White Watson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
White Watson

siluet diri
Lahir 10 April 1760
Sheffield
Meninggal 8 Agustus 1835
Bakewell
Kewarganegaraan  Britania Raya
Orang tua Samuel dan Martha White

White Watson (lahir di Sheffield, 10 April 1760 – meninggal di Bakewell, 8 Agustus 1835 pada umur 75 tahun) adalah ahli geologi dan pemahat Inggris, tukang batu dan pematung, agen dan pembuat marmer dan batu hias. Secara umum seperti orang kebanyakan yang belajar dari pegalaman, ia terampil dalam berbagai bidang seni dan ilmiah, menjadi seorang penulis, penyair, watawan, guru, ahli botani dan ahli perkebunan serta ahli geologi dan batuan mineral. Ia terus mencatat dan membuat sketsa dalam buku hariannya tentang penelitian geologi, fosil dan mineral, flora dan fauna, dan menerbitkan sejumlah kecil namun penting berbagai tulisan ilmiah tentang geologi dan katalognya. Sebagai seniman ia terkenal di lingkungan setempat untuk karya siluet, baik menggunakan kertas maupun di lapisan marmer.

Kehidupan 1760-1800[sunting | sunting sumber]

White Watson dilahirkan di Whitely Wood Hall, Whiteley Woods,[1] dekat Sheffield pada 10 April 1760. Ayahnya Samuel Watson adalah pembuat batu penggiling dari Baslow, Derbyshire, ibunya Martha White (yang mana nama depan White berasal). Kakek buyut Watson, Samuel Watson, dan kakeknya yang juga bernama Samuel Watson, telah memahat dan menjadi tukang batu pada pembangunan kembali Chatsworth House antara tahun 1687 sampai 1706. Melanjutkan tradisi keluarga, tahun-tahun kemudian White Wason juga bekerja di Chatsworth Estate.

Potongan geologi Derbyshire dibuat dari potongan batu dibuat oleh White Watson. Kini berada di Museum Derby.

Ketika masih kanak-kanak, Watson tertarik pada batuan mineral dan fosil, dan mulai mengoleksi serta mengumpulkan contoh-contoh untuk dijual di toko pamannya. Pamannya Henry Watson, adalah pemahat marmer di Bakewell dan Ashford-in-the-Water sejak awal 1750-an, dan ia membangun serta memiliki pemolesan marmer bertenaga air di Ashford-in-the-Water.[2] Henry Watson sangat berkepentingan pada awal perdagangan florit Blue John dan Marmer Hitam Ashford, juga menyediakan lantai marmer hitam dan putih yang baik kualitasnya untuk Great Hall di Chatsworth House tahun 1779.[2] Saat meninggalkan Sekolah Sheffield pada usia 14, White Watson tinggal dengan pamannya, serta bekerja magang padanya sejak 31 Mei 1774. Menurut katalognya, yang saat ini disimpan di Perpustakaan Sheffield, ia mulai mengoleksi fosil dan batuan marmer pada tahun yang sama. Tahun 1782 ia mempromosikan diri sebagai pemahat dan pematung, dan membantu pamannya menjalankan usaha.

Kemungkinan terinspirasi oleh diagram tahun 1782 dari ahli geologi John Whitehurst tentang lapisan bebatuan di daerah Matlock, Derbyshire, tahun 1785 Watshon menampilkan diagram Whitehurs dengan 'Tablet' yang lebih baik dan jelas, 'Potongan Gunung di Derbyhire' ('A Section of a Mountain in Derbyshire'), dibuat dari contoh-contoh bebatuan itu sendiri. Metode penampilan yang inovatif ini tidak saja memberikan pemahaman tentang ilmu pengetahuan tingkat geologi namun juga membentuk usaha awal mendokumentasikan struktur lapisan bumi di Derbyshire secara keseluruhan selain struktur spesifik lokal yang sudah dijelaskan Whitehurst. Sepanjang hidupnya, Watson sudah membuat sekitar 100 'tablet', disertai leaflet penyerta, dan karya ilmiahnya mengandung sketsa yang menjelaskan lebih banyak lagi. Sayangnya 'tablet-tablet' ini kini tidak diketahui keberadaannya, meski diperkirakan sekitar limabelas buah diketahui masih tersisa ujudnya.

Henry Watson meninggal tahun 1786, dan usaha di Ashford-in-the-Water dijual. Sejak saat itu, White Watson menjadi pemoles marmer - tahun-tahun kemudian sebagian usahanya berlanjut ke usaha batu nisan dan marmer monumen gereja [3] - dan usaha batuan mineral serta fosil dari tempatnya sendiri di Bakewell dijadikannya bengkel kerja dan museum untuk koleksinya sampai ia meninggal. Adalah White Watson yang berperan dalam komersialisasi hasil produksi Marmer Ashford - jenis batu kapur yang mengandung bitumen dengan tampilan gelapnya.

Di awal 1790-an Watson bekerjasama dengan William Martin (1767–1810) untuk pembuatan katalog bergambar fosil batu kapur berkarbon. Watson gagal mengumpulkan dana untuk membiayai publikasinya sejak 1790, dan membuat leaflet satu halaman ' Prospektus Katalog dan Deskripsi Fosil Derbyshire '(' Prospectus of a Catalogue and Description of Derbyshire Fossils ') menjelaskan proposalnya (sekarang di Perpustakaan Pusat Sheffield) tahun itu (prospektus kedua dengan tema yang sama, dalam kerjasama dengan Martin, tertanggal dari 1792). Namun, setelah mereka bekerja bersama dalam proyek tersebut dan mengelola keperluan pendanaan untuk publikasi, Martin berangsur-angsur mulai memproduksi sendiri karyanya dari tahun 1793, menggunakan kontribusi teks dari Watson dan plat cetak yang menyertainya tanpa memberikan penghargaan. Sebagai akibatnya, kerjasama akhirnya bubar, dan Martin mempublikasi ulang seri itu dengan namanya sendiri sebagai Volume I dari Petrificata Derbiensia tahun 1809 tanpa sedikitpun penghargaan pada Watson.

Watson diangkat menjadi anggota Linnean Society.[1] pada tahun 1795, dan tetap menjadi anggota seumur hidupnya. Ia juga anggota Derby Philosophical Society sejak 1800, diusulkan oleh Georgiana, the Duchess of Devonshire, dan anggota British Mineralogical Society.

Pada tahun 1798 ia merenovasi sebuah gua di halaman Chatsworth House menjadi gua kristal yang dipenuhi batuan fosil, dengan biaya £110[4] (Catatan: gua ini kemudian direnovasi lagi tahun 1830-an dan bukan hasil kerja Watson). Setelah ini, ia melanjutkan kerja untuk Chatsworth Estate. Awalnya dikontrak selama lima minggu antara April dan Juni 1799 untuk pembuatan katalog dan mengatur koleksi batuan mineral penting diawali oleh Georgiana, Duchess of Devonshire, kemudian bertempat di Chiswick, ia juga mengatur koleksi batuan mineral Lady Henrietta dari Bessborough (saudari Georgiana) di Cavendish Square pada waktu yang sama.

Kehidupan 1800-1835[sunting | sunting sumber]

Watson kemudian ditugaskan sejak 1804 untuk seluruh koleksi Georgiana, Koleksi Mineral Chatsworth, menambahkan sejumlah besar item waktu itu dan menyempurnakan pemahamannya tentang berbagai jenis batuan dan mineral dan hubungan diantaranya. Pada saat itu, Watson menjadi semacam selebriti di lingkungan para ahli sejarah alam, dan sering menerima pengunjung untuk melihat koleksinya di Bath House di Bakewell, yang mana ia juga tinggal dan berperan sebagai pengawas untuk Bath. Salah satu tamunya, J. Hunter menulis tentang Watson di tulisannya Collectiana Hunteriana (1804) "Tuan Watson yang berperawakan sedang dengan hidung pesek, adalah bujangan yang membawa minuman alkohol dan air di Penginapan Bakewell setiap sore". Pengunjung terkenal lainnya, yang melakukan sura menyurat atau pembeli contoh atau koleksi selama bertahun-tahun termasuk diantaranya Lord Denman, Sir Joseph Banks, William Buckland, Erasmus Darwin dan James Sowerby, serta ahli mineral Perancis terkenal Alexandre Brongniart.

Tahun 1808 Watson menikahi Ann Thorpe, berusia 29, dari Buckminster, Leicestershire, yang merupakan keluarga dari Sir Isaac Newton. Di awal tahun yang sama ia membuat 'tablet' yang menunjukkan potongan susunan bebatuan Derbyshire dari Buxton sampai Bolsover, yang ia tunjukkan pada Adipati Devonshire tanggal 20 Februari 1808. Sejak 1810 Watson membuat beberapa 'tablet' dari seksi potongan ini dengan skala ½ inci berbanding 1 mil atau 1 inci berbanding 1 mil, dan berdasarkan ini terbit publikasi awal karya penting tentang geologi Derbyshire "The Delineation of the Strata of Derbyshire" tahun 1811. Meski diracang pada tahap awal dan agak primitif dalam ilmu geologi, namun karya ini luar biasa menggambarkan cukup akurat bagian-bagian 36 tingkatan stratigrafi bebatuan di Derbyshire dengan skala penampang yang menggambarkan seluruh daerah Derbyshire. Sejak saat itu, 'tablet' Watson, sketsa dan catatan jelas menunjukkan bahwa Watson sangat memahami dan sepakat dengan teori Abraham Werner tentang geologi dan klasifikasi bebatuan, dan dalam The Delineation termasuk beberapa diksusi tentang teori Werner. Karya ilmiah Watson dari tahun 1800 termasuk "Katalog koleksi sistematik pengaturan fosil berdasar pada sistem Werner"

Beberapa potongan lainnya melalui jalur yang berbeda melintang Derbyshire dipulikasikan antara 1813 dan 1831, bersama dengan beberapa potongan geologi puncak dan lembah seperti Mam Tor. Sebuah pamflet tahun 1813 "Potongan Strata Daerah Matlock Bath", berpendapat beda dengan John Farey (1766–1826), seorang peneliti kontemporer dan ahli geolog yang menghasilkan peta geologi, "Pemandangan Umum Pertanian dan Mineral Derbyshre" di awal 1811 (sebelum "Delineation" karya Watson). Bekerja sendiri-sendiri dan dengan sedikit informasi dari yang lain selain yang mereka masing-masing amati sendiri, Watson dan Farey sangat tidak setuju[1] pada detail struktur geologi Derbyshire, dan Watson menyadari dengan benar bahwa lanskap pegunungan Derbyshire disebabkan oleh kegiatan vulkanis bawah tanah sedangkan pendapat Farrey bahwa lanskap terbentuk oleh "tarikan satelit di atasnya". Namun, perselisihan atas teori masing-masing dan tuduhan oleh Farey mengenai penggunaan idenya tidak menghalangi mereka untuk mendiskusikan temuan-temuan mereka selama beberapa pertemuan di Bakewell sekitar tahun 1811.

Tahun 1825, tahun meninggalnya Ann, kartu nama Watson ditulis bahwa ia adalah "pembuat monumen, nisan, dll., memberikan kuliah geologi dan mineralogi dan melengkapi koleksi, mengumpulkan informssi barang antik dan peralatan hiburan sampai Botanis". Kemungkinan pada tahun yang sama, Watson membuat diagram stratigrafi melingkar yang tidak umum "PENGGAMBARAN sepuluh STRATA kedalaman seperti yang ditemukan di DISTRIK MINERAL DERBYSHIRE" (A DELINEATION of the ten deepest STRATA as yet discovered in the MINERAL DISTRICTS of DERBYSHIRE). Pada strata geologi ini dibuat mendekati bentuk lingkaran ke arah luar bebatuan tua dan menuju pusat yang terdiri dari bebatuan muda, pada titik-titik di pinggiran diberi nama berbagai tempat di Derbyshire dimana strata dicatat. Titik-titik ini diletakkan pada berbagai jarak dari titik pusat menurut kompleksitas stratifikasi pada titik itu.

Dalam perjalanan hidupnya kemudian, Watson merancang perbaikan untuk Bakewell Bath, tempat tinggalnya, untuk Adipati Rutland, yang menginginkan Bakewell sebagai kota spa yang mengikuti mode. Meskipun proyek ini kemudian gagal, Watson bertanggung jawab atas Taman-taman Bath yang terletak dalam kota sebagai bagian dari rencana, penataan ini banyak yang masih bisa dilihat hingga hari ini.

Meskipun banyak pekerjaan, Watson selalu terlilit hutang, dan dia meninggal dalam kondisi banyak tagihan dan berupaya melunasinya dengan menjual koleksi fosilnya.[5] Ford mencatat dalam pembukuan keuangan dari 1796 hingga 1833 "jika catatan pemasukan dan pengeluarannya adalah benar, ia sebenarnya mendekati bankrut"

White Watson meninggal di Bakewell tanggal 8 Agustus 1835, dimakamkan di pemakaman gereja Bakewell. Ia tidak memiliki keturunan.

Karya yang terselamatkan[sunting | sunting sumber]

White Watson ditampilkan di Museum Derby dengan Kode QR agar pengunjung bisa membaca artikel Wikipedia tentangnya.

Karyanya terpisah-pisah dan dijual pada saat wafatnya. Namun, contoh marmer dan batuan kapur miliknya terselamatkan di makam keluarga Foljambe di Gereja Bakewell, sebuah plakat di Kapel St. George, Windsor untuk George III dari tahun 1789 dan beberapa sisa 'tablet' geologi. Karya 'tablet'nya "Potongan Gunung di Derbyshire" dan "Potongan Strata lengkung aneh di Ecton Hill" sekarang berada di Museum Derby, juga beberapa jenis item lainnya.[6]

'Tablet' lain yang masih ditemukan, termasuk salinan yang sezaman seperti di Museum Derby, berada di Museum Sejarah Alam, London Museum Universitas Oxford, Chatsworth House, Museum Manchester, dan Museum Leicester. Katalog manuskrip Watson tentang Koleksi Mineral Chatsworth masih disimpan di Chatsworth House, bersama dengan banyak contoh yang dikumpulkan untuk koleksi. Meski bertahun-tahun terabaikan, koleksinya sendiri, termasuk contoh-contoh milik Watson, kebanyakan direstorasi di Chartsworth House setelah lebih dari 10 tahun restorasi yang sangat sulit oleh Yayasan Russell.[4]Katalog Karakter Eksternal dari Fosil, oleh White Watson F.L.S. Bakewell, Derbyshire. 1798 (A Catalogue of the External Characters of Fossils) ditemukan ketika pekerjaan restorasi dilakukan, juga disimpan di Chatsworth House. Catatan hariannya dari 1780-1831 berada di Koleksi Bagshawe di Perpustakaan Kota Sheffield, bersama dengan katalog fosilnya. Karya pribadi lainnya, catatan-catatan dan sketsa-sketsa, bersama dengan banyak materi yang dipublikasikan, disimpan di Perpustakaan Sheffield dan Perpustakaan Derby, dan sebuah album berisi persiapan siluet dari tahun 1806 juga berada di Perpustakaan Derby.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

- daftar belum lengkap karyanya selain penjelasan tambahan untuk bagian-bagian dan peta-peta -

  • Observations on Bakewell, paska-1798
  • A Catalogue of a Collection of Limestones, 1803
  • A Catalogue of a Collection of Limestones, 1805
  • A Catalogue of a Collection of Limestones, 1805
  • A Catalogue of a Collection of Fossils, 1805
  • A Delineation of the Strata of Derbyshire, 1811. Publikasi ulang, 1973. ISBN 0-903485-06-0
  • A Collection of Poems, 1812 (sebagai pelengkap 'Delineation' di atas)
  • A Section of the Strata forming the Surface in the Vicinity of Matlock Bath in Derbyshire, 1813
  • On Entrochal Marble, pamflet satu halaman, 1826
  • A Theory on the Formation of Mineral Veins, pamflet satu halaman, 1827
  • A Description of Slickensides, pamflet satu halaman, 1829
  • Observations on Prismatic Gritstone, pamflet satu halaman, 1833

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c (Inggris) Ford, Trevor D., 'White Watson's Tablets', Geology Today 14:1 (1998), 21-25
  2. ^ a b (Inggris) Cooper, Michael P. (30 April 2005). "The Devonshire Mineral Collection of Chatsworth House". Mineralogical Record. 
  3. ^ (Inggris) Gunnis, R., Dictionary of British Sculptors 1660-1851, 1953
  4. ^ a b (Inggris) 'The Devonshire Mineral Collection of Chatsworth House: an 18th Century Survivor and it's Preservation', Michael P Cooper, 2005
  5. ^ Riley and Torrens 1980
  6. ^ (Inggris) Newsletter of the Geological Curators Club, Vol 1, No. 8, 1976. Diakses 26 Februari 2011.

Referesi lainnya dari:

  • (Inggris) The Derbyshire Archaeological Journal, 1889
  • (Inggris) Ford, Trevor D. 'White Watson and his Geological Sections', Proceedings of the Geologist's Association, vol 71 part 4, 1960. Paper received by the Association 09.05.1958
  • (Inggris) Ford, Trevor D. 'White Watson: Pioneer Derbyshire Geologist', Bulletin of the Peak District Mines Historical Society, Vol.1 No.7 (October 1962), pp. 27–37.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]