Joseph Wright

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Joseph Wright
Gambar diri (1780) cat minyak pada kanvas, di Yale Center for British Art
Dikenal karena pelukis

Joseph Wright (lahir di Irongate, Derby, Derbyshire, Inggris, 3 September 1734 – meninggal di Derby, Derbyshire, Inggris, 29 Agustus 1797 pada umur 62 tahun), sering disebut juga Wright dari Derby, adalah seorang pelukis lanskap dan potret dari Inggris. Dia dijuluki "pelukis profesional pertama yang mengekspresikan Revolusi Industri."[1]

Wright tercatat dalam penggunaan efek Chiaroscuro, yang menekankan kontras terang dan gelap, dan subyek yang berpenerangan lilin. Lukisannya tentang lahirnya pengetahuan jauh dari alkimia, sering berdasarkan hasil pertemuan dengan Lunar Society, sekelompok ilmuwan yang sangat berpengaruh dan industrialis yang tinggal di Midlands Inggris, juga merupakan catatan penting dari perjuangan ilmu pengetahuan terhadap nilai-nilai agama pada periode yang dikenal sebagai Abad Pencerahan.

Banyak dari lukisan Wright dimiliki oleh dewan kota Derby, dan dipamerkan di Museum dan Galeri Seni Derby, dari situ kadang dipinjamkan ke galeri lainnya.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Joseph Wright dilahirkan di Irongate, Derby, anak dari John Wright (1697-1767) seorang pengacara, yang kemudian menjadi pegawai kotapraja dan istrinya, Hannah Brookes (1700-1764); ia adalah anak ketiga dari lima bersaudara. Wright belajar pada sekolah dasar Derby dan belajar sendiri untuk menggambar salinan cetakan. Memutuskan untuk menjadi pelukis, Wright pergi ke London pada tahun 1751 dan selama dua tahun belajar pada pelukis potret yang terkenal, Thomas Hudson, master Joshua Reynolds. Setelah melukis beberapa potret beberapa waktu di Derby, Wright kemudian bekerja menjadi asisten Hudson selama limabelas bulan. Pada 1753 dia kembali dan tinggal di Derby dan mengubah gaya lukisan potretnya dengan melukis subyek dengan kesan kuat chiaroscuro menggunakan cahaya buatan, yang mana namanya dikaitkan erat dengan lukisan pemandangan. Pada 1756 Wright masuk kembali ke studio Hudson untuk 15 bulan, berakibat pada persahabatan panjang dengan sejawatnya John Hamilton Mortimer. Wright juga menghabiskan waktu kerja di Liverpool, dari 1768 sampai 1771, melukis potret. Termasuk beberapa potret warga kelas atas dengan keluarganya.

Wright menikahi Ann (juga dikenal sebagai Hannah) Swift, anak perempuan seorang penambang timah, pada 28 Juli 1773[2] dan pada akhir tahun itu mengunjungi Italia, dimana ia tinggal sampai tahun 1775. Wright dan istrinya mempunyai enam orang anak, tiga diantaranya meninggal ketika masih bayi. Ketika di Naples Wright menyaksikan meletusnya gunung Vesuvius, yang membentuk subyek dari beberapa lukisannya kemudian. Sekembalinya dari Italia ia tinggal di Bath sebagai seorang pelukis potret, namun setelah dengan sedikit dukungan ia kembali ke Derby, yang mana ia kemudian tinggal sampai akhir hayatnya. Ia kemudian menderita asma dan gelisah dengan rumahnya, karena masalah ini ia dirawat oleh temannya Dr. Erasmus Darwin. Ann Wright meninggal pada 17 Agustus 1790. Pada 29 Agustus 1797 Wright meninggal di rumah barunya di Queen Street No.28, Derby, dimana dia menghabiskan bulan-bulan terakhirnya dengan dua anak perempuannya.[3]

Wright adalah kontributor rutin dari pameran Masyarakat Seniman, juga untuk Royal Academy, yang kemudian dia diangkat menjadi anggota pada tahun 1781 dan menjadi anggota penuh pada 1784. Namun dia akhirnya menolak satu kehormatan terakhir yang ia yakini sudah diterimanya, dan memutuskan hubungan resmi dengan Akademi, meskipun demikian ia tetap berkontribusi pada pameran dari 1783 sampai 1794.

Dari tahun 1765 Wright berpameran di London, setiap tahun di Masyarakat Artis, 1765-76, dan agak rutin dari 1778 sampai 1794 di Royal Academy. Wright juga berpameran tahun 1778 dan 1783 di Free Society of Artists, dan tahun 1784 dan 1787 di Masyarakat untuk Mempromosikan Seni (Society for Promoting the Arts) di Liverpool. Julukan Wright dari Derby pertamakali diberikan padanya oleh pengulas pameran Gazetteer pada tahun 1768. Pada masa ketika tidak layak menyebut nama Kristen untuk seniman, maka perlu diberikan julukan agar bisa dibedakan antara dua ‘Mr Wrights’ - Joseph Wright, yang berpameran sejak 1765, dan Richard Wright, dari Liverpool, yang berpameran sejak 1762. Untuk memudahkan, julukan Wright dari Derby dipakai hingga saat ini.

Karya[sunting | sunting sumber]

Percobaan pada Burung dalam Pompa Udara, oleh Joseph Wright, 1768, National Gallery, London

Wright terkenal dengan karya terbaiknya yang menggunakan subyek cahaya lilin seperti Tiga Pria mengamati 'Gladiator' (1765), A Philosopher Lecturing on the Orrery (1976), di Museum dan Galeri Seni Derby, dan Percobaan pada Burung dalam Pompa Udara (1768), di National Gallery, London adalah contoh-contoh terbaik. Karyanya Pria Tua dan Kematian (1774) juga merupakan karya yang mencolok dan individu.

Gua di senja hari, oleh Joseph Wright, 1774,
Museum Seni Universitas Smith, Northampton, Massachusetts

Joseph Wright juga melukis Dovedale dalam Cahaya bulan (Dovedale by Moonlight), menggambarkan pemandangan malam pinggir kota dalam bulan purnama. Lukisan ini digantung di The Allen Memorial Art Museum di Oberlin College.[4] Lukisan pendampingnya, Dovedale dalam Terang surya (Dovedale by Sunlight) (sekitar 1784-1785) menggambarkan warna-warna suasana siang. Pada karya lainnya Pemandangan Terang bulan (Moonlight Landscape), di Museum Seni John dan Mable Ringling, Sarasota Florida, sama dramatisnya, bulan dikaburkan oleh lengkung jembatan di atas air, namun dalam suasana bercahaya, membuat air tampak bercahaya kontras dibanding pemandangan yang berkabut. Sebuah karya yang berkesan lainnya dihasilkan ketika berwisata di Danau District adalah Air terjun Rydal (Rydal Waterfall) dari tahun 1795.

Gua di senja hari (Cave at evening) dilukis secara dramatis juga dengan teknik chiaroscuro yang mana Joseph Wright terkenal dengannya. Lukisan diselesaikan pada 1774, ketika ia tinggal di Italia. Perhatikan kesamaannya dengan lukisan di Museum of Fine Arts, Boston, Grotto by the Seaside in the Kingdom of Naples with Banditti, Sunset (1778).[5]

Lukisan Abad Pencerahan Inggris[sunting | sunting sumber]

Wright punya kedekatan pribadi dengan awal industrialisasi di daerah Midlands. Dua dari panutan pentingnya adalah Josiah Wedgwood, yang punya reputasi dengan industrialisasi pembuatan tembikar, dan Richard Arkwright, yang dianggap sebagai pencetus sistem pabrik di industri katun. Satu dari murid Wright, William Tate, adalah paman dari pria eksentrik pembuat terowongan Joseph Williamson dan juga yang menyelesaikan karya-karya Wright setelah kematiannya. Wright juga mempunyai hubungan dengan Erasmus Darwin dan anggota lainnya dari Lunar Society, yang beranggotakan para industrialis utama, ilmuwan, dan filsuf. Meski pertemuan-pertemuan diadakan di Birmingham, Erasmus Darwin, kakek dari Charles Darwin, tinggal di Derby, dan beberapa lukisan Wright, yang kebanyakan dikenal karena menggunakan pencahayaan dan bayangan yang baik, umumnya mendapat inspirasi dari pertemuan Lunar Society. Percobaan pada Burung dalam Pompa Udara (1768), menunjukkan orang yang berkumpul memperhatikan percobaan perihal udara dan kemampuannya untuk mendukung kehidupan.

Ahli Alkimia Menemukan Fosfor, oleh Joseph Wright, 1771

Ahli Alkimia Menemukan Fosfor (1771) menggambarkan penemuan elemen fosfor oleh ahli alkimia Jerman Hennig Brand tahun 1669. Sebuah termos kaca berisi cairan urin yang bayak dimasak dan terlihat meledak bercahaya karena fosfor, yang terkandung dalam urin menyala secara spontan di udara.

A Philosopher Lecturing on the Orrery menampilkan mekanisme awal untuk menunjukkan pergerakan planet di sekeliling matahari. Ilmuwan Skotlandia James Ferguson (1710–1776) mengadakan serangkaian kuliah di Derby pada Juli 1762[6][7] berdasarkan bukunya Pelajaran pada Subyek Pilihan untuk Mekanika, Hidrostatik, Pneumatik, Optik, dll.. (1670). Untuk menggambarkan pelajarannya, Ferguson menggunakan berbagai mesin, model dan alat. Wright kemungkinan menghadirinya, khususnya ada tiket yang disediakan oleh John Whitehurst, tetangga dekat Wright, seorang pembuat jam dan ilmuwan. Wright juga telah melukis pengetahuan praktis Whitehurst dalam mempelajari lebih dalam tentang orrery dan cara mengoperasikannya.

Lukisan fakta ini dianggap juga memiliki arti metafora, ledakan menjadi cahaya dari bahan fosfor di depan sosok yang seperti berdoa menggambarkan masalah transisi dari keimanan menuju pemahaman ilmu pengetahuan dan pencerahan, dan berbagai ekspresi pada sosok di lukisan burung dalam pompa udara menandakan perhatian pada kemungkinan kurangnya peri kemanusiaan pada ilmu pengetahuan masa mendatang.[8] Lukisan-lukisan ini mewakili posisi yang tinggi dari penelitian ilmiah yang mulai melemahkan kekuatan agama pada masyarakat Barat. Sekitar sepuluh tahun kemudian, ilmuwan menghadapi masalah pada Revolusi Perancis tahun 1789, pada puncak pemikiran pencerahan. Joseph Priestley seorang anggota Lunar Society, meninggalkan Inggris pada 1794 setelah laboratoriumnya di Birmingham dihancurkan dan rumahnya dibakar habis oleh perusuh yang disebabkan oleh ucapan Priestley mendukung Revolusi Perancis. Di Perancis, ahli kimia Antoine Lavoisier dihukum mati dengan guillotine pada puncak Pemerintahan Teror. Politisi dan filsuf Edmund Burke, pada tulisannya yang terkenal Refleksi Revolusi di Perancis (1790), mengaitkan filsuf alam, khususnya Priestley, pada Revolusi Perancis; ia kemudian menulis Surat kepada Tuan Yang Mulia (1796) bahwa kelompok radikal yang mendukung ilmu pengetahuan di Inggris "para penanggung jawab eksperimen ilmiah yang tidak lebih seperti tikus dalam pompa udara".[9] Sejalan dengan komentar ini, Wright melukis burung dalam pompa udara, yang selesai lebih dua puluh tahun sebelumnya, tampaknya cukup persis menggambarkan situasi.

Bertolak dengan latar belakangnya Charles Darwin, cucu dari warga Derby dan anggota Lunar Society, Erasmus Darwin, menambah konflik antara ilmu pengetahuan dan pemahaman religi setengah abad kemudian, dengan publikasi bukunya Asal-usul Spesies tahun 1859.

Memorial[sunting | sunting sumber]

Monumen Orrery
Joseph Wright 6th Form Centre

Tempat kelahiran Wright di Irongate 28, Derby diperingati dengan keberadaan sebuah orrery di trotoar di dekatnya.

Joseph Wright dimakamkan di pemakaman Gereja Santo Alkmund, Derby. Gereja itu secara kontroversial telah diruntuhkan pada tahun 1968 untuk membuat satu seksi besar dari jalan cincin dalam yang memotong pusat kota, dan kini berada di bawah jalan. Jasad Wright dipindahkan ke Pemakaman Jalan Nottingham. Tahun 1997, batu nisannya diletakkan di samping Katedral Derby, dan tahun 2002 dimasukkan dalam dinding pemakaman di tempat yang lebih baik dan dekat memorial yang mudah dikunjungi, Bess di Hardwick.[10]

Tempat bernama Joseph Wright juga diberikan pada bangunan di Cathedral Row, Derby yaitu John Wright 6th Form Centre. Pusat John Wright ini dibuka tahun 2005 sebagai lokasi andalan baru untuk Derby College. Perguruan tinggi ini dinamai dengan nama pelukis abad ke-18 karena karya seninya menangkap kemajuan ilmiah dan banyak teknologi dari zaman Revolusi Industri. Sesuai dengan semangat prestasi John Wright, gedung pusat baru itu menjadi tempat yang ideal untuk memajukan karir.[11]

Karya lainnya[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

D'Ewes Coke istrinya, Hannah, dan sepupunya Daniel Coke, oleh Wright, kanvas. 1782

Referensi, catatan, dan sumber[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) F. D. Klingender; quoted in Ellis Waterhouse, Painting in Britain 1530 to 1790, Fourth Edition, New York, Viking Penguin, 1978; p. 285.
  2. ^ (Inggris) "Joseph Wright of Derby Biograph". Diakses 2007-12-01. 
  3. ^ (Inggris) "Joseph Wright of Derby Biograph". Diakses 2007-12-01. 
  4. ^ (Inggris) Joseph Wright of Derby at the Allen Memorial Art Museum
  5. ^ MFA.org
  6. ^ (Inggris) "Joseph Wright of Derby: Art, the Enlightenment and Industrial Revolution". Diakses 2007-11-23. 
  7. ^ (Inggris)See article: Baird, Olga; Malcolm Dick. "Joseph Wright of Derby: Art, the Enlightenment and Industrial Revolution". Diakses 2007-11-23. .
  8. ^ (Inggris) See article: Baird, Olga; Malcolm Dick. "Joseph Wright of Derby: Art, the Enlightenment and Industrial Revolution". Diakses 2007-11-23. .
  9. ^ (Inggris) Ourcivilisaion.com
  10. ^ (Inggris) "Photographs around Iron Gate & Sadler Gate in Derby City Centre, England". Diakses 2007-12-01. 
  11. ^ (Inggris) "Website, with photos, of the Joseph Wright Centre, Derby College.". Diakses 2009-06-08. 
  • (Inggris) Joseph Wright of Derby: painter of light, 2 vols, B. Nicolson, (1968)
  • (Inggris) The life and works of Joseph Wright, commonly called ‘Wright of Derby’, W. Bemrose, (1885)
  • (Inggris) Wright in Italy, D. Fraser, (1987)
  • (Inggris) Joseph Wright of Derby, J. Wallis, (1997)
  • (Inggris) ‘Wright of Derby: Gothick realist’ in Art News [USA], R. Rosenblum, , 59/1 (March 1960), 24–7, 54
  • (Inggris) ‘Addenda to Wright of Derby’, B. Nicolson, Apollo, 88 (1968), suppl. Notes on British art, 12, pp. 1–4
  • (Inggris) ‘Wright of Derby: addenda and corrigenda’, B. Nicolson, Burlington Magazine, 130 (1988), 745–58
  • (Inggris) Joseph Wright of Derby: Das Experiment mit der Luftpumpe: eine heilige Allianz zwischen Wissenschaft und Religion, W. Busch, (Frankfurt am Main, 1986)
  • (Inggris) Painting for money: the visual arts and the public sphere in eighteenth-century England, D. H. Solkin, 214–46 (1993)
  • (Inggris) Andrew Graciano, “‘The Book of Nature is Open to All Men’: Geology, Mining and History in Joseph Wright’s Derbyshire Landscapes” The Huntington Library Quarterly (68: 4, 2005), 583-600.
  • (Inggris) Andrew Graciano, “Shedding New Botanical Light on Joseph Wright’s Portrait of Brooke Boothby: Rousseauian Pleasure versus Medicinal Utility” Zeitschrift für Kunstgeschichte (3:2004), 365-380.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]