Kimi no Na wa.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kimi no Na wa.
Your Name poster.png
Poster film
Jepang 君の名は。
Hepburn Kimi no Na wa.
Arti Namamu adalah
Sutradara Makoto Shinkai
Produser
  • Noritaka Kawaguchi
  • Genki Kawamura
Skenario Makoto Shinkai
Berdasarkan Novel Kimi no Na wa. 
karya Makoto Shinkai
Pemeran
Musik Radwimps
Sinematografi Makoto Shinkai
Penyunting Makoto Shinkai
Perusahaan
produksi
Distributor Toho
Tanggal rilis
Daftar tanggal rilis di beberapa negara
Durasi
107 menit
Negara Jepang
Bahasa Jepang
Pendapatan kotor US$331,6 juta[1]

Kimi no Na wa. (君の名は。?, harfiah: "Namamu adalah."), atau yang dikenal juga dengan judul bahasa Inggrisnya Your Name, adalah sebuah film animasi Jepang produksi tahun 2016 bertema fantasi untuk remaja yang ditulis dan disutradarai oleh Makoto Shinkai, dengan animasi dikerjakan oleh CoMix Wave Films, dan didistribusikan oleh Toho.[2] Film ini dibuat berdasarkan novel karya Makoto Shinkai berjudul sama, yang dirilis pada 18 Juni 2016.[3] Perancangan tokoh film ini dikerjakan oleh Masayoshi Tanaka, dan penggubahan musik dibuat oleh band rock asal Jepang Radwimps.

Film ini ditayangkan perdana di konvensi Anime Expo 2016 di Los Angeles, California pada 3 Juli 2016, dan kemudian ditayangkan di Jepang pada 26 Agustus 2016.[4][5][6] Pada Anime Expo 2016, diumumkan bahwa film ini telah dilisensikan oleh Funimation.[7] Di Indonesia, film ini ditayangkan di jaringan CGV blitz, Cinemaxx dan Platinum Cineplex mulai 7 Desember 2016.[8]

Film ini mendapat penerimaan yang baik, dipuji untuk animasi dan dampak emosionalnya, serta sukses secara komersial dengan menjadi film dengan pendapatan kotor keempat terbesar sepanjang waktu di Jepang,[9] serta film anime dengan pendapatan kotor terbesar dalam sejarah, dengan total pendapatan mencapai US$331 juta per 15 Januari 2017.[1]

Alur[sunting | sunting sumber]

Danau Suwa yang menjadi dasar untuk penggambaran Danau Itomori dalam Kimi no Na wa.[10] Shinkai awalnya menemukan inspirasi untuk konsep Danau Itomori dari Danau Matsubara di kota kelahirannya.[11]

Mitsuha Miyamizu, seorang siswi sekolah menengah atas yang tinggal di desa fiktif bernama Itomori di daerah pegunungan Hida Prefektur Gifu, mulai bosan dengan kehidupannya di pedesaan tempat dia lahir dan berharap dapat terlahir menjadi pemuda tampan yang hidup di Tokyo pada kehidupan selanjutnya. Kemudian, Taki Tachibana, seorang siswa sekolah menengah atas yang tinggal di Tokyo, terbangun dari tidurnya dan menyadari bahwa dirinya adalah Mitsuha, yang entah bagaimana bisa masuk ke dalam tubuh Taki.

Taki dan Mitsuha menyadari bahwa mereka berdua saling memasuki tubuh satu sama lain. Mereka mulai berkomunikasi satu sama lain dengan saling meninggalkan catatan di kertas maupun melalui memo di ponsel mereka. Seiring dengan berjalannya waktu, mereka semakin terbiasa dengan pertukaran tubuh ini serta mulai mencampuri kehidupan satu sama lain. Mitsuha membantu Taki untuk menjalin hubungan dengan seorang wanita rekan kerjanya yang bernama Miki Okudera, sehingga akhirnya Taki dapat berkencan dengan Miki. Sementara itu, Taki membantu Mitsuha agar lebih dikenal di sekolahnya. Mitsuha kemudian memberitahu Taki mengenai sebuah komet yang diramalkan akan melintas dekat Bumi dalam beberapa hari mendatang, dan betapa tertariknya dirinya untuk dapat melihatnya, karena waktunya bertepatan dengan festival di desa Itomori.

Pada suatu saat, nenek dari Mitsuha bertanya kepada Taki yang berada di dalam tubuh Mitsuha, "Kamu masih bermimpi, kan?", dan bercerita bahwa keturunan Miyamizu terkadang mengalami mimpi tentang kehidupan orang lain. Keesokannya, Taki tiba-tiba kembali terbangun di tubuhnya sendiri. Saat bertemu dengan Miki, kencannya berakhir gagal. Miki meninggalkan Taki, mengatakan bahwa dirinya menyadari bahwa ada orang lain yang dipikirkan oleh Taki. Semenjak itu, Taki dan Mitsuha tidak pernah bertukar tubuh lagi. Taki kemudian mencoba menghubungi Mitsuha, namun tidak berhasil. Dia akhirnya memutuskan untuk menemui Mitsuha secara langsung dengan mengunjungi tempat kelahirannya.

Tanpa mengetahui apa nama desa Mitsuha dan di mana lokasinya, Taki melakukan perjalanan ke berbagai daerah di Hida, dengan hanya mengandalkan sketsa pemandangan desa yang dia lukis berdasarkan ingatannya. Akhirnya, di sebuah restoran yang dia kunjungi bersama Miki dan seorang rekan kerjanya yang lain Tsukasa Fujii, seorang pelayan mengenali sketsa Taki sebagai desa Itomori, dan mengatakan bahwa desa tersebut dahulunya sangat indah. Namun kini desa tersebut dan wilayah di sekitarnya telah hancur serta menjadi kawah raksasa karena dihantam pecahan komet Tiamat yang jatuh tiga tahun lalu. Saat membaca catatan kejadian, Taki menyadari bahwa kejadian ini telah menewaskan sepertiga penduduk. Taki juga menemukan nama Mitsuha dan juga kedua temannya, Katsuhiko Teshigawara dan Sayaka Natori, yang tertera dalam daftar korban. Taki kemudian diantarkan oleh pelayan tersebut menuju lokasi kawah. Di sana, Taki mencari memo yang pernah Mitsuha buat pada ponselnya untuk memastikan bahwa dirinya tidak sedang bermimpi. Namun ternyata semuanya telah menghilang.

Berusaha agar dapat terhubung kembali dengan Mitsuha, Taki kemudian memberanikan dirinya untuk pergi seorang diri ke kuil keluarga Mitsuha yang terletak di sebuah gunung dekat Itomori. Menyadari bahwa linimasa dirinya dan Mitsuha sebenarnya terpaut beberapa tahun selama ini, Taki meminum kuchikami-zake, sejenis arak beras yang dibuat dengan cara mengunyah nasi di dalam mulut, yang pernah dibuat oleh Mitsuha saat menjalani tradisi gadis kuil dan ditinggalkan di dalam kuil tersebut sebagai persembahan. Dia berharap dapat terhubung kembali dengan tubuh Mitsuha sebelum komet menghantam. Taki berhasil terbangun di tubuh Mitsuha pada pagi hari sebelum festival, dan menyadari bahwa dia masih punya waktu untuk menyelamatkan desa tersebut. Dia meyakinkan teman-teman Mitsuha perihal komet tersebut dan meminta bantuan mereka untuk mengevakuasi desa. Sambil menjalani rencananya, Taki menyadari bahwa Mitsuha juga berusaha mencarinya dengan menaiki kereta api ke Tokyo, dan mungkin kini Mitsuha sedang berada di tubuhnya di dalam kuil. Taki kemudian mengunjungi kembali gunung tempat kuil tersebut berada untuk menemui Mitsuha.

Sebelumnya, Mitsuha tidak dapat menemukan Taki di Tokyo dan kembali ke desanya dengan perasaan sedih. Dalam perjalanan, Mitsuha kemudian bertemu dan mengenali Taki. Namun karena linimasa dirinya sebenarnya berada di masa lampau, Taki tidak dapat mengenalinya. Kini Mitsuha terbangun kembali dalam tubuh Taki yang berada di dalam kuil keluarganya, lalu naik ke puncak gunung. Taki pun sudah tiba di puncak gunung. Meskipun mereka dapat merasakan keberadaan satu sama lain, mereka tidak dapat saling melihat satu sama lain karena berada di masa yang berbeda. Saat matahari mulai terbenam, baik Taki dan Mitsuha menyadari bahwa ini adalah waktunya kataware,[a] sehingga mereka kembali ke tubuh masing-masing, dan dapat saling melihat satu sama lain. Taki mengingatkan Mitsuha untuk meyakinkan ayahnya yang merupakan walikota Itomori untuk mengevakuasi seluruh desa. Mereka juga memutuskan untuk saling menuliskan nama mereka di tangan mereka agar mereka tidak melupakannya ketika kembali ke linimasa asli mereka masing-masing setelah matahari terbenam. Sebelum Mitsuha sempat menuliskan namanya, matahari sudah terbenam, dan mereka kembali terpisah. Seiring dengan berjalannya waktu, ingatan mereka perlahan mulai menghilang, dan pada akhirnya mereka tidak dapat lagi mengingat nama satu sama lain serta peristiwa-peristiwa yang telah mereka alami. Dalam upaya terakhirnya, Mitsuha membuka telapak tangannya, dan menyadari yang Taki tuliskan bukanlah namanya, tapi "Aku cinta kamu". Dengan penuh keyakinan dan semangat baru, Mitsuha kembali menemui ayahnya sebelum pecahan komet jatuh dan menghantam Itomori.

Delapan tahun kemudian, terungkap bahwa Mitsuha berhasil membujuk ayahnya untuk melakukan evakuasi terhadap penduduk di distrik sekitarnya sehingga penduduk desa Itomori berhasil diselamatkan tepat waktu. Sementara itu, Taki yang telah lulus dari universitas dan sedang mencari pekerjaan, memiliki perasaan bahwa ada sesuatu yang hilang pada dirinya. Dia menemukan bahwa dirinya tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan Itomori, seperti majalah dan penduduk yang dirasanya familiar, yang sebenarnya pernah dia temui saat berada di tubuh Mitsuha. Saat bepergian dengan kereta api yang terpisah, Taki dan Mitsuha saling tertegun melihat satu sama lain ketika kedua kereta tersebut berpapasan. Mereka kemudian turun di pemberhentian selanjutnya untuk saling mencari satu sama lain. Akhirnya mereka saling bertemu di sebuah tangga, dan karena mereka merasa sepertinya saling mengenal, mereka saling menanyakan nama.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Taki Tachibana (立花 瀧 Tachibana Taki?)
Suara oleh: Ryunosuke Kamiki[4]
Tokoh utama pria dari film ini, seorang siswa sekolah menengah atas yang tinggal di pusat kota Tokyo, tepatnya di Shinjuku.[b] Dia tinggal bersama ayahnya di sebuah rumah di mana mereka dapat melihat Menara Tokyo secara langsung. Sehari-harinya dia berkumpul bersama teman-temannya dan bekerja paruh-waktu di sebuah restoran Italia bernama "Il Giardino Delle Parole".[c] Dia bertemperamen pendek, namun memiliki niat yang baik dan juga ramah. Dia tertarik dengan seni dan arsitektur.
Mitsuha Miyamizu (宮水 三葉 Miyamizu Mitsuha?)
Suara oleh: Mone Kamishiraishi[4]
Tokoh utama wanita dari film ini, seorang siswi sekolah menengah atas yang tinggal dekat gunung di pedalaman Gifu, tepatnya di desa Itomori. Dia merupakan gadis yang jujur. Dia bersama dengan adiknya adalah seorang gadis kuil, di mana mereka mempelajari pembuatan kuchikami-zake (sejenis arak beras yang dibuat dengan cara mengunyah nasi di dalam mulut) dan kumihimo (seni mengepang tali dan pita). Dia tinggal bersama dengan neneknya dan adiknya. Ibunya sudah meninggal karena sakit, sedangkan ayahnya harus meninggalkan rumah karena bekerja menjadi walikota. Dia tidak menyukai ayahnya tersebut yang sering menyombongkan kekuasaan dan meninggalkannya untuk mengikuti kampanye. Dia juga merasa malu ketika harus membuat kuchikami-zake di depan banyak orang yang mendatangi kuil mereka. Karena dia merasa jenuh, dia sangat berharap dapat hidup di kota Tokyo yang gemerlap.
Miki Okudera (奥寺 ミキ Okudera Miki?)
Suara oleh: Masami Nagasawa
Senior di tempat kerja paruh-waktu Taki yang merupakan seorang mahasiswi yang cantik dan gaya. Dia sangat populer di kalangan remaja laki-laki.
Hitoha Miyamizu (宮水 一葉 Miyamizu Hitoha?)
Suara oleh: Etsuko Ichihara
Nenek dari Mitsuha dan Yotsuha yang merupakan seorang pendeta Shinto di sebuah kuil keluarga di desa Itomori. Setelah anaknya, Futaba, meninggal dan menantunya meninggalkan rumah, dia tinggal bersama kedua cucunya, Mitsuba dan Yotsuba. Nama keluarganya, Miyamizu, memiliki arti "air kuil".
Katsuhiko Teshigawara (勅使河原 克彦 Teshigawara Katsuhiko?)
Suara oleh: Ryo Narita
Teman sekelas Mitsuha. Penyuka hal supernatural, dan merupakan seorang ahli mesin dan bahan peledak yang sering memperhatikan Mitsuha. Ayahnya adalah seorang presiden dari Perusahaan Teshigawara yang bergerak di bidang konstruksi. Dia sering membantu ayahnya ketika libur. Nama panggilannya adalah Tessie.
Sayaka Natori (名取 早耶香 Natori Sayaka?)
Suara oleh: Aoi Yūki
Teman sekelas Mitsuha yang sangat akrab. Dia adalah seorang gadis yang gugup yang bergabung dengan klub penyiaran di sekolahnya. Dia menyangkal bahwa sebenarnya suka dengan sifat ramah yang dimiliki oleh Katsuhiko. Nama panggilannya adalah Sayachin.
Tsukasa Fujii (藤井 司 Fujii Tsukasa?)
Suara oleh: Nobunaga Shimazaki
Teman sekelas Taki. Dia memiliki sifat yang tenang dan tertarik juga dengan arsitektur seperti Taki. Dia sering prihatin dengan sikap Taki yang berubah ketika Mitsuha sedang berada dalam tubuh Taki.
Shinta Takagi (高木 真太 Takagi Shinta?)
Suara oleh: Kaito Ishikawa
Teman sekelas Taki. Dia memiliki sifat yang menghibur, bersifat optimis, dan selalu berusaha untuk menyelamatkan teman-temannya.
Yotsuha Miyamizu (宮水 四葉 Miyamizu Yotsuha?)
Suara oleh: Kanon Tani
Adik dari Mitsuha, seorang siswi kelas empat sekolah dasar. Dia berpikir bahwa kakaknya aneh namun tetap mencintainya. Bersama dengan neneknya dan Mitsuha, dia sehari-hari mengurusi kuil keluarga.
Toshiki Miyamizu (宮水 俊樹 Miyamizu Toshiki?)
Suara oleh: Masaki Terasoma
Ayah dari Mitsuha dan Yotsuha. Memiliki nama asli Mizoguchi (溝口?), sebelum menikah dengan Futaba Miyamizu. Seorang ahli cerita rakyat yang datang ke Itomori untuk meneliti dan kemudian bertemu dengan Futaba. Meskipun dia juga merupakan pendeta Shinto di kuil keluarga Miyamizu, dia sekarang menjabat sebagai walikota. Dia bersikap sangat tegas, namun lelah dengan kejadian-kejadian yang telah terjadi di sepanjang hidupnya.
Futaba Miyamizu (宮水 二葉 Miyamizu Futaba?)
Suara oleh: Sayaka Ohara
Ibu dari Mitsuha dan Yotsuha. Ketika orang-orang mulai berkumpul dan mempercayainya, dia terkena penyakit autoimun dan kemudian meninggal. Lebih muda 12 tahun dibandingkan dengan suaminya.
Yukari Yukino (雪野百香里 Yukino Yukari?)
Suara oleh: Kana Hanazawa[12]
Guru sastra kuno di sekolah tempat Mitsuha belajar. Di dalam kelas, dia mengajarkan bahwa kata "Kataware-doki" berarti senja dalam dialek Hida lokal.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Inspirasi untuk cerita ini datang dari beberapa karya terdahulu, termasuk Inside Mari karya Shūzō Oshimi, Ranma ½, novel zaman Heian berjudul Torikaebaya Monogatari, dan cerita pendek The Safe-Deposit Box karya Greg Egan.[13]

Meskipun desa Itomori, salah satu latar di film, adalah fiktif, film ini mengambil inspirasi dari lokasi sungguhan yang menjadi latar belakang untuk beberapa tempat di desa tersebut. Lokasi-lokasi tersebut termasuk kota Hida di Prefektur Gifu serta perpustakaan yang ada kota tersebut.[14]

Produksi film ini memakan waktu hingga dua tahun.[15] Awalnya sutradara Makoto Shinkai bertemu dengan produser Genki Kawamura pada Mei 2014. Pada bulan Juli, perancangan draf dimulai; dan pada bulan Agustus, penulisan skenario serta perancangan tokoh dilakukan secara paralel dan berlangsung selama lebih dari setengah tahun. Pada bulan Oktober, produser menghubungi Radwimps untuk pengerjaan musik, dan pada bulan Desember Makoto Shinkai bertemu langsung dengan Yojiro Noda dari Radwimps. Musik kasar berhasil diselesaikan sekitar Maret 2015.[15]

Sementara itu, komite produksi sudah dibentuk sejak Januari 2015. Sekitar Februari, sutradara animasi sudah mulai mengerjakan animasi untuk para tokoh. Pada bulan April, proses penggambaran mulai dilakukan bersamaan dengan pemburuan lokasi pada bulan Mei hingga Agustus. Pada bulan September, para pengisi suara ditetapkan, dan pada Desember 2015 proses produksi inti mulai dikerjakan. Pada Maret 2016, novel telah selesai ditulis. Akhirnya, pada Juli 2016, semua proses produksi telah selesai.[15]

Musik[sunting | sunting sumber]

Musik untuk film ini dikerjakan oleh Radwimps. Sutradara Makoto Shinkai meminta Yojiro Noda, vokalis utama band rock asal Jepang Radwimps tersebut, untuk menggubah musik film ini sehingga "dengan cara tertentu, musik tersebut akan (melengkapi) baik dialog maupun monolog para tokohnya".[16] Radwimps menciptakan lebih dari 20 lagu untuk film ini, dan Makoto Shinkai menyatakan bahwa dirinya menyukai karya Radwimps tersebut pada situs resminya.

Pada awal masa produksi, lagu "Zenzenzense" terpilih menjadi lagu tema.[17] Selain lagu tersebut, total ada empat buah lagu karya Radwimps yang dipakai di dalam film, yaitu:

  • Zenzenzense (前前前世?, harfiah: "Kehidupan Terdahulu yang Sebelum-sebelumnya")
  • Sparkle (スパークル?, harfiah: "Berkilau")
  • Yume Tōrō (夢灯籠?, harfiah: "Lentera Impian")
  • Nandemonaiya (なんでもないや?, harfiah: "Tak Kenapa-Kenapa")
Your Name
Sampul album Your Name
Album soundtrack oleh Radwimps
Dirilis 24 Agustus 2016
Label EMI Records

Album[sunting | sunting sumber]

Jalur suara dari film ini dirilis dalam bentuk album yang berjudul "Your Name". Album ini merupakan album kedelapan dari band rock asal Jepang Radwimps yang dirilis pada 24 Agustus 2016 dengan NSSJ UPCH-20423, dan dijual seharga 2700 yen sebelum pajak oleh EMI Records.[18] Album berdurasi 73 menit ini terdiri dari 22 musik serta lagu yang dipakai dalam film Kimi no Na wa. Per 30 Oktober 2016, album ini sudah terjual sebanyak lebih dari 350.000 kopi.

Pada pekan pertamanya, album ini terjual sebanyak 58.000 kopi,[19] dan pada pekan keduanya terjual 39.000 kopi.[20] Album ini juga menduduki peringkat pertama selama dua pekan berturut-turut (5 dan 12 September 2016) pada Oricon Albums Chart mingguan,[20] serta menjadi juara kedua untuk kategori "Best Suondtrack" di Newtype Anime Awards ke-7.[21] Lagu kedelapan dalam album ini yang berjudul "Zenzenzense" juga menjadi juara kedua untuk kategori "Best Theme Song" di Newtype Anime Awards tersebut.[21]

Singel berjudul "Your Name English Edition" berisi lagu film Kimi no Na wa. dalam versi bahasa Inggrisnya dirilis pada 22 Februari 2017 dengan NSSJ UPCH-80465, dan dijual seharga 1300 yen sebelum pajak oleh EMI Records Japan dan Universal Music.[22] Singel ini juga dirilis sebagai konten digital yang bisa diunduh mulai 27 Januari 2017. Singel ini terdiri dari empat buah lagu yang dibawakan oleh Radwimps.

Rilis[sunting | sunting sumber]

Film ini pertama kali diputar di konvensi Anime Expo 2016 di Los Angeles, California pada 3 Juli 2016, dan kemudian dirilis di bioskop-bioskop di Jepang pada 26 Agustus 2016. Film ini dijadwalkan untuk dirilis di 92 negara,[23][24] termasuk di Indonesia.[8] Untuk dapat ikut serta dalam Oscar, film ini dirilis selama sepekan (2-8 Desember 2016) di Los Angeles. Funimation akan merilis film ini di Amerika Serikat pada 7 April 2017.[25]

Terbatas[sunting | sunting sumber]

Daftar pemutaran perdana di festival film beberapa negara
Negara dan kota Nama festival film/acara Tanggal rilis Ref
 Amerika Serikat: Los Angeles Anime Expo 2016 01 3 Juli 2016 [26]
 Jepang: Tokyo Pratayang film lengkap 02 7 Juli 2016 [27]
 Spanyol: San Sebastián Festival Film Internasional Donostia-San Sebastián ke-64 03 22-24 September 2016 [28]
 Korea Selatan: Busan Festival Film Internasional Busan ke-21 04 9, 12, 15 Oktober 2016 [29]
 Britania Raya: London Festival Film BFI London ke-60 05 14-16 Oktober 2016 [30]
 Britania Raya: Skotlandia Scotland Loves Anime 06 22 Oktober 2016 [31]
 Korea Selatan: Bucheon Festival Animasi Internasional Bucheon ke-18 07 23 Oktober 2016 [32]
 Jepang: Tokyo Festival Film Internasional Tokyo ke-29 08 27 Oktober 2016 [33]
 Britania Raya: Skotlandia Discovery Film Festival 2016 09 6 November 2016
 Amerika Serikat: Hawaii Festival Film Internasional Hawaii ke-36 10 13 November 2016 [34]
 Swedia: Stockholm Festival Film Internasional Stockholm ke-27 11 20 November 2016
 Argentina: Mar del Plata Festival Film Internasional Mar del Plata ke-31 12 26-27 November 2016 [35]
 Meksiko: Ciudad de México Expo Japan MX 13 3-4 Desember 2016 [36]
 Uni Emirat Arab: Dubai Festival Film Internasional Dubai ke-13 14 9-14 Desember 2016 [37]

Teatrikal umum[sunting | sunting sumber]

Daftar tanggal rilis dan distributor di beberapa negara
Negara Distributor Judul lokal Tanggal rilis Ref
 Jepang Toho 君の名は。 26 Agustus 2016 [38]
 Taiwan ifilm [tw] 你的名字 21 Oktober 2016 [39]
 Singapura Purple Plan 你的名字 3 November 2016 [40]
 Thailand M Pictures หลับตาฝัน ถึงชื่อเธอ[d] 10 November 2016 [41][42]
 Hong Kong Neofilms 你的名字。 11 November 2016 [43]
 Makau
 Australia Madman Entertainment Your Name 24 November 2016 [44]
 Britania Raya Anime Limited [45]
 Irlandia
 Selandia Baru Madman Entertainment Your Name 1 Desember 2016 [44]
 Republik Rakyat Tiongkok Huaxia Film Distribution 你的名字。 2 Desember 2016 [46]
 Indonesia Encore Films your name. 7 Desember 2016 [47]
 Malaysia Purple Plan Kimi no Na wa. 8 Desember 2016 [48]
 Filipina Pioneer Films 14 Desember 2016 [49]
 Perancis Eurozoom your name. 28 Desember 2016 [50]
 Korea Selatan Media Castle 너의 이름은. 5 Januari 2017 [51]
 Vietnam Encore Films Tên cậu là gì? 13 Januari 2017 [52]
 Italia Dynit your name. 23 Januari 2017 [53]
 Amerika Serikat Funimation Your Name 7 April 2017 [25]
 Kanada
 Spanyol Selecta Visión Kimi no Na wa. [54]
 Meksiko Arcade Media Tu nombre. 2017[e] [36]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Kimi no Na wa. sangat sukses secara komersial, terutama di pasar domestiknya, Jepang.[55] Hingga akhir pekan pertamanya, yang hanya terdiri dari tiga hari, pendapatan kotornya sudah meraih ¥1,28 milyar dengan jumlah penonton mencapai 960.000 orang.[56] Dalam waktu tiga pekan, film ini telah meraih total pendapatan kotor senilai ¥6,29 milyar yang telah melampaui perkiraan pendapatan film yang diungkapkan oleh Toho selaku distributor film ini yaitu sebesar ¥6 milyar.[57] Pada awal Februari, pendapat kotornya sudah meraih ¥24 milyar dengan jumlah penonton lebih dari 18 juta orang.[9]

Saat ini, film ini berada di peringkat keempat film dengan pendapatan kotor tertinggi sepanjang waktu di Jepang, berada di belakang Frozen, Titanic, lalu Spirited Away dan berhasil mengalahkan Harry Potter and the Philosopher's Stone.[9] Jika tanpa menghitung film impor, film ini berada di peringkat kedua film domestik, berada di belakang film pemenang Oscar Spirited Away.[24] Film ini juga menjadi film anime selain karya Hayao Miyazaki pertama yang menembus pendapatan 10 milyar yen.[58][24] Pencapaian ini terwujud hanya dalam waktu 28 hari, tepatnya pada 23 September 2016.[59]

Film ini juga berhasil memecahkan rekor dengan berada di peringkat pertama box office Jepang selama 13 kali akhir pekan. Pada sembilan kali akhir pekan pertamanya, film ini berada di peringkat pertama berturut-turut, sebelum dikalahkan oleh Death Note: Light Up the New World pada akhir pekan kesepuluh di akhir Oktober. Pada akhir pekan selanjutnya, film ini kembali berada di peringkat pertama selama tiga pekan berturut-turut, sebelum dikalahkan oleh film Hollywood Fantastic Beasts and Where to Find Them selama dua pekan.[24][60] Pada akhir pekan ke-16, film ini sudah tidak berada di peringkat tiga teratas. Namun pada akhir pekan ke-19, film ini kembali berada di peringkat ketiga, lalu naik menjadi peringkat kedua pada akhir pekan ke-21, dan kembali berada di peringkat pertama pada akhir pekan ke-22.

Daftar jumlah penonton dan pendapatan kotor dari penayangan di Jepang setiap akhir pekan
Ke- Periode Jumlah penonton Jumlah pendapatan kotor Ref
Selama periode Akumulasi hingga akhir periode Selama periode Akumulasi hingga akhir periode
1 27-28 Agustus #1 688.000 orang 0,96 juta orang 930 juta yen 1,28 milyar yen [38]
2 3-4 September 867.000 orang 3,00 juta orang 1.160 juta yen 3,87 milyar yen [61]
3 10-11 September 852.000 orang 4,81 juta orang 1.140 juta yen 6,29 milyar yen [62]
4 17-18 September 800.000 orang 6,98 juta orang 1.080 juta yen 9,10 milyar yen [63]
5 24-25 September 637.000 orang 8,55 juta orang 860 juta yen 11,17 milyar yen [64]
6 1-2 Oktober 654.000 orang 9,89 juta orang 790 juta yen 12,86 milyar yen [65]
7 8-9 Oktober 513.000 orang 11,20 juta orang 700 juta yen 14,56 milyar yen [66]
8 15-16 Oktober 347.000 orang 11,84 juta orang 470 juta yen 15,41 milyar yen [67]
9 22-23 Oktober 359.000 orang 12,61 juta orang 480 juta yen 16,41 milyar yen [68]
10 29-30 Oktober #2 286.000 orang 13,20 juta orang 380 juta yen 17,19 milyar yen [69]
11 5-6 November #1 218.000 orang 13,81 juta orang 300 juta yen 17,97 milyar yen [70]
12 12-13 November 190.000 orang 14,21 juta orang 260 juta yen 18,49 milyar yen [71]
13 19-20 November 191.000 orang 14,59 juta orang 250 juta yen 18,98 milyar yen [72]
14 26-27 November #2 157.000 orang 14,99 juta orang 210 juta yen 19,49 milyar yen [73]
15 3-4 Desember 184.000 orang 15,35 juta orang 250 juta yen 19,96 milyar yen [74]
16 10-11 Desember #5 15,78 juta orang 20,51 milyar yen [75]
17 17-18 Desember #6 16,08 juta orang 20,89 milyar yen [76]
18 24-25 Desember #7 16,41 juta orang 21,33 milyar yen [77]
19 31 Desember-1 Januari #3 [78]
20 8-9 Januari 17,69 juta orang 22,92 milyar yen [79]
21 14-15 Januari #2 125.000 orang 17,91 juta orang 170 juta yen 23,23 milyar yen [80]
22 21-22 Januari #1 124.000 orang 18,15 juta orang 170 juta yen 23,56 milyar yen [81]
23 28-29 Januari #3 18,35 juta orang 23,83 milyar yen [82]
24 21-22 Januari #4 18,52 juta orang 24,04 milyar yen [83]

Kesuksesan ini juga meluas ke luar Jepang. Di Tiongkok – pasar film kedua terbesar di dunia, film ini menjadi film Jepang dengan pendapatan kotor tertinggi serta film animasi 2D dengan pendapatan kotor tertinggi,[84] dengan total pendapatan senilai US$81,3 juta per 17 Desember 2016.[85] Selain itu, film ini juga mendapatkan izin istimewa untuk dapat diputar perdana di akhir tahun. Kebijakan pemerintah Tiongkok umumnya hanya memperbolehkan penayangan 34 film asing yang berbagi keuntungan dengan pemerintah per tahunnya, dan pada saat Kimi no Na wa. diizinkan untuk dirilis, kuota tersebut sebenarnya sudah penuh. Diputar di lebih dari 7.000 bioskop dengan jumlah penayangan 66.000 kali, film ini meraih pendapat kotor sekitar US$10,9 juta dengan jumlah penonton mencapai 2,7 juta orang lebih pada hari pertamanya saja. Ini menjadi penayangan perdana film animasi 2D terbesar sepanjang waktu di Tiongkok.[86][87]

Film ini juga menjadi film Jepang dengan pendapat kotor tertinggi di Thailand, dengan nominal ฿44,1 juta (US$1,23 juta).[23] Film ini telah meraih pendapatan kotor sebesar US$771.945 di Australia per 26 Desember 2016[88], dan US$101.768 di Selandia Baru per 1 Januari 2017.[89] Madman Entertainment selaku distributor film ini di Australia mengatakan bahwa film ini telah meraih pendapatan senilai A$1 juta (US$719.000) bahkan sebelum akhir masa penayangannya.[90]

Tanggapan dan kritik[sunting | sunting sumber]

Kimi no Na wa. mendapatkan tanggapan yang baik dari pengamat film. Dari 34 sampel ulasan, agregator ulasan Rotten Tomatoes menilai 97%-nya adalah tanggapan positif, dengan nilai rata-rata 8,3 dari 10.[91] Metacritic memberikan film ini nilai 81 dari 100, berdasarkan 7 ulasan yang ada.[92]

Mark Schilling dari The Japan Times memberikan nilai bintang 4 dari 5 untuk film ini dan memuji animasinya yang menurutnya merupakan "perpaduan antara detail yang apik dan realistis dengan fantasi emosional yang mengena".[93] Namun, dia mengkritik akan penyampaian yang berlebihan dalam "komedi tentang malunya dan canggungnya para remaja" dan juga akhir ceritanya yang "akan mengejutkan bagi orang yang belum pernah menyaksikan seishun eiga (drama remaja) khas Jepang".[93]

Penerimaan di luar Jepang pun juga sangat positif.[55][94] Kritikus film Mark Kermode memilih film ini sebagai film favoritnya urutan kesembilan yang akan dirilis di Britania Raya pada tahun 2016.[95]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pada November 2016, Kimi no Na wa. diumumkan berada dalam daftar pendek untuk Film Animasi Terbaik Academy Award.[96][97]

Daftar pemenang dan nominasi penghargaan
Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil Ref
2016 Festival Film Sitges ke-49 Best Animated Feature Length Film Kimi no Na wa. Menang [98]
Festival Film BFI London ke-60 Best Film Kimi no Na wa. Nominasi [30]
Festival Animasi Internasional Bucheon ke-18 Best Animated Feature Special Distinction Prize Kimi no Na wa. Menang [99]
Best Animated Feature Audiences Prize Kimi no Na wa. Menang [99]
Festival Film Internasional Tokyo ke-29 Arigatō Award Makoto Shinkai Menang [33]
Japan Record Award ke-58 Special Prize Radwimps Menang [100]
Yahoo! Japan Search Award tahun 2016 Best Film Kimi no Na wa. Menang [101]
Newtype Anime Awards ke-6 Best Picture (Film) Kimi no Na wa. Menang [21]
Best Director Makoto Shinkai Nominasi [21]
Best Theme Song Zenzenzense (Radwimps) Nominasi [21]
Best Soundtrack Your Name (Radwimps) Nominasi [21]
Hochi Film Award ke-41 Best Picture Kimi no Na wa. Nominasi [102]
Nikkan Sports Film Award ke-29 Best Film Kimi no Na wa. Nominasi
Best Director Makoto Shinkai Menang
LAFCA Awards tahun 2016 Best Animated Film Kimi no Na wa. Menang [103]
Best Team of The Year 2016 Special Distinction Prize Tim Kimi no Na wa. Menang [104]
Women Film Critics Circle 2016 Best Animated Female Kimi no Na wa. Nominasi [105]
2017 Annie Awards ke-44 Best Animated Feature - Independent Kimi no Na wa. Belum diputuskan [106]
Outstanding Achievement, Directing in an Animated Feature Production Makoto Shinkai Belum diputuskan [106]
Satellite Awards ke-21 Best Animated or Mixed Media Feature Kimi no Na wa. Nominasi [107]
Mainichi Film Awards ke-71 Best Animation Film Kimi no Na wa. Belum diputuskan [108]
Ōfuji Noburō Award Kimi no Na wa. Belum diputuskan [108]
Best Music Radwimps Belum diputuskan [108]
Blue Ribbon Awards ke-59 Best Film Kimi no Na wa. Belum diputuskan
Best Director Makoto Shinkai Belum diputuskan
Asian Film Awards ke-11 Best Screenwriter Makoto Shinkai Belum diputuskan
Japan Academy Prize ke-40 Animation of the Year Kimi no Na wa. Belum diputuskan
Director of the Year Makoto Shinkai Belum diputuskan
Screenplay of the Year Makoto Shinkai Belum diputuskan
Outstanding Achievement in Music Radwimps Belum diputuskan
Academy Awards ke-89 Best Animated Feature Kimi no Na wa. Belum diputuskan

Pelanggaran hak cipta[sunting | sunting sumber]

Kasus perorangan[sunting | sunting sumber]

Tautan menuju situs luar yang memuat video utama film ini yang diunggah secara ilegal berbedar di Twitter. Pada 26 September 2016, komite produksi membuat akun baru yang didedikasikan untuk penanganan hak cipta. Akun ini berbeda dengan akun hubungan masyarakat yang sudah dibuat sebelumnya untuk mempromosikan film ini. Melalui akun baru ini, mereka mengirimkan permintaan personal kepada pengguna yang menyebarkan tautan tersebut untuk menghapusnya dan tidak menyebarkannya melalui media sosial lainnya. Selain itu, mereka juga mengingatkan agar pengguna lainnya menyaksikan film ini secara resmi. Ini adalah pertama kalinya Toho memiliki akun khusus seperti ini.[109]

Pada 4 November 2016, seorang pria tuna karya berusia 54 tahun yang tinggal di Fujisawa, Prefektur Kanagawa ditahan oleh kepolisian Shizuoka karena diduga mengunggah video film ini beserta dua audio lagu dari film ini ke situs berbagi pakai berkas tanpa izin dan menjadikannya dapat diunduh untuk umum.[110] Pada 24 November, seorang pria tuna karya berusia 36 tahun yang tinggal di Naha, Prefektur Okinawa juga ditahan oleh kepolisian Gifu atas kasus yang sama.[111]

Kasus Everfilter[sunting | sunting sumber]

Pada 3 Desember 2016, organisasi bernama "TopBuzz Japan" menerbitkan aplikasi ponsel dan konten web untuk pemrosesan foto yang bernama "Everfilter". Melalui aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Google Play maupun App Store ini, pengguna dapat mengubah foto yang diambil menjadi bergaya anime.[112] Pada deskripsi aplikasinya, Kimi no Na wa. sempat disebut-sebut,[113] selain itu beredar pula video iklan yang menggunakan gambar latar belakang dan musik dari film ini serta film Byōsoku 5 Centimeter. Pada tanggal 4, melalui akun Twitter resminya, Everfilter menuliskan permohonan maaf atas pelanggaran hak cipta ini.[114] Pada tanggal 6, mereka menghapus publikasi terkait dan menutup aplikasi Everfilter.[115][116]

Media terkait[sunting | sunting sumber]

Buku-buku terkait Kimi no Na wa.. Dari kiri atas ke kanan bawah:
- novel Shōsetsu Kimi no Na wa.;
- novel anak Kimi no Na wa.;
- novel cerita pendek Kimi no Na wa. Another Side: Earthbound;
- manga Kimi no Na wa. bab 01;
- buku panduan Shinkai Makoto Kantoku Sakuhin Kimi no Na wa. Kōshiki Visual Guide; dan
- majalah Shinkai Makoto Walker.

Selain merilis film, komite produksi Kimi no Na wa. juga merilis beberapa buku, termasuk novel dan buku panduan. Pada Desember 2016, buku-buku ini telah terjual sekitar 2.500.000 kopi.[117]

Novel[sunting | sunting sumber]

Novel "Shōsetsu Kimi no Na wa." (小説 君の名は。?)
Novel berbahasa Jepang yang ditulis oleh Makoto Shinkai dan diterbitkan oleh Kadokawa. Penerbit memasarkan novel ini sebagai sumber inspirasi untuk film Kimi no Na wa.,[118] namun dalam kata penutupnya sang penulis lebih memilih mendeskripsikan novel ini sebagai versi novel dari film tersebut.[119] Novel ini diterbitkan pada 18 Juni 2016 dengan ISBN 978-4-04-102622-9, dan dijual seharga 560 yen sebelum pajak.[3][120]
Pada September 2016, novel ini telah terjual sekitar 1.029.000 kopi.[121]
Novel anak "Kimi no Na wa."
Novel soft-cover yang ditujukan untuk anak yang ditulis oleh Makoto Shinkai dan diterbitkan oleh Kadokawa. Novel ini dilengkapi ilustrasi oleh Chico, dan disertai panduan fonetik furigana sehingga lebih mudah dibaca oleh anak-anak. Novel ini diterbitkan pada 15 Agustus 2016 dengan ISBN 978-4-04-631641-7, dan dijual seharga 680 yen sebelum pajak.[120]
Novel "Kimi no Na wa. Another Side: Earthbound"
Novel yang berisi empat cerita pendek, masing-masing menggunakan sudut pandang Taki, Katsuhiko, Mitsuha, dan Toshiki Miyamizu. Ditulis oleh Arata Kano dan dilengkapi ilustrasi oleh Masayoshi Tanaka. Novel ini diterbitkan pada 1 Agustus 2016 dengan ISBN 978-4-04-104659-3, dan dijual seharga 620 yen sebelum pajak.[120]

Buku lainnya[sunting | sunting sumber]

Manga "Kimi no Na wa."
Manga yang dikerjakan oleh Ranmaru Kotone dan dirilis dalam majalah "Gekkan Comic Alive".[122] Bab pertamanya dimuat pada edisi 23 Agustus 2016 dengan ISBN 978-4-04-068509-0, sedangkan bab keduanya dimuat pada edisi 23 Desember 2016 dengan ISBN 978-4-04-068591-5. Majalah ini dijual seharga 550 yen sebelum pajak untuk setiap edisinya.[120]
Buku panduan "Shinkai Makoto Kantoku Sakuhin Kimi no Na wa. Kōshiki Visual Guide" (新海誠監督作品 君の名は。公式ビジュアルガイド?)
Buku panduan visual yang ditulis oleh Makoto Shinkai dan diterbitkan oleh Kadokawa. Buku ini diterbitkan pada 26 Agustus 2016 dengan ISBN 978-4-04-104780-4, dan dijual seharga 1.600 yen sebelum pajak.[120]
Majalah "Shinkai Makoto Walker" (新海 誠Walker?)
Majalah yang berisi penjelasan dan panduan atas beberapa karya terkini Makoto Shinkai, termasuk Byōsoku 5 Centimeter, Hoshi o Ou Kodomo, Kotonoha no Niwa, hingga Kimi no Na wa. Buku ini diterbitkan pada 26 Agustus 2016 dengan ISBN 978-4-04-895696-3, dan dijual seharga 2.400 yen sebelum pajak.[120]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pameran "Kimi no Na wa." di Museum Kesenian Koumi-machi Kougen 
Stasiun Hida-Furukawa 
Perpustakaan Kota Hida 
Perpustakaan Kota Hida 
Bagian "Kimi no Na wa." di dalam Perpustakaan Kota Hida 
Tangga Kuil Suga 
Tangga Kuil Suga 
Gedung Yoyogi NTT DoCoMo 
Jembatan penyeberangan Shinanomachi 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Frasa "kataware" berasal dari frasa bahas Jepang kuno "kawatare-doki," yang berarti senja. Kawatare, dengan penulisan 彼は誰, sendiri memiliki makna "Siapa di sana?". Kataware juga dapat berarti salah satu bagian dari suatu hal yang berpasangan, jika dengan penulisan 片割れ. Di Jepang, umumnya orang-orang dahulu mempercayai bahwa hal-hal supernatural dapat terjadi saat senja.
  2. ^ Pada filmnya, rumah Taki berada di daerah Waraba, Shinjuku. Namun pada buku cerita sampingnya, "Kimi no Na wa. AnotherSide: Earthbound", rumah Taki menjadi berada di Rokubancho, Chiyoda.
  3. ^ Ini adalah terjemahan bahasa Italia dari film Makoto Shinkai sebelumnya yang berjudul Kotonoha no Niwa.
  4. ^ Judul lokal ini memiliki arti "Memejamkan Mata, Memimpikan Dirimu", berbeda dari arti judul aslinya.
  5. ^ Pemutaran khusus pernah dilakukan di bioskop Cinemax pada 3 Desember 2016. Rilis yang lebih luas dijadwalkan di tahun 2017.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Kimi no na wa (2016)". The Numbers. Diakses tanggal 18 Januari 2017. 
  2. ^ "君の名は。(2016)". allcinema (dalam bahasa Jepang). Stingray. Diakses tanggal 30 Agustus 2016. 
  3. ^ a b "Makoto Shinkai Publishes Kimi no Na wa./your name. Novel Before Film Opens". Anime News Network. 11 Mei 2016. Diakses tanggal 24 September 2016. 
  4. ^ a b c "Makoto Shinkai Reveals Kimi no Na wa./your name. Anime Film for August 2016". Anime News Network. 10 Desember 2015. Diakses tanggal 9 Februari 2016. 
  5. ^ "Makoto Shinkai's Kimi no Na wa./your name. Film Trailer Reveals August 26 Opening, Song". Anime News Network. 6 April 2016. Diakses tanggal 6 April 2016. 
  6. ^ "Anime Expo to Host Makoto Shinkai & His Latest Film's World Premiere". Anime News Network. 17 Juni 2016. Diakses tanggal 17 Juni 2016. 
  7. ^ "Anime Expo: Funimation Licenses Makoto Shinkai's your name. Film". Anime News Network. 3 Juli 2016. Diakses tanggal 3 Juli 2016. 
  8. ^ a b "Kimi no Nawa tayang di Indonesia 7 Desember - ANTARA News". Antara News. 6 Desember 2016. Diakses tanggal 6 Desember 2016. 
  9. ^ a b c 歴代興収ベスト100 [Successive box-office top 100] (dalam bahasa Jepang). Kogyo Tsushinsha. Diakses tanggal 10 Januari 2017. 
  10. ^ "女子高生・三葉が暮らす家 美術監督 丹治匠". at-Home Co. (dalam bahasa Jepang). 19 Agustus 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 8, 2016. Diakses tanggal 8 November 2016. 
  11. ^ 斉藤和音 (October 21, 2016). "「君の名は。」企画書やコンテ紹介 監督の故郷・小海町高原美術館". Chunichi Web (The Chunichi Shimbun). Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 November 2016. Diakses tanggal 9 November 2016. 
  12. ^ "映画『君の名は。』新海誠監督インタビュー!". animatetimes. 30 Agustus 2016. Diakses tanggal 2 September 2016. 
  13. ^ 『君の名は。 公式ビジュアルガイド』 (dalam bahasa Jepang). Japan: Kadokawa Shoten. 27 Agustus 2016. p. 48. ISBN 978-4-04-104780-4. 
  14. ^ "City that inspired settings in hit anime 'yourname.' sees unbelievable boost in tourism". Japan Today. 28 November 2016. Diakses tanggal 28 November 28 2016. 
  15. ^ a b c CGWORLD (dalam bahasa Jepang). Japan: CGWORLD. Oktober 2016. p. 27. 
  16. ^ Masangkay, May (4 November 2016). "Radwimps play a part in the popularity of anime film ‘your name.’". Kyodo. The Japan Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 November 2016. Diakses tanggal 8 November 2016. 
  17. ^ "RADWIMPS、新海誠の長編アニメ映画「君の名は。」音楽担当". Natalie Music. 6 April 2016. Diakses tanggal 1 Juli 2016. 
  18. ^ "RADWIMPS - 君の名は。". UNIVERSAL MUSIC JAPAN. Diakses tanggal 29 Agustus 2016. 
  19. ^ "【オリコン】RADWIMPS、初のアルバム首位 アニメ映画『君の名は。』サントラ". ORICON STYLE. 30 Agustus 2016. Diakses tanggal 10 September 2016. 
  20. ^ a b "【オリコン】RADWIMPS、初の2週連続1位 映画『君の名は。』サントラ好調". ORICON STYLE. 6 September 2016. Diakses tanggal 10 September 2016. 
  21. ^ a b c d e f "Shinkai's 'your name.,' Kabaneri Win Top Newtype Anime Awards". Anime News Network. 9 Oktober 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 November 2016. Diakses tanggal 8 November 2016. 
  22. ^ "RADWIMPS - 君の名は。English edition". UNIVERSAL MUSIC JAPAN. Diakses tanggal 23 Januari 2017. 
  23. ^ a b "Shinkai's 'your name.' Becomes #1 Japanese Film in Thailand of All Time". Anime News Network. 19 Desember 2016. Diakses tanggal 20 Desember 2016. 
  24. ^ a b c d Gavin J. Blair (28 November 2016). "'Your Name' Passes 'Princess Mononuke' to Become Third-Highest Grossing Japanese Film of All Time". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 28 November 2016. 
  25. ^ a b "Funimation Launches "Your Name." in North American Theaters in April of 2017". Crunchyroll. 18 Januari 2017. Diakses tanggal 18 Januari 2017. 
  26. ^ "新海誠監督「君の名は。」LAワールドプレミアで3400人がスタンディングオベーション!". Eiga.com. 5 Juli 2016. Diakses tanggal 10 September 2016. 
  27. ^ "神木隆之介の願いに新海誠「ちょっと重い」、「君の名は。」完成披露で短冊披露". Eiga Natalie. 7 Juli 2016. Diakses tanggal 10 September 2016. 
  28. ^ "Kimi no Na wa / Your name". San Sebastián Film Festival. 
  29. ^ "神木隆之介と上白石萌音が韓国語で挨拶、「君の名は。」釜山映画祭上映". Eiga Natalie. 10 Oktober 2016. Diakses tanggal 11 Oktober 2016. 
  30. ^ a b "Official Competition - BFI London Film Festival 2016". British Film Institute. Diakses tanggal 16 Oktober 2016. 
  31. ^ "Edinburgh Programs". Scotland Loves Anime. 
  32. ^ "『君の名は。』がプチョン映画祭で優秀賞&観客賞をW受賞! 台北でも好スタート". Cinema Cafe. 2016.10.26. 
  33. ^ a b "‘Yesterday’ Takes Top Prize at Tokyo Film Festival". Variety. 3 November 2016. Diakses tanggal 8 November 2016. 
  34. ^ "YOUR NAME. (君の名は。)". Hawaii International Film Festival. 
  35. ^ "Programme: Your Name.". Festival Internacional de Cine de Mar del Plata. Diakses tanggal 7 Desember 2016. 
  36. ^ a b "Kimi no Na Wa. va a proyectarse en cine de México!!!". Super Channel 12. 26 November 2016. Diakses tanggal 5 Desember 2016. 
  37. ^ "Schedule". Dubai International Film Festival. 
  38. ^ a b "新海誠『君の名は。』空前の大ヒットスタート!12億円突破で初登場1位【映画週末興行成績】". Cinema Today. 30 Agustus 2016. Diakses tanggal 10 September 2016. 
  39. ^ "新海誠催淚新作《你的名字是》10月21日正式在台上映". 
  40. ^ "Purple Plan to Open Shinkai's 'your name.' Film in Singapore on November 3". Anime News Network. 24 Oktober 2016. Diakses tanggal 5 November 2016. 
  41. ^ Kimi no Na wa. di Twitter.
  42. ^ "タイ・バンコクで「君名は。」11月10日~!映画館・時間、歴代2位邦画で確実". 日タイ会話交流クラブ. 4 November 2016. Diakses tanggal 5 November 2016. 
  43. ^ "《你的名字》確定11月11日香港上映". 
  44. ^ a b "Madman to Release Shinkai Makoto's YOUR NAME in Australian and New Zealand Cinemas". Screen Anarchy. 27 Oktober 2016. Diakses tanggal 5 November 2016. 
  45. ^ "Anime Limited licenses ‘Your Name’ by Makoto Shinkai in United Kingdom & Ireland". 
  46. ^ "你的名字定档1202". Weibo. 7 November 2016. Diakses tanggal 7 November 2016. 
  47. ^ "Shinkai's 'your name.' Film Opens in Indonesia on December 7". Anime News Network. 21 November 2016. Diakses tanggal 5 Desember 2016. 
  48. ^ "Purple Plan to Open Shinkai's 'your name.' Film in Malaysia on December 8". Anime News Network. 26 Oktober 2016. Diakses tanggal 5 November 2016. 
  49. ^ "Pioneer Films to Open Shinkai's 'your name. Film in Philippines in December". Anime News Network. 14 November 2016. Diakses tanggal 2 Desember 2016. 
  50. ^ "Your Name. à l’affiche en France !". 
  51. ^ "「君の名は。」韓国公開日、1月4日に前倒し ファンの爆発的反応に応えて". カンナム経済新聞. 9 Desember 2016. Diakses tanggal 9 Desember 2016. 
  52. ^ "Introducing your name. - The No. 1 Japanese animation blockbuster is coming very soon to Vietnam! Who is excited?!". Encore Films Vietnam. 25 Desember 2016. Diakses tanggal 14 Januari 2017. 
  53. ^ "Novità 2017!". 
  54. ^ SelectaVision (15 Januari 2017). "#MegaSorteoSV Colección Makoto Shinkai BD - RT 🔁 + Follow 😉@SelectaVision https://youtu.be/L1mD8Gql6Q8 Your Name - 7 Abril en cines 🎬¡Imperdible!" (Tweet). Diakses tanggal 15 Januari 2017. 
  55. ^ a b Motoko Rich (4 Desember 2016). "The Anime Master of Missed Connections Makes Strong Contact in Japan". The New York Times. Diakses tanggal 5 Desember 2016. 
  56. ^ "Makoto Shinkai's 'your name.' Film Tops Box Office With 1.28 Billion Yen in 3 Days". Anime News Network. 30 Agustus 2016. Diakses tanggal 30 Agustus 2016. 
  57. ^ "Makoto Shinkai's 'your name.' Film Earns 6.2 Billion Yen, Tops Box Office For 3rd Week". Diakses tanggal 16 September 2016. 
  58. ^ "Makoto Shinkai's Latest Film Is Poised to Be 1st Non-Miyazaki Anime to Top 10 Billion Yen". Diakses tanggal 20 September 2016. 
  59. ^ "Makoto Shinkai's 'your name.' Anime Film Earns 10 Billion Yen in 28 Days". Diakses tanggal 23 September 2016. 
  60. ^ Mark Schilling (31 Oktober 2016). "Japan Box Office: Warner’s ‘Death Note’ Ends ‘Your Name’ Dominance". Variety. Diakses tanggal 28 November 2016. 
  61. ^ "新海誠『君の名は。』驚異のハイペースでV2!公開10日で38億円【映画週末興行成績】". Cinema Today. 6 September 2016. Diakses tanggal 22 September 2016. 
  62. ^ "『君の名は。』新作を圧倒してV3!公開17日で60億円突破【映画週末興行成績】". Cinema Today. 13 September 2016. Diakses tanggal 22 September 2016. 
  63. ^ "『君の名は。』V4で100億円突破にリーチ!『聲の形』も大ヒットスタート!【映画週末興行成績】". Cinema Today. 21 September 2016. Diakses tanggal 22 September 2016. 
  64. ^ "止まらない『君の名は。』5週連続1位!興収111億を突破【映画週末興行成績】". Cinema Today. 27 September 2016. Diakses tanggal 27 September 2016. 
  65. ^ "『君の名は。』がV6!『ポニョ』を超えるか?歴代ベストテン入りも視野【映画週末興行成績】". Cinema Today. 4 Oktober 2016. Diakses tanggal 4 Oktober 2016. 
  66. ^ "『君の名は。』V7!『ポニョ』射程圏内!【映画週末興行成績】". Cinema Today. 12 Oktober 2016. Diakses tanggal 25 Oktober 2016. 
  67. ^ "『君の名は。』がV8達成!『ポニョ』超え確実154億円【映画週末興行成績】". Cinema Today. 18 Oktober 2016. Diakses tanggal 25 Oktober 2016. 
  68. ^ "『君の名は。』V9達成!山田孝之『ウシジマくん』最終章は2位【映画週末興行成績】". Cinema Today. 25 Oktober 2016. Diakses tanggal 25 Oktober 2016. 
  69. ^ "『デスノート』初登場1位!『君の名は。』は『ハリポタ』『踊る』超えにリーチ!【映画週末興行成績】". Cinema Today. 1 November 2016. Diakses tanggal 1 November 2016. 
  70. ^ "『君の名は。』10回目のトップ!小松菜奈&菅田将暉『溺れるナイフ』は4位初登場!【映画週末興行成績】". Cinema Today. 8 November 2016. Diakses tanggal 8 November 2016. 
  71. ^ "『君の名は。』通算11回目の1位!『もののけ姫』に迫る【映画週末興行成績】". Cinema Today. 15 November 2016. Diakses tanggal 15 November 2016. 
  72. ^ "『君の名は。』V12で189億円突破!『もののけ』『ハウル』射程圏内【映画週末興行成績】". Cinema Today. 22 November 2016. Diakses tanggal 22 November 2016. 
  73. ^ "『ファンタビ』1位!『君の名は。』2位!『この世界の片隅に』は6位に浮上!【映画週末興行成績】". Cinema Today. 29 November 2016. Diakses tanggal 29 November 2016. 
  74. ^ "『ファンタビ』30億円突破でV2!『君の名は。』『この世界の片隅に』アニメも絶好調!【映画週末興行成績】". Cinema Today. 6 Desember 2016. Diakses tanggal 7 Desember 2016. 
  75. ^ "『モンスト』が初登場1位!『君の名は。』は『ハリポタ』超えで歴代4位!【映画週末興行成績】". Cinema Today. 13 Desember 2016. Diakses tanggal 13 Desember 2016. 
  76. ^ "『妖怪ウォッチ』3年連続初登場1位!『スター・ウォーズ』は興収トップ!【映画週末興行成績】". Cinema Today. 20 Desember 2016. Diakses tanggal 20 Desember 2016. 
  77. ^ "『バイオハザード』歴代最高のオープニングで初登場1位!生田斗真『土竜の唄』も初登場【映画週末興行成績】". Cinema Today. 27 Desember 2016. Diakses tanggal 27 Desember 2016. 
  78. ^ "『バイオハザード』今年最初の1位!『君の名は。』が3位急上昇!【映画週末興行成績】". Cinema Today. 5 Januari 2017. Diakses tanggal 5 Januari 2017. 
  79. ^ "『妖怪ウォッチ』1位に返り咲き!『君の名は。』が『アナ雪』にジワリ迫る!【映画週末興行成績】". Cinema Today. 11 Januari 2017. Diakses tanggal 13 Januari 2017. 
  80. ^ "綾瀬はるか『本能寺ホテル』が初登場1位!『この世界の片隅に』は動員100万人突破!【映画週末興行成績】". Cinema Today. 17 Januari 2017. Diakses tanggal 17 Januari 2017. 
  81. ^ "『君の名は。』公開22週目で再び1位!235億円突破で『アナ雪』狙う【映画週末興行成績】". Cinema Today. 24 Januari 2017. Diakses tanggal 24 Januari 2017. 
  82. ^ "『ドクター・ストレンジ』1位スタート!松坂桃李&菅田将暉『キセキ』は2位【映画週末興行成績】". Cinema Today. 31 Januari 2017. Diakses tanggal 31 Januari 2017. 
  83. ^ "ティム・バートン『ミス・ペレグリン』女性ファンの熱狂的支持で1位!【映画週末興行成績】". Cinema Today. 7 Februari 2017. Diakses tanggal 7 Februari 2017. 
  84. ^ "Shinkai's 'your name.' Becomes #1 Japanese Film in China of All Time". Anime News Network. 17 Desember 2016. Diakses tanggal 20 Desember 2016. 
  85. ^ Frater, Patrick (25 Desember 2016). "China Box Office: ‘Tomorrow’ and ‘Tigers’ Climb Over ‘Great Wall’". Variety. Diakses tanggal 26 Desember 2016. 
  86. ^ Kyodo (3 Desember 2016). "Animated teen flick ‘your name.’ scores lucrative debut in China". The Japan Times. Diakses tanggal 3 Desember 2016. 
  87. ^ Patrick Frater (2 Desember 2016). "Japan’s ‘Your Name’ Poised to Win China Box Office Weekend". Variety. Diakses tanggal 3 Desember 2016. 
  88. ^ "Australian Box Office". Box Office Mojo. Diakses tanggal 5 Januari 2017. 
  89. ^ "New Zealand Box Office". Box Office Mojo. Diakses tanggal 5 Januari 2017. 
  90. ^ "Last chance to see Makoto Shinkai’s Your Name in cinemas!". Madman Entertainment. 20 Desember 2016. Diakses tanggal 21 Desember 2016. 
  91. ^ "Your Name (Kimi No Na Wa.)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 20 November 2016. 
  92. ^ "Your Name". Metacritic. Diakses tanggal 8 November 2016. 
  93. ^ a b Schilling, Mark (31 Agustus 2016). "‘Your name.’: Makoto Shinkai could be the next big name in anime". The Japan Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 November 2016. Diakses tanggal 8 November 2016. 
  94. ^ "Your Name: Japanese body-swap fantasy is China cinema hit". BBC. 19 Desember 2016. Diakses tanggal 20 Desember 2016. 
  95. ^ "Kermode Uncut - My Top Ten Films of 2015: Part One". BBC. 20 Desember 2016. Diakses tanggal 22 Desember 2016. 
  96. ^ "27 ANIMATED FEATURES SUBMITTED FOR 2016 OSCAR® RACE". Academy Award. 10 November 2016. Diakses tanggal 17 Desember 2016. 
  97. ^ "Shinkai's 'your name.' Film Submitted for Oscar Consideration". Anime News Network. 8 November 2016. Diakses tanggal 13 Desember 2016. 
  98. ^ "Sitges Film Festival - The unclassifiable 'Swiss Army Man' wins Sitges 2016". Festival de Cine de Sitges. 15 Oktober 2016. Diakses tanggal 16 Oktober 2016. 
  99. ^ a b "『君の名は。』韓国・プチョン映画祭で初の“ダブル受賞”達成". ORICON STYLE. 25 Oktober 2016. Diakses tanggal 26 Oktober 2016. 
  100. ^ "「君の名は。」「シン・ゴジラ」が日本レコード大賞特別賞を受賞". Eiga Natalie. 18 November 2016. Diakses tanggal 18 November 2016. 
  101. ^ "「君の名は。」新海監督、次回作へ「考え始めないといけない時期」". Daily Sport Online. 7 Desember 2016. Diakses tanggal 7 Desember 2016. 
  102. ^ "報知映画賞で「湯を沸かすほどの熱い愛」が4冠、「君の名は。」が特別賞に". Eiga Natalie. 29 November 2016. Diakses tanggal 29 November 2016. 
  103. ^ "42nd Annual Los Angeles Film Critics Association Awards 2016 Winners". Los Angeles Film Critics Association. 4 Desember 2016. Diakses tanggal 5 Desember 2016. 
  104. ^ "今年の「ベストチーム」最優秀賞にポケモンGO 『君の名は。』&体操男子団体も". ORICON STYLE. 16 November 2016. Diakses tanggal 18 November 2016. 
  105. ^ "Women Film Critics Circle Nominations: "Hidden Figures," "13th," & More". Women And Hollywood. 19 Desember 2016. Diakses tanggal 15 Desember 2016. 
  106. ^ a b "Miss Hokusai, Red Turtle, your name Nominated for Annie Awards". Anime News Network. 28 November 2016. Diakses tanggal 29 November 2016. 
  107. ^ Kilday, Gregg (29 November 2016). "Satellite Awards Nominees Revealed". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 29 November 2016. 
  108. ^ a b c "心に迫る一本 日本映画大賞・日本映画優秀賞候補作". Mainichi Shimbun. 16 Desember 2016. Diakses tanggal 19 Desember 2016. 
  109. ^ Mikikazu Komatsu (29 November 2016). ""Kimi no Na wa./your name" Opens Twitter Account to Stop Illegal Viewing". Crunchyroll. Diakses tanggal 12 Desember 2016. 
  110. ^ Mikikazu Komatsu (5 November 2016). "54-Year-Old Unemployed Man Arrested for Illegally Uploading "your name."". Crunchyroll. Diakses tanggal 12 Desember 2016. 
  111. ^ "35-Year-Old Man Arrested for Uploading "My Hero Academia" Anime via Perfect Dark". Crunchyroll. 30 November 2016. Diakses tanggal 12 Desember 2016. 
  112. ^ "「Everfilter」背景無断使用で謝罪 新海誠作品をめぐる「中国では許可」の真偽". J-CAST News. 5 Desember 2016. Diakses tanggal 10 Desember 2016. 
  113. ^ "君の…名前は…?時空を超えて、タイムトンネルでそっちの世界へ。". Everfilter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Desember 2016. Diakses tanggal 10 Desember 2016. 
  114. ^ EverFilter (4 Desember 2016). "本アプリ内の一部コンテンツにつきまして、ご利用のユーザ様より問題のご指摘をいただきました。この件に関しまして、本アプリ運営より添付の通りご説明とお詫びをいたします。#Everfilter" (Tweet). Diakses tanggal 10 Desember 2016. 
  115. ^ EverFilter (6 Desember 2016). "現在Everfilterサービスには、著作権問題となるコンテンツは含まれておりませんが、皆様に多大なご迷惑をおかけしたお詫びと反省を表し、App Store及びGoogle PlayでのEverfilterの配信一時停止を決定致しました。#Everfilter" (Tweet). Diakses tanggal 10 Desember 2016. 
  116. ^ 安藤健二 (7 Desember 2016). "『君の名は。』無断使用したアプリが配信停止 「著作権の認識、甘かった」と謝罪【Everfilter】". The Huffington Post. Diakses tanggal 10 Desember 2016. 
  117. ^ "「君の名は。」200億円突破のワケ". The Yomiuri Shimbun. 8 Desember 2016. Diakses tanggal 12 Desember 2016. 
  118. ^ "小説 君の名は。". Kadokawa Store. 10 September 2016. 
  119. ^ Makoto Shinkai (18 Juni 2016). Shōsetsu Kimi no Na wa. Kadokawa Bunko. Kadokawa Shoten. p. 255. ISBN 978-4-04-102622-9. 
  120. ^ a b c d e f "映画『君の名は。』公式サイト". 12 Desember 2016. Diakses tanggal 12 Desember 2016. 
  121. ^ "Makoto Shinkai's 'your name.' Novel Sells Over 1 Million". Anime News Network. 21 September 2016. Diakses tanggal 24 September 2016. 
  122. ^ "新海誠監督の劇場アニメ「君の名は。」琴音らんまるによるコミカライズ版1巻". Comic Natalie. 23 Agustus 2016. Diakses tanggal 24 Agustus 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]