Bandar Udara Dewadaru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bandara Dewadaru
IATA: KWB · ICAO: WICM
Informasi
Jenis bandara sipil
Lokasi Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia
Zona waktu UTC+7
Ketinggian MDPL m ( f)
Bandara Dewandaru
Kura-Kura Air (pesawat Kura-Kura Resort) Pesawat Jenis Cessna 212

Bandar Udara Dewadaru (IATA: KWBICAO: WICM) terletak di Kepulauan Karimunjawa, tepatnya di Pulau Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pulau Kemujan boleh dikatakan sudah menyatu dengan Pulau Karimunjawa, hanya terpisah selebar sungai kecil. Bandar udara ini memiliki ukuran landasan pacu 900 x 23 m. Jarak dari pusat kota sekitar 22 km.

Dahulu Bandar udara ini melayani penerbangan dari Bandara Ahmad Yani, Semarang dengan pesawat sewa jenis CASSA 212 yang disediakan oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai (Kura-Kura Resort). Waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Setelah diperlebar Bandara ini juga dapat dilandasi pesawat jenis FOKER 50.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Asal usul bandara ini berasal dari nama pohon yang hanya dapat di jumpai di pulau Karimunjawa yaitu Dewadaru. Karena konon katanya siapa yang mengambil kayu Dewadaru maka kapalnya tenggelam dalam perjalanan meninggalkan pulau Karimunjawa, walaupun mengambil kayu sebesar genggaman tangan.

Pesawat Terbang[sunting | sunting sumber]

Susi Air Pesawat Jenis Cessna 208
Wings Air Pesawat Jenis ATR 72-500

Merupakan salah satu alat transportasi untuk ke Karimunjawa, dengan menggunakan pesawat terbang perjalanan yang di tempuh 30-45 menit dari Bandara Ahmad Yani sampai Bandara Dewadaru dengan menggunakan Pesawat Jenis Cessna 212, Setelah di perlebar landasan pacu Bandara Dewadaru pada tahun 2014, Maka bandara ini juga bisa di lalui Pesawat Jenis Foker 50, Pesawat jenis ATR 72-500.

Jalur[sunting | sunting sumber]

Bandara Dewadaru melayani rute Karimunjawa - Semarang. Dahulu hanya pesawat Cassa 212 yang bisa mendarat di Bandara Dewadaru, Setelah di perlebar landasan pacu Bandara Dewadaru, Maka bandara ini juga bisa di lalui pesawat Foker 50. Armada yang siap melalui rute Karimunjawa, di antaranya:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]