Globalisasi dan Jaringan Penelitian Kota Dunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Globalisasi dan Jaringan Penelitian Kota Dunia (bahasa Inggris: Globalization and World Cities Research Network, disingkat GaWC) adalah wadah pemikir yang mempelajari hubungan antara kota-kota di dunia dalam konteks globalisasi. GaWC berbasis di departemen geografi Universitas Loughborough, Leicestershire, Britania Raya dan didirikan oleh Peter J. Taylor pada tahun 1998.[1] Bersama dengan Jon Beaverstock dan Richard G. Smith, mereka membuat kategorisasi dua tahunan GaWC untuk kota-kota dunia dalam tiga kategori "Alpha", "Beta" dan "Gamma", berdasarkan keterhubungan internasional.[2]

Kategori kota tahun 2020[sunting | sunting sumber]

Kategori kota-kota tahun 2020 adalah sebagai berikut:[3]

(Kenaikan1) atau (Penurunan1) menunjukkan sebuah kota naik atau turun 1 kategori sejak klasifikasi tahun 2018.[4]

Alpha[sunting | sunting sumber]

Kota kategori alfa terkait dengan negara bagian, wilayah ekonomi utama dan ke dalam ekonomi dunia serta dikategorikan ke dalam empat bagian, kota Alfa ++, Alfa +, Alfa, dan Alfa.

Alpha ++

Alpha ++ adalah kota yang paling terintegrasi dengan ekonomi global:

Alpha +

Alpha + adalah kota yang sangat terintegrasi, memenuhi kebutuhan layanan tingkat lanjut:

Alpha
Alpha −

Beta[sunting | sunting sumber]

Kota kategori beta adalah kota yang menghubungkan kawasan ekonomi moderat dengan ekonomi dunia dan dikategorikan menjadi tiga bagian, Beta +, Beta, dan Beta minus.

Beta +
Beta
Beta −

Gamma[sunting | sunting sumber]

Kota kategori gamma adalah kota yang menghubungkan wilayah ekonomi yang lebih kecil ke dalam ekonomi dunia dan dikategorikan menjadi tiga bagian, Gamma +, Gamma, dan Gamma minus.

Gamma +
Gamma
Gamma −

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Taylor, Peter J. (2004). World city network: a global urban analysis. Routledge. hlm. ix. ISBN 0-415-30249-8. Diakses tanggal 2010-10-10. 
  2. ^ Donald, Stephanie; Gammack, John G. (2007). Tourism and the branded city. London: Ashgate Publishing. hlm. 23. ISBN 0-7546-4829-X. Diakses tanggal 2010-10-10. 
  3. ^ "The World According to GaWC 2020". GaWC - Research Network. Globalization and World Cities. Diakses tanggal 26 August 2020. 
  4. ^ "The World According to GaWC 2018". GaWC - Research Network. Globalization and World Cities. Diakses tanggal 28 December 2020.