Pameran Derby (1839)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Interior of the Mechanics' Institute
Seniman Samuel Rayner
Tahun 1839
Jenis Cetak litografi pewarnaan tangan bebas
Lokasi Museum dan Galeri Seni Derby, Derby

Pameran Derby tahun 1839 adalah pameran pertama di Derby. Diadakan di Mechanics Institute dalam kota, yang kemudian dikenal sebagai Albert Hall. Pameran ini sejalan dengan nilai-nilai dasar dari Institut, yang dimaksudkan untuk menyebarkan pengetahuan pada masyarakat Derby. Institut ini telah mengadakan banyak pameran sejak 1825, termasuk perkuliahan, konser, dan pertunjukan.[1] Pameran mengikuti pameran terorganisir yang sama pada tahun 1837 di Manchester Mechanics Institute dan Pameran Derby adalah salah satu dari beberapa pameran terorganisir tahun itu yang diadakan di beberapa kota dan pusat industri di Inggris.[2] Pameran Derby mempunyai dampak yang dalam dan menjadi salah satu faktor yang mengarahkan berdirinya Museum dan Perpustakaan pada tahun 1878. Museum dan Galeri Seni Derby kini menyimpan banyak benda dari pameran tersebut, menjadi bagian penting dari koleksinya.

Pameran diorganisir untuk bisa menutup biaya aula kuliah yang ditambahkan tahun 1837 di institut Mekanika Derby di lokasinya di Wardwick. Meski organisasi ini disebut Institut Mekanika (Mechanic's Institutes), mereka dibiayai dan dijalankan oleh para tokoh yang bukan ahli mekanik. Pameran ini menarik 96.000 orang pengunjung dan institut Derby mendapatkan dasar posisi keuangan yang baik.[3]

Pameran ini menjadi bahan dari karya litografi Interior of the Mechanics' Institute yang diwarnai dengan tangan dari lukisan Samuel Rayner. Cetakan litografi ini memperlihatkan Aula Perkuliahan (Lecture Hall) yang merupakan aula utama dari Institut. Aula digambarkan sebagai "dalam gaya Yunani... dengan tempat lilin yang gagah ... dan penuh lukisan berharga". Di sekeliling bagian atas ruangan dipenuhi karya-karya John Henning. Lebih dari seribu barang dipamerkan termasuk milik Joseph Strutt.[1] Benda yang dipamerkan meliputi berbagai kategori: lukisan-lukisan Joseph Wright (Romeo dan Juliet dapat dilihat dipamerkan di bagian dinding yang jauh, sebelah kiri), peralatan ilmiah, fosil, kelapa, dll.[4]

Pameran Derby dikagumi oleh insitut mekanik di kota di dekatnya yaitu Leicester dan Nottigham, dan keduanya mengadakan pameran sejenis pada tahun-tahun berikutnya. Mereka juga bisa menyewa kereta melalui jalur rel yang baru dibangun untuk membawa anggotanya dalam perjalanan pesiar kereta api.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Inggris) Allard, Sarah; Nicola Rippon (2003). Goodey's Derby p.96. Breedon Books. hlm. 157. ISBN 1 85983 379 9. 
  2. ^ (Inggris) Kusamitsu, Toshia (1980). "Great Exhibitions before 1851". Hist Workshop J 9 (1): 70–89. doi:10.1093/hwj/9.1.70. 
  3. ^ (Inggris) Chadwick, A.F. (Autumn). "The Derby Mechanics' Institute 1825-1880". The Vocational Aspect of Education. XXVII (68): 10–105. Diakses 4 June 2011. 
  4. ^ (Inggris) Interior of the Mechanics' Institute, derby.gov.uk, diakses 4 Juni 2011.
  5. ^ (Inggris) Barton, Susan. "The Mechanics Institutes: Pioneers of Leisure and Excursion Travel". Leicester.ac.uk. Diakses 4 June 2011.