Kereta Api Nasional Filipina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kereta Api Nasional Filipina
Pambansang Daambakal ng Pilipinas
IndustriTransportasi rel
Didirikan24 November 1892 (1892-11-24) (128 tahun lalu)
Kantor
pusat
,
Wilayah operasi
Metro Manila
Calabarzon
Bicol Region
Tokoh
kunci
Ret. P/Dir. Gen. Roberto T. Lastimoso, PNP, Chairman
Junn B. Magno, General Manager
JasaSaat ini:
Kereta komuter
Tidak beroperasi[a]:
Kereta antar kota
Kereta barang
PemilikPemerintah Filipina dibawah DOTr
Situs webhttp://www.pnr.gov.ph/

Kereta Api Nasional Filipina (Philippine National Railways, Filipina: Pambansang Daambakal ng Pilipinas), atau PNR, adalah sebuah BUMN kereta api di Filipina, mengoperasikan satu jalur rel di Luzon. Pada tahun 2016, perusahaan ini mengoperasikan layanan kereta api komuter di Metro Manila dan layanan lokal antara Sipocot, Kota Naga dan Kota Legazpi di Wilayah Bicol.[1]

PNR mulai beroperasi pada 24 November 1892 sebagai Ferrocarril de Manila-Dagupan, selama periode kolonial Spanyol, dan kemudian menjadi Perusahaan Kereta Api Manila (MRR) selama masa kolonial Amerika. Kemudian kembali berubah nama menjadi Kereta Api Nasional Filipina pada tanggal 20 Juni 1946 berdasarkan Undang-Undang Republik Nomor 4156. PNR adalah sebuah badan dibawah Departemen Transportasi.

PNR dulu pernah mengoperasikan rute lebih dari 1100 km (684 mi) dari La Union hingga Bicol.[2] Namun, pengabaian terus-menerus mengurangi efisiensi kereta dan jalur PNR. Masalah terus-menerus dengan pemukim ilegal pada tahun 1990-an menyumbang penurunan kinerja PNR. Pada tahun 2006, angin Topan Milenyo dan Reming menyebabkan kerusakan parah pada jaringan rel, yang mengakibatkan pemutusan pelayanan Manila-Bicol.

Pada tahun 2007 pemerintah Filipina memulai proyek rehabilitasi yang bertujuan untuk memindahkan pemukim ilegal dari hak jalur PNR, merevitalisasi layanan komuter di Metro Manila, dan mengembalikan rute Manila-Bicol serta bagian Utara Luzon. Pada bulan Juli 2009, PNR meluncurkan identitas baru perusahaan dan meresmikan armada baru.

Layanan Bicol jarak jauh dibuka kembali pada bulan Juni 2011, namun ditutup lagi pada bulan Oktober 2012, hanya menyisakan layanan lokal antara Naga dan Sipocot.[3] Layanan lokal antara Naga dan Legazpi dibuka kembali pada Oktober 2015.[4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 25 Juni 1875, di bawah dekrit yang diterbitkan oleh Raja Alfonso XII dari Spanyol, Inspektur Pekerjaan Umum Kepulauan Filipina diminta untuk memberikan rencana sistem kereta api di Luzon. Rencana ini, yang diberikan lima bulan kemudian oleh Don Eduardo Lopez Navarro, berjudul Memoria Sobre el Plan General de Ferrocarriles en la Isla de Luzón,, dan segera disetujui. Konsesi untuk pembangunan jalur kereta api dari Manila ke Dagupan diberikan ke Don Edmundo Sykes dari Ferrocarril de Manila–Dagupan (Kereta api Manila-Dagupan), kemudian menjadi Manila Railway Company, Ltd. pada tanggal 1 Juni 1887.[5][6]

Jalur Ferrocarril de Manila–Dagupan, yang mencakup sebagian besar dari Jalur Utama Utara saat ini, mulai dibangun pada tanggal 31 Juli 1887 dengan peletakan batu pertama di stasiun kereta Tutuban, dan jalur sepanjang 195-kilometer (121 mi) ini dibuka pada tanggal 24 November 1892. Perluasan jaringan kereta api tidak berlanjut sampai masa kolonial Amerika, ketika pada tanggal 8 Desember 1902 Komisi Filipina mengesahkan undang-undang pembangunan jalur kereta api yang kemudian menjadi bagian Jalur Utama Selatan. Pada tahun 1916, Perusahaan Kereta api Manila New Jersey (MRR) telah membangun jalur sepanjang 792,5 kilometer (492,4 mi). Undang-undang tambahan disahkan pada tahun 1909 yang mengesahkan pembangunan kereta api lebih lanjut dan penggunaan obligasi pemerintah untuk membiayainya, dan pada tahun 1916, 792,5 kilometer (492,4 mi) jalur telah dibangun oleh perusahaan.[7] Pada tahun 1920-an, selain dari Jalur Utama Utara dan Selatan, jalur lain yang bercabang dari dua jalur utama ini dibangun, seperti jalur menuju Rosales dan San Quintin, Pangasinan; San Jose dan Cabanatuan, Nueva Ecija; Dau, Carmen, Floridablanca dan Arayat, semua di provinsi Pampanga, serta di dalam Pangkalan Udara Clark (sebelumnya Fort Stotsenburg), kemudian pangkalan udara aktif Angkatan Udara Amerika Serikat, di antara kota-kota saat ini di Angeles dan Mabalacat, Antipolo, Taytay, dan Montalban, jalur taji ke Nielsen Field di tempat yang sekarang disebut Ayala Avenue di Makati Financial District dari Stasiun Culi Culi (sekarang Pasay Road), semuanya di provinsi Rizal; Kota Cavite dan Pangkalan Udara Sangley Point di dekatnya serta Noveleta dan Naic, keduanya di provinsi Cavite; Canlubang, Santa Cruz dan Pagsanjan semuanya di provinsi Laguna; Kota Batangas dan Bauan keduanya di provinsi Batangas, serta garis yang menghubungkan Kota San Pablo di Laguna ke Luta (kemudian Malvar) di provinsi Batangas (ini dulunya merupakan bagian dari Jalur Utama Selatan sampai jalur cut-off pendek yang menghubungkan Los Banos di jalur Santa-Cruz / Pangsanjan ke San Pablo dibuka); Port Ragay di provinsi Camarines Sur; dan juga sampai Tabaco dari Legaspi, Albay, semua di daerah Bicol.

Mirip dengan jalur kereta api lain pada saat itu, Perusahaan Kereta Api Manila mengalami kesulitan keuangan selama Perang Dunia I, dan pada 4 Februari 1916, Majelis Filipina mengeluarkan Undang-Undang No. 2574, memberi wewenang kepada Gubernur Jenderal untuk bernegosiasi untuk nasionalisasi aset-aset MRR, menjadi perusahaan negara semua-Filipina pada bulan Januari 1917. Karena nasionalisasi, pemerintah Filipina membayar ₱8 juta kepada pemilik perusahaan dan mengasumsikan ₱53.9 juta dalam hutang yang terhutang oleh perusahaan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Fares & Tickets". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-01. Diakses tanggal 2016-10-31. 
  2. ^ "Sad saga of PNR". Inquirer.net. May 13, 2014. Diakses tanggal 2014-07-29. 
  3. ^ "Bicol Express revival hinges on safety issues". 29 December 2013. Diakses tanggal 2016-10-31. 
  4. ^ "Train: Naga to Legazpi open! Soon again Bicol Express?". 9 September 2015. Diakses tanggal 2016-10-31. 
  5. ^ "Brief history of PNR". Philippine National Railways (February 27, 2009). Diarsipkan dari versi asli tanggal February 27, 2009. Diakses tanggal November 4, 2011. 
  6. ^ "Manila Railroad Company". National Register of Historic Sites & Structures in the Philippines. National Historical Commission of the Philippines. Diakses tanggal 6 September 2013. 
  7. ^ "Chapter I: Present Conditions". Report of Survey of the Manila Railroad Company and the Preliminary Survey of Railroads for Mindanao (Laporan). Chicago: De Leuw, Cather & Company. 1951. hlm. 1–12.