James Ferguson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
James Ferguson (1710-1776)

James Ferguson (lahir 25 April 1710 – meninggal 17 November 1776 pada umur 66 tahun) adalah seorang astronom Skotlandia dan seorang pembuat peralatan.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ferguson dilahirkan dekat Rothiemay di Banffshire dari orangtua yang sederhana. Menurut otobiografinya, ia belajar membaca dari memperhatikan ayahnya mengajari kakaknya, dan dengan bantuan seorang perempuan tua ia bisa membaca lebih baik sebelum ayahnya mengajarinya. Setelah ayahnya mengajari menulis, ia dikirim pada usia tujuh tahun selama tiga bulan ke sekolah tatabahasa di Keith.

Peter Perez Burdett - pembuat peta kemungkinan James Ferguson atau Isaac Newton? Earl Ferrers yang membeli lukisan ini Gunakan kursor (Klik "i" untuk membesarkan)
A Philosopher Lecturing on the Orrery oleh Joseph Wright. Gunakan kursor untuk melihat siapa orangnya.[2]


Ketertarikannya pada mekanika terjadi ketika ia tanpa sengaja melihat ayahnya menggunakan pengungkit untuk menaikkan bagian atap rumahnya — sebuah peristiwa yang mengagumkannya karena dengan tenaga kecil bisa menghasilkan kekuatan mengangkat yang besar. Tahun 1720 ia disuruh ke peternakan tetangga untuk menjaga domba, dan ia kagum sendiri dengan membuat model mesin-mesin disitu, pada malam hari ia mempelajari bintang-bintang. Setelah itu, ia menjadi pembantu di tempat penggilingan, lalu dengan seorang dokter, ia mengalami kesulitan-kesulitan yang menyebabkan kesehatannya menurun. Karena dipaksa kondisi kesehatannya untuk kembali ke rumah, ia kemudian menghibur diri dengan membuat jam dengan gerigi kayu dan pegas menggunakan tulang insang ikan paus. Ketika mulai sehat ia menunjukkan karyanya ini dan beberapa penemuan lain pada seorang ningrat, yang kemudian mempekerjakannya untuk membersihkan koleksi jamnya, dan memintanya menganggap seperti rumahnya sendiri. Ia kemudian mulai menggambar pola sulaman, keberhasilannya dalam hal seni ini membuatnya berpikir untuk menjadi seorang pelukis.

Tahun 1734 ia pergi ke Edinburgh, dimana ia mulai membuat miniatur potret dengan tujuan sambil ia belajar, ia membiayai diri dan keluarganya selama beberapa tahun dari pekerjaan tersebut. Kemudian ia tinggal di Inverness, dimana ia mengerjakan Astronomical Rotula for showing the motions of the planets, places of the sun and moon, &c. (Rotula Astronomi untuk menunjukkan pergerakan planet, orbitnya terhadap matahari serta bulan, dll.), dan tahun 1743 berangkat ke London, Inggris yang menjadi tempat tinggal sampai akhir hayatnya. Ia menulis berbagai makalah untuk Royal Society of London, dimana ia menjadi Anggota di bulan November 1763,[3] merancang model astronomikal dan mekanikal, dan tahun 1748 memulai kuliah umum untuk filsafat eksperimental. Ini dilakukannya di banyak kota penting di Inggris. Ketertarikannya yang mendalam terhadap subyeknya, penjelasan yang jernih, diagram yang baik dan cerdas, dan peralatan mekanis yang dipakainya membuatna menjadi pengajar tentang ilmu pengetahuan yang paling populer.

Hal ini yang kemudian, sebagai penemu dan penyempurna perangkat ilmiah astronomi dan yang lainnya, serta sebagai contoh yang mencolok untuk pendidikan mandiri, ia klaim sebagai yang paling luar biasa dalam hal ilmu pengetahuan di negaranya. Selama tahun-tahun terakhir kehidupannya ia menerima pensiun £ 50 dari pendanaan abadi kerajaan. Ia meninggal di London tanggal 17 November 1776 dan dimakamkan di halaman gereja St Marylebone.

Karya[sunting | sunting sumber]

Karya penting Ferguson yang dipublikasikan diantaranya:

  • Astronomical Tables (1763)
  • Lectures on Select Subjects (edisi pertama, 1761, disunting oleh Sir David Brewster tahun 1805)
  • Astronomy explained upon Sir Isaac Newton's Principles (1756, disunting oleh Sir David Brewster tahun 1811)
  • Select Mechanical Exercises, with a Short Account of the Life of the Author, written by himself (1773).

Karya otobiografinya termasuk Life oleh E. Henderson, LL.D. (edisi pertama, 1867; kedua, 1870), yang juga berisi penjelasan lengkap prinsip penemuan Ferguson, dilengkapi dengan ilustrasi. Lihat juga The Story of the Peasant-Boy Philosopher, oleh Henry Mayhew (1857).

Referensi[sunting | sunting sumber]


  1. ^ Ferguson, James (1710-1776) (DNB00)
  2. ^ (Inggris) A Philosopher Lecturing on the Orrery (1764-1766), Revolutionary Players, gambar dari Museum dan Galeri Seni Derby, Derby, diakses Juni 2011
  3. ^ (Inggris) [1] diakses 13 Juni 2011