Francis Leggatt Chantrey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Francis Leggatt Chantrey
Potret diri (sekitar 1810)
Dikenal karena pematung

Sir Francis Leg(g)att Chantrey (lahir di Norton, Sheffield, 7 April 1781 – meninggal di Sheffield, 25 November 1841 pada umur 60 tahun) adalah seorang pematung Inggris dari era Georgia. Ia meninggalkan Wasiat Chantrey atau Pendanaan Chantrey untuk membeli karya-karya seni untuk negara, yang masih tersisa sejak 1878 setelah wafatnya sang istri yang menjanda.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Francis Leggatt Chantrey dilahirkan di Norton dekat Sheffield (ketika menjadi bagian dari Derbyshire), dimana ayahnya yang seorang tukang kayu memiliki lahan pertanian kecil.

Ayahnya meninggal ketika ia berusia duabelas tahun[1]; dan ibunya menikah lagi, meninggalkannya tanpa masa depan yang pasti. Pada usia limabelas tahun, ia bekerja pada seorang pedagang di Sheffield. Ketika melihat beberapa ukiran kayu di jendela etalase, Ia meminta untuk meminta untuk magang sebagai pematung dan diperbantukan pada Mr Ramsay, seorang pematung kayu dan penyepuh emas di Sheffield. Bakat seninya ditemukan oleh John Raphael Smith, seorang juru gambar dan pematung yang kemudian memberikannya pelajaran melukis.[2] Tahun 1802 Chantrey membayar £50 untuk tidak magang lagi pada Ramsay (meski hanya punya waktu enam bulan untuk melayani). Ia kemudian membuat sebuah studio gambar sebagai seniman potret di Sheffield, yang memungkinkannya mendapatkan pemasukan yang wajar. Ia mengumpulkan uang yang cukup untuk pindah ke London.

Chantry mendapatkan pekerjaan sebagai asisten pemahat kayu, namun pada waktu yang sama juga masih setia sebagai pelukis potret, pembuat patung dada, dan membuat model dari tanah liat. Ditanya kemudian pada masa kehidupan berikutnya, sebagai saksi dalam sebuah persidangan, apakah ia pernah bekerja pada pematung lain, ia menjawab: "Tidak, dan apa kelebihannya, saya tidak pernah sejampun menerima perintah dari seorang pematung dalam hidup saya".[3] Ia melakukan perjalanan ke Dublin, dimana ia jatuh sakit parah dan kehilangan semua rambutnya[4]. Ia kemudian kembali ke London dan melakukan pameran lukisan di Royal Academy dalam beberapa tahun sejak 1804, namun sejak 1807 lebih mengabidikan diri pada karya pahat. Pemahat Joseph Nollekens memperlihatkan ketertarikan pada bakatnya. Tahun 1807 ia menikah dengan sepupunya, Miss Ann Wale,[2] yang memiliki beberapa properti miliknya sendiri. Karya pahatan imajinatif pertamanya adalah sebuah model kepala Satan, yang dipamerkan di Royal Academy tahun 1808. Ia kemudian mengerjakan karya untuk Rumah Sakit Greenwich empat buah patung dada ukuran kolosal dari admiral Duncan, Howe, Vincent dan Nelson; dan kemudian secara cepat reputasinya menyebar sehingga karya patung dada berikutnya yang ia buat yaitu John Horne Tooke, membuatnya mendapat komisi senilai £2.000.

Sejak periode ini ia hampir tidak pernah jeda dalam karya berbayar. Tahun 1819 ia mengunjungi Italia, dan berkenalan dengan pemahat terkenal dari Florence dan Roma. Ia terpilih menjadi rekanan (1815) dan kemudian menjadi anggota (1818) dari Royal Academy, menerima gelar M.A. dari Universitas Cambridge, dan gelar D.C.L. dari Universitas Oxford, kemudian tahun 1835 mendapat gelar Sir (knighted). Ia wafat setelah menderita sakit dua jam, setelah sebelumnya beberapa tahun menderita penyakit hati, dimakamkan dan diberi nisan buatannya sendiri di sebuah gereja tempat ia berasal di Derbyshire (sekarang Sheffield).

Karya[sunting | sunting sumber]

Anak-anak Yang Tertidur (1817) di Katedral Lichfield, menggambarkan dua saudari muda, Ellen-Jane dan Marianne, yang meninggal dalam situasi tragis tahun 1812
Memorial karya Chantrey untuk Isaac Hawkins Browne, seorang politisi Tory, pemilik tambang dan pengarang esei, di geraja paroki Badger, Shropshire, dimana ia menjadi bangsawan.

Karya-karya Chantrey sangatlah banyak. Salah satu yang penting adalah patung George Washington di wisma negara bagian di Boston, Massachusetts; juga George III di Guildhall, London; George IV di Brighton; William Pitt di Hanover Square, London; James Watt di Westminster Abbey dan di Glasgow (juga sebuah patung dada, ditambah William Murdoch, di Gereja St. Mary, Handsworth); William Roscoe dan George Canning di Liverpool; John Dalton di Manchester Town Hall; Lord President Blair dan Lord Melville di Edinburgh, dll. Patung penunggang kuda paling terkenal adalah Sir Thomas Munro di Kolkata, Duke of Wellington di depan London Exchange dan satu karya Raja George IV di Alun-alun Trafalgar. Yang terakhir ini adalah karya berbayar yang diminta dengan cepat oleh raja sendiri, untuk diletakkan di atas Marble Arch di depan Istana Buckingham.[5]

Ia mengerjakan beberapa monumen untuk Katedral St Paul: Jenderal Hoghton; Jenderal Bowes; Jenderal Gore; Jenderal Skerrett; Kolonel Henry Cadogan. Ia juga berperan dalam memorial untuk Sir James Brisbane di Gereja St James, Sydney.

Namun karya terbaik Chantrey adalah karya patung dadanya, dan beberapa karya patung anak-anak. Anak-anak Yang Tertidur yang menggambarkan dua anak tertidur saling berpelukan, membentuk sebuah rancangan monumen di Katedral Lichfield, selalu dipuji karena kecantikan, kesederhanaan dan keanggunannya. Juga patung perempuan Lady Louisa Russell, direpresentasikan sedang berdiri berjingkat dan menggendong seekor merpati di dadanya. Kedua karya ini tampak sebagai sebuah persembahan untuk Thomas Stothard; Chantrey tahu mengenai terbatasnya hal-hal temuan dan komposisinya, dan selalu meminta bantuan pihak lain untuk menyempurnakannya. Pada karya patung dada, ia tidak terbatasi dalam berekspresi, dan menunjukkan kelebihannya. Ia juga mengerjakan beberapa monumen gereja, sebagai contoh diantaranya Earl dari Farnham (1826) di Cavan.[6] Di Museum dan Galeri Seni Derby juga terdapat patung dada yang tidak biasa dari William Strutt dan di gereja Snaith terdapat monumen penting untuk Viscount Downe karya Chantrey.[7] Allan Cunningham dan Henry Weekes[8] menjadi kepala asisten, dan banyak membantu menjadi menyelesaikan karya-karya atas nama Chantrey. Dia juga adalah seorang pria yang ramah dan dengan temperamen bersahabat, dan dikatakan dilahirkan mirip seperti penggambaran William Shakespeare.

Wasiat Chantrey[sunting | sunting sumber]

Pada surat wasiat bertanggal 31 Desember 1840, Chantrey (yang tidak memiliki anak) mewariskan seluruh peninggalannya setelah kematian atau pada perkawinan kedua istrinya (sedikit disebut dalam warisan) memberi kepercayaan pada ketua dan perwalian dari Royal Academy (atau dalam hal bubarnya Royal Academy, pada masyarakat atau perkumpulan yang menggantikannya), penghasilannya dikhususkan hanya pada pengembangan karya seni lukisan dan patung Inggris, "penjualan dengan harga tertinggi yang bisa diperoleh dari karya-karya seninya." Dana boleh dikumpulkan tidak lebih dari lima tahun; karya-karya orang Inggris dan seniman asing, hidup atau mati, dapat diambil sepanjang karya-karya tersebut dikerjakan dalam wilayah Britania Raya, para seniman tinggal selama mengerjakan dan menyelesaikan karya tersebut. Harga yang harus dibayar haruslah "wajar", dan tidak terpengaruh oleh seniman maupun keluarganya dalam pemilihan atau pembelian karya-karya tersebut, yang diperoleh semata-mata dalam upaya pengumpulan dana. Tidak ada komisi atau perintah diberikan, karya-karya tersebut haruslah karya yang selesai sebelum dibeli. Dengan kondisi karya-karya tersebut dibuat dan siap dipamerkan, dengan keyakinan harapan bahwa tujuan pewaris tersebut untuk membentuk dan mendirikan sebuah koleksi publik Seni Rupa Inggris dalam bentuk Lukisan dan Patung, pemerintah daerah harus menyediakan galeri yang layak untuk memamerkannya, dan senilai £300 dan £50 per tahun harus dibayarkan masing-masing pada ketua dan sekretaris Royal Academy, untuk penyelesaian tugas-tugas yang diberikan dalam proses ini.

Lady Chantrey wafat tahun 1875, dan dua tahun kemudian tersedi dana untuk pembelian lukisan-lukisan dan patung-patungnya. Seluruh dana yang terkumpul senilai £105.000 dalam 3% konsolidasi saham, yang (meski berkurang menjadi 2½% pada 1903) menghasilkan pendapatan tahunan bervariasi antara £2.100 sampai £2.500. Galeri-galeri di Museum Victoria dan Albert di South Kensington adalah yang pertama mengadaptasi cara penyimpanan karya-karya yang diperoleh, sampai 1898 Royal Academy mengatur harta peninggalan mewakili pemerintah, untuk pemindahan koleksi pada Galeri Nasional Seni Inggris, yang didirikan oleh Sir Henry Tate di Millbank. Telah disetujui bahwa "Galeri Tate" akan menjadi tempat penyimpanan selanjutnya, dan tidak ada pengaruh seleksi atau eliminasi yang diajukan mewakili pengelola dan direktur Galeri Nasional (Treasury Letter, 18054-98, 7 Desember 1898) sebagai penghormatan atas lukisan-lukisan dan patung-patung yang diserahterimakan dan dari waktu ke waktu dikirimkan untuk melengkapi koleksi. Sejauh itu dirasa bahwa ketentuan semua karya harus selesai dan lengkap untuk memenuhi syarat tanpa terhalang disposisi pendanaan yang dikhususkan untuk patung, dalam kasus model lilin atau cetakan plester sebelum menjadi patung marmer atau tembaga, harus dinilai oleh Sir F Leighton v. Hughes (diputuskan oleh Mr Justice North, persidangan 7 Mei 1888, dalam pengadilan banding sebelum putaran utama, Lord Justice Cotton, dan Lord Justice Fry, persidangan 4 Juni 1889 - disetujui) untuk mengijinkan para pematung yang ditugaskan menyelesaikan patung tembaga atau marmer dari model lilin atau plester, dengan cara pembuatan secara mekanis atau tidak. Namun cara ini, dibatalkan.

Suatu ketidakpuasan muncul dari penafsiran yang dikeluarkan oleh Royal Academy pada ketentuan yang kemudian ditunjukkan pada karya-karya yang diperoleh dan kemudian mulai berkembang di media massa dalam tahun 1903, dan dalam buku tahun 1904, Administration of the Chantrey Bequest oleh Dugald Sutherland MacColl. Sebuah komite pemerintah dibentuk dan sebuah debat dimunculkan di House of Lords oleh bangsawan (earl) Lytton mengarah pada penunjukan pemilihan anggota komite dari House of Lords, yang menjabat dari Juni sampai Agustus 1904. Komite terdiri dari para bangsawan dari Carlisle, Lytton, dan Crewe, dan Lord dari Windsor, Ribblesdale, Newton, dan Killanin, serta para saksi-saksi yang mewakili Royal Academy dan perwakilan institusi seni dan kritikus seni. Laporan (yang diperintahkan dicetak pada 8 Agustus 1904) membuat rekomendasi penting dengan pandangan untuk menghindari kesalahan-kesalahan administrasi sebelumnya, namun tidak menyalahkan Royal Academy. Sebagai balasan atas memorandum dikeluarkan oleh Royal Academy (Februari 1905, diperintahkan dicetak pada 7 Agustus 1905 - Paper 166) tidak menyetujui beberapa rekomendasi, namun menyetujui yang lain baik langsung maupun dimodifikasi.

Sampai 1905 termasuk 203 karya telah dibeli, seluruhnya kecuali dua dari pelukis yang masih hidup dengan biaya mendekati £68.000. Diantaranya 175 adalah cat minyak, 12 cat air, dan 16 patung (10 tembaga dan 6 marmer).

Sampai 1920-an warisan peninggalan Chantrey adalah sumber utama untuk membiayai penambahan koleksi yang kini berada di Tate Britania, dan tetap aktif sampai sekarang.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) D. S. MacColl, The Administration of the Chantrey Bequest, by (London, 1904), a controversial publication by the leading assailant of the Royal Academy;
  • (Inggris) Arthur Fish, Chantrey and His Bequest (London, 1904), a complete illustrated record of the purchases, etc.;
  • (Inggris) H. J. Laidlay, The Royal Academy, its Uses and Abuses (London, 1898), controversial;
  • (Inggris) Report from the Select Cornmittee of the House of Lords on the Chantrey Trust, together with the Proceedings of the Committee, Minutes of Evidence and Appendix (Wyman & Sons, 1904), and Index (separate publication, 1904).
  1. ^ Dictionary of British sculptors,1660-151,Robert Gunnis
  2. ^ a b (Inggris) Burke, Edmund. Annual Register volume 83. hlm. 232. Diakses 30 July 2011. 
  3. ^ (Inggris) Templat:Cite book title=Report of the trial of the cause Carew against Burrell, Bt and another, executors of the late Earl of Egremont
  4. ^ Dictionary of British sculptors,1660-151,Robert Gunnis
  5. ^ (Inggris) "Chantrey's Statue of George IV in Trafalgar Square". Illustrated London News 4: 128. 1844. doi:February 24Check |doi= value (help). Diakses 2 August 2011. 
  6. ^ Potterton, H. (1975) Irish Church Monuments, 1570-1880
  7. ^ Betjeman, John, ed. (1968) Collins Pocket Guide to English Parish Churches: the North. London: Collins; p. 349
  8. ^ (Inggris) "Stevens T. 'Weekes, Henry (1807–1877)', Oxford Dictionary of National Biography (2004)". Oxford University Press. Diakses 2008-03-17. 
  9. ^ (Inggris) [http://books.google.co.uk/books?id=3_nIsyJ8BWMC&pg=PA214&dq=Chantrey+Bequest&hl=en&ei=9csSTdSZJtSxhQe77uW5Dg&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=6&ved=0CDsQ6AEwBQ#v=onepage&q=Chantrey%20Bequest&f=false}

Pranala luar[sunting | sunting sumber]