Joseph Strutt (filantropi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Joseph Strutt

Joseph Strutt, dari potret yang digantung di Mayoral Gallery di Derby Council House
Lahir 1765
Derby
Meninggal 13 Januari 1844
Derby
Kewarganegaraan Inggris
Pekerjaan Hakim, wali kota
Pasangan Isabella Archibold Douglas
Anak 1 putra, 2 putri (Caroline dan Isabella)
Orang tua Jedediah Strutt
Kerabat William dan George (kakak-kakaknya)

Joseph Strutt (1765-1844) adalah seorang filantropi dari Inggris.

Latar belakang dan kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Joseph adalah anak termuda dari Jedediah Strutt dari Derby, yang mempunyai dua putra lainnya, William dan George. Keluarga Strutt mempunyai penghasilan dari sutra, kapas dan pemintalan belacu di Morledge, Derby.

Joseph dibaptis di Kapel Unitarian di Friar Gate, Derby tanggal 19 September 1765, dan kemudian belajar di Sekolah Derby.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Tahun 1793 ia menikahi Isabella Archibold Douglas di Gereja St. Oswald, Ashbourne, Derbyshire, Isabella kemudian meninggal tahun 1801 meninggalkan Joseph dengan seorang putra dan dua orang putri, Caroline dan Isabella. Caroline menikah dengan Edward Hurt dan meninggal tahun 1835. Isabella menikah dengan John Howard Galton dari Hadzor House dan menjadi ibu dari Sir Douglas Strutt Galton.

Karier[sunting | sunting sumber]

Strutt bekerja di Derby Corporation sejak usia 28 tahun, bekerja di berbagai bidang, termasuk Hakim Kepala dan dua periode pemerintahan sebagai Walikota Derby. Ia menjalani masa jabatan kedua sebagai wali kota pertama masa reformasi Derby, menjabat sejak November 1835 sampai November 1836.

Ia adalah seorang tokoh radikal pergerakan reformasi sosial dan mendedikasikan sebagian besar masa hidupnya untuk melayani kota. Ia memiliki keyakinan bahwa untuk mendapatkan rasa hormat dari kelompok pekerja dan mengubah mereka dari "perilaku brutal dan kenikmatan yang rendah" mereka harus mendapatkan kesempatan yang sama atas rekreasi yang lebih beradab, seperti pameran seni, ruang terbuka hijau, seperti yang dinikmati oleh kelompok masyarakat yang lebih tinggi. Strutt juga mendirikan Mechanics Institution (dibuka tahun 1824).

Ia menjadi Letnan Deputi di milisi lokal ketika terjadi Peperangan era Napoleon, karena Inggris mendapatkan ancaman invasi dari Perancis.

Strutt membuka rumah dan taman-tamannya di Thorntree House yang terletak di St. Peter's Street, saat ini menjadi lokasi Bank HSBC. Sebagai galeri seni dan museum dan boleh dikunjungi semua kelas masyarakat Derby, agar mendapatkan banyak apresiasi masyarakat atas karya seni. Karya seni yang dipamerkan termasuk patung-patung karya William John Coffee, menampilkan patung-patung era Klasik dan periode Renaisans yang ditampilkan dengan lukisan-lukisan dari seniman Renaisans.

Koleksi lukisannya juga memberikan kesempatan pada masyarakat pekerja biasa untuk melihat-lihat karya seni yang baik.

Koleksi artefaknya juga meliputi Mumi Mesir, dipercaya sebagai yang saat ini berada di Museum Pusat Derby.

Selain berbagai hal, Strutt adalah direktur Mechanics Institution yang didirikannya tahun 1824, dan berlangganan tahunan untuk beberapa hal yang mendukung pekerjaannya. Pameran yang diadakan di ruang kuliah Institusi tahun 1839 meliputi lukisan yang diambil dari koleksi Strutt. Beberapa diantaranya diperkirakan menjadi koleksi awal Museum-museum di Derby.[1]

Ia juga menyumbang £1,000 ke Athenaeum Society, untuk membantu pembangunan Gedung Athenaeum, sebuah museum dan galeri seni yang menampilkan koleksi seni dan pameran untuk masyarakat umum. Ia juga mendukung keuangan Derbyshire General Infirmary (kemudian menjadi Derbyshire Royal Infirmary), yang dirancang dan dibangun untuk kakaknya, William.

Strutt kemungkinan dikenal karena sumbangannya pada masyarakat Derby untuk Arboretum, yang dirancang sebagai tempat olahraga dan hiburan; juga tercatat sebagai taman umum untuk masyarakat yang pertama di Inggris. Ia mencatat pekerjaan John Claudius Loudon yang membuat lay out rancangannya, dan setelah selesai mendapat pembayaran sebesar £10,000.

Strutt meninggal tanggal 13 Januari 1844 di rumahnya di St. Peters Street, setelah mengikuti rapat untuk memberikan suaranya guna peningkatan kondisi sanitasi kota Derby. Ia telah menderita sakit untuk beberapa waktu dan sering kambuh tanpa pernah sembuh. Ia dimakamkan di samping makam istrinya, Isabella, di Kapel Friargate Unitarian di Friar Gate. Kapel ini telah dirobohkan tahun 1970-an untuk pembangunan komplek perkantoran Heritage Gate, yang kemudian menyatu dengan Kapel Unitarian yang modern.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Allard, Sarah; Nicola Rippon (2003). Goodey's Derby p.96. Breedon Books. hlm. 157. ISBN 1 85983 379 9. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]