Pelabuhan Klang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pelabuhan Klang
Kota Pelabuhan
Otoritas Pelabuhan Klang
Transkripsi Lain-lain
 • Jawiڤلابوهن كلاڠ
 • Cina巴生港
 • Tamilகிள்ளான் துறைமுகம்
Kegiatan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Klang
Kegiatan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Klang
Lambang resmi Pelabuhan Klang
Lambang
NegaraBendera Malaysia Malaysia
NegeriBendera Selangor Selangor
DaerahKlang
Pemerintah kotaMajlis Perbandaran Klang
Pemerintahan
 • JenisOtoritas Pelabuhan
 • Lembaga otoritasPort Klang Authority
 • Ketua dewan pengarah-
Luas[1]
 • Total573 km2 (221 sq mi)
Zona waktuMST (UTC+8)
Kodepos42000
Kode wilayah+60 3
Situs webhttp://www.pka.gov.my

Pelabuhan Klang adalah nama pelabuhan utama di Malaysia dan juga merupakan sebuah kota pelabuhan yang sibuk, ia terletak di daerah/distrik Klang di negara bagian Selangor. Pelabuhan ini melayani Lembah Klang, termasuk ibu kota federal Kuala Lumpur dan ibu kota administratif federal Putrajaya.

Pelabuhan Klang awalnya dikenal dengan nama Port Swettenhan diambil dari nama Residen Britania saat itu saat Pelabuhan Klang didirikan pada tahun 1893 yaitu Sir Frank Swettenham.

Otoritas Pelabuhan[sunting | sunting sumber]

Port Klang Authority atau Otoritas Pelabuhan Klang, didirikan pada 1 Juli 1963, menaungi tiga pelabuhan di wilayah Pelabuhan Klang yaitu: Pelabuhan Utara (Northport), Pelabuhan Selatan (Southport), dan Pelabuhan Barat (Westport).

Pada 2005, Pelabuhan Barat dan Utara telah diswastanisasi dan diatur sebagai kesatuan yang terpisah. Pelabuhan Barat diatur oleh Westport Malaysia Berhad, dan Pelabuhan Utara diatur oleh Team Northport Malaysia. Team Northport Malaysia juga telah mengambil alih Pelabuhan Selatan dan kini digunakan sebagai zona perdagangan bebas.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Datuk Zainal Md Deros (BN - UMNO) dipilih pada pemilihan 2004 sebagai wakil untuk Pelabuhan Klang (N46) kepada majelis negara bagian. Dia menggantikan Dato' Teh Chang Ying (BN - MCA) yang memenangkan kursi pada pemilihan 1999.

Secara administratif Pelabuhan Klang berada di bawah pemerintahan Majlis Perbandaran Klang.

  1. ^ "Town built on Selangor's tin trade". New Straits Times (Malaysia). 6 April 2009. Diakses tanggal 20 June 2009. [pranala nonaktif]