KTM Komuter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
KTM Komuter
KTM Komuter logo.png
KTMB Class 92 SCS 14 KL Sentral Junction.jpg
Class 92 SCS 14 at KL Sentral Junction
Ikhtisar
Jenis Commuter rail
Lokasi Central Sector
(Batu Caves-Kuala Lumpur-Port Klang;
(Tanjung Malim-Rawang-Kuala Lumpur-Seremban-Pulau Sebang/Tampin)
Northern Sector
(Bukit Mertajam-Padang Regas;
Butterworth-Padang Besar)
Stasiun 79 [Note 1]
Penumpang 37.235 million (2017)[1]
( 10.2%)
Colour on map  1   2   10  (Central Sector)
 1   2  (Northern Sector)
Situs web www.ktmb.com.my/ktmb
Operasi
Dibuka 14 Agustus 1995; 23 tahun lalu (1995-08-14)
Pemilik Keretapi Tanah Melayu
Operator Keretapi Tanah Melayu (Komuter Division)
Sistem konduksi With driver
Rangkaian Class 83 3-cars formation
Class 92 6-cars formation
Data teknis
Panjang jalur 456 km
Lebar sepur 1000 mm
Peta rute

Greater KL / Klang Valley Integrated Transit Map
Source: SPAD as of July 2016

KTM Komuter Northern Sector Route Map
Source: KTMB as of 1 September 2016

KTM Komuter adalah sistem transportasi umum berupa kereta komuter yang memulai layanan pada pertengahan Agustus 1995 bertujuan memberikan layanan memuaskan dan mengatasi kemacetan lalu lintas di Lembah Klang. Komuter kini bergerak pada landasan sepanjang 150 kilometer dari Rawang ke Seremban dan dari Batu Caves ke Pelabuhan Klang dengan membawa hampir 60.000 penumpang setiap hari.

Pada awal proyek kereta komuter ia berhadapan dengan beberapa hambatan karena masalah penyediaan infrastruktur. Berbeda dengan layanan kereta yang ada, kereta komuter menggunakan listrik sepenuhnya dan ini membutuhkan keahlian khusus yang harus dibawa masuk dari luar negeri, terutama India. Ketika percobaan berlangsung beberapa masalah kecil yang biasanya bersumber dari aliran listrik. Tetapi kini semua masalah itu telah dapat diatasi dan komuter merupakan salah satu sistem transportasi umum yang cukup istimewa di Malaysia yang dikendalikan oleh perusahaan Keretapi Tanah Melayu.

Layanan KTM Komuter[sunting | sunting sumber]

KTM Komuter melayani stasiun berikut:

Batu Caves - Sentul Line Seremban - Rawang Line Rawang - Tanjung Malim shuttle

* Stasiun dalam proses pembangunan

Pertukaran antara kedua aliran tersebut dapat dilakukan di Stasiun sentral Kuala Lumpur, Stasiun keretapi lama Kuala Lumpur, Stasiun Komuter Bank Negara dan Stasiun Komuter Putra. Di perubahan KL Sentral dan Putra, penumpang harus menaiki tangga atau eskalator untuk ke platform, sedangkan di stasiun lama perubahan bisa dilakukan di platform yang sama.

KTM Komuter dipuji karena telah memungkinkan akses lebih mudah ke pusat perbelanjaan dan pusat rekreasi. Pada 2004, Stasiun Komuter Mid Valley populer karena dibangun berdekatan Mid Valley Megamall. Stasiun Komuter Subang Jaya juga terdekat dengan Subang Parade dan cabang Carrefour di kota tersebut.

Penumpang yang ingin ke Bandara Internasional Kuala Lumpur ada pilihan untuk menaiki KTM Komuter ke Stasiun Komuter Nilai dan seterusnya naik bus perantara ke bandara tersebut pada kisaran harga RM2.50 untuk satu perjalanan.

Tiket komuter bisa dibeli di kaunter atau mesin menjual tikat yang tersedia di semua stasiun.

Keamanan[sunting | sunting sumber]

Kereta Komuter digerakkan menggunakan listrik dari pusatnya di Kuala Lumpur. Selain itu, pihak KTMB telah menyediakan empat buah stasiun tambahan di Subang, Rawang, Salak Selatan dan Batang Benar untuk memberikan kekuatan alternatif jika jika listrik terputus secara tiba-tiba. Listrik ini akan terhubung langsung ke tempat yang diperlukan dan komuter akan terus bergerak seperti biasa. Meskipun komuter mungkin bergerak perlahan pada awalnya, tetapi ia tidak akan mempengaruhi penumpang.

Dari segi keamanan, komuter dilengkapi sistem keamanan yang canggih. Jika terjadi kerusakan pada sistem aliran kekuasaannya, misalnya kabel terputus, ia tidak akan menyebabkan kecelakaan atau bahaya sengatan listrik karena aliran listrik akan mati secara otomatis. Oleh itu, pengguna atau penduduk yang tinggal dekat landasan, tidak perlu khawatir terhadap keamanan mereka.

KTMB juga mengadakan aktivitas untuk memberikan kesenangan kepada penumpang kecil. Biasanya pada masa liburan tertentu KTMB mengadakan kegiatan melukis atau sejenisnya. Selain untuk tujuan promosi, ia juga bertujuan memberikan keceriaan kepada penumpang kecil itu dan keluarga mereka.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "JADUAL 2.1 : STATISTIK TRAFIK KERETAPI TANAH MELAYU BERHAD (KTMB), SUKU KEEMPAT, 2017" [Table 2.1 : Keretapi Tanah Melayu Berhad (KTMB) Traffic Statistics, Fourth Quarter, 2017] (PDF) (dalam bahasa Malay and English). Ministry of Transport, Malaysia. Diakses tanggal 13 March 2018. 
  1. Buletin Rasmi KTM Komuter (08/2006).Rentas Edisi Ogos 2006. Keretapi Tanah Melayu Berhad
  2. Buletin Rasmi KTM Komuter (06/2006).Rentas Edisi Jun 2006. Keretapi Tanah Melayu Berhad
  3. Buletin Rasmi KTM Komuter (01/2006).Rentas Edisi Januari 2006. Keretapi Tanah Melayu Berhad
  4. Buletin Rasmi KTM Komuter (09/2005).Rentas Edisi Khas September 2005. Keretapi Tanah Melayu Berhad
  • Rujukan digital
  1. (Bahasa Inggris) - www.ktmb.com.my 29 Maret 2007

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "Note", tapi tidak ditemukan tag <references group="Note"/> yang berkaitan, atau </ref> penutup tidak ada