Stefan Bradl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Stefan Bradl pada tahun 2010

Stefan Bradl (lahir di Augsburg, Jerman Barat, 29 November 1989; umur 28 tahun) merupakan seorang pembalap MotoGP berkebangsaan Jerman yang saat ini membalap untuk tim Honda LCR. Dia merupakan juara dunia kelas Moto2 pada tahun 2011.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya dia mulai membalap di kelas 125cc pada tahun 2005 dan 2006 dia menjadi sebagai seorang wildcard rider untuk tiga seri bersama KTM. Bradl mendapat tawaran dari Alberto Puig untuk membalap dengan Repsol Honda tahun 2007 untuk kelas 250cc. Kemudian ia bergabung bersama Blusens Aprilia untuk kejuaraan Spanyol 125cc dan memenangkan gelar juara dan mengungguli team-matenya Scott Redding.

Kemudian barulah pada tahun 2007 Tim Blusens Aprilia memakai jasanya untuk membalap di kelas 125cc MotoGP mendampingi Pablo Nieto. Saat itu, ia menggantikan posisi Hugo van den Berg secara penuh. Pada tahun berikutnya di musim 2008, dia memutuskan untuk berpindah ke Tim Grizzly Gas Kiefer Racing dan menggunakan motor pabrikan Aprilia RSA 125 yang membawanya untuk memenangkan balapan pertamanya di kelas 125cc di Brno.

Tahun 2010 pembalap Jerman ini naik ke kelas Moto2 dan finish kesembilan pada tahun pertamanya di kelas baru tersebut dan berhasil membungkus satu kemenangan di Estoril. Pada tahun 2011, dia berhasil merebut gelar juara dunia Moto2. Atas prestasinya tersebut, LCR Honda menghadiahi Stefan Bradl dengan melakukan tes selama dua hari di Valencia. Akan tetapi hadiah tersebut berubah menjadi pembicaraan serius dan beberapa hari kemudian, Stefan Bradl bersama Lucio Checcinello mengumumkan bahwa Bradl didaulat sebagai penerus Tim LCR Honda yang menunggangi motor RC213V untuk berkompetisi di kelas MotoGP pada tahun 2012.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]