Kartago Kuno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Carthage
650 SM–146 SM
Kartago dan dependensinya pada 264 SM
Ibu kota Carthage
Bahasa Punisia, Fenisia, Berber
Agama Agama Punisia
Bentuk Pemerintahan Monarki sampai 308 SM, lalu menjadi Republik
Raja, lalu Shophet ("Hakim") Lihat Daftar Raja of Carthage
Era sejarah Jaman dahulu di Afrika Utara
 -  Didirikan 650 SM
 -  Dibubarkan 146 SM
Pendahulu
Pengganti
Tirus, Libanon
Republik Romawi
Sekarang bagian dari  Algeria
 France
 Gibraltar (Bendera Britania RayaUK)
 Italy
 Libya
 Malta
 Morocco
 Spain
 Tunisia

Kartargo Kuno (dari Fenisia: Qart-ḥadašt)[1] adalah peradaban Semit yang berpusat pada negara kota Fenisia di Kartago, yang terletak di Afrika Utara di Teluk Tunis, berada di luar apa yang sekarang menjadi Tunis, Tunisia. Kerajaan ini didirikan pada 814 SM. Awalnya dari ketergantungan negara Fenisia dari Tirus, Kartago merdeka sekitar 650 SM dan mendirikan hegemoni atas pemukiman Fenisia lainnya di seluruh Mediterania, Afrika Utara dan yang sekarang Spanyol yang berlangsung hingga 146 SM. Pada puncak kejayaan kota, pengaruhnya menyebar ke sebagian besar barat Mediterania.

Kartago dalam keadaan konstan perjuangan dengan Republik Romawi, yang menyebabkan serangkaian konflik yang dikenal sebagai. Perang Punisia Mereka juga harus berurusan dengan volatil Berber, penduduk asli seluruh area di mana Carthage dibangun. Setelah Perang Punic ketiga dan terakhir, Carthage dihancurkan dan kemudian diduduki oleh pasukan Romawi. Hampir semua Fenisia lain kota negara bagian dan mantan Kartago dependensi jatuh ke tangan Romawi mulai saat itu.

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Masyarakat Kartago berbicara Bahasa Punisia, salah satu variasi Bahasa Fenisia yang merupakan Semit bahasa yang berasal dari tanah air asli masyarakat Kartago dari Fenisia (Libanon modern).

Agama[sunting | sunting sumber]

Agama Kartago didasarkan pada agama Fenisia (berasal dari agama Levant), suatu bentuk politeisme. Banyak para dewa Kartago disembah adalah dewa lokal dan sekarang hanya dikenal dengan nama lokal mereka. Hal ini juga memiliki Yahudi masyarakat (yang masih ada, lihat Yahudi Tunisia dan Yahudi Aljazair).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Annales, 1908. p.253.