Monolog

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Monolog atau swacakap[1] adalah istilah keilmuan yang diambil dari kata mono yang artinya satu dan log dari kata logi yang artinya ilmu. Secara harfiah monolog adalah suatu ilmu terapan yang mengajarkan tentang seni peran di mana hanya dibutuhkan satu orang atau dialog bisu untuk melakukan adegan/sketsanya. Kata monolog lebih banyak ditujukan untuk kegiatan seni terutama seni peran dan teater.

Monolog merupkan bagian drama hanya saja aktor harus memerankan sendiri karakter yang dimainkannya. Perbedaan monolog dengan drama terletak dari jumlah aktor atau pemain. Pada monolog, aktor dituntut untuk menfasirkan sendiri naskah melalui gerakan dan dialognya agar dapat tersampaikan oleh penonton.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Monolog sebenarnya sudah diperkenalkan sejak tahun 60-an. Pada saat itu pertelevisian tidak mengenal pengisian suara oleh karena itu monolog banyak dipraktikkan untuk membuat film-film komedi atau horor.

Salah satu penggagas monolog yang terkenal adalah Charlie Chaplin. Monolog diperkenalkan pertama kali di Hollywood sekitar tahun 1964 lalu berkembang menjadi sarana seni dan teater yang sudah menjadi salah satu teori/pembelajaran dari karya seni teater.

Aktor/aktris yang memerankan monolog[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Arti kata swacakap". Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud. KBBI Daring. Diakses tanggal 15 Oktober 2020.