Podium

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gambaran podium di Grand Prix F1 Italia 2004.

Sebuah podium (atau podia) adalah platform yang digunakan untuk mengangkat sesuatu ke jarak dekat di atas lingkungannya. Ini berasal dari bahasa Yunani πόδι (kaki). Dalam arsitektur bangunan bisa beristirahat di podium besar.[1] Podia juga bisa digunakan untuk membesarkan orang, misalnya konduktor orkestra berdiri di atas podium seperti halnya banyak pembicara publik.

Istilah umum telah menunjukkan peningkatan penggunaan podium dalam bahasa Inggris Amerika untuk menggambarkan sebuah mimbar.[2][3][4][5]

Dalam olahraga, sejenis podium digunakan untuk menghormati tiga pesaing teratas dalam berbagai acara seperti Olimpiade. Di Olimpiade, podium tiga level digunakan. Secara tradisional, level tertinggi di tengah memegang peraih medali emas. Ke kanan mereka adalah platform yang agak rendah untuk peraih medali perak, dan di sebelah kiri peraih medali emas adalah platform yang lebih rendah lagi untuk peraih medali perunggu. Pada Olimpiade Musim Panas 2016 di Rio, bagaimanapun, Perak dan Perunggu sama di ketinggian. Dalam banyak olahraga, hasil di tiga kompetisi teratas sering disebut sebagai "podium" atau "podium". Dalam beberapa olahraga individu, "podium" adalah statistik resmi, mengacu pada jumlah tiga hasil teratas yang dialami atlet selama musim atau karier. Kata itu juga bisa digunakan, terutama di Amerika Serikat, sebagai kata kerja, "to podium", yang berarti mencapai tempat podium.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "podium: definition of podium in Oxford dictionary (American English) (US)". oxforddictionaries.com. 
  2. ^ "podium Meaning in the Cambridge English Dictionary". cambridge.org. Diakses tanggal 6 March 2017. 
  3. ^ "Definition of PODIUM". merriam-webster.com. Diakses tanggal 6 March 2017. 
  4. ^ "podium - definition of podium in English - Oxford Dictionaries". oxforddictionaries.com. Diakses tanggal 6 March 2017. 
  5. ^ "xkcd: Podium". xkcd.com. Diakses tanggal 6 March 2017.