Tawanan (lukisan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tawanan
Inggris: The Captive
Seniman Joseph Wright
Tahun 1778 (1778)
Jenis cat minyak pada kanvas
Lokasi Museum dan Galeri Seni Derby, Derby
Tawanan Sterne
Inggris: Sterne's Captive
Seniman Joseph Wright
Tahun 1774 (1774)
Jenis cat minyak pada kanvas
Dimensi 102 cm × 127.5 cm (40 in × 50 in)
Lokasi Galeri Seni Vancouver, Vancouver,
British Columbia, Kanada

Tawanan, dari Sterne (The Captive, from Sterne) adalah lukisan Joseph Wright selesai tahun 1774 dan sekarang berada di Galeri Seni Vancouver. Tawanan Sterne (Sterne's Captive) adalah lukisan yang mirip karya Wright di Museum dan Galeri Derby dan pertama kali dipamerkan oleh pelukis ini tahun 1778.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Lukisan menampilkan pelancong yang putus asa berada di penjara asing.[1] Lukisan Tawanan berdasarkan pada bagian dengan judul yang sama di buku terkenal karya Laurence Sterne. Buku Sterne tahun 1768 Perjalanan Sentimentil Melalui Perancis dan Italia (A Sentimental Journey Through France and Italy menggambarkan kisah perjalanan pahlawan dalam cerita, Yorrick, dipenjarakan di penjara Bastille karena kehilangan paspor. Yorick kemudian dibebaskan karena namanya dipakai oleh orang penting karena kesalahan pengadilan (Yorick adalah nama pelawak dalam drama Shakespeare Hamlet. Perjalanan ini berdasarkan tahun 1762 ketika Inggris dalam perang dengan Perancis dan dipenjarakan karena datang dari negara musuh.[2])

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Studi John Stavely untuk lukisan versi kedua Wright

Lukisan pertama (1774) dibuat Wright ketika di Roma. Setelah menyelesaikannya ia harus mengirimnya ke Inggris, Llewellyn Jewitt mencatat bahwa ia hampir mengimpornya bebas pajak namun kemudian diminta untuk membayar pajak impor. Debat terfokus pada obyek apakah seorang Romawi dan argumentasinya adalah obyek harus berbaju yang layak.[3] [4]

Lukisan ini kemudian dibuat menjadi cetak ukiran titik-titik (stipple engraving) oleh Thomas Ryder tahun 1779 dan dipublikasikan oleh John Boydell dan Josiah Boydell pada tahun 1786.[1] Namun sebuah cetak ukiran mezzotint dibuat lebih awal oleh John Raphael Smith tahun 1778 atas penugasan John Milnes setelah ia membeli lukisan tersebut di pameran Royal Academy. Milnes membuat cetakan dari setiap lukisan Wright sebisanya, namun cetakan yang diperintahkan dari lukisan miliknya terbatas hanya dua puluh salinan sebelum plat cetak dihancurkan.[5] Hasil cetakan ini sekarang amat jarang ditemukan dan hanya tersedia sedikit di beberapa institusi Inggris dan tidak terdapat di luar negeri.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Inggris) Room 4: Gothic Gloom, The Tate, London
  2. ^ (Inggris) Sterne, Laurence (2008). In Jack, Ian; Parnell, Tim. A Sentimental Journey and Other Writings. Oxford: Oxford University Press. hlm. 236. ISBN 978-0-19-953718-1. 
  3. ^ (Inggris) Jewitt, Llewellyn (1866). "Wright". The Art Journal London p353 5. Diakses 1 July 2011. 
  4. ^ (Inggris) Joseph Wright of Derby:Painter of Light, Benedict Nicolson
  5. ^ a b (Inggris) "Pictures". Lowell Libson Ltd. Diakses 30 June 2011.