Singel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam industri musik, singel adalah lagu yang diambil dari album rekaman yang sudah atau akan terbit, untuk mempromosikan album bersangkutan. Singel biasanya berjumlah 1-3 lagu dengan durasi total 3 sampai 10 menit. Singel didistribusikan dalam berbagai format, seperti CD, Vinyl, DVD, bahkan file digital yang bisa diunduh dari Internet. Singel biasanya sering dimainkan di radio, dan seiring dengan munculnya video musik pada tahun 1980-an, video musik menjadi cara yang lazim digunakan untuk memperkenalkan sebuah lagu ke masyarakat.

Di Indonesia, singel dirilis dalam format kepingan CD secara komersial, contohnya Agnes Monica, Anang, Kris Dayanti, dan Geisha selain itu single dirilis dalam bentuk airplay untuk radio-radio. Indonesia juga merilis sebuah lagu dalam format video musik dan ring back tone, tetapi bukan dikategorikan dalam bentuk singel.

Dibanding negara lain, rilisan singel yang dijual terpisah tergolong jarang di Indonesia. Bila seorang musisi internasional merilis singel baru, perusahaan rekaman akan menjualnya dalam bentuk repackage album sebelumnya.