Blue Ribbon Awards

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Blue Ribbon Awards
Diberikan kepada Kesempurnaan dalam pembuatan film
Negara Jepang
Pertama diberikan 1950
Situs web resmi cinemahochi.yomiuri.co.jp/b_award/

Blue Ribbon Awards (ブルーリボン賞, Burū Ribon Shō) adalah penghargaan khusus film yang diberikan oleh para kritikus dan penulis film di Tokyo, Jepang.

Penghargaan tersebut didirikan pada 1950 oleh Asosiasi Jurnalis Film Tokyo (東京映画記者会, Tōkyō Eiga Kishakai) yang terdiri dari para koresponden dari tujuh surat kabar olahraga yang berbasis di Tokyo. Pada 1961, enam surat kabar Jepang utama (Yomiuri Shinbun, Asahi Shinbun, Mainichi Shinbun, Sankei Shimbun, Tokyo Shimbun dan Nihon Keizai Shinbun) beserta Japanese Associated Press menarik dukungan mereka untuk Blue Ribbon Awards dan mendirikan Penghargaan Asosiasi Jurnalis Film Jepang (日本映画記者会賞, Nihon Eiga Kishakai Shō), (yang diadakan sebanyak enam kali). Pada tahun 1967, penghargaan ini sempat dibatalkan akibat dari Skandal Kabut Hitam. Pada tahun 1975, mulai di hidupkan kembali, dan terus berlanjut sampai sekarang. Upacara penghargaan tahunan yang diselenggarakan di berbagai tempat di Tokyo setiap bulan Februari.

Meskipun tidak terlalu di akui pada tingkat internasional, Blue Ribbon Awards tetap menjadi salah satu penghargaan film paling bergengsi di Jepang bersama dengan Kinema Junpo Awards (キネマ旬報賞, Kinema Junpō Shō) dan Mainichi Film Concours (毎日映画コンクール, Mainichi Eiga Konkūru).

Nominasi-nominasi terkenal paling terkini meliputi film-film seperti Nobody Knows (2004), Tasogare Seibei (2002), Spirited Away (2001), dan Battle Royale (2001).

Kategori[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah kategori-kategorinya:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Sinema Jepang