John Whitehurst

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
John Whitehurst

John Whitehurst dilukis oleh Joseph Wright
Lahir 10 April 1713
Congleton
Meninggal 18 Februari 1788
Tempat tinggal Cheshire
Kewarganegaraan  Britania Raya
Pekerjaan pembuat jam, ilmuwan
Dikenal karena ahli geologi
Pasangan Elizabeth Gretton
Anak tidak ada

John Whitehurst FRS (lahir di Congleton, Cheshire, Inggris, 10 April 1713 – meninggal di Inggris, 18 Februari 1788 pada umur 74 tahun), dari Cheshire, Inggris, adalah seorang pembuat jam dan ilmuwan, juga memberikan kontribusi awal yang cukup berjasa pada ilmu geologi. Ia adalah anggota berpengaruh di Lunar Society.

Kehidupan dan pekerjaan[sunting | sunting sumber]

Whitehurst dilahirkan di Congleton, Cheshire, di masa tua menjadi pembuat jam.[1] Hanya menerima sedikit pendidikan formal, Whitehurst muda dididik membuat jam oleh ayahnya, yang juga mendorong anaknya untuk mengejar pengetahuan. Pada usia dua puluh satu, ia mengunjungi Dublin untuk melihat pembuatan jam yang rumit yang ia dengar. Tahun 1722 ia menemukan "mesin pulsasi", sebuah perangkat pemompa air yang menjadi cikal bakal hydram.[2]

Sekitar 1736 Whitehurst memulai usaha sendiri di Derby, yang mana ia kemudian mendapat banyak pekerjaan, yang membedakan dirinya dari yang lain dengan membuat peralatan mekanik yang berbeda. Berbeda dengan pekerjaan lainnya ia membuat jam untuk balai kota, dan sebagai penghargaan ia mendapat gelar "burgess" pada 6 September 1737. Ia juga membuat termometer, barometer, dan beberapa peralatan ilmu pengetahuan lainnya, serta ia amat tertarik merancang peralatan yang berhubungan dengan air. Di hampir semua pekerjaan khusus di Derbyshire ia nyaris selalu terlibat sebagai konsultan, terutama terkait pekerjaan yang memerlukan keahlian mekanika, pneumatik, dan hidraulik.

Tahun 1774, Whitehurst mendapatkan posisi di Royal Mint, London. Tahun 1775, pada proses pembuatan pengamanan yang lebih baik untuk uang koin emas, tanpa ada halangan ia ditunjuk untuk pembuatan mesin pencetak uang atas rekomendasi Adipati Newcastle.[3] Whitehurst pindah ke London, dimana sisa hidupnya dilewati untuk mengejar ilmu pengetahuan, dan dimana rumahnya di Colt Court, Fleet Street (sebelumnya menjadi tempat tinggal James Ferguson) sering dikunjungi ilmuwan-ilmuwan terkenal.

Tahun 1778 Whitehurst mempublikasikan teori tentang strata geologi di Sebuah Penelitian dalam Bentuk Asli dan Formasi Bumi (An Inquiry into the Original State and Formation of the Earth). Rencana semula untuk pekerjaan ini, yang sudah mulai dilakukan sejak ia tinggal di Derby, adalah untuk menyiapkan penemuan mineral berharga di bawah permukaan Bumi. Ia mengupayakan risetnya dengan terlalu bersemangat sehingga mempengaruhi kesehatannya.

13 Mei 1779 Whitehurst diangkat menjadi anggota Royal Society, dan tahun 1783 ia diberangkatkan untuk mempelajari Giant's Causeway dan sisa-sisa gunung api di utara Irlandia, kemudian pengamatannya dimasukkan ke edisi kedua karyanya Inquiry. Sekitar 1784 ia diminta membuat sistem penghawaan Rumah Sakit St. Thomas (lihat tulisan Bernan History and Art of Warming and Ventilation, 1845, ii. 70). Tahun 1787 ia mempublikasikan An Attempt towards obtaining invariable Measures of Length, Capacity, and Weight, from the Mensuration of Time (London). Dimulai dengan asumsi bahwa posisi detik pada garis bujur London adalah 39,2", ia membagi bahwa jumlah osilasi 42 kali semenit adalah 80", atau 1' 20". Jaraknya tepat 5'. Ia menemukan dari percobaaan bahwa perbedaan sebenarnya hanya 59,892" dari panjang pendulum sebenarnya, osilasi sekali per detik adalah 39,125". Ia menghitung dari data panjang pendulum, jarak ayunan, dan berbagai faktor dari gravitasi dan bentuk permukaan bumi yang perlu diperhitungkan (kaitan pendulum jam dan posisi koordinat bumi).

9 Januari 1745 Whitehurst menikah dengan Elizabeth Gretton, putri dari George Gretton, rektor dari Trusley dan Dalbury di Derbyshire. Setelah Whitehurst meninggal tahun 1788 di rumahnya di Bolt Court, Fleet Street, ia dimakamkan disamping makam istrinya di St. Andrew's di pemakaman Gray's Inn Koad. Mereka tidak memiliki keturunan.

Diperkirakan Whitehurst menjadi model pada lukisan Joseph Wright tentang filsuf yang mempelajari orrery.[4]

Tulisan pilihan[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Whitehurst, John (1778). An Inquiry into the Original State and Formation of the Earth. London: J. Cooper. ISBN 0405104650. 
  • (Inggris) Whitehurst, John (1787). An Attempt Towards Obtaining Invariable Measures of Length, Capacity, and Weight, From the Mensuration of Time, Independent of the Mechanical Operations Requisite to Ascertain the Center of Oscillation, or the True Length of Pendulums. London: W. Bent. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Banyak dari artikel ini diadaptasi dari sumber: Dictionary of National Biography, 1885-1900, Volume 61: Whitehurst, John by Edward Irving Carlyle
  2. ^ (Inggris) Lihat Whitehurst, John (1775). "Account of a Machine for Raising Water, Executed at Oulton, in Cheshire, in 1772". Philosophical Transactions (1683-1775) 65: 277–279. doi:10.1098/rstl.1775.0026. JSTOR 106195?. 
  3. ^ (Inggris) "Industrial Revolution: A Documentary History". Diakses 2008-04-25. 
  4. ^ (Inggris) Bygonederbyshire.co.uk:1700s: US patriot and his links to Derby diakses 29 Mei 2011

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]