John Farey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
John Farey, Sr.
Siluet John Farey di Museum dan Galeri Seni Derby karya temannya White Watson dengan Kode QR yang membawa ke artikel ini
Lahir John Farey
1766
Woburn, Bedfordshire
Meninggal 6 Januari 1826
London
Tempat tinggal London
Pekerjaan Geolog, ahli matematika
Pasangan Sophia Hubert
Anak John Farey, Jr. dan 8 lainnya (2 meninggal waktu bayi)

John Farey, Sr. (1766 – 6 Januari 1826) adalah seorang geolog dan penulis. Namun ia lebih dikenal dengan deret bilangan Farey yang disebut demikian dari namanya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dilahirkan di Woburn, Bedfordshire dan mendapatkan pendidikan di Halifax, Yorkshire, menunjukkan kegemarannya atas matematika, melukis dan melakukan penelitian, dibawah bimbingan John Smeaton (1724-1792). Setelah menyelesaikan pendidikannya ia pindah ke London, dimana ia memiliki keluarga dan kemudian bekerja beberapa tahun di London. Ketika itu ia bertemu dengan calon istrinya dan menikah dengan Sophia Hubert (1770-1830). Ketika di London mereka mendapatkan anak pertama John Farey, Jr., kemudian mendapatkan lagi 8 anak, dua diantaranya meninggal ketika masih bayi.

Woburn dan London[sunting | sunting sumber]

Tahun 1792 ia ditunjuk sebagai agen dari Francis Rusell, Adipati ke-5 Bedford untuk perumahan di Woburn. Setelah meninggalnya adipati, Farey pindah ke London tahun 1802. Setelah memikirkan untuk pindah ia mengambil peternakan di desa, dia tinggal disana sebagai konsultan peneliti dan geolog. Dia bisa mengambil langkah itu juga karena hubungannya dengan William Smith, yang pada tahun 1801 telah dipekerjakan oleh adipati Bedford dalam pekerjaan irigasi dan terkait pengairan lainnya. Adipati sangat menghargai pengetahuan Smith tentang pengetahuan geologinya (strata), memerintahkannya pada tahun 1802 untuk menyelidiki bukit kapur di selatan Woburn untuk mengetahui lapisan-lapisan tanahnya; juga memerintahkan Farey untuk bekerja bersamanya. Farey mencatat bahwa Smith adalah Pembimbing dan Instrukturnya dalam Penelitian Mineral, dan dalam publikasinya menunjukkan bagaimana bagusnya ia mendapatkan ilmu dari Smith.

Tahun 1805, ia menggantikan Arthur Young sebagai Sekretaris Smithfield Club. Pekerjaan penelitiannya membawanya keliling negeri dan ia banyak diminta oleh para pemilik lahan untuk meningkatkan hasil guna lahan dan propertinya, atau menggali mineral yang ada di dalamnya. Pekerjaannya di geologi ekonomi menjadi hal penting dalam Revolusi Industri dengan mendapatkan lokasi sumber batubara dan berbagai bijih logam.

Penulis[sunting | sunting sumber]

Farey adalah seorang penulis yang produktif, dan Profesor Hugh Torrens (lihat referensi di bawah) telah menelusuri sekitar 270 makalah yang dibuat olehnya. Empat kali lipat jumlah yang ada pada Catalogue of Scientific Papers dari Royal Society. Ia menulis banyak hal mulai dari hortikultura, geologi, meteorologi, metrologi, desimalisasi mata uang, musik dan matematika sampai paham anti perang.

Ia adalah kontributor penting Ensiklopedia Rees dengan artikel-artikel tentang kanal, mineraloi, penelitian dan beberapa dasar ilmiah dan matematis tentang suara. Berbagai sumber biografi abad sembilan belas, termasuk Kamus Biografi Nasional, yang terjadi salah pengakuan dalam artikel tentang Uap di ensiklopedia Rees. Sebenarnya itu ditulis oleh anaknya John Farey, Junior. Tahun 1809 Farey bertemu William Martin yang mempublikasikan karya tentang fosil Derbyshire, untuk menjajagi apakah mereka bisa membuat peta geologi Derbyshire secara bersama-sama. Martin ternyata terlalu sakit untuk bertemu kedua kalinya dan meninggal setahun kemudian.[1]

Karya Farey paling terkenal adalah Pandangan Umum Pertanian dan Pertambangan Derbyshire (General View of the Agriculture and Minerals of Derbyshire) (3 jilid tahun 1811-1817) untuk Dewan Pertanian. Pada jilid pertama (1811) ia memberikan informasi bagian atas lapisan geologi Britania, dan menjelaskan dengan gamblang kandungan Karbon dan lapisan lainnya dari Derbyshire. Dalam karya umumnya, yang dipublikasikan di Philosophical Magazine, vol. 51, 1818, hal. 173, dalam 'pernyataan Klaim Geologi Smith', ia menulis untuk menarik perhatian betapa pentingnya penemuan William Smith.

Deret bilangan Farey[sunting | sunting sumber]

Selain dikenang oleh para ahli sejarah geologi, namanya juga banyak dikenal dengan deret bilangan Farey yang ditulisnya sebagai ketertarikan atas matematika suara.[2]

Farey wafat London. Kemudian istrinya menawarkan koleksi geologi Farey ke Museum Britania, namun ditolak, koleksi tersebut lalu tersebar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) H. S. Torrens, ‘Martin, William (1767–1810)’, Oxford Dictionary of National Biography, Oxford University Press, 2004 diakses 13 Feb 2011
  2. ^ Philosophical Magazine, vol. 47, 1816, hal 385-6