Call of Duty: Modern Warfare 3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Call of Duty: Modern Warfare 3
Call of Duty Modern Warfare 3 box art.png
PengembangInfinity Ward
Sledgehammer Games[a]
PenerbitActivision
PengarahSteve Pearce
Steve Ackrich
ProduserMark Rubin
Jason Ades
John Wasilczyk
Pete Blumel
PerancangCalvin Smith
Michael Condrey
Jon Porter
SenimanJoseph Salud
PenulisPaul Haggis
Will Staples[1]
KomponisBrian Tyler
SeriCall of Duty
EngineIW 5.0[2][3]
Platform
Tanggal rilis
  • WW: 8 November 2011
  • EU: 11 November 2011 (Wii)
  • AU: 23 November 2011 (Wii)
GenrePenembak orang pertama
ModePemain tunggal, multipemain

Call of Duty: Modern Warfare 3 (disingkat Call of Duty: MW3 atau hanya MW3) adalah permainan video penembak orang pertama tahun 2011, dikembangkan bersama oleh Infinity Ward dan Sledgehammer Games dan diterbitkan oleh Activision. Permainan ini dirilis di seluruh dunia pada November 2011 untuk Microsoft Windows, Xbox 360, PlayStation 3, dan Wii. Ini adalah angsuran ketiga dan terakhir dalam saga Modern Warfare asli, sekuel langsung ke tahun 2009-an Call of Duty: Modern Warfare 2, dan angsuran Call of Duty kedelapan secara keseluruhan. Versi terpisah untuk Nintendo DS dikembangkan oleh n-Space, sementara Treyarch mengembangkan port Wii permainan ini. Di Jepang, Square Enix menerbitkan permaianan dengan versi subtitle dan suara dubbing yang terpisah.

Modern Warfare 3 menerima ulasan positif dari para kritikus, dengan pujian untuk alur permainan, kampanye, dan multipemainnya, meskipun ada beberapa kritik untuk ceritanya dan kurangnya inovasinya. Ini memenangkan penghargaan untuk Best Shooter di Spike Video Game Awards 2011. Itu adalah kesuksesan komersial yang sangat besar. Dalam waktu 24 jam setelah dijual, permainan ini terjual 6,5 juta salinan di Amerika Serikat dan Britania Raya dan mendapat $400 juta, pada saat yang sama menjadikannya peluncuran hiburan terbesar sepanjang masa.[5][6][7]

Alur permainan[sunting | sunting sumber]

Infinity Ward mengungkapkan bahwa Modern Warfare 3 akan menampilkan Survival Mode. Mode ini akan menampilkan pemain (sendiri atau Co-op/berdua) melawan gelombang musuh yang semakin lama semakin sulit untuk dilawan. Tidak seperti video game lain di mana musuh-musuh menetap di lokasi tetap, di mode ini game akan menelurkan beberapa musuh sehingga mereka bisa mendekati pemain dari lokasi menguntungkan. Ketika pemain berhasil membunuh musuh, mereka akan mendapatkan uang. Pemain juga bisa mendapatkan uang setelah melakukan beberapa headshot berturut-turut, membunuh musuh hanya dengan pisau, memiliki akurasi tinggi dan terluka sedikit dalam permainan.

Pemain dapat menggunakan uang mereka untuk membeli barang-barang seperti senjata baru, tambahan, amunisi dan bantuan udara. Contoh lain untuk mendapatkan lebih banyak uang adalah dengan berturut-turut membunuh musuh dengan cepat: membunuh satu musuh dan kemudian satu lagi. Setelah periode waktu yang lama efek penggandaan akan habis dan pemain harus mulai lagi. Mode baru akan diintegrasikan dari peta multiplayer game, yang berarti bahwa semua peta multiplayers dapat dimainkan dengan teman dalam mode bertahan hidup. Tetapi, pemain harus menaikan 'Pangkat' mereka untuk membuka lebih banyak peta multiplayers. Sama seperti Survival mode, pemain juga membutuhkan pangkat yang lebih tinggi untuk membuka peta/misi lain di Mode Special Ops.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Permainan memperkenalkan kembali anggota Task Force 141 bernama Kapten John 'Soap' MacTavish (Kevin McKidd) yang hanya 'dimainkan' di misi Prologue dan mantan anggota SAS Kapten John Price (Billy Murray) yang dimainkan pada misi terakhir, "Dust to Dust" (keduanya menjadi NPC di sebagian besar permainan). Karakter baru dalam kampanye adalah Yuri (Brian Bloom), mantan komandan Spetsnaz dan Partai Ultranasionalis Rusia yang dimainkan dalam sebagian besar misi TF-141, anggota Delta Force Staf Sersan Derek 'Frost' Westbrook yang juga dimainkan dalam semua misi Delta Force, anggota Special Air Service Sersan Marcus Burns yang bertugas di London dalam misi "Mind The Gap". Juga Andrei Harkov, agen Federal Protective Service yang menjaga Presiden Rusia Boris Vorshevsky dalam misi "Turbulence", seorang penembak AC-130 Hercules di Paris dalam misi "Iron Lady", dan seorang warga sipil bernama Davis yang bersama istri dan putrinya berlibur di London dalam 'misi' "Davis Family Vacation".

Juga dikenalkan kembali beberapa NPC seperti informan Loyalis Rusia bernama Nikolai yang bersama Price dan Soap kabur ke India setelah membunuh Jenderal Angkatan Darat AS Shepherd. Seorang Ultranationalist dari Rusia, Vladimir Makarov (Roman Varshavsky) juga muncul kembali sebagai antagonis utama permainan. Beberapa karakter baru telah ditambahkan seperti Sandman (William Fichtner), Grinch (Timothy Olyphant), dan Truck (Idris Elba), 3 anggota Delta Force yang beroperasi satu tim dengan Frost di kota New York. Selain itu, Wallcroft (Craig Fairbrass) dan Griffen (Michael Cudlitz), teman satu tim Burns, Sersan Spetsnaz Kamarov dan mantan senior Kapten Price, Mayjen MacMillan (Tony Curran) juga akan kembali berpartisipasi dalam permainan ini ketika beberapa kejadian masa lalu terkuak seiring dengan berjalannya waktu.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Beberapa jam setelah membunuh General Shepherd, Price dan Nikolai membawa Soap yang terluka parah ke rumah persembunyian loyalis Rusia di Himachal Pradesh untuk dirawat. Saat Makarov mengirimkan pasukan untuk melenyapkan mereka, kelompok tersebut mengungsi dengan bantuan Yuri, seorang rekan Nikolai dengan dendam yang sama terhadap Makarov. Sementara itu, tim Amerika yang terdiri dari empat orang Delta Force dipanggil Metal membantu dalam memukul mundur pasukan Rusia di Kota New York, menghancurkan menara pengacau spektrum Rusia di atas Bursa Efek Wall Street, dan membajak kapal selam kelas Oscar II untuk melenyapkan Angkatan Laut Rusia di Teluk New York. Sebagai akibat langsung, Rusia menarik pasukannya dari Pantai Timur.

Dua bulan kemudian, Makarov dan operasinya membajak sebuah pesawat dalam perjalanan ke Hamburg, berisi Presiden Rusia, Boris Vorshevsky, untuk menggagalkan perjanjian perdamaian yang direncanakan dengan Amerika Serikat. Setelah membunuh beberapa anggota FSO, Makarov mengungkapkan kepada Presiden Rusia bahwa ia bermaksud agar Rusia "menguasai seluruh Eropa" dengan menggunakan persenjataan nuklirnya. Vorshevsky menolak memberikan kode peluncuran, jadi Makarov memerintahkan pencarian putrinya, Alena, untuk memberikannya. Selanjutnya, dia memesan bom kimia untuk diangkut dari Sierra Leone ke setiap ibu kota negara yang berafiliasi dengan NATO, untuk melumpuhkan jaringan intelijen dan pangkalan militer mereka. Terlepas dari upaya tim SAS untuk mencegah ledakan di London, serangan itu berhasil, memungkinkan pasukan Rusia untuk menyerang sebagian besar Eropa.

Sebagai tanggapan, militer AS dikerahkan untuk membantu menangkis invasi, termasuk operasi penyelamatan untuk menyelamatkan Wakil Presiden Amerika Serikat di Hamburg dari penyerbuan. Selama kekacauan itu, tim Price mendapat petunjuk dari mantan komandannya, MacMillan, yang memungkinkan dia mengidentifikasi pembuat bom sebagai Volk, CEO Fregata Industries. Setelah membunuh kontak Somali Volk, Waraabe, Price menyampaikan intel ke Metal. Metal menangkap Volk di Paris dengan bantuan GIGN dan pasukan AS lainnya. Setelah menginterogasi Volk, Metal menginformasikan Price tentang pertemuan yang Makarov ingin selenggarakan di Praha. Dibantu oleh pasukan loyalis Rusia di bawah komando Sersan. Kamarov dan partisan Ceko, Upaya tim Price untuk membunuh Makarov, hanya untuk mengetahui bahwa dia mengantisipasi hal ini dan mengatur jebakan untuk mereka. Kamarov terbunuh oleh rompi bom dan meskipun berhasil melarikan diri dari jebakan dan anak buah Makarov, Soap terluka parah selama kekacauan, dan meninggal tak lama setelah mengungkapkan kepada Price bahwa Makarov mengenal Yuri.

Price yang marah menginterogasi Yuri di bawah todongan senjata dan Yuri membenarkan kepada Price mantan afiliasinya dengan Makarov dan Imran Zakhaev, membantu pasangan di Pripyat setelah misi pembunuhan Price, tetapi kecewa dengan penggunaan senjata nuklir oleh pasangan tersebut di Timur Tengah. Ketika Yuri berusaha membelot dan memperingatkan pihak berwenang tentang rencana Makarov, Makarov secara kritis menembaknya sebelum pembantaian bandara di Moskow dan membiarkannya untuk mati, meninggalkannya untuk diselamatkan oleh keamanan bandara. Price dengan enggan mempertahankan aliansi mereka, dan dengan bantuan dari MacMillan, menyusup ke pangkalan kastil Makarov dekat Praha untuk mencari informasi tentang lokasi Makarov.

Mengetahui bahwa Alena ditemukan bersembunyi di Berlin, Price menyampaikan informasi tersebut kepada Tim Metal. Meskipun mereka gagal menyelamatkan Alena sebelum dia ditangkap oleh anak buah Makarov, Vorshevskys dilacak ke tambang berlian Siberia, with Metal, Yuri dan Price meluncurkan misi penyelamatan. Meskipun grup tersebut berhasil, Metal mengorbankan diri mereka untuk memastikan ekstraksi Yuri yang aman, Price dan Vorshevskys, saat tambang mulai runtuh. Setelahnya, Rusia dan Amerika Serikat menyerukan gencatan senjata, yang mengarah pada penarikan pasukan Rusia dari Eropa karena kedua negara fokus pada pembicaraan damai dan Task Force 141 diaktifkan kembali. Sementara itu, Price dan Yuri melacak Makarov ke sebuah hotel di Jazirah Arab pada Januari 2017. Dengan bantuan Nikolai, pasangan itu berhasil mengatasi pasukannya yang tersisa dengan alat berat dan mencegahnya melarikan diri melalui helikopter. Saat Makarov berada di atas angin dalam sebuah perjuangan, Yuri turun tangan dan dibunuh oleh Makarov, tetapi pengalihannya membuat Price mencekik dan menggantung Makarov dengan kabel baja. Saat polisi mendekati hotel, Price yang menang menghisap cerutu.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Panggilan pendapatan Q3 2010 dari Activision mengkonfirmasi bahwa angsuran kedelapan dari waralaba saat ini sedang dikembangkan oleh Sledgehammer Games dan Raven Software dan akan dirilis "selama paruh terakhir tahun 2011". Ini terungkap sebagai Infinity Ward Call of Duty: Modern Warfare 3, dengan pengembang terakhir mengembangkan multipemain bersama. Call of Duty: Modern Warfare 3 diketahui sedang dalam pengembangan setelah sengketa hukum antara pendiri Infinity Ward Jason West dan Vince Zampella dan Activision yang mengakibatkan pasangan tersebut dipecat dari perusahaan. Beberapa lusin karyawan Infinity Ward mengikuti West dan Zampella sebagai akibat dari perselisihan yang sedang berlangsung, menyebabkan Activision meminta layanan Sledgehammer Games dan Raven Software untuk membantu pengembangan judul tersebut.[8] Permainan tersebut dikatakan telah dalam pengembangan sejak hanya dua minggu setelah dirilisnya permainan mereka sebelumnya, Call of Duty: Modern Warfare 2.[9] Juga dilaporkan bahwa Sledgehammer bertujuan untuk tamasya pertama yang "bebas bug" dalam warabala Call of Duty, dan juga menetapkan target skor ulasan Metacritic di atas 95 persen.[10] Modern Warfare 3 menggunakan Mesin MW3, secara tidak resmi IW 5.0 Engine. Perbaikan termasuk streaming dan audio yang lebih baik.[11] Sledgehammer Games mengumumkan permainan tersebut sebagai entri pertama dalam seri Modern Warfare yang memiliki dukungan bawaan untuk para gamer buta warna.[12]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Penerimaan
Nilai agregat
AgregatorNilai
Metacritic(PC) 78/100[13]
(PS3) 88/100[14]
(Wii) 70/100[15]
(X360) 88/100[16]
Nilai ulasan
PublikasiNilai
1UP.comA-[17]
Eurogamer8/10[18]
Game Informer9/10[19]
GameSpot8.5/10[20]
GameTrailers9.3/10[21]
Giant Bomb4/5 stars[22]
IGN9/10[23]
(Wii) 4.5/10[24]
Joystiq4.5/5 stars[25]
OXM (US)8.5/10[26]
The Daily Telegraph5/5 stars[27]

Call of Duty: Modern Warfare 3 menerima ulasan "umumnya positif", menurut aggregator pengulas Metacritic, kecuali untuk Wii, yang menerima ulasan "campuran atau rata-rata".[13][14][15][16]

The Daily Telegraph memberikan permainan versi Xbox 360 5 bintang dari 5, menyatakan bahwa meskipun "seri ini selalu terkenal karena elemen-elemen seperti desain suaranya yang luar biasa, kilau, polesan, dan keharusan alur permainannya," ini adalah "permainan yang tidak hanya memenuhi hype merek, tetapi juga melampauinya. Sebuah permainan di mana seruan massa dibenarkan, dan ekspektasi terpenuhi."[27] Gaming Evolution memberi versi PS3 dan Xbox 360 9.0 dari 10, menyatakan "Modern Warfare 3 memenuhi hype. Ini membuktikan dirinya sebagai salah satu FPS terbaik yang ditawarkan genre ini."[28] IGN memberikan permainan versi Xbox 360 9.0 dari 10.0, menunjukkan bahwa permainan ini menawarkan "multipemain yang hebat, [a] kampanye yang menyenangkan, banyak konten, tetapi [juga] cerita yang bisa dilupakan."[23]

Ulasan untuk versi Wii dari permainan ini kurang disukai. IGN memberi peringkat hanya 4,5 dari 10, menyalahkan grafik yang kurang dan sistem kode teman yang buruk yang memburukannya.[24]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Modern Warfare 3 menerima penghargaan Best Shooter di Spike Video Game Awards 2011, itu juga dinominasikan untuk Permainan Multipemain Terbaik pada tahun 2011 juga. Pada Interactive Achievement Awards atau penghargaan DICE, Modern Warfare 3 memenangkan penghargaan untuk Action Game of the Year dan dinominasikan untuk Outstanding Achievement dalam alur permainan online, Outstanding Achievement di Desain suara dan Outstanding Achievement dalam Konektivitas.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Raven Software mengembangkan komponen multipemain, elemen pemain tunggal, konten yang dapat diunduh, dan antarmuka pengguna permainan. Treyarch membantu Raven Software dengan mode multipemainnya. Mereka juga mem-porting versi Wii. Neversoft juga mengembangkan Mode Chaos untuk Mode Bertahan Hidup dan membantu Infinity Ward dengan campaign pemain tunggal.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dalton Fury on "Call of Duty" and "Black Site", CommandPosts.com, November 8, 2011, diarsipkan dari versi asli tanggal November 12, 2011, diakses tanggal November 21, 2011 
  2. ^ Marcus Yam. "Call of Duty: Modern Warfare 3 Engine Focused on Gameplay". Tom's Hardware US. Diakses tanggal September 6, 2011. 
  3. ^ Bowling, Robert. "IAm Robert Bowling, Creative Strategist on Modern Warfare 3 AMA". reddit. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 12, 2015. Diakses tanggal May 26, 2012. 
  4. ^ Kato, Matthew (August 3, 2011). "Call Of Duty: Modern Warfare 3 Confirmed For Wii". Game Informer. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 27, 2011. Diakses tanggal August 3, 2011. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama usanduksales
  6. ^ Macdonald, Keza (November 11, 2011). "Modern Warfare 3 Has Biggest Launch Of Anything Ever". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 13, 2011. Diakses tanggal November 14, 2011. 
  7. ^ Magrino, Tom (November 11, 2011). "Call of Duty: Modern Warfare 3 sets new launch records". Gamespot. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 15, 2011. Diakses tanggal November 14, 2011. 
  8. ^ Pigna, Kris (October 4, 2010). "Modern Warfare 3 in Development, But Hampered by Legal Dispute". 1UP.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 24, 2012. Diakses tanggal February 6, 2011. 
  9. ^ Fritz, Ben (January 20, 2011). "Activision calls in reinforcements for next Call of Duty game". Los Angeles Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 16, 2013. Diakses tanggal February 6, 2011. 
  10. ^ computerandvideogames.com Tom Pakinkis (February 14, 2011). "Call of Duty 8 dev targets 'bug free' game". Computerandvideogames.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 8, 2011. Diakses tanggal November 15, 2011. 
  11. ^ "needhelponatest comments on IAm Robert Bowling, Creative Strategist on Modern Warfare 3 AMA". Diarsipkan dari versi asli tanggal November 7, 2012. Diakses tanggal September 5, 2011. 
  12. ^ "MW3 with colour-blind gaming support". Diarsipkan dari versi asli tanggal July 12, 2011. Diakses tanggal July 8, 2011. 
  13. ^ a b "Call of Duty: Modern Warfare 3 for PC Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 2, 2012. Diakses tanggal November 14, 2011. 
  14. ^ a b "Call of Duty: Modern Warfare 3 for PlayStation 3 Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 2, 2012. Diakses tanggal November 14, 2011. 
  15. ^ a b "Call of Duty: Modern Warfare 3 for Wii Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 18, 2013. Diakses tanggal November 14, 2011. 
  16. ^ a b "Call of Duty: Modern Warfare 3 for Xbox 360 Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 2, 2012. Diakses tanggal November 14, 2011. 
  17. ^ 1UP Staff (November 8, 2011). "Call of Duty: Modern Warfare 3 Review for PS3, 360, PC from 1UP.com". 1UP.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 20, 2012. Diakses tanggal November 11, 2011. 
  18. ^ Dan Whitehead (November 8, 2011). "Call of Duty: Modern Warfare 3 X360 Review — X360 Review at EUROGAMER". EUROGAMER. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 2, 2012. Diakses tanggal November 8, 2011. 
  19. ^ Ryckert, Dan (August 11, 2011). "Call of Duty: Modern Warfare 3 Review — Gameinformer". Game Informer. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 18, 2011. Diakses tanggal November 18, 2011. 
  20. ^ "Call of Duty: Modern Warfare 3 Review". GameSpot. November 8, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 11, 2011. Diakses tanggal November 9, 2011. 
  21. ^ "Call of Duty: Modern Warfare 3 Review". GameTrailers. August 11, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 2, 2012. Diakses tanggal November 18, 2011. 
  22. ^ Gerstmann, Jeff (November 8, 2011). "Call of Duty: Modern Warfare 3 Review — Giant Bomb". Giant Bomb. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2011. Diakses tanggal November 11, 2011. 
  23. ^ a b Gallegos, Anthony (November 8, 2011). "Call of Duty: Modern Warfare 3 Review". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 2, 2012. Diakses tanggal November 8, 2011. 
  24. ^ a b Anthony Gallegos (November 14, 2011). "Call of Duty: Modern Warfare 3 Wii Review — Wii Review at IGN". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 2, 2012. Diakses tanggal November 15, 2011. 
  25. ^ "Call of Duty: Modern Warfare 3 Review — Joystiq". Joystiq. August 11, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 5, 2012. Diakses tanggal November 18, 2011. 
  26. ^ Hayward, Andrew. "Call of Duty: Modern Warfare 3 Review". Official Xbox Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 11, 2011. Diakses tanggal November 13, 2011. 
  27. ^ a b Raze, Ashton (August 11, 2011). "MW3 (Xbox 360) Review Score From The Daily Telegraph". Diarsipkan dari versi asli tanggal November 8, 2011. Diakses tanggal August 11, 2011. 
  28. ^ Prunty, Marcus. "Call of Duty: Modern Warfare 3 Review". Gaming Evolution. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 28, 2012. Diakses tanggal September 22, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]