Derventio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Derventio
Pemukiman Romawi, di bagian belakang rumah-rumah ini agak terpisah tahun 1960-an
Pemukiman Romawi ini dari masa abad ke-3, Derventio terletak di belakang rumah-rumah ini
Peta menunjukkan lokasi Derventio di Derbyshire.
Derventio is located in Derbyshire
Peta menunjukkan lokasi Derventio di Derbyshire.
Lokasi Derby, Derbyshire
Daerah East Midlands
Coordinates 52°56′01″LU 1°28′25″BB / 52,933735°LU 1,473586°BB / 52.933735; -1.473586
Jenis Benteng Romawi
Bagian dari Icknield Street
History
Dibangun Diperkirakan ketika kampanye perang Aulus Didius Gallus antara tahun 52-57
Ditinggalkan Diperkirakan ketika awal kampanye gubernur Quintus Petillius Cerialis sekitar tahun 71
Site notes
Website www.roman-britain.org/places/derventio_coritanorum.htm
Pastcape

Derventio adalah kota di provinsi Romawi di Britania. Sekarang dikenal sebagai Little Chester, di pinggiran Derby, berlokasi di daerah Derbyshire, Inggris.[1]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Benteng Romawi pertama di daerah ini dibangun di seberang Sungai Derwent di Strutts Park. Digantikan pada sekitar tahun 80 oleh benteng yang ada saat ini, hanya berfungsi sekitar empat puluh tahun, kemudian ditinggalkan. Waktu itu banyak kegiatan Romawi di benteng, yang terhubung ke arah barat dengan Icknield Street, dan ke timur melalaui jalan ke Sawley di Sungai Trent. Sebuah [[Pemukiman Romawi Derby Racehourse|benteng peninggalan yang membuat gerabah dan barang-barang logam ditemukan 600 meter arah timur dari Sawley Road. Benteng ini kemudian diambil dan dipakai kembali sampai dua puluh lima tahun kemudian. Gundukan pertahanan dan palisade dibuat kembali dan gerbang batu dibangun. Dulunya ditinggal tak digunakan sampai akhir abad ke-3 ketika dinding batu dibangun sekeliling kota.[2] Ini tidak terpakai lebih lama dari akhir abad ke-4

Old Chester Road masa kini membelah lokasi benteng tersebut, dan pada abad 19 dipotong jalur Midland Railway.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kampanye perang Ostorius Scapula

Bagian sejarah Britania ini pernah dikuasai suku yang dikenal dengan nama Cornovii. Tahun 46-47 Tentara Romawi dibawah pimpinan gubernur Aulius Plautius kemungkinan menguasai tanah itu ke arah selatan Sungai Trent, jadi pada tahun 50 ini menjadi garis depan. Sedikit sekali dokumentasi tertulis pada tahun-tahun ini jadi sumber informasi diperoleh dari penggalian arkeologi. Akhir tahun 47 gubernur baru Britania Ostorius Scapula, mulai memerangi suku-suku seperti di Wales, dan Dataran Cheshire. Pada masa tersebut benteng Romawi Strutts Park, adalah salah satu benteng baru yang dibangun untuk jalan perantara perbekalan dari Wroxeter ke Rossington.

Kampanye perang untuk menguasai Silures berlanjut dibawah gubernur Quintus Veranius dan penerusnya Gaius Suetonius Paulinus namun peran Strutt Park saat ini adalah mempertahankan perdamaian. Sekitar tahun 74, lahan di utara Sungai Mersey menjadi labil, ketika Ratu Cartimandus diminta membantu Romawi untuk memerangi pemberontakan. Lalu tahun 78, Gnaeus Julius Agricola, yang terkenal karena pujian dalam biografi yang ditulis menantunya Tacitus, menjadi gubernur. Ia mengatur kembali benteng-benteng, memperbaiki infrastruktur jalan dan menjadi kampanye perang yang terdokumentasi baik, paling awal pada tahun 78. Ia menguasai kembali Wales Utara, lalu tahun 79 ia menguasai Brigantes dan Parisii mengambil alih seluruh Inggris daerah utara sampai perbatasan Skotlandia saat ini. Benteng Strutt Park dikosongkan tahun 80 ketika Derventio dibangun.

Derventio dikuasi 40 tahun sampai sektar tahun 120. Kekaisaran Hadrian mengunjungi Britania tahun 120 dan memerintahkan pembangunan dinding benteng. Meski Britania selalu mempunyai garnisun besar, fokusnya berubah menjadi produksi industri. Derby menghasilkan gerabah dan tambang timah ke arah utara di Distrik Peak, kemudian menjadi pusat pengolahan logam. Berlanjut sampai 200 tahun kemudian.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Burnham, Barry C; Wacher, John (1990). The Small Towns of Roman Britain. London: B T Batsford. ISBN 9780520073036. 
  2. ^ (Inggris) Vinnels, Maria (2006-06-15). "Manor Kingsway SPD Derby". White Young Green Environment Ltd for English Heritage. Diakses 23 May 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]