Geolog

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Para geolog sedang menjelajah cadas sedimenter Jura di Makhtesh Gadol, Gurun Negev, Israel

Geolog ialah seseorang yang mempelajari struktur fisik dan proses Bumi dan planet sistem tata surya untuk kemajuan geologi.

Pendidikan sarjana geolog mencakup sejumlah bidang studi dalam fisika, matematika, kimia, dan kemungkinan biologi, di samping kelas yang ditawarkan di Jurusan Geologi; geologi sejarah dan fisik, petrologi metamorfik dan petrografi, hidrogeologi, sedimentologi, stratigrafi, mineralogi, paleontologi, geografi fisik dan struktural adalah beberapa contoh bidang studi yang ditawarkan. Kebanyakan geolog juga memerlukan keahlian dalam sistem informasi geografi dan teknik pemetaan lainnya. Mahasiswa geologi dapat menghabiskan masa liburan dengan tinggal dan bekerja dalam keadaan biasa dengan anggota staf (biasa disebut sebagai "kerja lapangan").

Para geolog memiliki pengetahuan tentang mineralogi, petrologi, paleontologi dan ilmu bumi. Geolog dapat memfokuskan studi dalam 1 bidang atau lebih, seperti geologi ekonomi, teknik geologi, geofisika, geokimia, geokronologi, hidrogeologi, geologi isotop, geologi kelautan, paleoklimatologi, pedologi, geologi perminyakan, sedimentologi, geologi struktural, vulkanologi, dll.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]