Suzume

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Suzume
Poster perilisan teater
Nama lain
Jepangすずめの戸締まり
HepburnSuzume no Tojimari
SutradaraMakoto Shinkai
Produser
  • Genki Kawamura
  • Kouichirou Itou
Ditulis olehMakoto Shinkai
Pemeran
Penata musik
Perusahaan
produksi
Distributor
  • TOHO
  • Crunchyroll
  • Sony Pictures
  • Wild Bunch
Tanggal rilis
  • 11 November 2022 (2022-11-11) (Jepang)
  • 8 Maret 2023 (2023-03-08) (Indonesia)
Durasi122 menit[1]
NegaraJepang
BahasaJepang
Pendapatan
kotor
  • ¥14,21 miliar[2] (Jepang)
  • US$322,2 juta (seluruh dunia)

Suzume (Jepang: すずめの戸締まり, Hepburn: Suzume no Tojimari, terj. har. "Penguncian Pintu Suzume") adalah film petualangan fantasi animasi Jepang tahun 2022 yang diproduksi oleh CoMix Wave Films dan diedarkan oleh Toho. Film ini menggambarkan seorang gadis SMA dan seorang pemuda misterius yang mencoba mencegah terjadinya rentetan bencana di penjuru Jepang. Film ini mulai digarap pada tahun 2020, ditulis dan disutradarai oleh Makoto Shinkai.

Nanoka Hara dan Hokuto Matsumura menjadi pengisi suara dalam film ini. Desain karakter dilakukan oleh Masayoshi Tanaka, pengarah animasi oleh Kenichi Tsuchiya, pengarah seni oleh Takumi Tanji, dan pengarah musik oleh Radwimps dan Kazuma Jinnouchi.

Suzume telah melakukan pemutaran IMAX di Jepang pada tanggal 7 November 2022, dan dirilis secara nasional pada tanggal 11 November 2022. Film ini telah mendapat pendapatan kotor sebesar 14 miliar yen (123,9 juta dolar AS), dan menjadi film berpendapatan kotor tertinggi keempat pada tahun 2022 di Jepang.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Suzume Iwato adalah seorang gadis SMA berusia 17 tahun yang tinggal bersama bibinya di sebuah kota kecil di Miyazaki. Suatu hari dia melihat mimpi sewaktu dia masih kecil dan mencari ibunya. Setelah beberapa saat, dia terbangun. Suzume kemudian pergi ke sekolah. Dalam perjalanan, dia bertemu dengan seorang pemuda yang sedang mencari daerah terlantar di sana. Dia memberitahunya tentang resor onsen tua. Karena penasaran, dia mengikutinya ke resor itu, menemukan pintu yang berdiri diam. Dia membuka pintu dan melihat dunia yang berbeda di dalamnya. Dia mencoba masuk, tetapi gagal. Kemudian dia tersandung patung yang kemudian berubah menjadi kucing. Karena ketakutan, dia pergi.

Kemudian di sekolah, saat makan bersama teman-temannya, terjadi gempa kecil. Melihat kolom merah di dekat resort, Suzume merasa curiga, dan bergegas ke resor, menemukan pria yang dia temui sebelumnya. Dia mencoba menutup pintu, sayangnya dia terluka, tetapi kemudian dia kembali bergegas menutup pintu. Melihatnya berjuang, Suzume mencoba membantunya. Dia menutup pintu dengan kuncinya, dan kolom merah itu menghilang. Kemudian, pria tersebut memperkenalkan dirinya sebagai Sōta Munakata. Dia menjelaskan bahwa dia harus menemukan dan mengunci pintu di tempat-tempat yang ditinggalkan untuk mencegah "cacing" menyebabkan gempa bumi. Seekor kucing muncul dan mengubah Sota menjadi kursi anak yang didudukinya. Marah, Sōta yang telah berubah wujud menjadi kursi kemudian mengejar kucing itu ke feri menuju Ehime. Kucing itu pernah menjadi batu kunci, dan cacing dilepaskan setelah dikeluarkan.

Di Ehime, pasangan tersebut menggunakan petunjuk dari penduduk setempat yang menamai kucing tersebut "Daijin", untuk mengikutinya. Gempa bumi terjadi dan mereka mencoba menutup pintu di sekolah yang ditinggalkan. Sōta kehilangan kuncinya sehingga dia menyuruh Suzume membayangkan masa kejayaan sekolah. Mereka mengunci pintu dan mengusir cacingnya.

Di tujuan berikutnya, seekor cacing baru muncul di taman hiburan yang terbengkalai. Sōta menuntut Daijin untuk kembali menjadi batu kunci, tapi dia menolak, ingin "bermain" dengan Suzume. Suzume dan Sota mengunci pintu. Saat mereka tidur, terlihat bahwa Sōta kehilangan perasaan dirinya dalam bentuk kursinya.

Suzume dan Sōta pergi ke apartemen Sōta di Tokyo. Dia memberitahunya mitos Namazu dan bahwa batu kunci utama hilang; jika cacing Tokyo muncul, Jepang akan hancur. Keluarganya memastikan pintu tetap terkunci, dan dia menanggung beban dari kakeknya yang dirawat di rumah sakit. Daijin mengatakan Sota harus menjadi batu kunci baru untuk menghentikan cacing tersebut. Setelah menemukan cacing tersebut, Sota berubah menjadi batu kunci di tangan Suzume. Karena gempa akan membunuh banyak orang, Suzume dengan berlinang air mata menyegel cacing itu dengan batu kunci. Dia bangun di sebuah gua, di mana dia menemukan pintu Tokyo. Di dunia mimpi, dia melihat batu kunci Sota. Kakek Sōta mengatakan dia harus menemukan pintu pertama yang dia masuki untuk kembali ke dunia mimpi dan menyelamatkan Sōta.

Suzume memulai perjalanannya kembali ke kampung halamannya di Tōhoku, yang hancur dalam tsunami Tōhoku 2011. Dia bergabung dengan bibinya Tamaki, Daijin, dan Tomoyo Serizawa, teman Sōta. Setelah bertengkar, Suzume menyadari Tamaki dirasuki oleh Sadaijin, si kucing hitam. Tamaki menjadi tidak dikendalikan dan Suzume berdamai dengannya sebelum memasuki ambang pintu.

Dunia dipenuhi cacing dan Sota dalam keadaan diam. Suzumi menariknya keluar dan dia kembali ke wujud manusianya. Namun, Daijin kembali menjadi batu kunci sebagai hasilnya. Untuk menghentikan cacing, Sōta berdoa, dan mengembalikan ingatan kampung halaman Suzume. Sadaijin kemudian juga berubah menjadi batu. Suzume dan Sōta menyegel cacing dan membawa kedamaian ke dunia mimpi. Sōta kemudian memperhatikan seorang anak: Suzume dari 12 tahun lalu. Suzume ingat pertama kali dia memasuki dunia mimpi. Dirinya yang lebih muda telah membingungkan dirinya yang lebih tua untuk ibunya. Dia memberikan kursi itu kepada Suzume muda dan bercerita tentang masa depannya. Suzume dan Sōta kemudian meninggalkan dunia mimpi dan Sōta kembali ke Tokyo sementara Suzume kembali ke Kyushu.

Kemudian, Suzume sedang dalam perjalanan ke sekolah ketika dia melihat Sōta berjalan di jalan yang pertama kali mereka temui.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Tokoh Pengisi suara
Bahasa Jepang Bahasa Inggris[3]
Suzume Iwato (岩戸 鈴芽, Iwato Suzume) Nanoka Hara[4]
Akari Miura (muda)[5]
Nichole Sakura
Bennet Hetrick (muda)
Souta Munakata (宗像 草太, Munakata Sōta) Hokuto Matsumura[6] Josh Keaton
Tamaki Iwato (岩戸 環, Iwato Tamaki)[7] Eri Fukatsu Jennifer Sun Bell
Minoru Okabe (岡部 稔, Okabe Minoru)[7] Shota Sometani Roger Craig Smith
Rumi Ninomiya (二ノ宮 ルミ, Ninomiya Rumi)[7] Sairi Ito Amanda C. Miller
Chika Amabe (海部 千果, Amabe Chika)[7] Kotone Hanase Rosalie Chiang
Tsubame Iwato (岩戸 椿芽, Iwato Tsubame)[7] Kana Hanazawa Allegra Clark
Hitsujirō Munakata (宗像 羊朗, Munakata Hitsujirō)[7] Matsumoto Hakuō II Cam Clarke
Tomoya Serizawa (芹澤 朋也, Serizawa Tomoya)[8] Ryūnosuke Kamiki Joe Zieja
Daijin (ダイジン)[9] Ann Yamane Lena Josephine Marano
Miki (ミキ)[10] Aimi Mela Lee

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Gempa bumi dan tsunami Tōhoku pada tahun 2011 memberikan inspirasi bagi film ini. Gambar ini adalah pemandangan udara dari kerusakan yang ditimbulkan di Ōtsuchi, Iwate.

Makoto Shinkai menggagas ide tentang Suzume ketika dia melakukan perjalanan keliling Jepang untuk memberikan presentasi tentang karya-karyanya di masa lalu. Dia berkata, "Di Jepang, sudah menjadi kebiasaan untuk mengadakan jichin-sai atau upacara peletakan batu pertama, sebelum pembangunan gedung atau rumah baru dimulai, tetapi kami tidak melakukan apa pun saat menutupnya." Makoto menyadari bahwa terdapat banyak area kosong atau terbengkalai di Jepang akibat menurunnya angka kelahiran dan populasi yang semakin menua sehingga dia berpikir untuk menulis sebuah cerita tentang "tempat yang ditinggalkan".[11][12] Hasilnya, film ini secara tak terelakkan berubah menjadi film tentang perjalanan mengunjungi berbagai tempat.[13]

Gempa bumi dan tsunami Tōhoku pada tahun 2011, memberikan pengaruh terhadap tema-tema dalam film ini. Meskipun komet Tiamat dalam Your Name dan konsep Weathering with You merupakan ide yang dipengaruhi oleh bencana alam, Shinkai merasa bahwa ia harus "mengekspresikan dampak yang [dia] rasakan melalui gempa bumi dan tsunami, daripada terus menggambarkannya sebagai perumpamaan."[11][12] Dia khawatir bahwa ingatan orang-orang akan bencana tersebut mulai menjadi "kabur" seiring berjalannya waktu. Dengan menggambarkan gempa bumi dan tsunami dalam film atau novelnya, dia juga dapat berbagi kenangannya dengan para remaja yang tidak mengetahui tentang bencana tersebut.[12] Makoto juga mengutip Kiki's Delivery Service dan novel Kafka on the Shore karya Haruki Murakami serta cerita pendek Kaeru-kun, Tokyo o Sukuu (かえるくん、東京を救う) sebagai inspirasi untuk film ini.[12]

Makoto dan stafnya mempersiapkan film ini sejak Januari hingga Maret 2020. Mereka mulai mengembangkan naskah film pada bulan April, yaitu saat pemerintah Jepang mengumumkan keadaan darurat sebagai akibat dari pandemi COVID-19.[14] Dalam sebuah wawancara dengan TV Asahi, Makoto menyebutkan bahwa pandemi memiliki pengaruh yang tidak terlalu besar terhadap produksi film tersebut. Namun, dia mengatakan bahwa "suasana hati saat itu sangat membekas di dalam naskah", dan menambahkan bahwa film ini akan memiliki tema pascakepunahan. Sōta yang kemudian berubah menjadi kursi mengacu pada perasaan Shinkai yang terjebak selama pembatasan COVID-19.[11] Setelah menyelesaikan naskah pada bulan Agustus, papan cerita dibuat dari bulan September 2020 hingga Desember 2021. Sementara itu, produksi animasi dimulai pada bulan April 2021. Film ini secara resmi diluncurkan dalam konferensi pers pada 15 Desember 2021. Staf film ini terdiri atas Masayoshi Tanaka sebagai desainer karakter, Kenichi Tsuchiya sebagai sutradara animasi, dan Takumi Tanji sebagai direktur seni.[14] CoMix Wave Films dan Story Inc. diumumkan sebagai produser film ini. Pada bulan Oktober 2022, Shinkai mengumumkan bahwa produksi film tersebut telah selesai.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Makoto segera memutuskan agar film ini memiliki karakter utama wanita karena Weathering with You memiliki karakter utama seorang laki-laki, dan merasa bahwa karakter seorang "teman" juga diperlukan. Dia percaya bahwa ketegangan film akan "pasti menjadi lebih ringan" jika ceritanya berfokus pada suasana berkabung di suatu tempat. Oleh karena itu, dia memutuskan untuk membuat film ini menjadi sebuah "cerita pertemanan" antara seorang gadis dan sebuah kursi agar tetap menghibur.[12] Makoto awalnya memikirkan berbagai pilihan lain sebagai pasangan lainnya, seperti seorang gadis lain yang berubah menjadi monster di sepanjang cerita, dan "pasangan anorganik" seperti kotak susu. Ide tentang pasangan sebuah kursi muncul ketika Shinkai melihat sebuah kursi kayu yang terletak di halte bus yang sepi dan menemukan bahwa "perasaan asing" yang dirasakannya saat itu lebih baik daripada ide-ide yang muncul sebelumnya. Makoto tidak begitu tertarik untuk menulis kisah romansa dan ingin menggambarkan hubungan yang berbeda, seperti hubungan antara Suzume dan bibinya.[12]

Pengisian suara[sunting | sunting sumber]

Nanoka Hara diumumkan sebagai pengisi suara Suzume Iwato pada 5 Juli 2022. Makoto memilihnya melalui audisi yang dihadiri oleh lebih dari 1.700 orang. Hara telah menjadi penggemar berat karya-karya Makoto, dan mengatakan bahwa dia tidak dapat menduga akan menjadi orang yang berbagi "sensasi yang tak terlupakan dan menggetarkan hati" yang dia rasakan saat pertama kali menonton salah satu filmnya di bioskop.[15] Pada 6 September 2022, peran Hokuto Matsumura sebagai Sōta Munakata diumumkan. Dia menggambarkan karakter tersebut sebagai tokoh yang "belum pernah dia lihat dalam karya sutradara mana pun". Oleh karena itu, Matsumura mengisi suara Sōta yang "belum pernah didengarnya," yaitu menggunakan nada yang sedikit lebih rendah. Makoto berpendapat bahwa suaranya "mengagumkan" dan dapat "menghidupkan karakternya".[16] Suzume dan Sōta adalah peran pengisi suara anime pertama bagi Hara dan Matsumura.[16] Pada 29 September, Eri Fukatsu, Shota Sometani, Sairi Ito, Kotone Hanase, Kana Hanazawa, dan Matsumoto Hakuō II juga diumumkan akan bergabung sebagai pengisi suara.[17] Pada 25 Oktober, Ryūnosuke Kamiki, yang mengisi suara Taki Tachibana dalam Your Name, bergabung dalam jajaran pengisi suara sebagai Tomoya Serizawa.[18]

Musik[sunting | sunting sumber]

Pada 20 September 2022, diumumkan bahwa grup musik Radwimps, yang sebelumnya berkolaborasi dengan Makoto Shinkai dalam lagu Your Name dan Weathering with You, akan menggubah musik untuk film ini, bersama dengan komposer Kazuma Jinnouchi. Selain itu, terungkap pula bahwa penyanyi TikTok, Toaka, akan berkontribusi dalam mengisi vokal untuk lagu tema pertama, "Suzume" (すずめ),[19] yang memulai debutnya di layanan musik alir (streaming music) pada 30 September 2022. Lagu tema kedua, "Kanata Haluka" (カナタハルカ), memulai debutnya secara daring pada tanggal 28 Oktober 2022. Lagu tema ini dirilis pada 11 November 2022, pada hari perilisan film. Beberapa rekamannya dilakukan di Abbey Road Studios di London.[20]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Peta dunia yang menunjukkan negara-negara dan region-region di mana Suzume ditayangkan di bioskop

Suzume ditayangkan awal IMAX pada 7 November 2022, untuk para penonton yang ditentukan melalui undian.[21] Film ini dirilis secara nasional oleh Toho di 420 bioskop di Jepang pada 11 November melalui pemutaran reguler dan IMAX.[21][22] Pemutaran tengah malam diadakan di 11 bioskop di enam kota di Jepang.[23] Film ini mendapatkan pemutaran perdana internasional dalam kompetisi dalam Festival Film Internasional Berlin ke-73, yang diselenggarakan pada 16–26 Februari 2023. Hal ini menjadi pertama kalinya sebuah film anime berkompetisi di festival tersebut sejak Spirited Away pada tahun 2002.[24]

Di Asia, film ini mulai ditayangkan pada 2 Maret 2023, di Hong Kong, Taiwan dan Makau;[25][26] 8 Maret di Korea Selatan,[27] Filipina, dan Indonesia;[28][29] 9 Maret di Malaysia dan Singapura;[28][30] 10 Maret di Vietnam;[31] 16 Maret di Brunei;[32] 24 Maret di Tiongkok;[33] 13 April di Thailand;[34] dan 21 April di India.[35] PVR Cinemas memegang lisensi film ini untuk dirilis di India, manakala Encore Films memegang lisensi film ini di Asia Tenggara dan akan bermitra dengan Warner Bros Pictures di Filipina dan Thailand.[36]

Pada bulan Mei 2022, Crunchyroll, Sony Pictures, dan Wild Bunch International telah mengakuisisi hak distribusi global film ini. Crunchyroll mengelola distribusi di Amerika Utara dan akan bermitra dengan Sony di wilayah di luar Asia, sementara Sony dan Wild Bunch bersama-sama mendistribusikannya di Eropa.[37] Kedua perusahaan tersebut mulai menayangkan film ini pada 12 April 2023 di Prancis, Malta dan Swiss; 13 April di Argentina, Armenia, Australia, Azerbaijan, Bolivia, Brasil, Amerika Tengah, Chile, Denmark, Ekuador, Georgia, Jerman, Yunani, Hungaria, Israel, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Peru, Slovakia, Tajikistan, Turki, Uruguay, Uzbekistan dan Venezuela; dan 14 April di Austria, Belgia, Kanada, Estonia, Gibraltar, Irlandia, Kenya, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Norwegia, Afrika Selatan, Spanyol, Swedia, Britania Raya, dan Amerika Serikat; 20 April di Kolombia dan Portugal; 21 April di Bulgaria, Finlandia, Polandia, dan Romania; 27 April di Italia, Kuwait, Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab; 30 April di Islandia; May 25 in Kroasia, Serbia, Bosnia dan Herzegovina, Kosovo, Makedonia Utara dan Albania; dan 26 Mei di Republik Ceko dan Madagaskar.[38][39]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pencapaian[sunting | sunting sumber]

Terhitung sejak 30 Januari 2023, Suzume mendapat pendapatan kotor sebesar 14,21 miliar yen (123,9 juta dolar AS) di Jepang.[40] Film ini memulai debutnya di posisi pertama dalam jajaran film terlaris di Jepang, dan meraup 1,88 miliar yen (13,49 juta dolar AS) dari pemutaran IMAX di awal dan dalam tiga hari pertama.[41] Film ini melampaui Weathering with You sebagai film dengan pendapatan terbesar dalam tiga hari bagi film Makoto.[42] Di Jepang, film ini menjadi film dengan pendapatan kotor terbesar ke-4 pada tahun 2022,[43] film anime dengan pendapatan kotor ke-10 sepanjang masa, dan film dengan pendapatan kotor ke-23 sepanjang masa.[44]

Ulasan[sunting | sunting sumber]

Agregator ulasan dari Jepang, Filmarks, melaporkan bahwa Suzume mendapatkan nilai rata-rata 4,00/5 yang dihitung dari 6.585 ulasan, dan berada pada posisi kedua dalam peringkat memuaskan pada hari pertama.[41] Pada situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, film ini memiliki peringkat persetujuan 93% berdasarkan 15 ulasan, dengan penilaian rata-rata 7.9/10.[45] Pada Metacritic, film ini memiliki bobot rata-rata 78 dari 100 berdasarkan 6 ulasan kritikus, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya disukai".[46]

Matt Schley dari The Japan Times memberikan nilai 4 dari 5 bintang untuk film ini, dan menyebutnya sebagai "karya sutradara yang paling memuaskan." Dia memuji karya seni dan animasinya. Meskipun menggambarkan beberapa dialognya sebagai "klise atau mengerikan", dia merasa bahwa film ini "sedikit lebih dewasa" daripada film-film karya Shinkai sebelumnya. Schley juga merasa klimaks film ini "agak mengganggu" dan mengatakan bahwa hal tersebut mungkin akan menimbulkan perdebatan di antara para penonton tentang seberapa pantas Makoto mendapatkannya.[47] Richard Eisenbeis, yang menulis untuk Anime News Network, memberikan nilai A untuk film ini, memuji cerita, karakter, animasi, dan musiknya, tetapi menganggap struktur plotnya mirip dengan Your Name dan Weathering with You, sehingga membuat film ini "lebih mudah ditebak." Einsenbeis juga mengkritik penampilan makhluk yang ditemui Suzume di Tokyo yang digambarkannya sebagai "efek CG murahan yang ditempatkan di atas animasi yang berkualitas dan tidak dipadukan dengan baik."[48]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan diterima oleh Suzume
Penghargaan Tanggal penerimaan Kategori Penerima Hasil Ref.
Asia Pacific Screen Awards 02023-11-03November 3, 2023 Best Animated Feature Film Suzume Belum diputuskan [49]
Berlin International Film Festival 02023-02-25February 25, 2023 Golden Bear Suzume Nominasi [50]
Brussels International Fantastic Film Festival 02023-04-23April 23, 2023 Silver Raven (Kompetisi Internasional) Suzume Menang[a] [51]
[52]
Hochi Film Award 02022-12-22December 22, 2022 Best Animated Picture Suzume Nominasi [53]
Japan Academy Film Prize 02023-03-10March 10, 2023 Animation of the Year style="background: #FDD; color: black; vertical-align: middle; text-align: center; " class="no table-no2"|Nominasi [54]
Outstanding Achievement in Music Radwimps dan Kazuma Jinnouchi| style="background: #99FF99; color: black; vertical-align: middle; text-align: center; " class="yes table-yes2"|Menang
Japan Academy Film Prize 02023-03-10March 10, 2023 Animation of the Year Suzume Nominasi [54]
Outstanding Achievement in Music Radwimps dan Kazuma Jinnouchi Menang
Mainichi Film Awards 02023-02-14February 14, 2023 Best Animation Film Suzume Nominasi [55]
[56]
Ōfuji Noburō Award Suzume Nominasi
World Soundtrack Awards 02023-10-21October 21, 2023 Discovery of the Year Radwimps dan Kazuma Jinnouchi Belum diputuskan [57]

Karya adaptasi[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi novel yang dikarang oleh Makoto Shinkai dirilis pada 24 Agustus 2022 melalui penerbit Kadokawa Bunko.[58][59] Sebagian dari novel ini dimuat dalam buklet yang didistribusikan selama Kadobun Summer Fair 2022 yang diselenggarakan di toko-toko buku Jepang pada 10 Juni 2022.[59] Edisi sampul kertas buku anak-anak, yang menampilkan furigana dan ilustrasi yang digambar oleh Chiko, dirilis pada 13 Oktober 2022 melalui penerbit Kadokawa Tsubasa Bunko. Novel ini telah terjual lebih dari 350.000 eksemplar pada bulan November 2022, menjadi novel fisik terlaris pada tahun tersebut di Jepang.[60][61] Pada bulan Januari 2023, Yen Press mengumumkan bahwa mereka telah mendapatkan lisensi untuk menerbitkan seri ini dalam bahasa Inggris dalam format digital dan cetak.[62]

Sebuah adaptasi manga yang diilustrasikan oleh Denki Amashima mulai dipublikasikan secara berseri di majalah Monthly Afternoon milik Kodansha pada 25 Oktober 2022.[63][64]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Berbagi dengan Infinity Pool

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ すずめの戸締まり (dalam bahasa Jepang). Toho Cinemas. Diakses tanggal 28 Oktober 2022. 
  2. ^ "Doraemon 2023 Film Stays at #1, The First Slam Dunk Back to #2". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 19 Maret 2023. 
  3. ^ Mateo, Alex (March 21, 2023). "Makoto Shinkai's Suzume Film Reveals English Dub Cast with Lead Nichole Sakura". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 21, 2023. Diakses tanggal March 21, 2023. 
  4. ^ "Makoto Shinkai's Suzume no Tojimari Anime Film Casts Nanoka Hara as Heroine". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 19 Maret 2023. 
  5. ^ Miura, Akari [@s611a726] (27 Oktober 2022). #すずめの戸締まり すずめの幼少期を演じさせていただきました🪑 大好きな #新海誠 監督の作品に関わらせていただき、とっても幸せです。ぜひご覧ください🚪🗝 (Tweet) (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 13 November 2022 – via Twitter. 
  6. ^ Loo, Egan (5 September 2022). "SixTONES Idol Hokuto Matsumura Makes Voice-Acting Debut in Makoto Shinkai's Suzume Film". Anime News Network. Diakses tanggal 6 September 2022. 
  7. ^ a b c d e f "Makoto Shinkai's Suzume Anime Film Unveils 2nd Trailer, More Cast, Visual". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 19 Maret 2023. 
  8. ^ "Makoto Shinkai's Suzume Anime Film Casts Ryunosuke Kamiki". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 19 Maret 2023. 
  9. ^ 『すずめの戸締まり』ダイジンを演じているのは?謎めいたキャラが大人気. Cinema Today [ja] (dalam bahasa Jepang). Cinema Today Co., Ltd. 15 November 2022. Diakses tanggal 4 Desember 2022. 
  10. ^ Aimi [@aimi_sound] (6 November 2022). \✨お知らせです✨/ 映画「#すずめの戸締まり」🗝 ミキ 役で出演させていただきます!! 劇場で観るのがとても楽しみです! よろしくお願い致します😊💫 (Tweet) (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 13 November 2022 – via Twitter. 
  11. ^ a b c "Makoto Shinkai's new film 'Suzume' mourns Japan's deserted towns". Nikkei Asia (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 31 Januari 2023. 
  12. ^ a b c d e f "映画『すずめの戸締まり』公開記念インタビュー。新海誠が「いまでなければ間に合わないと思った」、作品に込めたテーマを語る【アニメの話を聞きに行こう!】 | ゲーム・エンタメ最新情報のファミ通.com" [Interview to Commemorate the Release of the Film "Suzume no Tojimari". Makoto Shinkai talks about the theme he put into the film, "I thought if I didn't do it now, I wouldn't make it" [Let's go listen to an anime story!]]. Famitsu (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 31 Januari 2023. 
  13. ^ "『すずめの戸締まり』新海誠監督インタビュー | アニメイトタイムズ" [Interview with Makoto Shinkai, Director of "Suzume no Tojimari"]. 『すずめの戸締まり』新海誠監督インタビュー | アニメイトタイムズ (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 31 Januari 2023. 
  14. ^ a b Mateo, Alex (15 Desember 2021). "Makoto Shinkai Reveals New Anime Film Suzume no Tojimari". Anime News Network. Diakses tanggal 16 Desember 2021. 
  15. ^ Komatsu, Mikikazu. "18-year-old Actress Nanoka Hara to Voice The Main Heroine of Makoto Shinkai's New Film Suzume no Tojimari". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 31 Januari 2023. 
  16. ^ a b Komatsu, Mikikazu. "Idol Group SixTONES Member Hokuto Matsumura Joins Makoto Shinkai's Suzume Anime Film". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 31 Januari 2023. 
  17. ^ "Makoto Shinkai's Suzume Anime Film Unveils 2nd Trailer, More Cast, Visual". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 31 Januari 2023. 
  18. ^ "Makoto Shinkai's Suzume Anime Film Casts Ryunosuke Kamiki". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 31 Januari 2023. 
  19. ^ "RADWIMPS, Kazuma Jinnouchi Score Music for Makoto Shinkai's Suzume Anime Film". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  20. ^ "RADWIMPS×陣内一真、新海誠監督映画『すずめの戸締まり』サウンドトラックリリース 主題歌「すずめ feat.十明」先行配信も". Real Sound (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  21. ^ a b "Suzume, 3 More Makoto Shinkai Films Get IMAX Screenings in Japan". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  22. ^ "Makoto Shinkai Unveils New Anime Film Suzume no Tojimari's Heroine, November 11 Opening". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  23. ^ "Makoto Shinkai's Suzume Film Gets Midnight Screenings, Bonus Booklet for Filmgoers". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  24. ^ "73rd Berlin International Film Festival Hosts International Premiere of Makoto Shinkai's Suzume Film". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  25. ^ "新海誠《鈴芽之旅》宣布 2023 年 3 月在台上映". Gamer.com.tw (dalam bahasa Tionghoa). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  26. ^ "Makoto Shinkai's Suzume Film Opens in Hong Kong on March 2". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  27. ^ "신카이 감독 신작 '스즈메의 문단속', 2023년 3월8일 국내 개봉". it.chosun.com (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  28. ^ a b "Makoto Shinkai's Suzume Film Opens in Indonesia, Philippines on March 8, in Singapore on March 9". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 17 Februari 2023. 
  29. ^ Nurziani, Vina (16 Februari 2023). "Makoto Shinkai's "Suzume" Will be Premiered on 8 March 2023 in Indonesian Cinemas". KAORI Nusantara (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 17 Februari 2023. 
  30. ^ Abanes, Mariel (February 21, 2023). "Suzume no Tojimari to premiere in Southeast Asia this March". NME. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 22, 2023. Diakses tanggal February 22, 2023. 
  31. ^ Pineda, Rafael Antonio (February 21, 2023). "Makoto Shinkai's Suzume Film Opens in Vietnam on March 10". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 21, 2023. Diakses tanggal February 21, 2023. 
  32. ^ "Suzume Encore Films Brunei". Encore Films Brunei Facebook. 15 Mac 2023. 
  33. ^ "电影《铃芽之旅》定档3月24日 三年之约遇见最好的新海诚". k.sina.com.cn (dalam bahasa Tionghoa). Diakses tanggal 17 Februari 2023. 
  34. ^ Sorrawit (March 13, 2023). อนิเมะ Suzume no Tojimari พร้อมฉายในไทย 13 เม.ย. นี้. The Thaiger (dalam bahasa Thai). Diarsipkan dari versi asli tanggal March 26, 2023. Diakses tanggal March 26, 2023. 
  35. ^ "Suzume Releasing in Indian Cinemas This April". IGN India (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 17 Februari 2023. 
  36. ^ "Makoto Shinkai's Suzume Anime Film Confirmed for Indian Release". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  37. ^ "Crunchyroll teams with Sony, Wild Bunch on new Makoto Shinkai film (exclusive)". Screen (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  38. ^ "Crunchyroll Releases Makoto Shinkai's Suzume Film Outside Asia Starting on April 12". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  39. ^ Luster, Joseph (December 6, 2022). "Crunchyroll Reveals Global Theatrical Dates for Makoto Shinkai's Suzume Anime Film [UPDATED 5/15]". Crunchyroll. Diakses tanggal May 21, 2023. 
  40. ^ "Japan Box Office: Gold Kingdom and Water Kingdom Ranks 6th in Opening Weekend". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  41. ^ a b "Japan Box Office: Makoto Shinkai's Suzume Beats Black Panther Sequel in Its Opening Weekend". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  42. ^ "Makoto Shinkai's Suzume Anime Film Earns 1.88 Billion Yen in 1st 3 Days". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  43. ^ "Anime Films Bring in the Box Office Money in Japan Making Up Four of the Top Five Movies of the Year". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  44. ^ "Makoto Shinkai's Suzume Anime Film Cruises to 23rd on All-Time Japanese Box Office Charts". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  45. ^ "Suzume". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diakses tanggal March 8, 2023. 
  46. ^ "Suzume". Metacritic. Fandom, Inc. Diakses tanggal March 4, 2023. 
  47. ^ Schley, Matt. "'Suzume': Makoto Shinkai reigns supreme as master of visuals". The Japan Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  48. ^ "Suzume no Tojimari". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Februari 2023. 
  49. ^ Ntim, Zac (October 3, 2023). "Asia Pacific Screen Awards: Ryusuke Hamaguchi's Evil Does Not Exist Leads Nominations & First Round Winners Announced". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 4, 2023. Diakses tanggal October 4, 2023. 
  50. ^ Vivarelli, Nick; Ramachandran, Naman (January 23, 2023). "Berlin Competition Lineup Unveiled: Sean Penn, Matt Johnson, Hong Sangsoo, Celine Song Films Head to Festival". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 23, 2023. Diakses tanggal February 28, 2023. 
  51. ^ "Le film australien "Talk to me" récompensé du Corbeau d'or lors de la 41e édition du BIFFF". RTBF (dalam bahasa Prancis). April 23, 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 23, 2023. Diakses tanggal May 12, 2023. 
  52. ^ Engelen, Aurore (April 24, 2023). "Halfway Home bags the Silver Méliès at the BIFFF". Cineuropa. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 23, 2023. Diakses tanggal May 12, 2023. 
  53. ^ 「第47回報知映画賞」各賞ノミネート決定【報知新聞社】. PR Times (dalam bahasa Jepang). November 11, 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 11, 2022. Diakses tanggal November 14, 2022. 
  54. ^ a b Mateo, Alex (March 10, 2023). "The First Slam Dunk Film Wins Japan Academy Film Prizes' Animation of the Year". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 10, 2023. Diakses tanggal March 10, 2023. 
  55. ^ 毎日映画コンクール 石川慶監督の「ある男」が最多の9部門でノミネート. Sports Nippon (dalam bahasa Jepang). December 21, 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 21, 2022. Diakses tanggal December 21, 2022. 
  56. ^ 「第77回毎日映画コンクール」『ケイコ 目を澄ませて』最多5冠 沢田研二、岸井ゆきのら受賞. Oricon (dalam bahasa Jepang). January 19, 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 18, 2023. Diakses tanggal January 19, 2023. 
  57. ^ Tabbara, Mona (September 5, 2023). "Avatar: The Way Of Water, Golda composers join second wave of World Soundtrack Awards 2023 nominations". Screen Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 8, 2023. Diakses tanggal September 8, 2023. 
  58. ^ "Makoto Shinkai's Suzume no Tojimari Film Also Gets Novelization". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 31 Januari 2023. 
  59. ^ a b "新海誠監督書き下ろしの「すずめの戸締まり」原作小説、8月発売 : 映画ニュース" [Novel based on "Suzume no Tojimari" written by director Makoto Shinkai to be released in August.]. eiga.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 31 Januari 2023. 
  60. ^ "Makoto Shinkai's Suzume Novel Surpasses 350,000 Copies Sold Ahead of Anime Film's Release This Weekend". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 31 Januari 2023. 
  61. ^ "Top-Selling Light Novels in Japan by Volume: 2022". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 31 Januari 2023. 
  62. ^ "Yen Press Licenses Suzume, Konosuba: Fantastic Days Novels, The Devil Is a Part-Timer! Anthology Manga, More". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 31 Januari 2023. 
  63. ^ "Makoto Shinkai's Suzume Anime Movie Gets Manga Adaptation". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 31 Januari 2023. 
  64. ^ "新海誠監督作品「すずめの戸締まり」コミカライズがアフタヌーンで連載開始" [Comic adaptation of Makoto Shinkai's "Suzume no Tojimari" begins serialization in Afternoon.]. Natalie (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 31 Januari 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]