Wayne Rainey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Wayne Rayney, seorang pembalap legendaris GP Motor, lahir di kota Downey, California (Amerika Serikat) pada tanggal 23 Oktober 1960. Ia menjadi juara AMA Superbike pada tahun 1987. Di GP Motor, ia berhasil merebut titel juara dunia GP 500cc sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1990, 1991, dan 1992, dengan mengendarai motor Yamaha. Dengan prestasinya itu, ia menjadi pembalap Amerika kedua yang merebut gelar juara dunia GP 500cc 3 kali berturut-turut bersama Yamaha, setelah Kenny Roberts

Pada musim balap tahun 1993, saat memimpin klasemen sementara GP 500cc, Ia mengalami kecelakaan di sirkuit Misano, GP Italia yang membuatnya lumpuh. Akibat kecelakaan itu karier balapnya terhenti dan gelar juara dunia direbut oleh rekan senegara sekaligus rival beratnya sejak masih berlaga di AMA Superbike, Kevin Schwantz.

Dia merupakan pembalap terhebat dizamannya, karena berhasil menjadi juara bertahan BUKAN di tim yang terhebat saat itu (Honda) yg dipunggawai Michael Doohan dari Australia, yang kelak mendominasi menjadi juara dunia 5 kali berturut-turut setelah disela 1 kali oleh Kevin Schwantz (Suzuki), paska mundurnya Wayne Rayney akibat lumpuh dari kecelakaan yang dideritanya.