Putaran tercepat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Fastest lap)

Dalam olahraga otomotif, putaran tercepat adalah putaran satu kali sirkuit dengan waktu yang paling cepat berjalan selama sesi resmi perlombaan. Beberapa seri, seperti A1 Grand Prix dan seri GP2, bonus poin penghargaan kepada pengemudi atau tim dengan putaran tercepat. Dalam Formula Satu sampai tahun 1960, pembalap diberikan poin untuk peraih putaran tercepat, Michael Schumacher memegang rekor saat ini yang paling lap tercepat dengan 76.

Dalam Formula Satu, 120 pembalap yang berbeda telah mencetak lap tercepat dalam balapan. Pembalap Jerman Michael Schumacher telah membuat paling banyak lap tercepat total dengan 76. Rekor ini diikuti oleh pembalap Prancis Alain Prost dengan jumlah 41, dan oleh pengemudi Finlandia Kimi Raikkonen dengan 35. Pembalap Argentina Juan Manuel Fangio dan Brasil Nelson Piquet sama-sama memiliki 23 lap tercepat, yang paling banyak untuk Amerika Selatan. Pada tahun 2007, penghargaan diberikan kepada pengemudi dengan lap tercepat yang paling dalam satu musim.

Dalam balap motor Grand Prix, yang meliputi 80cc, 125cc, 250cc, 350cc dan 500cc/MotoGP kelas, tidak ada poin diberikan untuk lap tercepat. Giacomo Agostini memegang rekor saat ini untuk lap tercepat paling dengan 117. Valentino Rossi, yang masih aktif balapan di MotoGP, berada di tempat kedua dengan 83 lap tercepat.