Grand Prix Sepeda Motor musim 2003

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Grand Prix Sepeda Motor F.I.M. musim 2003
Sebelum: 2002 Sesudah: 2004

Juara Dunia
MotoGPValentino Rossi (Honda)
250ccManuel Poggiali (Aprilia)
125ccDani Pedrosa (Honda)

Grand Prix Sepeda Motor musim 2003 adalah musim Kejuaraan Dunia F.I.M. ke-55. Musim ini terdiri dari 16 balapan, dimulai dengan Grand Prix Sepeda Motor Jepang pada tanggal 6 April 2003 dan diakhiri dengan Grand Prix Sepeda Motor Valencia pada tanggal 2 November.

Dani Pedrosa (foto di Sepang) menjadi juara dunia 125cc 2003

Ringkasan Musim[sunting | sunting sumber]

Juara bertahan Valentino Rossi memenangkan kejuaraan MotoGP ketiganya pada tahun 2003, memenangkan 9 balapan, disorot oleh kemenangannya di Phillip Island di mana dia diberikan penalti 10 detik karena menyalip di bawah bendera kuning dan dia mengatasi penalti dengan memenangkan perlombaan dengan waktu lebih dari 10 detik. Rossi menjadi tidak puas dengan hubungannya dengan Honda Racing Corporation[1] dan seiring berjalannya musim dan HRC mencoba mendapatkan Rossi untuk menandatangani kontrak baru, Rossi menolak sampai akhirnya mengumumkan di akhir tahun bahwa dia akan meninggalkan Honda. Dia segera menandatangani kontrak dengan Yamaha Motor Company dan membawa Jeremy Burgess bersamanya untuk menjadi kepala krunya.

Musim ini dirusak oleh Daijiro Kato yang tewas pada seri pertama di Suzuka. Dia kehilangan kendali atas sepeda motornya saat mendekati Casio Triangle dan menabrak penghalang dengan kecepatan tinggi. Jantungnya dimulai ulang oleh paramedis lintasan, tetapi dia tidak bangun dari koma dan meninggal 2 minggu kemudian. Kontroversi muncul karena balapan tidak berbendera merah untuk memungkinkan Kato dikeluarkan dari lintasan dengan perawatan maksimal.[2] Sejak itu Suzuka telah dihapus dari kalender MotoGP. Rekan setimnya Sete Gibernau akan mewarisi spesifikasi pabrik Kato RC211V.

Rookie MotoGP tahun 2003 termasuk Nicky Hayden (Rookie of the Year), Troy Bayliss, Marco Melandri dan Colin Edwards. Seorang konstruktor baru juga tiba: Ducati. Setelah banyak sukses di Balap Superbike, Ducati kembali ke kelas utama GP dengan GP3. Itu membuat kesan langsung dengan kecepatan mentahnya, dan mereka menyelesaikan kejuaraan konstruktor di tempat kedua, di depan Yamaha dan di belakang Honda.

Kalender[sunting | sunting sumber]

Pada 12 Juli 2002, FIM mengkonfirmasi pra-kalender 2003.[3] GP Afrika Selatan semula dijadwalkan berjalan sebagai pembuka musim baru sebelum GP Jepang di pra-kalender ini. Pada 16 Oktober 2002, FIM mengonfirmasi kalender 2003.[4] Di dalamnya, Grand Prix Afrika Selatan dan Jepang dipertukarkan lagi.

Grand Prix berikut dijadwalkan berlangsung pada tahun 2003:[5][6]

Ronde Tanggal Grand Prix Sirkuit
1 6 April Jepang SKYY vodka Grand Prix of Japan Suzuka Circuit
2 27 April Afrika Selatan Arnette Africa's Grand Prix Phakisa Freeway
3 11 Mei Spanyol Gran Premio Marlboro de España Circuito de Jerez
4 25 Mei Prancis Grand Prix Polini de France Bugatti Circuit
5 8 June Italia Gran Premio Cinzano d'Italia Mugello Circuit
6 15 Juni Catalunya Gran Premi Marlboro de Catalunya Circuit de Catalunya
7 28 Juni †† Belanda Gauloises Dutch TT TT Circuit Assen
8 13 Juli Britania Raya Cinzano British Grand Prix Donington Park
9 27 Juli Jerman Cinzano Motorrad Grand Prix Deutschland Sachsenring
10 17 Agustus Ceko Gauloises Grand Prix České republiky Brno Circuit
11 7 September Portugal Grande Premio Marlboro de Portugal Autódromo do Estoril
12 20 September †† Rio de Janeiro Cinzano Rio Grand Prix Autódromo Internacional Nelson Piquet
13 5 October Prefektur Tochigi Gauloises Pacific Grand Prix of Motegi Twin Ring Motegi
14 12 October Malaysia Marlboro Malaysian Motorcycle Grand Prix Sepang International Circuit
15 19 October Australia SKYY vodka Australian Grand Prix Phillip Island Circuit
16 2 November Wilayah Valencia Gran Premio Marlboro Comunitat Valenciana Circuit Ricardo Tormo
†† = Balapan Sabtu

Perubahan Kalender[sunting | sunting sumber]

Tidak ada perubahan kalender untuk musim 2003.

Perubahan Regulasi[sunting | sunting sumber]

Perubahan berikut dilakukan pada regulasi untuk musim 2003:[7][8]

Regulasi Olahraga[sunting | sunting sumber]

Untuk tahun ini, aturan tentang netralisasi balapan akan diubah. Ini hanya berlaku untuk kelas MotoGP. Jika keadaan berubah sedemikian signifikan karena perubahan cuaca, kecelakaan berat, atau alasan lainnya, balapan dapat dinetralkan sekali atau beberapa kali dan aturan berikut akan berlaku:

  • Bendera putih dengan tanda silang merah diagonal (menunjukkan kondisi lembab) akan dipasang diam di setiap pos marshal.
  • Mobil pengaman akan masuk dan melakukan satu putaran pengamatan. Pintu keluar pit lane selanjutnya akan ditutup dengan lampu merah dan bendera merah yang menandakan hal ini.
  • Pembalap dapat memilih untuk memasuki jalur pit pada akhir putaran mereka saat ini atau melakukan satu lap pengamatan lagi untuk memeriksa kondisi trek, kemudian harus masuk ke pit.
  • Semua pembalap yang memilih untuk naik satu lap lagi harus mengejar keselamatan mobil di trek. Dilarang menyalip safety car.
  • Setelah safety car berjalan, mobil akan memasuki pit lane dan sirkuit akan ditutup dengan indikasi bendera merah. Semua pengendara yang mengikuti safety car juga harus masuk ke pit.
  • Safety car akan berhenti ± 50 meter di belakang pintu keluar pit lane.
  • Saat berada di pit, semua pebalap diperbolehkan untuk mengganti ban, menyesuaikan sepeda motornya, mengisi bahan bakar atau mengganti motornya
  • Jika balapan dinetralkan sebelum putaran terakhir, klasifikasi balapan sementara akan dipublikasikan. Klasifikasi sementara akan terdiri dari hasil yang diambil pada titik terakhir di mana leader, serta semua pembalap lain yang berada di lap yang sama dengan leader, telah menyelesaikan satu lap penuh tanpa mengibarkan bendera netralisasi. Pembalap yang sebelumnya sudah berada di pit lane juga akan dimasukkan dalam klasifikasi sementara. Setiap pembalap yang tidak menyelesaikan setidaknya 75% lap yang diselesaikan oleh pemimpin balapan tidak akan diklasifikasikan. Perlombaan akan dilanjutkan jika memungkinkan dengan mengikuti prosedur pasal 1.28.
  • Jika balapan dinetralkan selama lap terakhir, prosedur berikut akan berlaku: jika setidaknya satu pembalap telah menyelesaikan semua jumlah lap yang dijadwalkan dari balapan asli, klasifikasi akhir akan dihitung sesuai dengan pasal 1.25.1 dan balapan tidak akan dilanjutkan. Jika tidak ada pembalap yang menyelesaikan jumlah lap terakhir dari balapan asli, ketentuan pasal 1.27.8 akan berlaku dan balapan akan dilanjutkan berdasarkan standar pasal 1.28.
  • Jika perlombaan dinetralkan lebih dari sekali, klasifikasi perlombaan sementara untuk posisi dan jatah partisipasi dalam lomba yang dilanjutkan akan selalu didasarkan pada klasifikasi lomba sementara dari terakhir kali perlombaan dinetralkan.
  • Dalam semua kasus, klasifikasi balapan sementara harus ditampilkan di monitor ketepatan waktu resmi.

Jika balapan dimulai ulang setelah netralisasi, aturan berikut hanya akan berlaku untuk kelas MotoGP:

  • Race Direction secara resmi akan mengumumkan kapan safety car akan meninggalkan pit untuk melanjutkan balapan.
  • Jumlah lap yang masih harus diselesaikan akan diukur dari jumlah lap yang dijadwalkan untuk balapan asli dan jumlah lap dari klasifikasi balapan sementara. Jika selisihnya kurang dari tiga, jumlah lap yang harus ditempuh adalah tiga lap.
  • Jika balapan dinetralkan lebih dari satu kali, jumlah putaran yang masih harus dilakukan akan diukur dari jumlah putaran yang dijadwalkan untuk balapan asli dan jumlah putaran yang diselesaikan di semua bagian sebelumnya. Jika selisihnya kurang dari tiga, jumlah lap yang harus ditempuh adalah tiga lap.
  • Hanya pembalap yang termasuk dalam race classificial sementara yang diizinkan untuk melanjutkan balapan.
  • Dua menit sebelum safety car keluar dari pit, pintu keluar pit lane akan dibuka dengan indikasi lampu hijau dan bendera untuk memungkinkan semua pembalap berkumpul di belakang safety car sesuai urutan klasifikasi balapan sementara.
  • Tiga puluh detik sebelum safety car keluar dari pit, semua pembalap harus siap di belakang safety car sesuai urutan klasifikasi balapan sementara.
  • Pintu keluar pit lane akan ditutup dengan indikasi bendera merah dan lampu dan safety car akan melakukan satu lap diikuti oleh semua pembalap setelah diumumkan oleh Race Direction. Menyalip safety car dilarang dan setiap pembalap yang tetap berada di pit harus melanjutkan balapan dari sana.
  • Dalam semua kasus, waktu untuk pergi sebelum safety car berangkat dan pit lane ditutup, harus ditunjukkan pada papan hitung mundur atau jam yang ada di pintu keluar pit lane atau pada monitor ketepatan waktu resmi.
  • Di akhir lap safety car, ia akan masuk pit sementara semua pembalap melanjutkan di sirkuit.
  • Balapan akan dilanjutkan melalui start bergulir saat pembalap melewati garis start/finish dimana dua bendera hijau akan dikibarkan di setiap sisi trek dan lampu start hijau akan dinyalakan. Pada saat ini, penalti waktu dapat diberikan oleh Race Direction kepada setiap pembalap:
- yang tidak berada di belakang roda belakang sepeda motor di depannya.
- yang berada di posisi lebih tinggi daripada di klasifikasi balapan sementara.
- yang lebih dari tiga detik di belakang pembalap di depannya.
  • Setelah pembalap terakhir di dalam file melewati pintu keluar pit lane, lampu hijau akan menyala dan bendera hijau akan dikibarkan untuk memungkinkan pembalap di pit melanjutkan balapan.
  • Klasifikasi balapan terakhir akan dibuat berdasarkan posisi dan jumlah putaran setiap pembalap pada saat ia melewati garis start/finish di akhir balapan. Prosedur pasal 1.23.5. akan berlaku dalam kasus ini.

Regulasi Teknis[sunting | sunting sumber]

  • Tepi pipa knalpot yang terbuka harus dibulatkan untuk menghindari ujung yang tajam. Pipa 30mm terakhir harus horizontal dan sejajar dengan garis tengah sepeda dengan toleransi ± 10 derajat.

Peserta[sunting | sunting sumber]

Peserta MotoGP[sunting | sunting sumber]

Tim Konstruktor Sepeda Motor Ban No Pembalap Ronde
Italia Alice Aprilia Racing Aprilia Aprilia RS Cube M 41 Jepang Noriyuki Haga Semua
45 Amerika Serikat Colin Edwards Semua
Italia Ducati Marlboro Team Ducati Ducati Desmosedici GP3 12 Australia Troy Bayliss Semua
65 Italia Loris Capirossi Semua
Britania Raya WCM Harris WCM Harris WCM D 35 Britania Raya Chris Burns 1, 11–16
52 Spanyol José David de Gea 11–16
ROC Yamaha ROC Yamaha 35 Britania Raya Chris Burns 8–10
Sabre V4 Sabre V4 52 Spanyol José David de Gea 8–10
Jepang Repsol Honda Honda Honda RC211V M 46 Italia Valentino Rossi Semua
69 Amerika Serikat Nicky Hayden Semua
Spanyol Camel Pramac Pons 3 Italia Max Biaggi Semua
11 Jepang Tohru Ukawa Semua
Italia Telefónica Movistar Honda 15 Spanyol Sete Gibernau Semua
74 Jepang Daijiro Kato 1
23 Jepang Ryuichi Kiyonari 4–16
Italia Pramac Honda B 6 Jepang Makoto Tamada Semua
Jepang Kawasaki Racing Team Kawasaki Kawasaki ZX-RR D 8 Australia Garry McCoy Semua
88 Australia Andrew Pitt Semua
48 Jepang Akira Yanagawa 1, 6
66 Jerman Alex Hofmann 3, 5, 7, 9–10
Jepang Moriwaki Racing Moriwaki MD211VF Proto 25 Jepang Tamaki Serizawa 1, 13
Malaysia/Amerika Serikat Proton Team KR Proton KR Proton KR3
Proton KR5
B 9 Jepang Nobuatsu Aoki Semua
99 Britania Raya Jeremy McWilliams Semua
Jepang Suzuki Grand Prix Team Suzuki Suzuki GSV-R M 10 Amerika Serikat Kenny Roberts, Jr. 1–5, 9–16
21 Amerika Serikat John Hopkins 1–13, 15–16
71 Jepang Yukio Kagayama 7–8
43 Jepang Akira Ryō 14
43 Jepang Akira Ryō 13
Jepang Fortuna Yamaha Team Yamaha Yamaha YZR-M1 7 Spanyol Carlos Checa Semua
33 Italia Marco Melandri 1, 3–15
17 Jepang Norifumi Abe 1–2, 16
Jepang Yamaha Racing Team 17 Jepang Norifumi Abe 4, 9
Prancis Gauloises Yamaha Team 4 Brasil Alex Barros Semua
19 Prancis Olivier Jacque Semua
Spanyol D'Antin Yamaha Team 56 Jepang Shinya Nakano Semua
Sumber: [9]
Key
Pembalap Reguler
Pembalap Wildcard
Pembalap Pengganti

Peserta 250cc[sunting | sunting sumber]

Tim Konstruktor Sepeda Motor No Pembalap Ronde
Safilo Oxydo - LCR Aprilia Aprilia RSV 250 7 Prancis Randy de Puniet Semua
Équipe de France - Scrab GP 9 Prancis Hugo Marchand Semua
36 Prancis Erwan Nigon Semua
Team Repsol Telefónica MoviStar 10 Spanyol Fonsi Nieto Semua
24 Spanyol Toni Elías Semua
Aspar Junior Team 11 Spanyol Joan Olivé Semua
33 Spanyol Héctor Faubel Semua
Team Zoppini Abruzzo 14 Australia Anthony West Semua
16 Swedia Johan Stigefelt Semua
Matteoni Racing 26 Italia Alex Baldolini Semua
MS Aprilia Team 54 San Marino Manuel Poggiali Semua
Campetella Racing 21 Italia Franco Battaini Semua
50 Prancis Sylvain Guintoli 1–13, 15–16
Aprilia Germany 57 Britania Raya Chaz Davies Semua
28 Jerman Dirk Heidolf 1–4, 8–16
29 Italia Christian Pistoni 5
30 Jerman Klaus Nöhles 6–7
Fortuna Honda Honda Honda NSR250 3 Italia Roberto Rolfo Semua
Telefónica MoviStar Junior Team 5 Argentina Sebastián Porto Semua
Kiefer Castrol-Honda Racing 15 Jerman Christian Gemmel Semua
Troll Honda BQR 6 Spanyol Alex Debón Semua
34 Andorra Eric Bataille 1–4, 6–16
Elit Grand Prix 96 Ceko Jakub Smrž 1–11
13 Ceko Jaroslav Huleš 12-16
Dark Dog Molenaar 18 Belanda Henk van de Lagemaat Semua
98 Jerman Katja Poensgen 1–11, 14–15
96 Ceko Jakub Smrž 13
De Arend Horeca Meubilair ?? Belanda Randy Gevers 7
MRTT ?? Belanda Jan Blok 7
Performance Racing ?? Belanda Hans Smees 7
Dy Do Miu Racing Team 72 Jepang Yuki Takahashi 1, 13
Team Harc-Pro 92 Jepang Hiroshi Aoyama 1, 13
Yamaha Kurz Yamaha Yamaha YZR250 8 Jepang Naoki Matsudo Semua
13 Ceko Jaroslav Huleš 1-4
29 Italia Christian Pistoni 7
52 Ceko Lukáš Pešek 6, 9-16
53 Italia Teresio Isola 8
J&E Sport Kunstgras ?? Belanda Arie Vos 7, 10
Sumber:[10]
Key
Pembalap Reguler
Pembalap Wildcard
Pembalap Pengganti

Peserta 125cc[sunting | sunting sumber]

Tim Konstruktor Sepeda Motor No Pembalap Ronde
Matteoni Racing Aprilia Aprilia RS125R 6 Italia Mirko Giansanti Semua
58 Italia Marco Simoncelli Semua
Abruzzo Racing 7 Italia Stefano Perugini Semua
11 Italia Max Sabbatani Semua
Globet.com Racing 15 San Marino Alex de Angelis Semua
23 Italia Gino Borsoi Semua
Exalt Cycle Red Devil 17 Jerman Steve Jenkner Semua
79 Hungaria Gábor Talmácsi Semua
Master - Mx Onda - Aspar 22 Spanyol Pablo Nieto Semua
80 Spanyol Héctor Barberá Semua
Safilo Oxydo - LCR 4 Italia Lucio Cecchinello Semua
27 Australia Casey Stoner 1–9, 12–16
Sterilgarda Racing 41 Jepang Youichi Ui Semua
42 Italia Gioele Pellino Semua
1 Prancis Arnaud Vincent 11–16
Seedorf Racing 19 Spanyol Álvaro Bautista Semua
14 Britania Raya Chris Martin 1–6
81 Spanyol Ismael Ortega 3, 8, 11, 16
88 Denmark Robbin Harms 5, 7, 9–16
Freesoul Racing 63 Prancis Mike Di Meglio 1–10
Gilera 41 Jepang Youichi Ui 11–16
Metis Gilera Racing 33 Italia Stefano Bianco 1–3, 7–16
50 Italia Andrea Ballerini 5–6
Caja Madrid Derbi Racing Derbi 26 Spanyol Emilio Alzamora Semua
48 Spanyol Jorge Lorenzo Semua
Elit Grand Prix Honda Honda RS125R 12 Swiss Thomas Lüthi Semua
Road Racing Team Hungary 25 Hungaria Imre Tóth Semua
Team Scot 34 Italia Andrea Dovizioso Semua
24 Italia Simone Corsi 1–13, 16
Telefónica MoviStar Junior Team 3 Spanyol Dani Pedrosa 1–14
Ajo Motorsport 8 Jepang Masao Azuma Semua
36 Finlandia Mika Kallio 1–9
36 Jepang Hiroyuki Kikuchi 10
50 Italia Andrea Ballerini 10
MetaSystem Racing Service 78 Hungaria Peter Lenart 1–11
21 Britania Raya Leon Camier 1–9
50 Italia Andrea Ballerini 10–16
28 Italia Michele Danese 12–16
63 Prancis Mike Di Meglio 12–16
KTM - Red Bull KTM KTM 125 FRR 10 Italia Roberto Locatelli Semua
1 Prancis Arnaud Vincent 1–9
36 Finlandia Mika Kallio 10–16
Semprucci - Angaia Malaguti Malaguti Malaguti 125GP 31 Spanyol Julián Simón Semua
32 Italia Fabrizio Lai Semua
Sumber: [11]
Key
Pembalap Reguler
Pembalap Pengganti

Hasil Grand Prix[sunting | sunting sumber]

MotoGP[sunting | sunting sumber]

Ronde Tanggal Grand Prix Sirkuit Pole position Lap Tercepat Pembalap Pemenang Konstruktor Pemenang Laporan
1 6 April Jepang Grand Prix Sepeda Motor Jepang Suzuka Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Jepang Honda Laporan
2 27 April Afrika Selatan Grand Prix Sepeda Motor Afrika Selatan Phakisa Spanyol Sete Gibernau Italia Valentino Rossi Spanyol Sete Gibernau Jepang Honda Laporan
3 11 Mei Spanyol Grand Prix Sepeda Motor Spanyol Jerez Italia Loris Capirossi Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Jepang Honda Laporan
4 25 Mei Prancis Grand Prix Sepeda Motor Prancis Le Mans Italia Valentino Rossi Jepang Noriyuki Haga Spanyol Sete Gibernau Jepang Honda Laporan
5 8 Juni Italia Grand Prix Sepeda Motor Italia Mugello Italia Valentino Rossi Italia Loris Capirossi Italia Valentino Rossi Jepang Honda Laporan
6 15 Juni Catalunya Grand Prix Sepeda Motor Catalan Catalunya Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Italia Loris Capirossi Italia Ducati Laporan
7 28 Juni Belanda Grand Prix Sepeda Motor Belanda Assen Italia Loris Capirossi Spanyol Sete Gibernau Spanyol Sete Gibernau Jepang Honda Laporan
8 13 Juli Britania Raya Grand Prix Sepeda Motor Inggris Donington Park Italia Max Biaggi Italia Valentino Rossi Italia Max Biaggi Jepang Honda Laporan
9 27 Juli Jerman Grand Prix Sepeda Motor Jerman Sachsenring Italia Max Biaggi Italia Max Biaggi Spanyol Sete Gibernau Jepang Honda Laporan
10 17 Agustus Ceko Grand Prix Sepeda Motor Republik Ceko Brno Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Jepang Honda Laporan
11 7 September Portugal Grand Prix Sepeda Motor Portugal Estoril Italia Loris Capirossi Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Jepang Honda Laporan
12 20 September Rio de Janeiro Grand Prix Sepeda Motor Rio de Janeiro Rio de Janeiro Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Jepang Honda Laporan
13 5 Oktober Prefektur Tochigi Grand Prix Sepeda Motor Pasifik Motegi Italia Max Biaggi Italia Valentino Rossi Italia Max Biaggi Jepang Honda Laporan
14 12 Oktober Malaysia Grand Prix Sepeda Motor Malaysia Sepang Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Jepang Honda Laporan
15 19 Oktober Australia Grand Prix Sepeda Motor Australia Phillip Island Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Jepang Honda Laporan
16 2 November Wilayah Valencia Grand Prix Sepeda Motor Valencia Valencia Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Jepang Honda Laporan

250cc[sunting | sunting sumber]

Ronde Tanggal Grand Prix Sirkuit Pole position Lap Tercepat Pembalap Pemenang Konstruktor Pemenang Laporan
1 6 April Jepang Grand Prix Sepeda Motor Jepang Suzuka Jepang Hiroshi Aoyama Jepang Hiroshi Aoyama San Marino Manuel Poggiali Italia Aprilia Laporan
2 27 April Afrika Selatan Grand Prix Sepeda Motor Afrika Selatan Phakisa Prancis Randy de Puniet San Marino Manuel Poggiali San Marino Manuel Poggiali Italia Aprilia Laporan
3 11 Mei Spanyol Grand Prix Sepeda Motor Spanyol Jerez Prancis Randy de Puniet San Marino Manuel Poggiali Spanyol Toni Elías Italia Aprilia Laporan
4 25 Mei Prancis Grand Prix Sepeda Motor Prancis Le Mans San Marino Manuel Poggiali Prancis Randy de Puniet Spanyol Toni Elías Italia Aprilia Laporan
5 8 Juni Italia Grand Prix Sepeda Motor Italia Mugello Prancis Randy de Puniet Prancis Randy de Puniet San Marino Manuel Poggiali Italia Aprilia Laporan
6 15 Juni Catalunya Grand Prix Sepeda Motor Catalan Catalunya Prancis Randy de Puniet San Marino Manuel Poggiali Prancis Randy de Puniet Italia Aprilia Laporan
7 28 Juni Belanda Grand Prix Sepeda Motor Belanda Assen San Marino Manuel Poggiali Italia Franco Battaini Australia Anthony West Italia Aprilia Laporan
8 13 Juli Britania Raya Grand Prix Sepeda Motor Inggris Donington Park Spanyol Fonsi Nieto San Marino Manuel Poggiali Spanyol Fonsi Nieto Italia Aprilia Laporan
9 27 Juli Jerman Grand Prix Sepeda Motor Jerman Sachsenring Argentina Sebastián Porto Spanyol Fonsi Nieto Italia Roberto Rolfo Jepang Honda Laporan
10 17 Agustus Ceko Grand Prix Sepeda Motor Republik Ceko Brno San Marino Manuel Poggiali Spanyol Toni Elías Prancis Randy de Puniet Italia Aprilia Laporan
11 7 September Portugal Grand Prix Sepeda Motor Portugal Estoril Spanyol Toni Elías San Marino Manuel Poggiali Spanyol Toni Elías Italia Aprilia Laporan
12 20 September Rio de Janeiro Grand Prix Sepeda Motor Rio de Janeiro Rio de Janeiro Spanyol Toni Elías San Marino Manuel Poggiali San Marino Manuel Poggiali Italia Aprilia Laporan
13 5 Oktober Prefektur Tochigi Grand Prix Sepeda Motor Pasifik Motegi Spanyol Toni Elías Spanyol Toni Elías Spanyol Toni Elías Italia Aprilia Laporan
14 12 Oktober Malaysia Grand Prix Sepeda Motor Malaysia Sepang Spanyol Toni Elías Spanyol Toni Elías Spanyol Toni Elías Italia Aprilia Laporan
15 19 Oktober Australia Grand Prix Sepeda Motor Australia Phillip Island Spanyol Toni Elías Ceko Jaroslav Huleš Italia Roberto Rolfo Jepang Honda Laporan
16 2 November Wilayah Valencia Grand Prix Sepeda Motor Valencia Valencia Prancis Randy de Puniet Spanyol Toni Elías Prancis Randy de Puniet Italia Aprilia Laporan

125cc[sunting | sunting sumber]

Ronde Tanggal Grand Prix Sirkuit Pole position Lap Tercepat Pembalap Pemenang Konstruktor Pemenang Laporan
1 6 April Jepang Grand Prix Sepeda Motor Jepang Suzuka San Marino Alex de Angelis Italia Stefano Perugini Italia Stefano Perugini Italia Aprilia Laporan
2 27 April Afrika Selatan Grand Prix Sepeda Motor Afrika Selatan Phakisa Jepang Youichi Ui Spanyol Dani Pedrosa Spanyol Dani Pedrosa Jepang Honda Laporan
3 11 Mei Spanyol Grand Prix Sepeda Motor Spanyol Jerez Spanyol Pablo Nieto Italia Stefano Perugini Italia Lucio Cecchinello Italia Aprilia Laporan
4 25 Mei Prancis Grand Prix Sepeda Motor Prancis Le Mans Italia Andrea Dovizioso Spanyol Dani Pedrosa Spanyol Dani Pedrosa Jepang Honda Laporan
5 8 Juni Italia Grand Prix Sepeda Motor Italia Mugello Australia Casey Stoner Italia Gino Borsoi Italia Lucio Cecchinello Italia Aprilia Laporan
6 15 Juni Catalunya Grand Prix Sepeda Motor Catalan Catalunya Spanyol Pablo Nieto Australia Casey Stoner Spanyol Dani Pedrosa Jepang Honda Laporan
7 28 Juni Belanda Grand Prix Sepeda Motor Belanda Assen Spanyol Dani Pedrosa Spanyol Héctor Barberá Jerman Steve Jenkner Italia Aprilia Laporan
8 13 Juli Britania Raya Grand Prix Sepeda Motor Inggris Donington Park Italia Stefano Perugini Italia Lucio Cecchinello Spanyol Héctor Barberá Italia Aprilia Laporan
9 27 Juli Jerman Grand Prix Sepeda Motor Jerman Sachsenring Italia Stefano Perugini Spanyol Pablo Nieto Italia Stefano Perugini Italia Aprilia Laporan
10 17 Agustus Ceko Grand Prix Sepeda Motor Republik Ceko Brno San Marino Alex de Angelis Italia Lucio Cecchinello Spanyol Dani Pedrosa Jepang Honda Laporan
11 7 September Portugal Grand Prix Sepeda Motor Portugal Estoril San Marino Alex de Angelis Spanyol Héctor Barberá Spanyol Pablo Nieto Italia Aprilia Laporan
12 20 September Rio de Janeiro Grand Prix Sepeda Motor Rio de Janeiro Rio de Janeiro Spanyol Dani Pedrosa Spanyol Dani Pedrosa Spanyol Jorge Lorenzo Spanyol Derbi Laporan
13 5 Oktober Prefektur Tochigi Grand Prix Sepeda Motor Pasifik Motegi Spanyol Dani Pedrosa Spanyol Jorge Lorenzo Spanyol Héctor Barberá Italia Aprilia Laporan
14 12 Oktober Malaysia Grand Prix Sepeda Motor Malaysia Sepang Spanyol Jorge Lorenzo Australia Casey Stoner Spanyol Dani Pedrosa Jepang Honda Laporan
15 19 Oktober Australia Grand Prix Sepeda Motor Australia Phillip Island Italia Stefano Perugini Italia Andrea Ballerini Italia Andrea Ballerini Jepang Honda Laporan
16 2 November Wilayah Valencia Grand Prix Sepeda Motor Valencia Valencia San Marino Alex de Angelis Jerman Steve Jenkner Australia Casey Stoner Italia Aprilia Laporan

Klasemen Kejuaraan[sunting | sunting sumber]

MotoGP[sunting | sunting sumber]

Klasemen Pembalap[sunting | sunting sumber]

Sistem Poin

Poin diberikan kepada lima belas pemenang teratas. Pembalap harus menyelesaikan balapan untuk mendapatkan poin.

Posisi  1st   2nd   3rd   4th   5th   6th   7th   8th   9th   10th   11th   12th   13th   14th   15th 
Poin 25 20 16 13 11 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1
  • Pembalap dengan latar belakang biru muda berhak mendapatkan penghargaan Rookie of the Year.
Pos Pembalap Sepeda Motor JPN
Jepang
SAF
Afrika Selatan
ESP
Spanyol
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
POR
Portugal
RIO
Rio de Janeiro
PAC
Prefektur Tochigi
MAL
Malaysia
AUS
Australia
VAL
Wilayah Valencia
Poin
1 Italia Valentino Rossi Honda 1 2 1 2 1 2 3 3 2 1 1 1 2 1 1 1 357
2 Spanyol Sete Gibernau Honda 4 1 Ret 1 7 3 1 2 1 2 4 2 4 2 4 2 277
3 Italia Max Biaggi Honda 2 3 2 5 3 14 2 1 Ret 5 2 4 1 3 17 4 228
4 Italia Loris Capirossi Ducati 3 Ret Ret Ret 2 1 6 4 4 Ret 3 6 8 6 2 3 177
5 Amerika Serikat Nicky Hayden Honda 7 7 Ret 12 12 9 11 8 5 6 9 5 3 4 3 16 130
6 Australia Troy Bayliss Ducati 5 4 3 Ret Ret 10 9 5 3 3 6 10 Ret 9 Ret 7 128
7 Spanyol Carlos Checa Yamaha 10 9 Ret Ret 8 4 4 6 8 4 8 9 Ret 5 8 5 123
8 Jepang Tohru Ukawa Honda 20 6 4 7 6 6 12 Ret 6 8 5 7 7 7 5 Ret 123
9 Brasil Alex Barros Yamaha 8 5 5 3 Ret 8 8 DNS Ret 7 11 12 6 15 Ret 6 101
10 Jepang Shinya Nakano Yamaha 9 11 8 14 5 5 13 9 7 14 12 8 9 8 7 Ret 101
11 Jepang Makoto Tamada Honda Ret 14 6 Ret 4 7 16 13 13 9 10 3 DSQ 10 10 10 87
12 Prancis Olivier Jacque Yamaha 15 10 10 4 10 Ret 5 Ret 9 11 13 Ret 13 Ret 6 Ret 71
13 Amerika Serikat Colin Edwards Aprilia 6 Ret 14 10 9 Ret 7 10 14 12 14 13 17 13 16 8 62
14 Jepang Noriyuki Haga Aprilia 12 Ret 11 8 Ret 12 Ret 7 Ret 13 15 14 12 12 14 15 47
15 Italia Marco Melandri Yamaha WD 17 15 11 13 Ret Ret Ret 10 7 11 5 11 Ret 45
16 Jepang Norifumi Abe Yamaha 11 8 11 10 9 31
17 Amerika Serikat John Hopkins Suzuki 13 13 7 Ret Ret 15 15 11 Ret 17 18 DNS Ret 12 13 29
18 Britania Raya Jeremy McWilliams Proton KR Ret Ret 12 6 Ret Ret Ret Ret 12 Ret 19 16 Ret 17 11 12 27
19 Amerika Serikat Kenny Roberts Jr. Suzuki 14 15 13 16 Ret 15 20 17 17 15 14 9 11 22
20 Jepang Ryuichi Kiyonari Honda 13 13 11 17 14 18 15 16 15 11 21 19 14 22
21 Jepang Nobuatsu Aoki Proton KR Ret 12 9 Ret Ret 16 Ret 15 11 Ret 20 Ret 14 18 18 17 19
22 Australia Garry McCoy Kawasaki 16 17 18 9 15 17 18 16 16 18 Ret Ret Ret 19 13 19 11
23 Jerman Alex Hofmann Kawasaki 16 14 10 17 19 8
24 Jepang Akira Ryō Suzuki 10 20 6
25 Jepang Yukio Kagayama Suzuki Ret 12 4
26 Australia Andrew Pitt Kawasaki 17 16 15 Ret 16 Ret 14 17 19 16 21 18 16 16 15 18 4
Jepang Tamaki Serizawa Moriwaki 19 18 0
Jepang Akira Yanagawa Kawasaki 18 Ret 0
Spanyol José David de Gea Sabre V4 Ret 20 DNS 0
Harris WCM 22 19 19 Ret Ret 20
Britania Raya Chris Burns Harris WCM DNS DNS Ret Ret Ret 20 WD 0
ROC Yamaha Ret WD Ret
Jepang Daijiro Kato Honda Ret 0
Pos Pembalap Sepeda Motor JPN
Jepang
SAF
Afrika Selatan
ESP
Spanyol
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
POR
Portugal
RIO
Rio de Janeiro
PAC
Prefektur Tochigi
MAL
Malaysia
AUS
Australia
VAL
Wilayah Valencia
Poin
Warna Hasil
Emas Pemenang
Perak Posisi ke-2
Perunggu Posisi ke-3
Hijau Finis, dengan poin
Biru Finis, tanpa poin
Tidak terklasifikasi (NC)
Ungu Tidak finis (Ret)
Merah Tidak terkualifikasi (DNQ)
Tidak mengikuti pra-kualifikasi (DNPQ)
Hitam Diskualifikasi (DSQ)
Putih Tidak start (DNS)
Mengundurkan diri (WD)
Balapan dibatalkan (C)
Kosong Tidak berpartisipasi
Dikecualikan (EX)

Tebal – Pole position
Miring – Lap Tercepat

Klasemen Konstruktor[sunting | sunting sumber]

Pos Konstruktor JPN
Jepang
SAF
Afrika Selatan
ESP
Spanyol
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
POR
Portugal
RIO
Rio de Janeiro
PAC
Prefektur Tochigi
MAL
Malaysia
AUS
Australia
VAL
Wilayah Valencia
Poin
1 Jepang Honda 1 1 1 1 1 2 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 395
2 Italia Ducati 3 4 3 Ret 2 1 6 4 3 3 3 6 8 6 2 3 225
3 Jepang Yamaha 8 5 5 3 5 4 4 6 7 4 7 8 5 5 6 5 175
4 Italia Aprilia 6 Ret 11 8 9 12 7 7 14 12 14 13 12 12 14 8 81
5 Jepang Suzuki 13 13 7 16 Ret 15 15 11 15 17 18 17 10 14 9 11 43
6 Malaysia/Amerika SerikatProton KR Ret 12 9 6 Ret 16 Ret 15 11 Ret 19 16 14 17 11 12 38
7 Jepang Kawasaki 16 16 15 9 15 17 10 16 16 16 21 18 16 16 15 18 19
Jepang Moriwaki 19 18 0
Britania Raya Harris WCM DNS Ret 20 Ret 22 19 19 Ret 20 20 0
Pos Konstruktor JPN
Jepang
SAF
Afrika Selatan
ESP
Spanyol
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
POR
Portugal
RIO
Rio de Janeiro
PAC
Prefektur Tochigi
MAL
Malaysia
AUS
Australia
VAL
Wilayah Valencia
Poin

Klasemen Tim[sunting | sunting sumber]

  • Setiap tim mendapatkan total poin yang dicetak oleh dua pembalap mereka, termasuk pembalap pengganti. Dalam satu tim pembalap, hanya poin yang dicetak oleh pembalap itu yang akan dihitung. Pembalap wildcard tidak mencetak poin.
Pos Tim Konstruktor No JPN
Jepang
SAF
Afrika Selatan
ESP
Spanyol
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
POR
Portugal
RIO
Rio de Janeiro
PAC
Prefektur Tochigi
MAL
Malaysia
AUS
Australia
VAL
Wilayah Valencia
Poin
1 Jepang Repsol Honda Team Jepang Honda 46 1 2 1 2 1 2 3 3 2 1 1 1 2 1 1 1 487
69 7 7 Ret 12 12 9 11 8 5 6 9 5 3 4 3 16
2 Spanyol Camel Pramac Pons Jepang Honda 3 2 3 2 5 3 14 2 1 Ret 5 2 4 1 3 17 4 351
11 20 6 4 7 6 6 12 Ret 6 8 5 7 7 7 5 Ret
3 Italia Ducati Marlboro Team Italia Ducati 12 5 4 3 Ret Ret 10 9 5 3 3 6 10 Ret 9 Ret 7 305
65 3 Ret Ret Ret 2 1 6 4 4 Ret 3 6 8 6 2 3
4 Italia Telefónica Movistar Honda Jepang Honda 15 4 1 Ret 1 7 3 1 2 1 2 4 2 4 2 4 2 299
74 Ret
23 13 13 11 17 14 18 15 16 15 11 21 19 14
5 Jepang Fortuna Yamaha Team Jepang Yamaha 7 10 9 Ret Ret 8 4 4 6 8 4 8 9 Ret 5 8 5 185
33 WD 17 15 11 13 Ret Ret Ret 10 7 11 5 11 Ret
17 11 8 9
6 Prancis Gauloises Yamaha Team Jepang Yamaha 4 8 5 5 3 Ret 8 8 DNS Ret 7 11 12 6 15 Ret 6 172
19 15 10 10 4 10 Ret 5 Ret 9 11 13 Ret 13 Ret 6 Ret
7 Italia Alice Aprilia Racing Italia Aprilia 41 12 Ret 11 8 Ret 12 Ret 7 Ret 13 15 14 12 12 14 15 109
45 6 Ret 14 10 9 Ret 7 10 14 12 14 13 17 13 16 8
8 Spanyol D'Antin Yamaha Team Jepang Yamaha 56 9 11 8 14 5 5 13 9 7 14 12 8 9 8 7 Ret 101
9 Italia Pramac Honda Jepang Honda 6 Ret 14 6 Ret 4 7 16 13 13 9 10 3 DSQ 10 10 10 87
10 Jepang Suzuki Grand Prix Team Jepang Suzuki 10 14 15 13 16 Ret 15 20 17 17 15 14 9 11 55
21 13 13 7 Ret Ret 15 15 11 Ret 17 18 DNS Ret 12 13
71 Ret 12
43 20
11 Malaysia/Amerika Serikat Proton Team KR Malaysia/Amerika Serikat Proton KR 9 Ret 12 9 Ret Ret 16 Ret 15 11 Ret 20 Ret 14 18 18 17 46
99 Ret Ret 12 6 Ret Ret Ret Ret 12 Ret 19 16 Ret 17 11 12
12 Jepang Kawasaki Racing Team Jepang Kawasaki 8 16 17 18 9 15 17 18 16 16 18 Ret Ret Ret 19 13 19 15
88 17 16 15 Ret 16 Ret 14 17 19 16 21 18 16 16 15 18
Britania Raya World Championship Motorsports Britania Raya Harris WCM 35 DNS DNS Ret Ret Ret 20 WD 0
Jepang ROC Yamaha Ret WD Ret
Britania Raya Sabre V4 52 Ret 20 DNS
Britania Raya Harris WCM 22 19 19 Ret Ret 20
Pos Tim Konstruktor No JPN
Jepang
SAF
Afrika Selatan
ESP
Spanyol
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
POR
Portugal
RIO
Rio de Janeiro
PAC
Prefektur Tochigi
MAL
Malaysia
AUS
Australia
VAL
Wilayah Valencia
Poin
Warna Hasil
Emas Pemenang
Perak Posisi ke-2
Perunggu Posisi ke-3
Hijau Finis, dengan poin
Biru Finis, tanpa poin
Tidak terklasifikasi (NC)
Ungu Tidak finis (Ret)
Merah Tidak terkualifikasi (DNQ)
Tidak mengikuti pra-kualifikasi (DNPQ)
Hitam Diskualifikasi (DSQ)
Putih Tidak start (DNS)
Mengundurkan diri (WD)
Balapan dibatalkan (C)
Kosong Tidak berpartisipasi
Dikecualikan (EX)

250cc[sunting | sunting sumber]

Klasemen Pembalap[sunting | sunting sumber]

[12][10]

Sistem Poin

Poin diberikan kepada lima belas pemenang teratas. Pembalap harus menyelesaikan balapan untuk mendapatkan poin.

Posisi  1st   2nd   3rd   4th   5th   6th   7th   8th   9th   10th   11th   12th   13th   14th   15th 
Poin 25 20 16 13 11 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1
  • Pembalap yang ditandai dengan latar belakang biru muda memenuhi syarat untuk mendapatkan penghargaan Rookie of the Year.
Pos Pembalap Sepeda Motor JPN
Jepang
SAF
Afrika Selatan
ESP
Spanyol
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
POR
Portugal
RIO
Rio de Janeiro
PAC
Prefektur Tochigi
MAL
Malaysia
AUS
Australia
VAL
Wilayah Valencia
Poin
1 San Marino Manuel Poggiali Aprilia 1 1 4 Ret 1 Ret 4 2 8 3 2 1 3 2 9 3 249
2 Italia Roberto Rolfo Honda 7 5 2 3 4 9 6 5 1 4 4 2 2 4 1 7 235
3 Spanyol Toni Elías Aprilia Ret 8 1 1 6 4 13 4 7 2 1 18 1 1 11 2 226
4 Prancis Randy de Puniet Aprilia Ret 2 3 2 Ret 1 Ret 8 3 1 3 3 6 5 Ret 1 208
5 Spanyol Fonsi Nieto Aprilia 6 7 7 4 2 2 Ret 1 2 6 9 Ret 8 3 3 5 194
6 Italia Franco Battaini Aprilia 5 3 11 18 3 6 2 7 5 7 6 Ret Ret 6 4 8 148
7 Australia Anthony West Aprilia Ret 6 5 7 9 3 1 3 6 Ret 10 8 Ret 9 2 Ret 145
8 Argentina Sebastián Porto Honda 4 4 6 Ret 8 7 5 6 4 5 5 Ret Ret 8 Ret 6 127
9 Jepang Naoki Matsudo Yamaha 8 10 8 5 7 5 Ret 9 Ret 9 8 5 7 7 6 11 119
10 Prancis Sylvain Guintoli Aprilia 10 9 Ret 6 5 8 3 Ret Ret 8 7 4 Ret DNS Ret 4 101
11 Spanyol Alex Debón Honda 11 DSQ 9 8 12 11 11 10 9 DNS 11 11 9 Ret 5 10 81
12 Spanyol Joan Olivé Aprilia 13 Ret 10 10 10 10 23 Ret 17 16 Ret 7 19 14 18 Ret 38
13 Spanyol Héctor Faubel Aprilia Ret 11 Ret 11 15 Ret 17 12 Ret 10 13 6 Ret Ret 16 Ret 34
14 Britania Raya Chaz Davies Aprilia 18 15 18 Ret 13 Ret 24 13 12 14 20 9 11 20 15 13 33
15 Jepang Hiroshi Aoyama Honda 2 5 31
16 Prancis Erwan Nigon Aprilia 12 17 Ret 17 17 14 7 Ret 14 Ret 16 12 17 Ret 7 Ret 30
17 Italia Alex Baldolini Aprilia Ret 12 12 13 Ret Ret 14 17 10 Ret 14 Ret 13 10 Ret Ret 30
18 Jepang Yuki Takahashi Honda 3 4 29
19 Prancis Eric Bataille Honda 16 13 13 15 DNS Ret Ret Ret Ret 12 12 10 Ret Ret Ret 9 28
20 Swedia Johan Stigefelt Aprilia 14 14 Ret 12 Ret 13 10 Ret Ret Ret DNS 13 Ret Ret 10 17 26
21 Jerman Dirk Heidolf Aprilia Ret Ret 15 Ret 15 11 13 17 14 14 11 13 12 26
22 Jerman Christian Gemmel Honda Ret 18 14 9 16 15 8 Ret Ret 15 15 16 12 16 Ret Ret 24
23 Prancis Hugo Marchand Aprilia Ret Ret Ret 14 11 Ret 9 16 Ret 11 Ret Ret 16 13 14 Ret 24
24 Ceko Jakub Smrž Honda 15 Ret 17 19 14 Ret 12 14 13 Ret Ret 18 14 14
25 Ceko Jaroslav Huleš Yamaha 17 16 16 16 DNS 10
Honda 15 Ret 15 8 Ret
26 Jepang Tekkyu Kayo Yamaha 9 7
27 Jepang Choujun Kameya Honda 10 6
28 Britania Raya Jay Vincent Aprilia 11 5
29 Jerman Klaus Nöhles Aprilia 12 15 5
30 Ceko Lukáš Pešek Yamaha 16 16 17 Ret 17 Ret Ret 12 19 4
31 Jerman Max Neukirchner Honda 15 1
32 Jepang Masaki Tokudome Yamaha 15 1
33 Ceko Radomil Rous Aprilia Ret 15 1
Belanda Henk vd Lagemaat Honda 19 19 20 20 18 18 16 18 Ret Ret 23 19 20 18 17 18 0
Spanyol Álvaro Molina Aprilia 19 DNS 19 16 0
Jerman Katja Poensgen Honda 20 Ret DNQ DNQ DNQ 17 18 19 18 20 Ret DNS 17 Ret 0
Finlandia Vesa Kallio Yamaha 19 18 18 0
Italia Christian Pistoni Aprilia 19 0
Yamaha 20
Belanda Jan Blok Honda 19 0
Ceko Michal Filla Yamaha 19 0
Tiongkok Shi Zhao Huang Yamaha 19 0
Belanda Patrick Lakerveld Aprilia 20 0
Belanda Arie Vos Yamaha 21 21 0
Spanyol Luis Castro Yamaha 21 0
Swedia Frederik Watz Yamaha 21 0
Belanda Hans Smees Honda 22 0
Hungaria Gábor Rizmayer Honda 22 0
Portugal Miguel Praia Yamaha 22 0
Jepang Tomoyoshi Koyama Yamaha Ret Ret 0
Jepang Katsuyuki Nakasuga Yamaha Ret 0
Prancis Samuel Aubry Honda Ret 0
Prancis Christophe Rastel Honda Ret 0
Britania Raya Lee Dickinson Yamaha Ret 0
Britania Raya Phillip Desborough Yamaha Ret 0
Swedia Tomas Palander Honda Ret 0
Jerman Norman Rank Honda Ret 0
Australia Geoff Hardcastle Yamaha Ret 0
Prancis Grégory Leblanc Honda DNS DNQ 0
Prancis Vincent Eisen Honda DNQ 0
Belanda Randy Gevers Honda DNQ 0
Britania Raya Andrew Sawford Honda DNQ 0
Jerman Nico Kehrer Honda DNQ 0
Tiongkok Zi Xian He Yamaha DNQ 0
Australia Mark Rowling Yamaha DNQ 0
Australia Peter Taplin Honda DNQ 0
Australia Rodney Camm Honda DNQ 0
Australia Brett Underwood Yamaha DNQ 0
Austria Yves Polzer Honda DNQ 0
Italia Teresio Isola Yamaha EX 0
Pos Pembalap Sepeda Motor JPN
Jepang
SAF
Afrika Selatan
ESP
Spanyol
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
POR
Portugal
RIO
Rio de Janeiro
PAC
Prefektur Tochigi
MAL
Malaysia
AUS
Australia
VAL
Wilayah Valencia
Poin
Warna Hasil
Emas Pemenang
Perak Posisi ke-2
Perunggu Posisi ke-3
Hijau Finis, dengan poin
Biru Finis, tanpa poin
Tidak terklasifikasi (NC)
Ungu Tidak finis (Ret)
Merah Tidak terkualifikasi (DNQ)
Tidak mengikuti pra-kualifikasi (DNPQ)
Hitam Diskualifikasi (DSQ)
Putih Tidak start (DNS)
Mengundurkan diri (WD)
Balapan dibatalkan (C)
Kosong Tidak berpartisipasi
Dikecualikan (EX)

Tebal – Pole position
Miring – Lap Tercepat

Klasemen Konstruktor[sunting | sunting sumber]

Pos Konstruktor JPN
Jepang
SAF
Afrika Selatan
ESP
Spanyol
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
POR
Portugal
RIO
Rio de Janeiro
PAC
Prefektur Tochigi
MAL
Malaysia
AUS
Australia
VAL
Wilayah Valencia
Poin
1 Italia Aprilia 1 1 1 1 1 1 1 1 2 1 1 1 1 1 2 1 390
2 Jepang Honda 2 4 2 3 4 6 5 5 1 4 4 2 2 4 1 6 252
3 Jepang Yamaha 8 10 8 5 7 5 20 9 16 9 8 5 7 7 6 11 119
Pos Konstruktor JPN
Jepang
SAF
Afrika Selatan
ESP
Spanyol
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
POR
Portugal
RIO
Rio de Janeiro
PAC
Prefektur Tochigi
MAL
Malaysia
AUS
Australia
VAL
Wilayah Valencia
Poin

125cc[sunting | sunting sumber]

Klasemen Pembalap[sunting | sunting sumber]

[13][11]

Sistem Poin

Poin diberikan kepada lima belas pemenang teratas. Pembalap harus menyelesaikan balapan untuk mendapatkan poin.

Posisi  1st   2nd   3rd   4th   5th   6th   7th   8th   9th   10th   11th   12th   13th   14th   15th 
Poin 25 20 16 13 11 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1
  • Pembalap yang ditandai dengan latar belakang biru muda memenuhi syarat untuk mendapatkan penghargaan Rookie of the Year.
Pos Pembalap Sepeda Motor JPN
Jepang
SAF
Afrika Selatan
ESP
Spanyol
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
POR
Portugal
RIO
Rio de Janeiro
PAC
Prefektur Tochigi
MAL
Malaysia
AUS
Australia
VAL
Wilayah Valencia
Poin
1 Spanyol Dani Pedrosa Honda 8 1 4 1 2 1 8 Ret 4 1 4 4 6 1 WD 223
2 San Marino Alex de Angelis Aprilia Ret 6 3 Ret 5 3 6 4 3 3 3 3 9 6 7 Ret 166
3 Spanyol Héctor Barberá Aprilia Ret 13 7 11 9 Ret 3 1 14 5 2 9 1 8 6 3 164
4 Italia Stefano Perugini Aprilia 1 Ret 5 7 7 5 5 3 1 2 Ret 7 4 Ret Ret 13 162
5 Italia Andrea Dovizioso Honda 5 2 9 3 4 Ret 10 2 7 6 8 6 3 13 Ret 8 157
6 Jerman Steve Jenkner Aprilia 3 3 2 8 Ret 4 1 Ret Ret Ret Ret 10 5 Ret 3 2 151
7 Spanyol Pablo Nieto Aprilia 7 5 Ret 5 3 17 2 6 5 Ret 1 5 8 9 Ret 7 148
8 Australia Casey Stoner Aprilia Ret 10 6 4 18 Ret Ret 5 2 DNS DNS 2 2 Ret Ret 1 125
9 Italia Lucio Cecchinello Aprilia 4 8 1 2 1 Ret 16 10 8 Ret Ret 18 Ret Ret Ret 9 112
10 Italia Mirko Giansanti Aprilia 2 15 10 12 11 12 15 11 11 7 10 14 11 7 Ret 5 93
11 Finlandia Mika Kallio Honda 11 7 16 Ret 13 7 11 7 10 88
KTM 4 DSQ 19 7 2 Ret Ret
12 Spanyol Jorge Lorenzo Derbi Ret 24 15 Ret Ret 6 Ret Ret 21 12 6 1 Ret 3 8 11 79
13 Jepang Youichi Ui Aprilia 6 4 8 6 6 Ret 4 Ret Ret 9 76
Gilera DNS 21 17 18 11 Ret
14 Hungaria Gábor Talmácsi Aprilia 14 Ret Ret Ret Ret 9 9 9 6 11 7 8 14 14 9 12 70
15 Swiss Thomas Lüthi Honda 9 17 12 9 15 2 7 22 Ret Ret Ret 15 10 4 16 DNS 68
16 Jepang Masao Azuma Honda 17 9 11 10 14 22 Ret 13 Ret 13 13 Ret 13 5 2 15 64
17 Italia Gino Borsoi Aprilia 10 11 13 13 8 8 13 19 17 8 Ret 12 Ret 20 Ret 10 54
18 Prancis Arnaud Vincent KTM Ret 12 22 Ret 21 14 Ret 8 Ret 39
Aprilia 5 13 19 16 5 Ret
19 Italia Simone Corsi Honda 12 14 21 14 12 15 Ret 9 Ret 9 22 15 14 DNS DNS Ret 32
20 Spanyol Álvaro Bautista Aprilia 18 25 17 Ret 28 28 Ret 14 Ret 16 15 16 12 15 4 6 31
21 Italia Marco Simoncelli Aprilia 21 20 14 Ret 17 16 20 16 12 14 DNS 11 Ret 11 Ret 4 31
22 Italia Andrea Ballerini Gilera 19 18 25
Honda Ret Ret Ret 20 19 1 Ret
23 Italia Gioele Pellino Aprilia 15 16 20 Ret 10 11 Ret 12 13 10 Ret 26 Ret Ret Ret Ret 25
24 Italia Roberto Locatelli KTM 23 28 Ret 15 20 10 Ret Ret 18 17 11 17 Ret 10 Ret 17 18
25 Italia Fabrizio Lai Malaguti 16 18 23 Ret Ret 19 14 Ret 15 18 12 24 18 17 13 18 10
26 Denmark Robbin Harms Aprilia 25 DSQ 16 19 Ret 23 22 21 10 14 8
27 Italia Stefano Bianco Gilera Ret 21 Ret DNS Ret Ret Ret 20 14 20 16 12 15 21 7
28 Prancis Mike Di Meglio Aprilia 22 22 28 17 Ret 13 19 15 Ret 15 5
Honda Ret Ret 22 Ret Ret
29 Spanyol Julián Simón Malaguti 19 27 Ret 20 Ret 24 17 18 20 22 Ret 25 24 25 12 19 4
30 Italia Max Sabbatani Aprilia 13 Ret 24 18 23 21 22 Ret DNS Ret 21 Ret Ret Ret Ret 16 3
31 Spanyol Emilio Alzamora Derbi Ret 23 18 19 Ret Ret 21 Ret Ret 21 19 Ret Ret 23 14 24 2
Hungaria Imre Tóth Honda 24 Ret 26 23 27 20 23 17 Ret 23 Ret Ret 26 24 Ret 0
Aprilia 22
Hungaria Péter Lénárt Honda Ret 29 Ret 22 31 26 Ret 20 22 Ret Ret 0
Britania Raya Leon Camier Honda 26 Ret 30 24 30 27 Ret Ret 23 0
Italia Michele Danese Honda 27 Ret 26 17 Ret 0
Britania Raya Christopher Martin Honda 25 26 Ret 21 Ret Ret 0
Jepang Sadahito Suma Honda Ret 25 0
Spanyol Ismael Ortega Aprilia 27 WD 21 20 23 0
Italia Mattia Angeloni Honda 24 16 0
Jepang Hiroyuki Kikuchi Honda DNS 0
Pos Pembalap Sepeda Motor JPN
Jepang
SAF
Afrika Selatan
ESP
Spanyol
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
POR
Portugal
RIO
Rio de Janeiro
PAC
Prefektur Tochigi
MAL
Malaysia
AUS
Australia
VAL
Wilayah Valencia
Poin
Warna Hasil
Emas Pemenang
Perak Posisi ke-2
Perunggu Posisi ke-3
Hijau Finis, dengan poin
Biru Finis, tanpa poin
Tidak terklasifikasi (NC)
Ungu Tidak finis (Ret)
Merah Tidak terkualifikasi (DNQ)
Tidak mengikuti pra-kualifikasi (DNPQ)
Hitam Diskualifikasi (DSQ)
Putih Tidak start (DNS)
Mengundurkan diri (WD)
Balapan dibatalkan (C)
Kosong Tidak berpartisipasi
Dikecualikan (EX)

Tebal – Pole position
Miring – Lap Tercepat

Klasemen Konstruktor[sunting | sunting sumber]

Pos Konstruktor JPN
Jepang
SAF
Afrika Selatan
ESP
Spanyol
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
POR
Portugal
RIO
Rio de Janeiro
PAC
Prefektur Tochigi
MAL
Malaysia
AUS
Australia
VAL
Wilayah Valencia
Poin
1 Italia Aprilia 1 3 1 2 1 3 1 1 1 2 1 2 1 6 3 1 343
2 Jepang Honda 5 1 4 1 2 1 7 2 4 1 4 4 3 1 1 8 286
3 Spanyol Derbi Ret 23 15 19 Ret 6 21 Ret 21 12 6 1 Ret 3 8 11 79
4 Austria KTM 23 12 22 15 20 10 Ret 8 18 4 11 17 7 2 Ret 17 66
5 Italia Gilera Ret 21 Ret Ret 19 18 Ret Ret Ret 20 14 20 16 12 11 21 11
6 Italia Malaguti 16 18 23 20 Ret 19 14 18 15 18 12 24 18 17 12 18 11
Pos Konstruktor JPN
Jepang
SAF
Afrika Selatan
ESP
Spanyol
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
POR
Portugal
RIO
Rio de Janeiro
PAC
Prefektur Tochigi
MAL
Malaysia
AUS
Australia
VAL
Wilayah Valencia
Poin

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Noyes, D. Rossi: Tawaran terakhir Honda "tidak dapat diterima," tetapi menyangkal "penandatanganan dengan siapa pun". Diarsipkan 2007-09-27 di Wayback Machine. SpeedTV.com, 9 Oktober 2003.
  2. ^ Pertanyaan Kato: Kecelakaan balap, hambatan untuk disalahkan. Diarsipkan 11 April 2008 di Wayback Machine. Crash.net, 28 November 2003.
  3. ^ Sports, Dorna. "FIM mengumumkan Pra-Kalender Kejuaraan Dunia MotoGP 2003 | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-01-23. Diakses tanggal 2021-03-09. 
  4. ^ Sports, Dorna. "Kalender Kejuaraan Dunia MotoGP 2003 | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-08-10. Diakses tanggal 2021-03-09. 
  5. ^ "Kalender MotoGP". www.yamaha-racing.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-14. Diakses tanggal 2021-03-09. 
  6. ^ "Kejuaraan Dunia Sepeda Motor 2003". 12 Juni 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-11-28. Diakses tanggal 2021-03-09. 
  7. ^ Sports, Dorna. "Perubahan aturan untuk musim MotoGP 2003 | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-01-22. Diakses tanggal 2021-03-12. 
  8. ^ "Perubahan aturan untuk sistem pembuangan". Crash. 15 April 2003. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-01-20. Diakses tanggal 2021-03-12. 
  9. ^ "Daftar entri MotoGP untuk tahun 2003". Motorcycle Racing Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-01-03. Diakses tanggal 2021-03-12. 
  10. ^ a b "Daftar entri 250cc untuk tahun 2003". Motorcycle Racing Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-01-03. Diakses tanggal 2021-03-13. 
  11. ^ a b "Daftar entri 125cc untuk tahun 2003". Motorcycle Racing Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-04. Diakses tanggal 2021-03-14. 
  12. ^ "Klasemen 250cc" (PDF). resources.motogp.com. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2023-05-02. Diakses tanggal 2021-03-16. 
  13. ^ "Klasemen 125cc" (PDF). resources.motogp.com. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2022-04-10. Diakses tanggal 2021-03-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]