Nottingham

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Nottingham merupakan kota, otoritas persatuan, dan kota county Nottinghamshire yang terletak di bagian timur daratan Inggris tengah. Pusat kota Nottingham terletak pada Sungai Leen dan perbatasan di bagian selatannya mengikuti aliran Sungai Trent, yang mengalir dari kota Stoke ke kota Humber. Menurut sensus tahun 2001, Nottingham memiliki populasi kota sebesar kurang lebih 275.100 orang yang diperkirakan meningkat hingga 278.800 orang pada tahun 2005. Konurbasi Daerah Urban Nottingham (yang termasuk suburb yang mengelilingi batasan kota, misalnya Arnold, Carlton, West Bridgford, dan kota tetangganya) memiliki populasi sebesar 666,358 orang (sensus tahun 2001). Nottingham juga merupakan member dari English Core Cities Group atau Kumpulan Kota Penting Inggris.

Bagian paling penting dari Pusat Kota Nottingham adalah Old Market Square, dimana telah dilakukan pengembangan dan renovasi besar - besaran yang selesai pada bulan Maret 2007. Kebanyakan dari jalanan pertokoan utama mengelilingi Old Market Square ini. Rumah Pemerintahan, yang memiliki kubah yang bentuknya tidak proporsional, berada tepat di atas Old Market Square. Pada zaman bangunan musik dahulu, banyak komedian yang mengomentari Rumah Pemerintahan itu dengan berkata, "Apabila itu yang disebut dengan Rumah Pemerintahan, maka saya akan menulis nama saya!" Di dalam Rumah Pemerintahan terdapat Exchange Arcade yang merupakan sebuah pusat pembelanjaan. Sebuah bagian bohemian dari kota yang disebut dengan Hockley terletak dekat dengan area Lace Market.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nottingham adalah salah satu dari kota industri besar di Inggris yang cukup unik karena memiliki sejarah industri yang sama pentingya dengan keberadaannya sekarang. Bukti pertama adanya penetapan di daerah itu berasal dari zaman pre-Romawi, dan bahkan ada kemungkinan bahwa orang Romawi juga pernah tinggal di daerah ini.

Pada zaman Anglo-Saxon, sekitar tahun 600 Masehi, daerah ini merupakan bagian dari Kerajaan Mercia, dan dikenal sebagai "Tigguo Cobauc" yang berarti "tempat yang penuh dengan rumah goa". Namun, akhirnya daerah ini jatuh ke tangan seorang pemimpin Saxon bernama Snot, sehingga daerah ini sering disebut dengan "Snotingaham" yang memiliki arti "tempat tinggalnya orang - orang Snot) Seperti kebanyakan nama kota di Inggris, nama ini kemudian berubah menjadi "Nottingham". Hal ini disebabkan kedatangan orang - orang Perancis yang tidak dapat menyebut "sn" pada nama kota sebelumnya. Snot mendatangkan orang - orangnya yang kemudian tinggal di tempat historis Lace Market.

Nottingham was captured in 867 by Danish Vikings and later became one of the Five Burghs - or fortified towns - of The Danelaw.

Pada abad ke-11 Kastl Nottingham dibangun di daerah Sungai Trent. Kedatangan orang - orang Anglo Saxon berkembang sehingga mereka memiliki English Borough of Nottingham dan memiliki Ruang Kota dan Pengadilan. Sebuah daerah huga dikembangkan di sekitar kastil pada bukit di depannya yang merupakan tempat orang Perancis yang mendukung orang Normans di kastil. Akhirnya, lapangan di antaranya dibangun selagi kota berkembang dan Old Market Square menjadi fokus dari kota Nottingham beberapa abad setelahnya.

Kota ini berkembang menjadi county pada tahun 1449, sehingga memiliki pemerintahan sendiri yang efektif. Kastil dan Shire Hall tidak dimasukkan dan hanya menjadi puing - puing dari Nottinghamshire.

Selama Revolusi Industri, kebanyakan dari kekayaan Nottingham berasal dari industri tekstil. Nottingham juga merupakan pusat tali internasional. Namun, karena pertumbuhan yang tidak dirancang dengan baik dan berlangsung begitu cepat, Nottingham memiliki reputasi sebagai kota yang memiliki daerah pemukiman kumuh terparah di Kerajaan Inggris kecuali India. Bahkan, terjadi kerusuhan di daerah ini tahun 1831 sebagai protes terhadap oposisi Duke of Newcastle terhadap Reform Act 1832, yang menyebabkan kebakaran di tempat tinggalnya di Kastil Nottingham.

Sektor tekstil Nottingham jatuh selama berpuluh-puluh tahun akibat Perang Dunia Kedua, akibat ketidakmampuan untuk bersaing di daerah Timur Jauh dan Asia Selatan. Sekarang, sedikit sekali industri tekstil di Nottingham, namun banyak dari bekas industri yang masih baik direnovasi dan digunakan untuk kegunaan lain.

Nottingham adalah salah satu dari borough yang dibentuk oleh Municipal Corporations Act 1835, yang saat itu terdiri atasNottingham St Mary, Nottingham St Nicholas dan Nottingham St Peter. Tahun 1877, kota ini berkembang menjadi meliputi daerah Basford, Brewhouse Yard, Bulwell, Radford, Sneinton, Standard Hill dan bagian dari West Bridgford, Carlton, Wilford (Wilford Utara). Tahun 1889 Nottingham menjadi county dibawah aturanLocal Government Act 1888. Nottingham kemudian diperbesar tahun 1933 dengan menambah Bilborough dan Wollaton, bagian dari Bestwood Park dan Colwick, serta bagian yang baru direnovasi distrik urban Beeston. Perpanjangan perbatasan diijinkan pada tahun 1951 ketika Clifton dan Wilford (bagian selatan dari Sungai Trent) dimasukkan ke dalam kota.

Robin Hood[sunting | sunting sumber]

Legenda Robin Hood yang terkenal berasal dari abad pertengahan, dan dikatakan bahwa ia dahulu tinggal di Hutan Sherwood, yang berada dari bagian utara Nottingham ke bagian utara Doncaster, Yorkshire. Sekalipun Robin Hood sering dihubungkan dengan Nottingham, banyak yang mengatakan bahwa ia datang dari Yorkshire. Nama Robin Hood sendiri banyak mengundang turis, sehingga banyak bisnis dan toko di Nottingham yang mempergunakan nama itu. Sebuah patung Robin Hood juga dibangun dan sangat dekat dengan Market Square.

Goa Nottingham[sunting | sunting sumber]

Goa Nottingham sangatlah terkenal dan penting, baik dahulu maupun sekarang. Goa - goa ini dipakai sebagai rumah tanning, namun pada zaman sekarang goa ini dijadikan atraksi turis. Goa - goa ini bukanlah asli dan merupakan buatan manusia. Nottingham memiliki goa - goa buatan manusia yang paling banyak di seluruh negeri, sehingga menjadikannya penting untuk kekayaan UK.

Sebelum masa revolusi industri, goa - goa ini dipakai untuk tempat tinggal orang yang miskin. Banyak keluarga dan gudang yang berada di daerah ini, mulai dari abad ke 18 sampai tahun 1924, dimana keluarga terakhir yang tinggal di situ keluar. Pada perang dunia, goa - goa ini dipakai sebagai tempat perlindungan dari bom - bom.

Di goa ini, terdapat pub sangat terkenal yang mengaku tertua di Inggris bernama Ye Olde Trip to Jerusalem Inn, yang dibangun di daerah gua ini.

Kastil Nottingham[sunting | sunting sumber]

Kastil Nottingham dibangun oleh William the Conqueror, dan sangat terkenal di Abad Pertengahan sebagai salah satu dari kekayaan negeri, dan temapt ini merupakan tempat dimana Charles I menyatakan bahwa Royal Standard tahun 1642 tidak lagi berlaku. Sisa dari kastil medieval ini hanyalah rumah gerbang yang direstorasi, dan puing - puing dari tembok dan pondasi.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Nottingham terletak pada koordinat: 52°58′00″ U, 01°10′00″B (52.9667,-1.1667).

Kota Nottingham memiliki batas yang sangat sempit dan tidak termasuk beberapa suburb dan kota kecil yang biasanya disebut dengan Greater Nottingham, termasuk Arnold, Carlton, West Bridgford, Beeston dan Stapleford. Kota lainnya dan desa - desa termasuk Hucknall, Eastwood, Tollerton, Ruddington, Ilkeston dan Long Eaton (2 terakhir terletak pada Derbyshire.) Area geografis Greater Nottingham termasuk beberapa otoritas lokal seperti: Gedling, Broxtowe, Rushcliffe, Ashfield, Erewash dan Amber Valley.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]