Andrew Handyside and Company

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Andrew Handyside and Company
The Friar gate Bridge. (Manufacturer's name and date of construction inset)
Tipe Ltd (perseroan terbatas)
Nasib
Didirikan 1848
Ditutup 1920-an
Lokasi Derby
Industri Pengecoran
Produk Besi Cor Ornamental, Jembatan,
Komponen struktur
Tokoh penting Andrew Handyside
Detil struktur tiang di Nottingham railway station.
Satu dari sepasang vas dibuat oleh Handyside untuk Derby Arboretum Tahun 1846. Dipamerkan di Museum Industri Derby.

Andrew Handyside and Company adalah sebuah perusahaan pengecoran besi di Derby, Inggris pada abad ke-19 yang didirikan oleh Andrew Handyside.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Dilahirkan di Edinburgh, Skotlandia tahun 1805, Handyside bekerja pada perusahaan rekayasa teknologi pamannya Charles Baird di St. Petersburg sebelum mengambil alih Pengecoran Handyside tahun 1848. Sebelumnya dibuka pertamakali sekitar tahun 1820 oleh Weatherhead dan Glover untuk pekerjaan besi ornamen cor, memperoleh reputasi yang baik, sebagian karena keahlian pekerjanya namun juga karena kualitas dari pasir cetak lokal. Tahun 1840-an melakukan penambahan jenis hasil kerja ke komponen rel kereta. Diantara pelanggan awal adalah Bengkel Lokomotif Midland Railway di Derby dengan pekerjaan silinder blok dan pekerjaan cor lainnya.

Meski ornamen cor besi menjadi ketinggalan zaman, sampai munculnya baja terdapat peningkatan permintaan untuk industri dan konstruksi besi. Ia konsentrasi pada peningkatan kekuatan material, yang dilakukan pengujian di Woolwich tahun 1854 membuktikan mempunyai daya tahan peregangan antara 20 sampai 23 ton per inci persegi, di atas normal yang biasanya sekitar 17. Ia juga mempertahankan nilai seni yang sudah hilang sebelumnya dan melakukan pengembangan.

Produksinya bervariasi dari hiasan taman sampai jembatan rel kereta. Ia memproduksi tiang lampu untuk penerangan jalan berbahan gas (satu masih tersisa di Wardwick, Derby) dan yang pertama memproduksi standar kotak surat Kantor Pos. Hampir 2000 jenis bingkai jendela juga diproduksi. Bahkan perusahaan pernah membuat kubah untuk pembuat baja Henry Bessemer untuk atap rumah kaca (konservatori).

Ketika diputuskan tambahan lahan kecil untuk bekerja, di sisi Sungai Derwent, Derbyshire, dikelilingi lereng di sekitarnya hasilnya sungguh memuaskan. Antara 1840 sampai 1846 misalnya, diproduksi ratusan jembatan untuk London, Brighton and South Coast Railway.

Waktu itu juga diproduksi mesin penggiling, palu, alat tempa, alat penekan, awalnya untuk keperluan sendiri, lalu untuk perusahaan lain termasuk pabrik baja baru.

Kemudian mulai dibuat struktur lengkung, seperti bangsal kereta untuk stasiun, termasuk di Bradford Adolphus Street, Middlesbrough, tahun 1854 dan St. Enoch di Glasgow. Tahun 1870-an perusahaan mulai membuat fabrikasi gedung pasar, dibuat dari komponen yang distandarisasi dan di ekspor ke seluruh dunia. Tahun 1870 dibuat Jembatan Tol Wilford, 1871 Jembatan Trent baik di Nottingham dan tahun 1872 di Jembatan Gantung Albert di London. Jembatan-jembatan lain dan struktur lainnya dibuat di Rusia, Jepang, Afrika, Amerika Selatan, Kanada dan India. Komponen-komponen struktur seperi kolom (tiang) juga digunakan oleh para arsitek di banyak negara, satu contoh ditemukan di lapangan utama di kota Tampico, Mexico.

Tahun 1874, Andrew Handyside menghadapi suatu kenyataan, bahwa penyusutan bangunan, pabrik dan mesin-mesin harus dikurangkan pada keuntungan bersih. Sayangnya, Pemeriksa Pajak lokal tidak sependapat. Perusahaan ini memenangkan persidangan tingkat awal, namun kalah dalam Pengadilan Keuangan Britania Raya (tingkatan yang lebih tinggi).

Tahun 1877, Great Northern Railway (GNR) sampai ke Derby, dengan viaduk yang panjang dari timur melintasi Lembah Derwent, memotong bagian utara kota, termasuk Friar Gate - sebuah daerah yang sudah terbangun. Untuk menenangkan penduduk, sebuah jembatan yang indah dibangun melintasi jalan. Hal yang semula ditolak oleh masyarakat, kemudian berbalik dihargai oleh penduduk kota. Kini berhasil menolak beberapa kali upaya modernisasi dengan menggantinya dengan sebuah jalan bypass. Handyside juga menyediakan bahan struktur jembatan melintasi Sungai Derwent yang diuji coba dengan menjalankan enam lokomotif melintasinya.

Tahun 1877 Cheshire Lines Committee (CLC) membuka jalur dan Handyside menyediakan struktur untuk stasiun Sentral Manchester dan juga stasiun Sentral Liverpool. Struktur Handyside lainnya yang masih berdiri adalah Viaduk Outwood di jalur Bury sampai Rawtenstall menggantikan struktur balok kayu tahun 1881. Meski jalur itu ditutup tahun 1966 namun kemudian direstorasi sebagai bagian dari jalur bersejarah.

Struktur terbesar yang dibangun oleh Handyside, yang dikatakan sebagai balai terbesar di kerajaan ditutup oleh satu bentang besi dan kaca, adalah National Agricultural Hall di London yang dibangun tahun 1886, kini dikenal sebagai Olympia.

Tahun 1893 Handyside menyiapkan struktur untuk Terusan Kapal Manchester, termasuk Akuaduk Barton Swing dan Jembatan Barton Road Swing. Dengan ketelitiannya, dibuat di tempat fabrikasi sebelum dikapalkan dan dibangun di lokasi.

Handyside wafat tahun 1887 dan perusahaan perlahan menurun kinerjanya sampai ditutup di awal abad ke-20. Pengecoran dirobohkan dan digantikan perumahan, jejak yang tersisa hanyalah nama jalan: Handyside Street.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

William Handyside - Insinyur

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Cooper, B., (1983) Transformation of a Valley: The Derbyshire Derwent Heinemann, republished 1991 Cromford: Scarthin Books
  • (Inggris) Robert Thorne, ‘Handyside, Andrew (1805–1887)’, Oxford Dictionary of National Biography, Oxford University Press, Sept 2004; online edn, Jan 2008 link

Pranala luar[sunting | sunting sumber]