahasa spanish). Diakses tanggal 2017-05-19. 
  3. ^ "SBK, Nicky Hayden, The photos of the terrible accident". GPOne.com (dalam bahasa english). Diakses tanggal 2017-05-19. 
  4. ^ "Nicky Hayden: Earl Hayden Decries Fake News". RoadRacingWorld.com (dalam bahasa english). Diakses tanggal 2017-05-19. 
  5. ^ "Superbike, Hayden investito in bici: danno cerebrale preoccupante". La Repubblica (dalam bahasa italian). Diakses tanggal 2017-05-18. 
  6. ^ Kompas Olahraga: Nicky Hayden Meninggal Dunia, diakses 22 Mei 2017