Porselen Pinxton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Poci teh Porselen Pinxton menggambarkan Brookhill Hall

Porselen Pinxton adalah karya-karya porselen yang dibuat oleh John Coke and William Billingsley di Pinxton, Derbyshire, Inggris.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Porselen Pinxton ditemukan di lahan yang disewa dari putra ketiga Pendeta D'Ewes Coke yang memasuki usaha ini dengan pengusaha dan pelukis porselen William Billingsley. Billingsley yang sudah terlatih pada karya-karya Derby dan sekarang terkenal karena kelebihan kualitas lukisan porselennya juga tertarik dalam meningkatkan ramuan porselen yang diperkirakan diambilnya dari Zachariah Boreman.[1] Billingsley akhirnya meninggalkan usaha dan mendirikan toko dekorasi di Mansfield dimana ia menghias peralatan porselen yang diimpor. John Coke melanjutkan usaha dari 1799 sampai 1806, bahkan mengajak Henry Banks sebagai rekanan sejak 1801 sampai 1802.

Coke menikahi Susanna Wilmot pada April 1806 dan meski usaha porselen dilanjutkan di bawah kepemimpinan John Cutts yang menjadi manajer dekorasi sampai 1813, ketertarikan Coke berpindah ke usaha batu baranya di Pinxton dan memindahkan rumah keluarganya ke Debdale Hall.

Ilustrasi poci teh dibuat di Porselen Pinxton dan menampilkan Brookhill Hall yang merupakan rumah John Coke. Poci teh ini adalah bagian koleksi dari porselen Pinxton di Museum dan Galeri Seni Derby, Inggris.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) "Pinxton Porcelain". Encyclopedia Brittanica. Diakses 1 June 2011. 
  2. ^ (Inggris) "Brookhill Hall Teapot". Derby Museums. Diakses 1 June 2011.