Call of Duty: Modern Warfare II (permainan video 2022)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Call of Duty: Modern Warfare II
Sampul gim, menggambarkan karakter utama, Simon "Ghost" Riley
Nama kodeProject Cortez
BerdasarkanCall of Duty: Modern Warfare 2
Publikasi
28 Oktober 2022 (seluruh dunia)
GenreFirst-person shooter
Latar tempatCall of Duty universe
LisensiLisensi proprietarium
Bahasa
Karakteristik teknis
PlatformPlayStation 4, PlayStation 5, Windows, Xbox One dan Xbox Series X dan S
MesinIW 9.0
ModePermainan video pemain tunggal dan permainan video multipemain
Formatcakram optis, distribusi digital dan Cakram Blu-ray
Metode inputpapan tombol komputer, tetikus dan gamepad
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangInfinity Ward[a]
PenyuntingActivision
KomponisSarah Schachner
PenerbitActivision
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864331
PEGI
enllaç=d:Q14915517
USK
enllaç=d:Q14920394
Informasi tambahan
Situs webcallofduty.com… (Inggris)
Steam1938090
Id. Subredditmodernwarfareii
Bagian dari Call of Duty
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Call of Duty: Modern Warfare II adalah permainan tembak-menembak orang-pertama (First-person shooter) yang dikembangkan oleh studio Infinity Ward dan dipublikasi oleh Activision. Gim ini adalah lanjutan langsung dari Modern Warfare 2019 dan menjadi gim kesembilan belas seri Call of Duty.[1] Permainan ini dirilis pada 28 Oktober 2022.[2]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Karakter dan latar belakang[sunting | sunting sumber]

Modern Warfare II adalah kelanjutan tidak langsung dari Call of Duty: Modern Warfare (2019), dengan alur cerita berlangsung pada akhir 2022. Karakter protagonis utama dari permainan ini adalah Task Force 141, unit operasi khusus multi-nasional gabungan yang dipimpin oleh Kapten SAS John Price (Barry Sloane), yang beranggotakan: Sersan Kyle "Gaz" Garrick (Elliot Knight), Letnan Simon "Ghost" Riley (Samuel Roukin), dan Sersan John "Soap" MacTavish (Neil Ellice). Sepanjang cerita, Task Force 141 didukung oleh beberapa sekutu: Kepala Stasiun CIA Kate Laswell (Rya Kihlstedt), pemimpin pasukan paramiliter Rusia "Nikolai" ( Stefan Kapičić ), Komandan Pasukan Pembebasan Urzikstan Farah Karim (Claudia Doumit), Kolonel Pasukan Khusus Meksiko Alejandro Vargas (Alain Mesa) dan Sersan Mayor Rodolfo "Rudy" Parra (Bayardo De Murguia), Komandan Shadow Company PMC Phillip Graves (Warren Kole), dan Jenderal Shepherd Angkatan Darat Amerika Serikat (Glenn Morshower). Karakter antagonis utama Modern Warfare II adalah Mayor Hassan Zyani (Ibrahim Renno), seorang perwira Pasukan Quds Iran yang bersekutu dengan organisasi teroris Urzik Al-Qatala, dan didukung oleh Kartel Las Almas. Kartel tersebut dikendalikan oleh sicaria Valeria Garza (María Elisa Camargo), yang menyembunyikan identitasnya menggunakan alias "El Sin Nombre" ("Yang Tanpa Nama").

Cerita berlangsung di lokasi nyata dan fiksi, seperti Amsterdam, Chicago, Urzikstan, dan United Republic of Adal (URA) yang baru, Al Mazrah sebagai ibu kotanya, sebagai lokasi utama dalam mode kampanye dan multipemain, serta peta baru untuk Warzone 2.0 yang dapat dimainkan secara gratis. Plot game ini sebagian berdasarkan pada peristiwa kehidupan nyata, seperti pembunuhan Qasem Soleimani.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Pada Juli 2022, Task Force 141 telah bekerja di bawah komando Jenderal Shepherd melakukan serangan terhadap pasukan Iran yang didukung Rusia. Ketika serangan rudal membunuh jenderal Iran Ghorbrani saat pertemuan untuk menyepakati transfer senjata di Al Mazrah, komandan keduanya, Mayor Pasukan Quds Hassan Zyani, mengambil alih kepemimpinan dan terlibat dalam pendanaan aktivitas teroris selama beberapa bulan. Kegiatannya menarik perhatian Shepherd dan CIA sehingga memerintahkan untuk menurunkan Marinir MARSOC pimpinan Letnan Simon "Ghost" Riley dan Sersan John "Soap" MacTavish untuk menangkap Hassan di Al Mazrah. Hassan telah melarikan diri dari daerah itu, namun Ghost dan Soap menemukan bahwa Hassan memiliki rudal balistik buatan Amerika.

Pengejaran terhadap Hassan berlanjut. Laswell, Kapten John Price, dan Sersan Kyle "Gaz" Garrick mengejar salah satu kurir Hassan di Amsterdam, mengetahui bahwa Hassan telah bersekutu dengan kartel Las Almas yang sedang berlindung di Meksiko. Setelah upaya penangkapan Hassan di perbatasan AS-Meksiko gagal, Kolonel Pasukan Khusus Meksiko Alejandro Vargas dan Sersan Mayor Rodolfo "Rudy" Parra berpartisipasi dalam operasi gabungan dengan Ghost, Soap, dan Shadow Company untuk menangkap Hassan. Meski berhasil, mereka terpaksa membebaskannya dari penjara untuk menghindari dampak politik saat memasang alat pelacak di ponselnya.

Panggilan telepon Hassan yang terlacak membawa Price, Laswell, dan Gaz ke Spanyol untuk menyerang tempat penetasan ikan milik Las Almas, di mana mereka menemukan bahwa Las Almas, mereka memiliki perangkat GPS buatan Rusia yang digunakan untuk rudal curian. Laswell ditangkap oleh pasukan Al-Qatala, sehingga mendorong Price dan Gaz untuk menyelamatkannya di Urzikstan, dengan bantuan sekutu lama mereka "Nikolai" dan Farah Karim. Sementara itu, Vargas dan Soap menyusup ke pertemuan Las Almas untuk mengidentifikasi pemimpin mereka, El Sin Nombre, yang dinyatakan sebagai mantan rekan setim Vargas, Valeria Garza. Valeria membuat kesepakatan dengan Shadow Company untuk mengungkap lokasi rudal. Sebuah serangan yang dipimpin oleh Ghost, Komandan Shadow Company Phillip Graves, Soap, dan Vargas membuat satuan tugas gabungan menyerang sebuah derek minyak dan kapal tanker kargo yang telah terbengkalai untuk mencegah peluncuran rudal. Terlepas dari misi yang berhasil, Graves dan Shadow Company mengkhianati Vargas dan Task Force 141 dengan mengambil alih markas operasi dan menahan anak buahnya di bawah perintah Shepherd. Graves menangkap dan memenjarakan Vargas sementara Ghost dan Soap berhasil melarikan diri ke tempat yang aman. Dengan bantuan dari Parra, Laswell, Price, dan Gaz, Ghost dan Soap meluncurkan penyerangan ke penjara untuk membebaskan Vargas dan tentaranya.

Selama proses ekstraksi, Laswell mengungkapkan bahwa pada bulan Agustus, Shepherd dan Graves bertanggung jawab atas misi transportasi yang gagal dan ilegal. Misi itu adalah misi penyerahan rudal balistik ke sekutu Amerika di Timur Tengah dan URA untuk melawan Rusia, tetapi disergap oleh PMC Rusia dan mengambil tiga rudal balistik dan menyembunyikannya. Price menghadap Shepherd, Price berjanji untuk mengejar Shepherd setelah Hassan dan Graves dieliminasi. Task Force 141 dan sekutu Pasukan Khusus Meksiko mereka berhasil membunuh Graves dan mengetahui dari Valeria bahwa Hassan ada di Chicago, berniat untuk menembakkan rudal yang tersisa ke Washington, DC. Tim berhasil menggagalkan plot dan membunuh Hassan.

Sebagai buntut dari misi, Shepherd bersembunyi, sementara Laswell menginformasikan Task Force 141, bahwa pemimpin Ultranasionalis Rusia yang bertanggung jawab atas operasi Shepherd yang gagal, adalah Vladimir Makarov. Sementara itu, sel teroris Rusia bersiap untuk membajak sebuah pesawat setelah menerima pesan dari Makarov, memberitahu mereka untuk tidak berbicara bahasa Rusia selama misi mereka.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Modern Warfare II dikembangkan oleh Infinity Ward bersama versi terbaru dari battle royale judul Call of Duty: Warzone, kemudian diungkapkan untuk dinamakan Warzone 2.0, dengan kedua permainan menggunakan versi terbaru dari IW engine, di bawah satu peluncur lintas permainan yang dikenal sebagai Call of Duty HQ.[3] Mesin baru yang ditingkatkan ini memiliki sistem material berbasis fisik, sistem streaming berbasis ubin hybrid baru, sistem rendering stiker PBR baru, pencahayaan volumetrik dunia, 4K HDR, serta saluran geometri GPU baru.[4] Permainan ini menampilkan Ricochet Anti-Cheat milik Activision saat diluncurkan.[5]

Musik[sunting | sunting sumber]

Sarah Schachner menyusun skor untuk Modern Warfare II, setelah sebelumnya menyusun musik reboot 2019 dan Call of Duty: Infinite Warfare (2016).[6] Pada November 2022, Schachner menjauh dari menulis musik lebih lanjut untuk permainan tersebut, dengan alasan tantangan dalam dinamika kerja dengan direktur audio Infinity Ward sebagai alasan kepergiannya.[6] Dalam sebuah pernyataannya di Twitter, dia mencatat bahwa isi rilis soundtrack resmi untuk Modern Warfare II "bukan maksud artistik saya dalam hal mixing dan penguasaan".[6]

Soundtrack untuk Modern Warfare II dirilis digital pada 25 November 2022, menampilkan 23 lagu dari skor asli permainan dan dua lagu dari artis Edison Flood, Destani Wolf, dan Banda MS de Sergio Lizárraga.[7] Musik tambahan ditulis untuk musim pasca peluncuran Modern Warfare II, dalam kolaborasi dengan Jason Graves (Warzone),[8] Steve Ouimette (musim 2),[9] Nainita Desai (musim 3),[10] Toby Chu (musim 4),[11] Photek (musim 5),[12] Finneas O'Connell dan David Marinelli (Tema mode Gunfight),[13] dan Tyler Bates (musim 6).[14]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Studio lain yang berkontribusi: Treyarch, Sledgehammer Games, Raven Software, Toys for Bob, Beenox, Demonware, High Moon Studios, Digital Legends Entertainment, Solid State Studios, dan Activision Shanghai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McWhertor, Michael (29 April 2022). "Call of Duty: Modern Warfare 2 is this year's Call of Duty". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 5 Mei 2022. 
  2. ^ "Assemble the Task Force — The New Era of Call of Duty® Begins on October 28, 2022". Callofduty.com (dalam bahasa Inggris). 24 Mei 2022. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama MWSequelAnnounced
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama MWIINewEngine
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama MWIIDetails
  6. ^ a b c Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Schachner
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama MWIISoundtrack
  8. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama WarzoneSoundtrack
  9. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Season2Soundtrack
  10. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Season3Soundtrack
  11. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Season4Soundtrack
  12. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Season5Soundtrack
  13. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Season5GunfightSoundtrack
  14. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Season6Soundtrack