Pemukiman Romawi Derby Racecourse

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pemukiman Romawi Derby Racecourse
Derby Racecourse Roman settlement
Pemukiman Romawi Derby Racecourse is located in Derbyshire
Peta menunjukkan lokasi Derventio di Derbyshire.
Lokasi Derby, Derbyshire
Wilayah East Midlands
Koordinat 52°56′01″LU 1°28′25″BB / 52,933735°LU 1,473586°BB / 52.933735; -1.473586
Jenis Benteng Romawi
Bagian dari Icknield Street
Sejarah
Didirikan 120
Catatan
Website www.roman-britain.org/places/derventio_coritanorum.htm
Pastscape

Pemukiman Romawi Derby Racecourse adalah pemukiman ketiga di Derby atau Derventio yang merupakan kota kecil provinsi Romawi dari Britania. Terletak 600 meter di sebelah timur east of benteng Derventio di Little Chester, di pinggiran Derby, Inggris kaunti Derbyshire.[1] Jalan Romawi dai Derventio ke Sawley Di Sungai Trent melewati pemukiman ini. Lokasi ini direncanakan menjadi Monumen Nasional.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Benteng Romawi pertama di daerah ini dibangun di seberang tanggul Sungai Derwent di Strutts Park. Digantikan sekitar tahun 80 Masehi dengan benteng di Little Chester, namun hanya bertahan sekitar empat puluh tahun, kemudian ditinggalkan. Benteng kemdian ditempati dan dipakai lagi untuk sekitar dua puluh lima tahun dan tidak dipakai sampai akhir abad ke-3 ketika dinding batu dibangun di sekeliling kota.[2] Terdapat bukti adanya aktivitas besar Romawi di Little Chester. Lokasi pemukiman Romawi Derby Racecourse didirikan sekitar tahun 90 Masehi.[3] Hal ini dianggap oleh English Heritage sebagai contoh dari luar daerah sebuah benteng pemukiman (fort-vicus). Sebuah pemukiman sipil yang melekat dengan militer Romawi. Yang dimaksud adalah benteng Derventio. Tercatat bahwa penduduk asli Cornovii menerima cara hidup Romawi dan masuk dalam perekonomian Romawi atau Romanisasi.[4]

Tempat pembakaran tembikar ditemukan dari tahun 90 Masehi sampai pertengahan abad ke-2 ketika barang-barang terbuat dari besi menggantikannya. Juga terdapat pemakaman besar dengan lima batu mausolea.[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Romanbritain.jpg

Bagian wilayah Britania ini ditempati oleh suku asli yang dikenal sebagai Cornovii. Tahun 46-47M Tentara Romawi dengan arahan gubernur [[Aulus Plautius|Aulius Plautius] kemungkinan menduduki wilayah ini ke selatan Sungai Trent, juga tahun 50M sebagai garis depan. Sedikit ditemukan dokumentasi tertulis pada tahun-tahun ini sehingga informasi tergantung dari penggalian arkeologis. Akhir tahun 47 gubernur baru Britania, Publius Ostorius Scapula mulai kampanye perang melawan penduduk asli yang kini adalah Wales dan Cheshire Gap. Selama waktu ini Benteng Romawi Strutts Park, adalah satu benteng baru yang dibangun sepanjang jalan perbekalan dari Wroxeter ke Rossington.

Kampanye perang untuk mengalahkan Silures berlanjut ke gubernur Quintus Veranius dan penggantinya Gaius Suetonius Paulinus namun kini peran Strutt Park adalah untuk memelihara perdamaian. Sekitar tahun 74M, wilayah utara Sungai Mersey menjadi tidak stabil ketika Ratu Cartimandus meminta bantuan Romawi untuk melawan pemberontakan. Kemudian tahun 78M, Gnaeus Julius Agricola, menjadi terkenal ketika biografi berisi pujian ditulis oleh menantunya, Tacitus menjadi gubernur. Ia mengatur ulang benteng-benteng, meningkatkan infrastruktur jalan dan menghantarkan kampanye perang yang terdokumentasikan pertama kali pada tahun 78M. Ia menaklukkan Wales Utara, kemudian tahun 79M menaklukkan Brigantes dan Parisii menguasai seluruh Inggris bagian Utara sampai perbatasan Skotlandia saat ini. Benteng Strutt Park dikosongkan ketika tahun 80M Derventio dibangun.

Roman.Britain.Mining.jpg

Kekaisaran Hadrian mengunjungi Britania tahun 120M dan memerintahkan dibangunnya dinding Hadrian. Meski Britania selalu memiliki garnisun besar, fokus berubah menjadi produksi industri. Derby memproduksi gerabah dan mengarah ke pertambangan sampai ke utara Distrik Peak, kemudian menjadi pusat industri logam. Berlanjut sampai 200 tahun kemudian.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Burnham, Barry C; Wacher, John (1990). The Small Towns of Roman Britain. London: B T Batsford. ISBN 9780520073036. 
  2. ^ (Inggris) Vinnels, Maria (2006-06-15). "Manor Kingsway SPD Derby". White Young Green Envronment Ltd for English Heritage. Diakses 23 May 2011. 
  3. ^ "Roman industrial site on Derby Racecourse;". Pastscapes. English Heritage. Diakses 23 May 2011. 
  4. ^ (Inggris) "Derby Racecourse Roman vicus & cemetry". Derby City Council. Diakses 23 May 2011. 
  5. ^ (Inggris) Clay, Patrick; George (2008). An Archaeological Desk-Based Assessment for Proposed Development at the former Union Iron Foundry, City Road, Derby (SK 353 372). University of Leicester Archaeological Services. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • M. Brassington, "A Trajanic kiln-complex near Little Chester, Derby" in Antiquaries Journal vol. 51 (1971) pp. 36-69.
  • M. Brassington, "The Roman roads of Derby" in Derbyshire Archaeological Journal vol. 101 (1981) pp. 88-92
  • M. Dearne, "The military vici of the South Pennines: retrospect and prospect" in R. Hodges, K. Smith, eds, Recent Developments in the Archaeology of the Peak District (Sheffield: Sheffield University Press, 1991) pp. 69-84
  • J. Dool, H. Wheeler and others, Roman Derby - Excavations 1968-1983. 1986. (Derbyshire Archaeological Journal vol. 105, 1985)
  • J. Dool, "Derby Racecourse: Excavations on the Roman Industrial Settlement, 1974" in Roman Derby - Excavations 1968-1983 (1986. Derbyshire Archaeological Journal vol. 105, 1985) pp. 155-221
  • Vivien G. Swan, The Pottery Kilns of Roman Britain. London: Royal Commission on the Historical Monuments of England, 1984