Grand Prix Sepeda Motor musim 2005

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Grand Prix Sepeda Motor F.I.M. musim 2005
Sebelum: 2004 Sesudah: 2006
Juara Dunia 2005
Valentino Rossi (foto di Donington Park) menjadi juara dunia MotoGP
250cc: Dani Pedrosa (foto di Phillip Island) menjadi juara dunia 250cc

Grand Prix Sepeda Motor musim 2005 adalah musim Kejuaraan Dunia F.I.M. ke-57. Musim ini terdiri dari 17 balapan untuk kelas MotoGP dan 16 balapan untuk kelas 125cc dan 250cc, dimulai dengan Grand Prix Sepeda Motor Spanyol pada 10 April dan diakhiri dengan Grand Prix Sepeda Motor Valencia pada 6 November.

Ringkasan Musim[sunting | sunting sumber]

Kelas MotoGP[sunting | sunting sumber]

Kejuaraan MotoGP dimenangkan oleh Valentino Rossi dengan mengendarai Yamaha. Itu adalah musim yang menampilkan banyak balapan dramatis termasuk empat balapan yang terkena dampak hujan di Portugal, Cina, Prancis, dan Inggris Raya. Itu juga melihat dominasi Rossi dengan total 16 podium dari 17 balapan, di mana 11 di antaranya adalah kemenangan. Dia mengalahkan Marco Melandri dengan jarak jauh 147 poin di kejuaraan.

Kelas 250cc[sunting | sunting sumber]

Gelar 250cc dimenangkan oleh Dani Pedrosa dengan Honda.

Kelas 125cc[sunting | sunting sumber]

Gelar 125cc dimenangkan oleh Thomas Lüthi dengan Honda. Dia memenangkan kejuaraan Dunia secara dramatis, ketika rekan setim Mika Kallio Gábor Talmácsi menyalip Kallio di tikungan terakhir di Qatar. Kallio akan mendapat lima poin lebih banyak, dan kemudian total poin akan menjadi 242–242, tetapi Kallio akan memenangkan gelar dengan lebih banyak kemenangan (4-5).

Kalender[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 20 Agustus 2004, FIM merilis kalender awal tahun 2005.[1] Di dalamnya, Grand Prix Afrika Selatan dan Grand Prix Rio masih ada dalam kalender. Pada 10 Oktober 2004, FIM mengkonfirmasi kalender 2005.[2][3][4] Di dalamnya, Grand Prix Rio menang atas putaran Afrika Selatan, awalnya dijadwalkan pada tanggal 17 April. Tanggal GP Malaysia juga dipindahkan dari 9 Oktober menjadi 11 September. Pada 22 Desember 2004, perubahan dilakukan pada kalender.[5] Beberapa tanggal diubah: tanggal GP Italia dipindahkan dari 29 Mei menjadi 5 Juni, GP Catalan dari 5 hingga 12 Juni, GP Inggris dari 19 Juni hingga 24 Juli, GP Jerman dari 24 hingga 31 Juli, dan GP Malaysia dari 11 sampai 25 September. GP Rio juga masih menunggu konfirmasi. Pada tanggal 18 Februari 2005, lebih banyak perubahan dilakukan.[6][7] Karena tidak ada kontrak yang ditandatangani untuk GP Rio, putaran tersebut dibatalkan dan GP Turki ditambahkan sebagai gantinya. Tanggal GP Portugal dipindahkan dari 30 Oktober menjadi 17 April juga. Saat ini, perlombaan juga sedang dalam proses konfirmasi.

Grand Prix berikut dijadwalkan berlangsung pada tahun 2005:[8][9]

Ronde Tanggal Grand Prix Sirkuit
1 10 April Spanyol Gran Premio Marlboro de España Circuito de Jerez
2 17 April Portugal betandwin.com Grande Prémio de Portugal Autódromo do Estoril
3 1 Mei Tiongkok Taobao.com Grand Prix of China Shanghai International Circuit
4 15 Mei Prancis Grand Prix Alice de France Bugatti Circuit
5 5 Juni Italia Gran Premio Alice d'Italia Mugello Circuit
6 12 Juni Catalunya Gran Premi Gauloises de Catalunya Circuit de Catalunya
7 25 Juni †† Belanda Gauloises TT Assen TT Circuit Assen
8 10 Juli † Amerika Serikat Red Bull U.S. Grand Prix Mazda Raceway Laguna Seca
9 24 Juli Britania Raya betandwin.com British Grand Prix Donington Park
10 31 Juli Jerman Alice Motorrad Grand Prix Deutschland Sachsenring
11 28 Agustus Ceko Gauloises Grand Prix České republiky Brno Circuit
12 18 September Jepang Grand Prix of Japan Twin Ring Motegi
13 25 September Malaysia Marlboro Malaysian Motorcycle Grand Prix Sepang International Circuit
14 1 Oktober †† Qatar Marlboro Grand Prix of Qatar Losail International Circuit
15 16 Oktober Australia Polini Grand Prix of Australia Phillip Island
16 23 Oktober Turki Grand Prix of Turkey Istanbul Park
17 6 November Wilayah Valencia Gran Premio betandwin.com de la Comunitat Valenciana Circuit Ricardo Tormo
† = Hanya kelas MotoGP
†† = Balapan Sabtu

Perubahan Kalender[sunting | sunting sumber]

Perubahan Regulasi[sunting | sunting sumber]

Perubahan berikut dilakukan pada regulasi untuk musim 2005:[12][13][14][15][16][17][18][19][20][21][22]

Regulasi Olahraga[sunting | sunting sumber]

  • Aturan 'flag-to-flag' baru telah diperkenalkan. Artinya, jika terjadi hujan, balapan tidak akan dihentikan dan sebagai gantinya diperbolehkan mengganti sepeda. Aturan ini hanya akan dihitung untuk kelas MotoGP.
  • Bendera putih baru telah diperkenalkan. Jika bendera ini dikibarkan di pos marshal selama balapan, semua pengendara diperbolehkan untuk mengganti sepeda.
  • Perubahan telah dilakukan pada prosedur awal. Kecuali balapan dihentikan, setelah pembalap terdepan telah melewati garis finis di akhir lap pertamanya, pembalap tidak diperbolehkan mengganti motornya di kelas MotoGP. Jika perlombaan dinyatakan 'basah', pengendara diperbolehkan mengganti sepeda yang dilengkapi dengan ban hujan menjadi sepeda dengan ban perantara atau licin atau sebaliknya, atau dari sepeda yang dilengkapi ban licin menjadi sepeda yang dilengkapi dengan ban licin. intermedia atau ban hujan diperbolehkan setiap saat selama perlombaan. Namun, jika balapan belum dinyatakan 'basah', pergantian motor hanya diperbolehkan setelah bendera putih baru dikibarkan di sekitar sirkuit. Dalam kedua kasus tersebut, alat bantu seperti penghangat ban, penggantian ban dan penyetelan umum diperbolehkan pada sepeda di pit. Selama melewati pit, semua pengendara harus menghormati batas kecepatan 60 km/jam dari awal hingga akhir rambu. Di pit, menyalip dilarang dan pembalap yang melanggar aturan ini akan didenda 100 Dolar AS untuk pelanggaran pertama dan 500 Dolar AS untuk pelanggaran berikutnya di tempat yang sama. Setiap pembalap yang melanggar aturan ini selama balapan akan dihukum dengan ride through penalty. Dalam kasus pelanggaran, Race Direction harus mengkomunikasikan pelanggaran tersebut kepada tim pengendara setelah menerima informasi tersebut. Aturan tidak akan diubah untuk kelas 125cc dan 250cc.
  • Semua balapan akan dikategorikan sebagai 'basah' atau 'kering'. Papan mungkin ditampilkan di grid untuk menunjukkan status balapan saat ini. Jika tidak ada papan yang ditampilkan, balapan secara otomatis dianggap 'kering'. Tujuan dari klasifikasi ini adalah untuk menunjukkan kepada semua pebalap konsekuensi dari kondisi yang berbeda-beda selama balapan.
  • Pembaruan telah dilakukan pada aturan bendera kuning. Jika terjadi bahaya, pengendara harus sudah melambat, bersiap untuk berhenti jika diperlukan dan dilarang menyalip hingga bendera hijau dikibarkan. Jika aturan ini dilanggar, waktu putaran pengendara akan dibatalkan. Baru dalam hal ini, jika terjadi pelanggaran aturan saat balapan, pembalap harus kembali ke posisinya sebelum mengoper. Penalti pertama-tama akan dikomunikasikan kepada tim, yang kemudian menampilkan papan untuk pengendara di garis finis selama maksimal tiga lap. Jika pembalap tidak kembali ke posisi sebelumnya setelah papan ditunjukkan kepadanya tiga kali, dia akan diberi penalti melalui ride through penalty. Dalam kedua kasus tersebut, hukuman lebih lanjut seperti denda atau skorsing juga dapat diterapkan. Jika pengendara menyadari bahwa ia melakukan pelanggaran segera setelah menyalip pengendara lain, ia harus mengangkat tangan dan membiarkan pengendara melewati yang telah disusulnya. Jika dia melakukan ini, tidak ada hukuman yang akan dijatuhkan. Selama putaran terakhir inspeksi, bendera ini harus dikibarkan tepat di tempat dimana bendera marshal akan ditempatkan selama latihan dan balapan.
  • Batas usia baru akan diberlakukan untuk kelas 125cc. Mulai saat ini, usia minimal masuk kelas adalah 19 tahun 21 minggu.
  • Batas akan diberlakukan pada jumlah maksimum personel tim di jalur pit. Jumlah maksimum personel tim per pebalap di pit telah dibatasi menjadi empat untuk semua kelas.
  • Setiap tim yang merupakan anggota IRTA harus mengirimkan entri untuk tim mereka selambat-lambatnya tanggal 28 Februari tahun yang bersangkutan. Pengecualian dibuat ketika dispensasi khusus diberikan, yang berlaku untuk semua balapan di Grand Prix Kejuaraan Dunia Balap Jalan FIM. Pada saat yang sama, tim harus menentukan pembalap yang ditunjuk dan kelas tempat mereka akan berpartisipasi, serta sirkuit yang digunakan untuk pengujian yang ditentukan oleh tim di kelas 125cc dan 250cc.
  • Pembatasan latihan telah diperkenalkan. Tim yang dikontrak dan pebalap yang ditunjuk yang mendapat keuntungan dari Perjanjian Partisipasi untuk ambil bagian dalam kelas MotoGP dilarang berlatih di sirkuit mana pun mulai 1 Desember satu tahun dan 20 Januari tahun depan, keduanya tanggal inklusif. Tim yang dikontrak dan pembalap yang ditunjuk yang mendapat keuntungan dari Perjanjian Partisipasi untuk ambil bagian dalam kelas 125cc dan 250cc hanya dapat berpartisipasi dalam pengujian musim dingin (tes antara akhir musim dan acara pertama musim berikutnya), di sirkuit di benua itu. zona tempat tim berada (Eropa, Asia/Oseania, Afrika, dan Amerika).
  • Tim yang dikontrak dan pengendara yang ditunjuk yang mendapat keuntungan dari Perjanjian Partisipasi di kelas mana pun dilarang berlatih:
- di sirkuit mana pun yang termasuk dalam kalender tahun berjalan setelah tanggal yang empat belas hari sebelum dimulainya balapan pertama musim ini.
- Di sirkuit mana pun yang termasuk dalam kalender tahun cuttent selama "istirahat". Istirahat didefinisikan sebagai 'dua akhir pekan berturut-turut di mana acara tidak dijadwalkan'. Jangka waktu istirahat dimulai dari pukul 09.00 pada hari Rabu setelah grand prix terakhir hingga grand prix berikutnya.

Pengecualian berikut akan diterapkan pada aturan:

- Latihan bebas atau latihan kualifikasi di acara tersebut.
- Berlatih di sirkuit mana saja setelah acara di sirkuit itu kecuali saat istirahat.
- Sesi latihan resmi yang diselenggarakan oleh IRTA.
- Latihan oleh tim kontrak dan pembalap yang ditunjuk yang mendapat keuntungan dari Perjanjian Partisipasi untuk berpartisipasi di kelas 125cc dan 250cc, di dua sirkuit pengujian yang ditunjuk oleh masing-masing tim yang dapat berlangsung hingga empat belas hari sebelum balapan yang dijadwalkan untuk sirkuit, kecuali karena saat ada istirahat.
  • Pembatasan latihan tidak berlaku untuk pengendara wild card. Pengecualian dibuat untuk sesi latihan atau balapan di sirkuit mana pun dalam waktu empat belas hari balapan.

Aturan ini ditambahkan pada tanggal 30 Agustus 2005:

  • Prosedur start telah diubah jika balapan dihentikan. Dalam kasus start normal, pembalap sekarang hanya diperbolehkan melakukan satu lap pemanasan sebelum restart, bukan dua sebelumnya.

Regulasi Teknis[sunting | sunting sumber]

  • Semua tangki bahan bakar harus diisi dengan bahan yang tahan api atau dilapisi dengan kantong sel bahan bakar. Semua tangki bahan bakar yang terbuat dari bahan logam seperti baja, aluminium dan sebagainya, harus diisi dengan bahan yang tahan api atau dilapisi dengan kantong sel bahan bakar. Di kelas MotoGP, semua tangki bahan bakar yang terbuat dari material komposit seperti carbon fiber, aramid fiber dan sebagainya, harus sudah memenuhi standar FIM untuk tangki bahan bakar dan menjadi garis dengan kandung kemih sel bahan bakar. Tangki bahan bakar apa pun yang terbuat dari material komposit harus memiliki label yang memverifikasi kesesuaian dengan standar pengujian Tangki Bahan Bakar FIM. Label ini harus mencantumkan nama pabrikan tangki bahan bakar, nama pabrikan tangki, dan nama laboratorium penguji. Rincian lengkap standar tersedia dari FIM.
  • Kapasitas tangki bahan bakar untuk semua sepeda empat langkah akan dikurangi dari 24 menjadi 22 liter.

Peserta[sunting | sunting sumber]

MotoGP[sunting | sunting sumber]

Tim Konstruktor Sepeda Motor Ban No. Pembalap Ronde
Britania Raya Blata WCM Blata Blata WCM D 27 Italia Franco Battaini Semua
77 Britania Raya James Ellison Semua
Italia Ducati Marlboro Team
Italia Ducati Team (ronde 8)
Ducati Ducati Desmosedici GP5 B 7 Spanyol Carlos Checa Semua
65 Italia Loris Capirossi 1–14, 17
23 Jepang Shinichi Itoh 16
Spanyol D'Antin MotoGP - Pramac (ronde 1–3)
Spanyol Team d’Antin Pramac
Ducati Desmosedici GP4 D 44 Italia Roberto Rolfo Semua
Jepang Repsol Honda Team Honda Honda RC211V M 3 Italia Max Biaggi Semua
69 Amerika Serikat Nicky Hayden Semua
Italia Movistar Honda MotoGP 15 Spanyol Sete Gibernau Semua
33 Italia Marco Melandri Semua
Spanyol Camel Honda
Spanyol Honda Pons (ronde 8)
4 Brasil Alex Barros Semua
12 Australia Troy Bayliss 1–11
72 Jepang Tohru Ukawa 12
67 Britania Raya Shane Byrne 13–14
17 Australia Chris Vermeulen 15–16
54 Jepang Ryuichi Kiyonari 17
Monako Konica Minolta Honda 6 Jepang Makoto Tamada 1–2, 5–17
16 Belanda Jurgen van den Goorbergh 3–4
Jepang Kawasaki Racing Team Kawasaki Kawasaki Ninja ZX-RR B 56 Jepang Shinya Nakano Semua
66 Jerman Alex Hofmann 1, 5–12, 17
19 Prancis Olivier Jacque 3–4, 13–16
19 Prancis Olivier Jacque 10
Jepang Moriwaki Racing Moriwaki Moriwaki MD211VF M 72 Jepang Tohru Ukawa 3
45 Jepang Naoki Matsudo 12
Amerika Serikat Team Roberts Proton KR Proton KR KTM M 67 Britania Raya Shane Byrne 1–2, 4–10
Proton KR5 99 Britania Raya Jeremy McWilliams 11
80 Amerika Serikat Kurtis Roberts 17
Jepang Team Suzuki MotoGP
Jepang Red Bull Suzuki (ronde 8)
Suzuki Suzuki GSV-R B 21 Amerika Serikat John Hopkins Semua
10 Amerika Serikat Kenny Roberts, Jr. 1–15
9 Jepang Nobuatsu Aoki 17
9 Jepang Nobuatsu Aoki 11
Jepang Gauloises Yamaha Team
Jepang Yamaha Factory Racing (ronde 8, 17)
Yamaha Yamaha YZR-M1 M 5 Amerika Serikat Colin Edwards Semua
46 Italia Valentino Rossi Semua
Prancis Fortuna Yamaha Team 11 Spanyol Rubén Xaus Semua
24 Spanyol Toni Elías 1–4, 8–17
94 Spanyol David Checa 5–7
Sumber:[23]
Key
Pembalap Reguler
Pembalap Wildcard
Pembalap Pengganti

250cc[sunting | sunting sumber]

Tim Konstruktor Sepeda Motor No Pembalap Ronde
MS Aprilia Italia Corse Aprilia Aprilia RSV 250 5 San Marino Alex de Angelis 1–7, 9–17
24 Italia Simone Corsi 1–7, 9–17
Aprilia Aspar 250cc 7 Prancis Randy de Puniet 1–7, 9–17
19 Argentina Sebastián Porto 1–7, 9–17
Carrera Sunglasses - LCR 15 Italia Roberto Locatelli 1–7, 9–17
27 Australia Casey Stoner 1–7, 9–17
Abruzzo Racing Team 8 Italia Andrea Ballerini 1–7, 9–17
Matteoni Racing 32 Italia Mirko Giansanti 1–7, 9–17
Aprilia Germany 57 Britania Raya Chaz Davies 1–7, 9–17
36 Kolombia Martín Cárdenas 1–3, 5–7, 9–17
14 Australia Anthony West 4
Equipe GP de France - Scrab 50 Prancis Sylvain Guintoli 1–7, 9–17
38 Prancis Grégory Leblanc 1–7, 9–11
56 Prancis Mathieu Gines 12–17
Nocable.it Race 17 Jerman Steve Jenkner 1–4, 6–7, 9–17
71 Italia Jarno Ronzoni 5
Campetella Racing 25 Italia Alex Baldolini 1–7, 9–17
44 Jepang Taro Sekiguchi 9–17
9 Prancis Hugo Marchand 1–6
45 Italia Michele Danese 7
Andalucia Mas Racing
Sebring Mas Racing
Mas Racing Team
41 Spanyol Álvaro Molina 1–2, 5, 9–11, 17
42 Austria Yves Polzer 1–2, 5, 9–10
Zongshen Team of China 61 Tiongkok Li Zheng Peng 3–4, 13, 16–17
60 Tiongkok Wang Zhu 3, 13, 16–17
63 Prancis Erwan Nigon 4
Jaap Kingma Racing 66 Belanda Hans Smees 7
De Arand Filart Racing 67 Belanda Randy Gevers 7
Scuderia Fantic Motor GP Fantic ??? 20 Italia Gabriele Ferro 1–2, 4–7, 9–17
21 Prancis Arnaud Vincent 1–2, 4–7, 9–17
Telefónica Movistar Honda 250cc Honda Honda RS250R 1 Spanyol Dani Pedrosa 1–7, 9–17
73 Jepang Hiroshi Aoyama 1–7, 9–17
Fortuna Honda 80 Spanyol Héctor Barberá 1–7, 9–17
48 Spanyol Jorge Lorenzo 1–7, 9–12, 14–17
Würth Honda BQR 6 Spanyol Alex Debón 1–7, 9–17
64 Ceko Radomil Rous 1–6, 9–14
14 Australia Anthony West 7
33 Spanyol Arturo Tizón 15–17
Team Scot Honda NSR250 34 Italia Andrea Dovizioso 1–7, 9–17
55 Jepang Yuki Takahashi 1–7, 9–17
Arie Molenaar Racing 96 Ceko Jakub Smrž 1–7, 9–17
Kiefer-Bos-Castrol Honda 28 Jerman Dirk Heidolf 1–5, 7, 9–17
63 Prancis Erwan Nigon 6
Chongging Yuan XGJAO Racing 59 Tiongkok Huang Zhi Yu 3
Team Racer Bike 65 Prancis Samuel Aubry 4
MVS Racing Team Mikcin 69 Belanda Mike Velthjzen 7
Mototechnic Castrol Racing 16 Jerman Franz Aschenbrenner 10
NRG Racing 52 Jerman Thomas Walther 10
Racing Team Benjan Motoren 53 Jerman Patrick Lakerveld 10
Team Harc-Pro 75 Jepang Shuhei Aoyama 12
BP Ultimate/ASF Printing 82 Australia Mick Kelly 15
Red Bull KTM GP250 KTM KTM 250 FRR 14 Australia Anthony West 9–14
Team UGT Kurz
Team Kurz Prista Oil
Team Yamaha Kurz
Yamaha Yamaha YZR250 12 Hungaria Gábor Rizmayer 1–7
16 Jerman Franz Aschenbrenner 1–2
18 Swedia Frederik Watz 3–6
22 Bulgaria Alexander Todorov 7, 11–12
23 Swedia Nicklas Cajback 9–17
26 Swedia Andreas Mårtensson 9–10
63 Prancis Erwan Nigon 13–17
Team Yamaha China Tianjian 58 Tiongkok Huang Shi Zhao 3
62 Tiongkok He Zi Xian 3
ASMV Scaccial 47 Prancis Marc-Antoine Scaccia 4
MRTT Hugen Racing 68 Belanda Jan Roelofs 7
Sramek Racing Promotion 70 Ceko Michal Filla 11
Team Moto Space 77 Jepang Mamoru Akiya 12
RT Morinokumasan Sato Jyuku 78 Jepang Ryuji Yokoe 12
Henkel Danke J Racing 79 Jepang Masaki Tokudome 12
Dydo Miu Racing Team 93 Jepang Koki Takahashi 12
Turramurra Cyclery Racing 81 Australia Mark Rowling 15
Sumber:[24]
Key
Pembalap Reguler
Pembalap Wildcard
Pembalap Pengganti

125cc[sunting | sunting sumber]

Tim Konstruktor Sepeda Motor No Pembalap Ronde
Nocable.it Race Aprilia Aprilia RS125R 6 Spanyol Joan Olivé 1–7, 9–17
58 Italia Marco Simoncelli 1–7, 9–17
Master Aspar 33 Spanyol Sergio Gadea 1–7, 9–17
55 Spanyol Héctor Faubel 1–7, 9–17
Abruzzo Racing Team 29 Italia Andrea Iannone 1–7, 9–17
Matteoni Racing 35 Italia Raffaele De Rosa 1–7, 9–17
Skilled I.S.P.A. Racing Team 8 Italia Lorenzo Zanetti 1–2, 4–7, 9–17
Road Racing Team Hungary
Team Toth
45 Hungaria Imre Tóth 1–7, 9–17
26 Swiss Vincent Braillard 1–7, 9–13, 17
47 Spanyol Ángel Rodríguez 14–16
Semprucci Cardion Blauer
AB Cardion Blauer USA
25 Jerman Dario Giuseppetti 1–7, 9–17
44 Ceko Karel Abraham 1–7, 9–17
Totti Top Sport - NGS 75 Italia Mattia Pasini 1–7, 9–17
43 Spanyol Manuel Hernández 1–7, 9–15
49 Spanyol Daniel Sáez 16–17
49 Spanyol Daniel Sáez 1
MVA Aspar 28 Spanyol Jordi Carchano 1–7, 9–17
84 Spanyol Julián Miralles 1–5, 11, 17
86 Spanyol Mateo Túnez 6
46 7, 9–10, 12–16
27 Spanyol Mateo Túnez 17
Aspar Team 86 1
Abruzzo Junior Team 62 Italia Simone Grotzkyj 5
RCGM Team FMI 91 Italia Lorenzo Baroni 5
92 Italia Luca Verdini 5
Varenhof Racing Team 78 Belanda Hugo van den Berg 6–7, 10
3C Racing Junior 49 Spanyol Daniel Sáez 6
Motorrad Unger Racing 13 Jerman Patrick Unger 10
Mayer Racing Passau 99 Jerman Thomas Mayer 11
Caja Madrid - Derbi Racing Derbi ??? 22 Spanyol Pablo Nieto 1–7, 9–17
18 Spanyol Nicolás Terol 1–7, 9–11, 15–17
51 Spanyol Enrique Jerez 12–14
Team Stop & Go 51 Spanyol Enrique Jerez 6, 17
Metis Racing Team 52 Ceko Lukáš Pešek 1–7, 9–17
Gilera ??? 54 San Marino Manuel Poggiali 1–7, 9–17
Kopron Racing World Honda Honda RS125R 32 Italia Fabrizio Lai 1–7, 9–17
63 Prancis Mike Di Meglio 1–7, 9–17
Seedorf RC3 - Tiempo Holidays 19 Spanyol Álvaro Bautista 1–7, 9–17
41 Spanyol Aleix Espargaró 1–7, 9–17
Kiefer-Bos-Castrol Honda 11 Jerman Sandro Cortese 1–7, 9–17
Elit Grand Prix 12 Swiss Thomas Lüthi 1–7, 9–17
Angaia Racing 10 Italia Federico Sandi 1–7, 9–17
9 Jepang Toshihisa Kuzuhara 1–7, 9–15
43 Spanyol Manuel Hernández 16–17
Arie Molenaar Racing 16 Belanda Raymond Schouten 1–7, 9–11
20 Jepang Takumi Takahashi 12
38 Tiongkok Cheung Wai On 13
31 Jerman Sascha Hommel 14–17
Ajo Motorsport 7 Prancis Alexis Masbou 1–7, 9–17
71 Jepang Tomoyoshi Koyama 1–7, 9–17
38 Tiongkok Cheung Wai On 3
LG Mobile Galicia Team 47 Spanyol Ángel Rodríguez 1–7, 9–10
48 Spanyol David Bonache 11–17
48 Spanyol David Bonache 1
Tecmas Balladins Racing 74 Prancis Mathieu Gines 4
Team Harc-Pro 67 Jepang Kazuki Hanafusa 12
66 Jepang Arata Mori 12
OMV Team Hanusch
Hanusch Motopromotion
87 Ceko Patrik Vostárek 1–2, 11
Motospeed 50 Portugal Carlos Ferreira 2
Zongshen Racing Team 39 Tiongkok Chow Ho-Wan 3
Chongqing Yuan XGJAO Racing 85 Tiongkok Zhou You Rao 3
TVX Racing 73 Prancis Yannick Deschamps 4
Equipe de France Espoire 88 Prancis Matthieu Lussiana 4
Teams RMS Bigstore 89 Prancis Jules Cluzel 4
90 Prancis Michel Alexis 4
Kuja Racing 61 Italia Michele Conti 5
Racing Service 93 Italia Nico Vivarelli 5
Litjens Racing 37 Belanda Joey Litjens 7
Jan Bakker Auto's Elburg 79 Belanda Gert-Jan Kok 7
Racing Team Mark Van Kreij 80 Belanda Mark van Kreij 7
E3 Motorsport 56 Britania Raya Christian Elkin 9
www.spi2racing.com 57 Britania Raya Rob Guiver 9
KRP/teamlinfootracing.com
KRP/sunnybeachvillas.com
94 Britania Raya Dan Linfoot 9
95 Britania Raya James Westmoreland 9
UK1 Racing 96 Britania Raya Kev Coghlan 9
ADAC Sachsen Juniors 98 Jerman Manuel Mickan 10
Heron Racing Team 97 Ceko Lukáš Razek 11
Hamamoto Racing Team 64 Jepang Yuki Hamamoto 12
Club Plus One 65 Jepang Hiroomi Iwata 12
Jha Racing 68 Jepang Hiroaki Kuzuhara 12
Angelo's Aluminium Racing 70 Australia Brent Rigoli 15
Allect Racing 81 Australia Tom Hatton 15
Scott Racing 82 Australia Candice Scott 15
JBD Racing 83 Australia Rhys Moller 15
Leigh-Smith Racing 69 Australia Blake Leigh-Smith 15
Würth Honda BQR 59 Spanyol Esteve Rabat 17
Red Bull KTM GP125 KTM KTM 125 FRR 14 Hungaria Gábor Talmácsi 1–7, 9–17
36 Finlandia Mika Kallio 1–7, 9–17
60 Spanyol Julián Simón 1–7, 9–15, 17
Red Bull ADAC KTM Juniors 76 Austria Michael Ranseder 6–7, 10–11
77 Jerman Stefan Bradl 6, 10–11
Malaguti Reparto Corse Malaguti Malaguti 125 15 Italia Michele Pirro 1–7, 9–15
31 Jerman Sascha Hommel 1–3, 10–13
42 Italia Gioele Pellino 4–7, 9, 14–17
89 Prancis Jules Cluzel 16–17
Yamaha Indonesia Yamaha Yamaha TZ125 72 Indonesia Doni Tata Pradita 13
Sumber:[25]
Key
Pembalap Reguler
Pembalap Wildcard
Pembalap Pengganti

Hasil Grand Prix[sunting | sunting sumber]

MotoGP[sunting | sunting sumber]

Ronde Tanggal Grand Prix Sirkuit Pole position Lap Tercepat Pembalap Pemenang Konstruktor Pemenang Laporan
1 10 April Spanyol Grand Prix Sepeda Motor Spanyol Jerez Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Jepang Yamaha Laporan
2 17 April Portugal Grand Prix Sepeda Motor Portugal Estoril Brasil Alex Barros Brasil Alex Barros Brasil Alex Barros Jepang Honda Laporan
3 1 Mei Tiongkok Grand Prix Sepeda Motor China Shanghai Spanyol Sete Gibernau Brasil Alex Barros Italia Valentino Rossi Jepang Yamaha Laporan
4 15 Mei Prancis Grand Prix Sepeda Motor Prancis Le Mans Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Jepang Yamaha Laporan
5 5 Juni Italia Grand Prix Sepeda Motor Italia Mugello Italia Valentino Rossi Italia Max Biaggi Italia Valentino Rossi Jepang Yamaha Laporan
6 12 Juni Catalunya Grand Prix Sepeda Motor Catalan Catalunya Spanyol Sete Gibernau Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Jepang Yamaha Laporan
7 25 Juni Belanda Grand Prix Sepeda Motor Belanda Assen Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Jepang Yamaha Laporan
8 10 Juli Amerika Serikat Grand Prix Sepeda Motor Amerika Serikat Laguna Seca Amerika Serikat Nicky Hayden Amerika Serikat Colin Edwards Amerika Serikat Nicky Hayden Jepang Honda Laporan
9 24 Juli Britania Raya Grand Prix Sepeda Motor Inggris Donington Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Jepang Yamaha Laporan
10 31 Juli Jerman Grand Prix Sepeda Motor Jerman Sachsenring Amerika Serikat Nicky Hayden Spanyol Sete Gibernau Italia Valentino Rossi Jepang Yamaha Laporan
11 28 Agustus Ceko Grand Prix Sepeda Motor Republik Ceko Brno Spanyol Sete Gibernau Italia Valentino Rossi Italia Valentino Rossi Jepang Yamaha Laporan
12 18 September Jepang Grand Prix Sepeda Motor Jepang Motegi Italia Loris Capirossi Italia Loris Capirossi Italia Loris Capirossi Italia Ducati Laporan
13 25 September Malaysia Grand Prix Sepeda Motor Malaysia Sepang Italia Loris Capirossi Amerika Serikat Nicky Hayden Italia Loris Capirossi Italia Ducati Laporan
14 1 Oktober Qatar Grand Prix Sepeda Motor Qatar Losail Italia Loris Capirossi Amerika Serikat Nicky Hayden Italia Valentino Rossi Jepang Yamaha Laporan
15 16 Oktober Australia Grand Prix Sepeda Motor Australia Philip Island Amerika Serikat Nicky Hayden Italia Marco Melandri Italia Valentino Rossi Jepang Yamaha Laporan
16 23 Oktober Turki Grand Prix Sepeda Motor Turki Istanbul Spanyol Sete Gibernau Italia Marco Melandri Italia Marco Melandri Jepang Honda Laporan
17 6 November Wilayah Valencia Grand Prix Sepeda Motor Valencia Valencia Spanyol Sete Gibernau Italia Marco Melandri Italia Marco Melandri Jepang Honda Laporan

250cc[sunting | sunting sumber]

Ronde Tanggal Grand Prix Sirkuit Pole position Lap Tercepat Pembalap Pemenang Konstruktor Pemenang Laporan
1 10 April Spanyol Grand Prix Sepeda Motor Spanyol Jerez Spanyol Dani Pedrosa Prancis Randy de Puniet Spanyol Dani Pedrosa Jepang Honda Laporan
2 17 April Portugal Grand Prix Sepeda Motor Portugal Estoril Prancis Randy de Puniet San Marino Alex de Angelis Australia Casey Stoner Italia Aprilia Laporan
3 1 Mei Tiongkok Grand Prix Sepeda Motor China Shanghai Australia Casey Stoner Italia Andrea Dovizioso Australia Casey Stoner Italia Aprilia Laporan
4 15 Mei Prancis Grand Prix Sepeda Motor Prancis Le Mans Spanyol Dani Pedrosa Prancis Randy de Puniet Spanyol Dani Pedrosa Jepang Honda Laporan
5 5 Juni Italia Grand Prix Sepeda Motor Italia Mugello Spanyol Jorge Lorenzo San Marino Alex de Angelis Spanyol Dani Pedrosa Jepang Honda Laporan
6 12 Juni Catalunya Grand Prix Sepeda Motor Catalan Catalunya Spanyol Dani Pedrosa Spanyol Dani Pedrosa Spanyol Dani Pedrosa Jepang Honda Laporan
7 25 Juni Belanda Grand Prix Sepeda Motor Belanda Assen Spanyol Jorge Lorenzo Argentina Sebastián Porto Argentina Sebastián Porto Italia Aprilia Laporan
8 10 Juli Amerika Serikat Grand Prix Sepeda Motor Amerika Serikat Laguna Seca Tidak ada balapan 250cc
9 24 Juli Britania Raya Grand Prix Sepeda Motor Inggris Donington Spanyol Dani Pedrosa Australia Anthony West Prancis Randy de Puniet Italia Aprilia Laporan
10 31 Juli Jerman Grand Prix Sepeda Motor Jerman Sachsenring San Marino Alex de Angelis Spanyol Dani Pedrosa Spanyol Dani Pedrosa Jepang Honda Laporan
11 28 Agustus Ceko Grand Prix Sepeda Motor Republik Ceko Brno Spanyol Jorge Lorenzo Spanyol Dani Pedrosa Spanyol Dani Pedrosa Jepang Honda Laporan
12 18 September Jepang Grand Prix Sepeda Motor Jepang Motegi Jepang Hiroshi Aoyama Spanyol Dani Pedrosa Jepang Hiroshi Aoyama Jepang Honda Laporan
13 25 September Malaysia Grand Prix Sepeda Motor Malaysia Sepang Jepang Hiroshi Aoyama Australia Casey Stoner Australia Casey Stoner Italia Aprilia Laporan
14 1 Oktober Qatar Grand Prix Sepeda Motor Qatar Losail Spanyol Jorge Lorenzo Spanyol Dani Pedrosa Australia Casey Stoner Italia Aprilia Laporan
15 16 Oktober Australia Grand Prix Sepeda Motor Australia Philip Island Australia Casey Stoner Argentina Sebastián Porto Spanyol Dani Pedrosa Jepang Honda Laporan
16 23 Oktober Turki Grand Prix Sepeda Motor Turki Istanbul San Marino Alex de Angelis Spanyol Dani Pedrosa Australia Casey Stoner Italia Aprilia Laporan
17 6 November Wilayah Valencia Grand Prix Sepeda Motor Valencia Valencia Spanyol Dani Pedrosa Spanyol Dani Pedrosa Spanyol Dani Pedrosa Jepang Honda Laporan

125cc[sunting | sunting sumber]

Ronde Tanggal Grand Prix Sirkuit Pole position Lap Tercepat Pembalap Pemenang Konstruktor Pemenang Laporan
1 10 April Spanyol Grand Prix Sepeda Motor Spanyol Jerez Italia Marco Simoncelli Spanyol Pablo Nieto Italia Marco Simoncelli Italia Aprilia Laporan
2 17 April Portugal Grand Prix Sepeda Motor Portugal Estoril Finlandia Mika Kallio Spanyol Héctor Faubel Finlandia Mika Kallio Austria KTM Laporan
3 1 Mei Tiongkok Grand Prix Sepeda Motor China Shanghai Finlandia Mika Kallio Italia Fabrizio Lai Italia Mattia Pasini Italia Aprilia Laporan
4 15 Mei Prancis Grand Prix Sepeda Motor Prancis Le Mans Swiss Thomas Lüthi Finlandia Mika Kallio Swiss Thomas Lüthi Jepang Honda Laporan
5 5 Juni Italia Grand Prix Sepeda Motor Italia Mugello Finlandia Mika Kallio Spanyol Héctor Faubel Hungaria Gábor Talmácsi Austria KTM Laporan
6 12 Juni Catalunya Grand Prix Sepeda Motor Catalan Catalunya Finlandia Mika Kallio Finlandia Mika Kallio Italia Mattia Pasini Italia Aprilia Laporan
7 25 Juni Belanda Grand Prix Sepeda Motor Belanda Assen Spanyol Mika Kallio Spanyol Héctor Faubel Hungaria Gábor Talmácsi Austria KTM Laporan
8 10 Juli Amerika Serikat Grand Prix Sepeda Motor Amerika Serikat Laguna Seca Tidak ada balapan 250cc
9 24 Juli Britania Raya Grand Prix Sepeda Motor Inggris Donington Finlandia Mika Kallio Spanyol Álvaro Bautista Spanyol Julián Simón Austria KTM Laporan
10 31 Juli Jerman Grand Prix Sepeda Motor Jerman Sachsenring Finlandia Mika Kallio Finlandia Mika Kallio Finlandia Mika Kallio Austria KTM Laporan
11 28 Agustus Ceko Grand Prix Sepeda Motor Republik Ceko Brno Swiss Thomas Lüthi Spanyol Sergio Gadea Swiss Thomas Lüthi Jepang Honda Laporan
12 18 September Jepang Grand Prix Sepeda Motor Jepang Motegi Hungaria Gábor Talmácsi Spanyol Mateo Tunéz Finlandia Mika Kallio Austria KTM Laporan
13 25 September Malaysia Grand Prix Sepeda Motor Malaysia Sepang Swiss Thomas Lüthi Hungaria Gábor Talmácsi Swiss Thomas Lüthi Jepang Honda Laporan
14 1 Oktober Qatar Grand Prix Sepeda Motor Qatar Losail Finlandia Mika Kallio Italia Marco Simoncelli Hungaria Gábor Talmácsi Austria KTM Laporan
15 16 Oktober Australia Grand Prix Sepeda Motor Australia Philip Island Swiss Thomas Lüthi Spanyol Ángel Rodríguez Swiss Thomas Lüthi Jepang Honda Laporan
16 23 Oktober Turki Grand Prix Sepeda Motor Turki Istanbul Swiss Thomas Lüthi Swiss Thomas Lüthi Prancis Mike Di Meglio Italia Aprilia Laporan
17 6 November Wilayah Valencia Grand Prix Sepeda Motor Valencia Valencia Spanyol Sergio Gadea Spanyol Sergio Gadea Finlandia Mika Kallio Austria KTM Laporan

Klasemen Kejuaraan[sunting | sunting sumber]

MotoGP[sunting | sunting sumber]

Klasemen Pembalap[sunting | sunting sumber]

Sistem Poin

Poin diberikan kepada lima belas pemenang teratas. Pembalap harus menyelesaikan balapan untuk mendapatkan poin.

Posisi  1st   2nd   3rd   4th   5th   6th   7th   8th   9th   10th   11th   12th   13th   14th   15th 
Poin 25 20 16 13 11 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1
  • Pembalap yang ditandai dengan latar belakang biru muda memenuhi syarat untuk mendapatkan penghargaan Rookie of the Year.
  • Putaran yang ditandai dengan latar belakang biru muda berada dalam kondisi balapan basah.
Pos Pembalap Sepeda Motor Tim ESP
Spanyol
POR
Portugal
CHN
Tiongkok
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
USA
Amerika Serikat
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
JPN
Jepang
MAL
Malaysia
QAT
Qatar
AUS
Australia
TUR
Turki
VAL
Wilayah Valencia
Poin
1 Italia Valentino Rossi Yamaha Gauloises Yamaha Team 1 2 1 1 1 1 1 3 1 1 1 Ret 2 1 1 2 3 367
2 Italia Marco Melandri Honda Movistar Honda MotoGP 3 4 3 4 4 3 2 Ret Ret 7 6 Ret 5 2 4 1 1 220
3 Amerika Serikat Nicky Hayden Honda Repsol Honda Team Ret 7 9 6 6 5 4 1 Ret 3 5 7 4 3 2 3 3 206
4 Amerika Serikat Colin Edwards Yamaha Gauloises Yamaha Team 9 6 8 3 9 7 3 2 4 8 7 6 10 4 6 7 8 179
5 Italia Max Biaggi Honda Repsol Honda Team 7 3 5 5 2 6 6 4 Ret 4 3 2 6 Ret Ret 12 6 173
6 Italia Loris Capirossi Ducati Ducati Marlboro Team 13 9 12 7 3 12 10 10 6 9 2 1 1 10 7 157
7 Spanyol Sete Gibernau Honda Movistar Honda MotoGP 2 Ret 4 2 Ret 2 5 5 Ret 2 Ret Ret Ret 5 5 4 Ret 150
8 Brasil Alex Barros Honda Camel Honda 4 1 11 Ret 7 4 7 Ret 3 5 4 Ret 8 9 Ret 9 5 147
9 Spanyol Carlos Checa Ducati Ducati Marlboro Team 10 5 Ret Ret 5 11 9 Ret 5 Ret 8 4 3 6 3 5 4 138
10 Jepang Shinya Nakano Kawasaki Kawasaki Racing Team 5 8 Ret 8 10 9 8 9 Ret 6 12 Ret Ret 7 7 10 11 98
11 Jepang Makoto Tamada Honda Konica Minolta Honda 8 DNS 8 Ret 14 7 7 10 10 3 12 Ret 8 8 9 91
12 Spanyol Toni Elías Yamaha Fortuna Yamaha Team 12 14 14 9 13 9 12 14 9 11 8 9 6 10 74
13 Amerika Serikat Kenny Roberts Jr. Suzuki Team Suzuki MotoGP Ret 12 Ret 13 15 15 16 14 2 11 11 8 7 11 63
14 Amerika Serikat John Hopkins Suzuki Team Suzuki MotoGP 14 Ret 7 16 11 Ret 13 8 11 Ret 13 5 9 17 10 15 13 63
15 Australia Troy Bayliss Honda Camel Honda 6 11 Ret 10 13 8 11 6 Ret Ret 9 54
16 Spanyol Rubén Xaus Yamaha Fortuna Yamaha Team 18 10 10 12 14 10 12 11 Ret 13 18 10 15 14 12 14 15 52
17 Prancis Olivier Jacque Kawasaki Kawasaki Racing Team 2 11 Ret Ret 18 13 28
18 Italia Roberto Rolfo Ducati Team d'Antin Pramac 15 13 16 15 17 14 18 Ret 10 14 17 Ret 13 12 13 16 Ret 25
19 Jerman Alex Hofmann Kawasaki Kawasaki Racing Team 11 12 17 Ret 12 8 Ret 15 Ret 14 24
20 Belanda Jurgen van den Goorbergh Honda Konica Minolta Honda 6 14 12
21 Australia Chris Vermeulen Honda Camel Honda 11 11 10
22 Italia Franco Battaini Blata Blata WCM 17 Ret Ret 17 18 19 20 17 Ret 15 20 11 16 16 15 17 16 7
23 Britania Raya James Ellison Blata Blata WCM 16 15 13 Ret Ret 18 19 16 Ret Ret 19 DNS Ret 15 14 18 Ret 7
24 Britania Raya Shane Byrne Proton KR Team Roberts Ret 16 Ret 16 16 17 15 Ret Ret 6
Honda Camel Honda 14 13
25 Jepang Ryuichi Kiyonari Honda Camel Honda 12 4
26 Spanyol David Checa Yamaha Fortuna Yamaha Team 19 13 15 4
27 Jepang Tohru Ukawa Moriwaki Moriwaki Racing 15 1
Honda Camel Honda Ret
Jepang Nobuatsu Aoki Suzuki Team Suzuki MotoGP 16 Ret 0
Britania Raya Jeremy McWilliams Proton KR Team Roberts Ret 0
Jepang Naoki Matsudo Moriwaki Moriwaki Racing Ret 0
Amerika Serikat Kurtis Roberts Proton KR Team Roberts Ret 0
Jepang Shinichi Ito Ducati Ducati Marlboro Team DSQ 0
Pos Pembalap Sepeda Motor Tim ESP
Spanyol
POR
Portugal
CHN
Tiongkok
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
USA
Amerika Serikat
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
JPN
Jepang
MAL
Malaysia
QAT
Qatar
AUS
Australia
TUR
Turki
VAL
Wilayah Valencia
Poin
Warna Hasil
Emas Pemenang
Perak Posisi ke-2
Perunggu Posisi ke-3
Hijau Finis, dengan poin
Biru Finis, tanpa poin
Tidak terklasifikasi (NC)
Ungu Tidak finis (Ret)
Merah Tidak terkualifikasi (DNQ)
Tidak mengikuti pra-kualifikasi (DNPQ)
Hitam Diskualifikasi (DSQ)
Putih Tidak start (DNS)
Mengundurkan diri (WD)
Balapan dibatalkan (C)
Kosong Tidak berpartisipasi
Dikecualikan (EX)

Klasemen Konstruktor[sunting | sunting sumber]

Pos Konstruktor ESP
Spanyol
POR
Portugal
CHN
Tiongkok
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
USA
Amerika Serikat
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
JPN
Jepang
MAL
Malaysia
QAT
Qatar
AUS
Australia
TUR
Turki
VAL
Wilayah Valencia
Poin
1 Jepang Yamaha 1 2 1 1 1 1 1 2 1 1 1 6 2 1 1 2 3 381
2 Jepang Honda 2 1 3 2 2 2 2 1 3 2 3 2 4 2 2 1 1 341
3 Italia Ducati 10 5 12 7 3 11 9 10 5 9 2 1 1 6 3 5 4 202
4 Jepang Kawasaki 5 8 2 8 10 9 8 9 8 6 12 Ret Ret 7 7 10 11 126
5 Jepang Suzuki 14 12 7 13 11 15 13 8 2 11 11 5 7 11 10 15 13 100
6 Ceko Blata 16 15 13 17 18 18 19 16 Ret 15 19 11 16 15 14 17 16 13
7 Amerika Serikat Proton KR Ret 16 Ret 16 16 17 15 Ret Ret Ret Ret 1
8 Jepang Moriwaki 15 Ret 1
Pos Konstruktor ESP
Spanyol
POR
Portugal
CHN
Tiongkok
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
USA
Amerika Serikat
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
JPN
Jepang
MAL
Malaysia
QAT
Qatar
AUS
Australia
TUR
Turki
VAL
Wilayah Valencia
Poin

Klasemen Tim[sunting | sunting sumber]

  • Setiap tim mendapatkan total poin yang dicetak oleh dua pembalap mereka, termasuk pembalap pengganti. Dalam satu tim pembalap, hanya poin yang dicetak oleh pembalap itu yang akan dihitung. Pembalap wildcard tidak mencetak poin.
  • Putaran yang ditandai dengan latar belakang biru muda berada dalam kondisi balapan basah atau terhenti oleh hujan.
Pos Tim Konstruktor No ESP
Spanyol
POR
Portugal
CHN
Tiongkok
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
USA
Amerika Serikat
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
JPN
Jepang
MAL
Malaysia
QAT
Qatar
AUS
Australia
TUR
Turki
VAL
Wilayah Valencia
Poin
1 Jepang Gauloises Yamaha Team Jepang Yamaha 5 9 6 8 3 9 7 3 2 4 8 7 6 10 4 6 7 8 546
46 1 2 1 1 1 1 1 3 1 1 1 Ret 2 1 1 2 3
2 Jepang Repsol Honda Team Jepang Honda 3 7 3 5 5 2 6 6 4 Ret 4 3 2 6 Ret Ret 12 6 379
69 Ret 7 9 6 6 5 4 1 Ret 3 5 7 4 3 2 3 2
3 Italia Movistar Honda MotoGP Jepang Honda 15 2 Ret 4 2 Ret 2 5 5 Ret 2 Ret Ret Ret 5 5 4 Ret 370
33 3 4 3 4 4 3 2 Ret Ret 7 6 Ret 5 2 4 1 1
4 Italia Ducati Marlboro Team Italia Ducati 7 10 5 Ret Ret 5 11 9 Ret 5 Ret 8 4 3 6 3 5 4 295
65 13 9 12 7 3 12 10 10 6 9 2 1 1 10 7
23 DSQ
5 Spanyol Camel Honda Jepang Honda 4 4 1 11 Ret 7 4 7 Ret 3 5 4 Ret 8 9 Ret 9 5 220
12 6 11 Ret 10 13 8 11 6 Ret Ret 9
72 Ret
67 14 13
17 11 11
54 12
6 Jepang Kawasaki Racing Team Jepang Kawasaki 56 5 8 Ret 8 10 9 8 9 Ret 6 12 Ret Ret 7 7 10 11 150
66 11 12 17 Ret 12 8 Ret 15 Ret 14
19 2 11 Ret 18 13
7 Prancis Fortuna Yamaha Team Jepang Yamaha 11 18 10 10 12 14 10 12 11 Ret 13 18 10 15 14 12 14 15 130
24 12 14 14 9 13 9 12 14 9 11 8 9 6 10
94 19 13 15
8 Jepang Team Suzuki MotoGP Jepang Suzuki 21 14 Ret 7 16 11 Ret 13 8 11 Ret 13 5 9 17 10 15 13 126
10 Ret 12 Ret 13 15 15 16 14 2 11 11 8 7 11
9 Ret
9 Monako Konica Minolta Honda Jepang Honda 6 8 DNS 8 Ret 14 7 7 10 10 3 12 Ret 8 8 9 103
16 6 14
10 Spanyol Team d’Antin Pramac Italia Ducati 44 15 13 16 15 17 14 18 Ret 10 14 17 Ret 13 12 13 16 Ret 25
11 Britania Raya Blata WCM Ceko Blata 27 17 Ret Ret 17 18 19 20 17 Ret 15 20 11 16 16 15 17 16 14
77 16 15 13 Ret Ret 18 19 16 Ret Ret 19 DNS Ret 15 14 18 Ret
12 Amerika Serikat Team Roberts Malaysia/Amerika Serikat Proton KR 67 Ret 16 Ret 16 16 17 15 Ret Ret 1
99 Ret
80 Ret
Pos Tim Konstruktor No ESP
Spanyol
POR
Portugal
CHN
Tiongkok
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
USA
Amerika Serikat
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
JPN
Jepang
MAL
Malaysia
QAT
Qatar
AUS
Australia
TUR
Turki
VAL
Wilayah Valencia
Poin
Warna Hasil
Emas Pemenang
Perak Posisi ke-2
Perunggu Posisi ke-3
Hijau Finis, dengan poin
Biru Finis, tanpa poin
Tidak terklasifikasi (NC)
Ungu Tidak finis (Ret)
Merah Tidak terkualifikasi (DNQ)
Tidak mengikuti pra-kualifikasi (DNPQ)
Hitam Diskualifikasi (DSQ)
Putih Tidak start (DNS)
Mengundurkan diri (WD)
Balapan dibatalkan (C)
Kosong Tidak berpartisipasi
Dikecualikan (EX)

250cc[sunting | sunting sumber]

Klasemen Pembalap[sunting | sunting sumber]

Sistem Poin

Poin diberikan kepada lima belas pemenang teratas. Pembalap harus menyelesaikan balapan untuk mendapatkan poin.

Posisi  1st   2nd   3rd   4th   5th   6th   7th   8th   9th   10th   11th   12th   13th   14th   15th 
Poin 25 20 16 13 11 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1
  • Pembalap yang ditandai dengan latar belakang biru muda memenuhi syarat untuk mendapatkan penghargaan Rookie of the Year.
  • Putaran yang ditandai dengan latar belakang biru muda berada dalam kondisi balapan basah.
Pos Pembalap Sepeda Motor ESP
Spanyol
POR
Portugal
CHN
Tiongkok
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
JPN
Jepang
MAL
Malaysia
QAT
Qatar
AUS
Australia
TUR
Turki
VAL
Wilayah Valencia
Poin
1 Spanyol Dani Pedrosa Honda 1 4 6 1 1 1 2 4 1 1 2 Ret 4 1 2 1 309
2 Australia Casey Stoner Aprilia Ret 1 1 4 4 2 6 3 7 3 3 1 1 Ret 1 3 254
3 Italia Andrea Dovizioso Honda 4 2 2 3 8 3 7 7 4 6 6 Ret 3 5 5 9 189
4 Jepang Hiroshi Aoyama Honda Ret 6 3 6 7 4 4 Ret 3 5 1 5 6 6 3 6 180
5 Spanyol Jorge Lorenzo Honda 6 10 9 5 2 Ret 3 8 Ret 2 Ret 2 3 4 2 167
6 Argentina Sebastián Porto Aprilia 2 9 5 Ret 5 Ret 1 5 5 7 Ret 3 5 2 Ret DNS 152
7 San Marino Alex de Angelis Aprilia 3 5 4 Ret 3 Ret 5 Ret 2 4 7 2 Ret Ret 7 4 151
8 Prancis Randy de Puniet Aprilia Ret 3 18 2 Ret 6 8 1 6 8 5 4 Ret 7 Ret 8 138
9 Spanyol Héctor Barberá Honda 5 11 7 7 6 16 9 Ret 8 Ret 8 6 7 4 6 5 120
10 Prancis Sylvain Guintoli Aprilia Ret 8 12 9 Ret 8 12 9 11 10 10 9 9 10 9 14 84
11 Jepang Yuki Takahashi Honda Ret 7 10 10 Ret 7 15 Ret 9 Ret 4 7 8 Ret Ret 7 77
12 Spanyol Alex Debón Honda 8 13 11 8 Ret 11 13 Ret 12 13 9 Ret 11 9 12 11 67
13 Italia Roberto Locatelli Aprilia 7 Ret 16 14 Ret 12 11 Ret 11 9 Ret 8 Ret 8 8 10 61
14 Italia Simone Corsi Aprilia 9 17 8 11 9 5 10 6 Ret Ret 11 Ret 17 16 Ret Ret 59
15 Italia Mirko Giansanti Aprilia 10 14 Ret 17 12 9 17 11 17 17 13 13 12 18 14 19 36
16 Britania Raya Chaz Davies Aprilia 11 Ret Ret 12 10 Ret 14 Ret Ret Ret Ret 12 16 11 10 16 32
17 Australia Anthony West Aprilia 18 30
Honda Ret
KTM 2 10 12 Ret Ret DNS
18 Italia Alex Baldolini Aprilia 13 Ret 13 13 Ret 10 Ret 13 Ret 23 14 Ret 20 Ret 11 18 25
19 Italia Andrea Ballerini Aprilia 14 18 Ret 15 11 Ret 17 10 Ret 16 Ret Ret 15 15 13 Ret 19
20 Ceko Jakub Smrž Honda Ret 12 14 16 Ret Ret 16 16 16 11 Ret 19 Ret 13 15 12 19
21 Jepang Taro Sekiguchi Aprilia Ret 18 Ret Ret 10 10 Ret Ret 15 13
22 Jerman Dirk Heidolf Honda Ret 16 15 Ret Ret Ret 13 20 Ret 18 11 18 12 16 Ret 13
23 Jerman Steve Jenkner Aprilia Ret WD Ret Ret 19 Ret 17 14 15 12 14 14 14 Ret 17 13
24 Ceko Radomil Rous Honda 12 19 Ret 21 13 DNS 15 20 14 15 Ret Ret 11
25 Kolombia Martín Cárdenas Aprilia Ret 15 DNS 17 17 21 Ret 15 19 17 15 13 17 Ret 13 9
26 Prancis Grégory Leblanc Aprilia 15 Ret Ret 19 14 15 20 14 Ret 21 6
27 Prancis Erwan Nigon Aprilia 20 3
Honda 13
Yamaha 16 Ret Ret 19 Ret
28 Prancis Hugo Marchand Aprilia Ret Ret DNQ DNS 15 14 3
Spanyol Álvaro Molina Aprilia Ret Ret 16 18 19 20 Ret 0
Hungaria Gábor Rizmayer Yamaha 16 20 19 22 Ret 20 25 0
Jepang Kouki Takahashi Yamaha 16 0
Prancis Mathieu Gines Aprilia 21 17 19 20 17 20 0
Swedia Frederik Watz Yamaha 17 Ret Ret 18 0
Spanyol Arturo Tizón Honda 19 18 Ret 0
Swedia Nicklas Cajback Yamaha DNQ 22 24 DNQ 18 DNQ DNQ 21 DNQ 0
Prancis Arnaud Vincent Fantic Ret Ret DNQ Ret Ret 24 Ret Ret 18 Ret Ret Ret Ret Ret Ret 0
Italia Jarno Ronzoni Aprilia 18 0
Italia Gabriele Ferro Fantic DNQ DNQ DNQ DNQ 21 DNQ 19 DNQ DNQ DNQ DNQ DNQ DNQ DNQ DNQ 0
Jepang Mamoru Akiya Yamaha 19 0
Tiongkok Li Zheng Peng Aprilia DNQ DNQ DNQ 20 21 0
Tiongkok He Zi Xian Yamaha 20 0
Jepang Masaki Tokudome Yamaha 20 0
Austria Yves Polzer Aprilia DNQ 21 Ret Ret DNQ 0
Tiongkok Huang Shi Zhao Yamaha 21 0
Swedia Andreas Mårtensson Yamaha EX 21 0
Italia Michele Danese Aprilia 22 0
Ceko Michal Filla Yamaha 22 0
Belanda Hans Smees Aprilia 23 0
Jerman Thomas Walther Honda 23 0
Tiongkok Wang Zhu Aprilia DNQ DNQ Ret Ret 0
Jerman Franz Aschenbrenner Yamaha DNQ DNQ 0
Honda Ret
Jepang Ryuji Yokoe Yamaha Ret 0
Jepang Shuhei Aoyama Yamaha Ret 0
Belanda Randy Gevers Aprilia DNS 0
Bulgaria Alexander Todorov Yamaha DNQ DNQ DNQ 0
Tiongkok Huang Zhi Yu Honda DNQ 0
Prancis Marc-Antoine Scaccia Yamaha DNQ 0
Prancis Samuel Aubry Honda DNQ 0
Belanda Jan Roelofs Yamaha DNQ 0
Belanda Mike Velthjzen Honda DNQ 0
Jerman Patrick Lakerveld Honda DNQ 0
Australia Mark Rowling Yamaha DNQ 0
Australia Mick Kelly Honda DNQ 0
Pos Pembalap Sepeda Motor ESP
Spanyol
POR
Portugal
CHN
Tiongkok
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
JPN
Jepang
MAL
Malaysia
QAT
Qatar
AUS
Australia
TUR
Turki
VAL
Wilayah Valencia
Poin
Warna Hasil
Emas Pemenang
Perak Posisi ke-2
Perunggu Posisi ke-3
Hijau Finis, dengan poin
Biru Finis, tanpa poin
Tidak terklasifikasi (NC)
Ungu Tidak finis (Ret)
Merah Tidak terkualifikasi (DNQ)
Tidak mengikuti pra-kualifikasi (DNPQ)
Hitam Diskualifikasi (DSQ)
Putih Tidak start (DNS)
Mengundurkan diri (WD)
Balapan dibatalkan (C)
Kosong Tidak berpartisipasi
Dikecualikan (EX)

Klasemen Konstruktor[sunting | sunting sumber]

  • Setiap konstruktor mendapatkan jumlah poin yang sama dengan pembalap terbaik mereka di setiap balapan.
Pos Konstruktor ESP
Spanyol
POR
Portugal
CHN
Tiongkok
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
JPN
Jepang
MAL
Malaysia
QAT
Qatar
AUS
Australia
TUR
Turki
VAL
Wilayah Valencia
Poin
1 Jepang Honda 1 2 2 1 1 1 2 4 1 1 1 5 2 1 2 1 349
2 Italia Aprilia 2 1 1 2 3 2 1 1 2 3 3 1 1 2 1 3 339
3 Austria KTM 2 10 12 Ret Ret DNS 30
Jepang Yamaha 16 20 17 22 Ret 18 25 DSQ 21 24 19 16 Ret Ret 19 Ret 0
Italia Fantic Ret Ret DNQ Ret 21 24 19 Ret 18 Ret Ret Ret Ret Ret Ret 0
Pos Konstruktor ESP
Spanyol
POR
Portugal
CHN
Tiongkok
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
JPN
Jepang
MAL
Malaysia
QAT
Qatar
AUS
Australia
TUR
Turki
VAL
Wilayah Valencia
Poin

125cc[sunting | sunting sumber]

Klasemen Pembalap[sunting | sunting sumber]

Sistem Poin

Poin diberikan kepada lima belas pemenang teratas. Pembalap harus menyelesaikan balapan untuk mendapatkan poin.

Posisi  1st   2nd   3rd   4th   5th   6th   7th   8th   9th   10th   11th   12th   13th   14th   15th 
Poin 25 20 16 13 11 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1
  • Pembalap yang ditandai dengan latar belakang biru muda memenuhi syarat untuk mendapatkan penghargaan Rookie of the Year.
  • Putaran yang ditandai dengan latar belakang biru muda berada dalam kondisi balapan basah.
Pos Pembalap Sepeda Motor ESP
Spanyol
POR
Portugal
CHN
Tiongkok
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
JPN
Jepang
MAL
Malaysia
QAT
Qatar
AUS
Australia
TUR
Turki
VAL
Wilayah Valencia
Poin
1 Swiss Thomas Lüthi Honda Ret 3 4 1 2 7 10 6 2 1 2 1 6 1 5 9 242
2 Finlandia Mika Kallio KTM 2 1 11 3 Ret 3 Ret 7 1 2 1 2 2 5 Ret 1 237
3 Hungaria Gábor Talmácsi KTM 5 Ret 3 6 1 4 1 Ret 4 9 Ret 5 1 7 4 2 198
4 Italia Mattia Pasini Aprilia 4 8 1 DNS 4 1 3 Ret Ret Ret 5 3 9 4 2 3 183
5 Italia Marco Simoncelli Aprilia 1 10 6 5 Ret 2 20 4 3 3 Ret 9 3 3 6 5 177
6 Italia Fabrizio Lai Honda 3 4 2 Ret 8 10 18 3 7 6 10 7 10 12 7 7 141
7 Spanyol Julián Simón KTM 9 9 10 8 7 8 6 1 5 10 Ret 6 8 Ret 8 123
8 Jepang Tomoyoshi Koyama Honda Ret 6 5 Ret 5 5 7 Ret Ret Ret 4 10 14 2 3 6 119
9 Spanyol Héctor Faubel Aprilia 7 2 15 Ret Ret Ret 2 Ret Ret Ret 3 4 5 6 Ret 4 113
10 San Marino Manuel Poggiali Gilera 6 5 12 10 6 6 8 25 11 8 6 8 7 13 11 Ret 107
11 Prancis Mike Di Meglio Honda 11 11 20 4 Ret 16 14 2 Ret 7 11 11 4 14 1 Ret 104
12 Spanyol Sergio Gadea Aprilia Ret 20 29 2 Ret 13 9 11 Ret 4 7 16 12 9 Ret Ret 68
13 Spanyol Pablo Nieto Derbi 12 12 8 7 22 Ret 11 5 10 16 8 13 Ret 18 20 10 64
14 Spanyol Joan Olivé Aprilia 8 18 14 Ret 3 Ret 13 8 8 22 18 17 11 15 9 14 60
15 Spanyol Álvaro Bautista Honda Ret 7 17 Ret 12 14 4 Ret Ret 12 9 26 22 16 12 12 47
16 Spanyol Aleix Espargaró Honda 14 16 7 12 17 15 Ret Ret 9 13 12 15 18 17 17 11 36
17 Italia Lorenzo Zanetti Aprilia Ret DNS 11 14 9 19 14 13 5 17 20 16 20 Ret Ret 30
18 Prancis Alexis Masbou Honda Ret 13 21 Ret 10 Ret 5 Ret DSQ Ret 20 14 20 10 Ret Ret 28
19 Ceko Lukáš Pešek Derbi Ret Ret 9 Ret Ret Ret 15 Ret 6 Ret Ret 12 Ret Ret 13 Ret 25
20 Italia Andrea Iannone Aprilia 21 26 18 23 16 11 26 Ret Ret 11 13 18 19 Ret 10 15 20
21 Jepang Toshihisa Kuzuhara Honda Ret 14 16 DNS 9 21 Ret 10 Ret DNS 14 Ret 27 21 17
22 Spanyol Ángel Rodríguez Honda Ret 21 Ret Ret Ret 20 22 Ret Ret 16
Aprilia Ret 8 8
23 Italia Raffaele De Rosa Aprilia Ret 24 28 20 15 22 Ret 20 15 17 16 Ret 13 11 Ret 13 13
24 Spanyol Manuel Hernández Aprilia 10 15 Ret 14 13 26 17 Ret 23 20 19 24 Ret 22 12
Honda 25 19
25 Austria Michael Ranseder KTM 12 12 12 Ret 12
26 Jerman Sandro Cortese Honda 20 25 Ret 15 Ret 23 24 15 14 14 Ret 21 17 19 14 Ret 8
27 Hungaria Imre Tóth Aprilia 16 22 30 9 25 Ret 25 26 20 18 21 22 29 Ret 24 21 7
28 Britania Raya Dan Linfoot Honda 9 7
29 Spanyol Jordi Carchano Aprilia 13 17 22 Ret 23 27 28 13 26 Ret 30 28 25 25 19 17 6
30 Italia Michele Conti Honda 11 5
31 Britania Raya Christian Elkin Honda 12 4
32 Jerman Dario Giuseppetti Aprilia Ret 29 Ret 13 18 17 23 DNS 18 Ret Ret 23 21 26 15 Ret 4
33 Italia Michele Pirro Malaguti Ret 19 13 Ret 19 Ret Ret Ret Ret Ret Ret Ret Ret Ret 3
34 Spanyol Enrique Jerez Derbi Ret 15 19 15 18 2
35 Spanyol Nicolás Terol Derbi 15 23 26 22 21 Ret 16 21 Ret 19 Ret 16 16 1
36 Jerman Stefan Bradl KTM Ret 16 15 1
Belanda Raymond Schouten Honda 23 30 19 24 26 25 Ret 16 Ret Ret 0
Spanyol Julián Miralles Aprilia 19 28 23 16 DNS 25 25 0
Ceko Karel Abraham Aprilia 22 Ret 27 21 27 Ret Ret 17 17 Ret 28 Ret 28 DNS 18 Ret 0
Italia Gioele Pellino Malaguti 17 20 28 21 18 23 24 23 22 0
Spanyol Mateo Túnez Aprilia 17 19 Ret 24 19 Ret 25 24 23 21 20 0
Italia Federico Sandi Honda 18 27 25 19 Ret 18 Ret 19 Ret Ret 23 Ret 26 Ret Ret Ret 0
Prancis Matthieu Lussiana Honda 18 0
Swiss Vincent Braillard Aprilia 25 31 DNS Ret 28 Ret 27 23 22 21 27 Ret 23 0
Jerman Patrick Unger Aprilia 21 0
Prancis Jules Cluzel Honda Ret 0
Malaguti 22 Ret
Britania Raya James Westmoreland Honda 22 0
Jepang Hiroaki Kuzuhara Honda 22 0
Jerman Sascha Hommel Malaguti 24 DNQ DNS Ret 23 Ret 30 0
Honda Ret Ret 26 26
Tiongkok Cheung Wai On Honda 24 29 0
Spanyol Daniel Sáez Aprilia Ret 24 Ret Ret 0
Italia Lorenzo Baroni Aprilia 24 0
Jerman Manuel Mickan Honda 24 0
Jerman Thomas Mayer Aprilia 24 0
Jepang Yuki Hamamoto Honda 24 0
Spanyol Esteve Rabat Honda 24 0
Belanda Hugo van den Berg Aprilia 29 31 25 0
Jepang Takumi Takahashi Honda 25 0
Spanyol David Bonache Honda 26 Ret 27 Ret 27 Ret Ret 0
Jepang Arata Mori Honda 26 0
Australia Blake Leigh-Smith Honda 28 0
Italia Luca Verdini Aprilia 29 0
Belanda Gert-Jan Kok Honda 29 0
Jepang Kazuki Hanafusa Honda 29 0
Belanda Joey Litjens Honda 30 0
Tiongkok Chow Ho-Wan Honda 31 0
Indonesia Doni Tata Pradita Yamaha 31 0
Ceko Patrik Vostárek Honda DNQ 32 Ret 0
Prancis Mathieu Gines Honda Ret 0
Prancis Michel Alexis Honda Ret 0
Italia Nico Vivarelli Honda Ret 0
Britania Raya Kev Coghlan Honda Ret 0
Britania Raya Rob Guiver Honda Ret 0
Ceko Lukáš Razek Honda Ret 0
Jepang Hiroomi Iwata Honda Ret 0
Australia Tom Hatton Honda Ret 0
Prancis Yannick Deschamps Honda DNS 0
Italia Simone Grotzkyj Aprilia DNS 0
Portugal Carlos Ferreira Honda DNQ 0
Tiongkok Zhou You Rao Honda DNQ 0
Belanda Mark van Kreij Honda DNQ 0
Australia Brent Rigoli Honda DNQ 0
Australia Candice Scott Honda DNQ 0
Australia Rhys Moller Honda DNQ 0
Pos Pembalap Sepeda Motor ESP
Spanyol
POR
Portugal
CHN
Tiongkok
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
JPN
Jepang
MAL
Malaysia
QAT
Qatar
AUS
Australia
TUR
Turki
VAL
Wilayah Valencia
Poin
Warna Hasil
Emas Pemenang
Perak Posisi ke-2
Perunggu Posisi ke-3
Hijau Finis, dengan poin
Biru Finis, tanpa poin
Tidak terklasifikasi (NC)
Ungu Tidak finis (Ret)
Merah Tidak terkualifikasi (DNQ)
Tidak mengikuti pra-kualifikasi (DNPQ)
Hitam Diskualifikasi (DSQ)
Putih Tidak start (DNS)
Mengundurkan diri (WD)
Balapan dibatalkan (C)
Kosong Tidak berpartisipasi
Dikecualikan (EX)

125cc[sunting | sunting sumber]

  • Setiap konstruktor mendapatkan jumlah poin yang sama dengan pembalap terbaik mereka di setiap balapan.
Pos Konstruktor ESP
Spanyol
POR
Portugal
CHN
Tiongkok
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
JPN
Jepang
MAL
Malaysia
QAT
Qatar
AUS
Australia
TUR
Turki
VAL
Wilayah Valencia
Poin
1 Austria KTM 2 1 3 3 1 3 1 1 1 2 1 2 1 5 4 1 332
2 Jepang Honda 3 3 2 1 2 5 4 2 2 1 2 1 4 1 1 6 304
3 Italia Aprilia 1 2 1 2 3 1 2 4 3 3 3 3 3 3 2 3 296
4 Italia Gilera 6 5 12 10 6 6 8 25 11 8 6 8 7 13 11 Ret 107
5 Spanyol Derbi 12 12 8 7 21 Ret 11 5 6 16 8 12 15 18 13 10 73
6 Italia Malaguti 24 19 13 17 19 28 21 18 Ret 23 Ret 30 23 24 22 22 3
Jepang Yamaha 31 0
Pos Konstruktor ESP
Spanyol
POR
Portugal
CHN
Tiongkok
FRA
Prancis
ITA
Italia
CAT
Catalunya
NED
Belanda
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
CZE
Ceko
JPN
Jepang
MAL
Malaysia
QAT
Qatar
AUS
Australia
TUR
Turki
VAL
Wilayah Valencia
Poin

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sports, Dorna. "Pengumuman FIM: pra-kalender MotoGP 2005 | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-08. Diakses tanggal 2021-03-02. 
  2. ^ "Kalender MotoGP 2005 ditandatangani". Eurosport. 20 Oktober 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-08. Diakses tanggal 18 Desember 2020. 
  3. ^ Sports, Dorna. "Kalender MotoGP 2005: Rio mendapat lampu hijau | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-08. Diakses tanggal 2021-03-02. 
  4. ^ "Kalender MotoGP 2005 dikonfirmasi". Crash. 21 Oktober 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-08. Diakses tanggal 2021-03-02. 
  5. ^ Sports, Dorna. "Perubahan pada kalender MotoGP 2005 | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-08. Diakses tanggal 2021-03-02. 
  6. ^ Sports, Dorna. "Turki menggantikan Rio pada kalender 2005 | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-08. Diakses tanggal 2021-03-02. 
  7. ^ "CNN.com - Balapan Rio dihapuskan dari kalender MotoGP - 18 Feb 2005". edition.cnn.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-13. Diakses tanggal 2021-03-02. 
  8. ^ "Kalender MotoGP". www.yamaha-racing.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-15. Diakses tanggal 2021-03-02. 
  9. ^ "Kejuaraan Dunia Sepeda Motor 2005". 12 Juni 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-11-28. Diakses tanggal 2021-03-02. 
  10. ^ Sports, Dorna. "Grand Prix Turki dikonfirmasi | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-13. Diakses tanggal 2021-03-02. 
  11. ^ Bourelle, by Andy. "Larangan dua tak memiliki sejarah panjang". www.tahoedailytribune.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-09-22. Diakses tanggal 15 September 2020. 
  12. ^ Sports, Dorna. "FIM mengumumkan aturan baru tentang bendera kuning dan merah | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-17. Diakses tanggal 15 September 2020. 
  13. ^ Sports, Dorna. "FIM mengumumkan perubahan aturan bendera kuning | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-19. Diakses tanggal 15 September 2020. 
  14. ^ "Ban licin di basah menakutkan, tetapi uji flag-to-flag lulus". Crash. 18 April 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-19. Diakses tanggal 15 September 2020. 
  15. ^ Sports, Dorna. "FIM mengumumkan aturan 'bendera putih' baru | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-19. Diakses tanggal 15 September 2020. 
  16. ^ Sports, Dorna. "Pembalap MotoGP merenungkan penggunaan aturan bendera putih pada hari Minggu | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-19. Diakses tanggal 15 September 2020. 
  17. ^ Sports, Dorna. "Perubahan aturan: Pengumuman FIM | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-17. Diakses tanggal 15 September 2020. 
  18. ^ Sports, Dorna. "Kelas 125 mencari pemimpin baru | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-18. Diakses tanggal 15 September 2020. 
  19. ^ Sports, Dorna. "Perubahan aturan berpengaruh besar pada daftar entri 125cc | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-17. Diakses tanggal 15 September 2020. 
  20. ^ Sports, Dorna. "Perubahan aturan: Pengumuman FIM | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-23. Diakses tanggal 15 September 2020. 
  21. ^ Sports, Dorna. "Tiga pembalap per baris di grid dan perubahan aturan lainnya diumumkan untuk tahun 2004 | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-23. Diakses tanggal 15 September 2020. 
  22. ^ Sports, Dorna. "MSMA mengusulkan batas MotoGP 900cc | MotoGP™". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-19. Diakses tanggal 15 September 2020. 
  23. ^ "Daftar entri MotoGP untuk tahun 2005". Motorcycle Racing Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-01-03. Diakses tanggal 2021-03-02. 
  24. ^ "Daftar entri Grand Prix 250cc untuk tahun 2005". Motorcycle Racing Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-01-03. Diakses tanggal 2021-03-03. 
  25. ^ "Daftar entri Grand Prix 125cc untuk tahun 2005". Motorcycle Racing Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-01-03. Diakses tanggal 2021-03-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]