Peter Perez Burdett

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peter Perez Burdett

"Head of a Man" - satu dari karya seni dimana Burdett dijadikan model.
Lahir sekitar 1734
Eastwood[1]
Meninggal 9 September 1793[1]
Karlsruhe
Kewarganegaraan Inggris
Pekerjaan Pembuat peta, Seniman
Pasangan 1. Hannah
2. Friederike Kotkowski[1]
Anak Anna Periez(sic) Burdett m. Friedrich Gf v Nostitz-Rieneck
Orang tua William dan Elizabeth Burdett[2]

Peter Perez Burdett (perkiraan lahir tahun 1734 – 9 September 1793) adalah seorang pembuat peta, surveyor, seniman, dan penggambar teknik berasal dari Eastwood. Di Essex ia mewarisi sebuah perumahan kecil dan nama Perez dari nama asal kakeknya yang adalah seorang pelayan gereja disitu.[2].

Ia dikenal karena tampilnya dalam beberapa lukisan Josep Wright, namun ia juga terkait dalam beberapa proyek termasuk survei pada jalur utama untuk proyek besar dari revolusi industri, yaitu Kanal Leeds dan Liverpool tahun 1769. Ia disebut sebagai "jika tidak berada di pusat setidaknya berada di penumbra dari Lunar Society Birmingham".[3] Ia menghabiskan sisa hidupnya di Karlsruhe, menghindari para penagih hutang, namun masih aktif di perkumpulan Jerman. Anak perempuan Jermannya menikah dengan seorang Count (pangeran).

Biografi[sunting | sunting sumber]

Burdett dilahirkan tahun 1734 atau 1735 di Eastwood, Essex, putra dari William dan Elizabeth Burdett. Ia mewarisi sebuah perumahan kecil dan nama Perez dari nama asal kakeknya yang adalah seorang pelayan gereja disitu.[2] Sedikit hal diketahui mengenai masa mudanya sampai Burdett bertemu Joseph Wright pada awal tahun 1760-an dan ia bisa meminjam uang darinya untuk pembuatan peta.[4]. Burdett adalah model untuk beberapa lukisan Wright dan ia memperoleh keuntungan dari persahabatan ini untuk keuangannya dimana Burdett menggambarkan poin penting tentang Wright.[4]

Sekitar tahun 1766 Wright melukis A Philosopher Giving that Lecture on the Orrery, in which a Lamp is put in place of the Sun (kadang disingkat saja sebagai The Orrery). Lukisan menggambarkan kuliah umum mengenai sistem tatasurya, dengan lampu ditempatkan pada posisi matahari menerangi permukaan orrery dan wajah-wajah pemerhati. Konsisten dengan tema astronomi, wajah-wajah yang diterangi sebagian bisa juga menampilkan fase bulan. Sosok di sebelah kiri dari filsuf jelas diidentifikasi sebagai Burdett sementara pria di sebelah kanan kemungkinan besar Washington Shirley, the Earl of Ferrers dimana Burdett tinggal bersamanya di Staunton Harold dekat Leicestershire. Earl, seperti halnya Burdett, tertarik pada ilmu pengetahuan dan kemudian memiliki lukisan ini.

Tahun 1767 ia membuat peta Derby dengan skala 1 inci banding 1 mil. Dengan peta ini Burdett menjadi diakui yang berhasil kedua dari tantangan yang dibuat oleh Society of Art tahun 1759 tentan siapa yang bisa membuat peta kaunti dalam skala tersebut.[5] He produced the aquatint Two Boys Blowing a Bladder by Candle-light. [6]

Liverpool[sunting | sunting sumber]

Peter dan istrinya Hannah oleh Joseph Wright

Tahun 1768, Burdett pindah dari Derby ke Liverpool untuk membuat peta Lancashire setelah ia berhasil untuk Derbyshire. He mendapatkan atasan baru dan membantu George Perry untuk peta dan sejarah Liverpool. Burdett membuat gambar dan beberapa keterangan bangunan penting untuk sejarah Perry tahun 1773.[4]

Burdett sangat berhasil dalam mengenal dan memanfaatkan kenalan-kenalan barunya sampai ia mengundang temannya, Wright untuk bergabung dengannya di Liverpool. Ini juga merupakan tindakan yang berhasil juga untuk Wright, ia dengan cepat mendapatkan pekerjaan-pekerjaan melukis dari keluarga terpandang dan pedagang di Liverpool. Kemudian Burdett yang mendirikan Society of Artists pada tahun 1769 di Liverpool dan menjadi direkturnya yang pertama.[4]Akademi dengan Penerangan lampu (Academy by Lamplight), sebuah lukisan tahun 1768-1769 oleh Joseph Wright diperkirakan adalah akademi milik Burdett.

Dua Anak Meniup Balon dengan Terang lampu (Two Boys Blowing a Bladder by Candle-light). Karya awal akuatin oleh Burdett dari karya Joseph Wright.

Seniman akuatin Inggris pertama diperkirakan adalah Burdett, yang memamerkan tiga karya akuatin pertama tahun 1772.[7] Burdett menguaskan asam langsung pada dasar lukisan akuatin, hanya menggunakan vernis untuk membatasi area yang luas dari nuansa warna tunggal. Tekniknya menjadi bahan cerita dan berbeda dengan metode awal yang dikembangkan di Perancis.[7] Burdett mempublikasikan karya akuatin pertama berdasarkan karya John Hamilton Mortimer, ia juga kadang menjual proses karyanya pada pembuat peta lainnya, Paul Sandby.[2] Burdett juga mengembangkan proses penyalinan karya akuatin ke gerabah; namun tidak berhasil.

Peter Perez Burdett - pembuat peta kemungkinan James Ferguson atau Isaac Newton? Earl Ferrers yang membeli lukisan ini Gunakan kursor (Klik "i" untuk membesarkan)
A Philosopher Lecturing on the Orrery oleh Joseph Wright. Gunakan kursor untuk melihat siapa orangnya.[8]

Burdett mempelajari teknik akuatin dari J.B. Le Prince dari Paris[9]. Ia menunjukkan dua keping cetaknya di Pameran Society of Arts tahun 1772, Etsa tiruan dari Lukisan yang dapat dicuci (An Etching in imitation of a Wash Drawing) dan Etsa dari rancangan Mr. Mortimer (An Etching from a design of Mr. Mortimer). Tahun 1773 ia memamerkan keping cetak bertajuk Efek pewarnaan gambar yang dibuat dengan mencetak dari keping hasil proses kimia, tanpa menggunakan peralatan pahat (The effect of a stained drawing attempted by printing from a plate wrought chemically, without the use of any instrument of sculpture). Masih terdapat tiga karya lain Burdett, Penyamun Menakuti Nelayan (Banditti Terrifying Fishermen) tahun 1771 dan Kerangka di Pantai Berbatu (Skeleton on a Rocky Shore), keduanya diambil dari karya pelukis J.H. Mortimer, dan Dua Anak Meniup Balon dengan Terang lampu (Two Boys Blowing a Bladder by Candle-light) dari kara Joseph Wright. Sebuah salinan karya akhir di Perpustakaan Umum Liverpool terdepat tulisan dibaliknya “First Speciman of aquatinta invented in Liverpool by P.P. Burdett, 1774, assisted by Mr. S. Chubbard.” (“Conto awal teknik akuatin yang ditemukan di Liverpool oleh P.P. Burdett, 1774, dibantu oleh Mr. S. Chubbard.”

Seniman Paul Sandby belajar teknik dasar akuatin dari Hon. Charles Greville, yang mempelajari pengetahuan ini jika tidak dari Burdett atau Le Prince. Sepertinya Greville menerima informasi yang tak lengkap, dan Sandby kesulitan membuat keping cetak dengan metode Le Prince yang melakukan pengayakan gondorukem (rosin) di permukaannya. Ia menemukan bahwa melarutkan gondorukem dan mengambangkannya pada tembaga menghasilkan efek yang lebih baik.

Benjamin Franklin menulis pada Burdett tanggal 21 Agustus 1773 “I should be glad to be inform’d where I can see some example of the new Art you mention of printing in Imitation of Paintings. It must be a most valuable Discovery: but more likely to meet with adequate Encouragement on this side the water than on ours.” (terjemahan bebas: “Saya akan senang untuk memberikan informasi dimana saya bisa melihat beberapa contoh dari Seni baru Anda yang menyebutkan pencetakan Tiruan Lukisan. Ini merupakan Penemuan paling berharga: tetapi lebih cenderung untuk lebih sesuai untuk Dorongan semangat yang memadai pada sisi Anda dibanding pada sisi kita”)[10]

Tahun 1771 ia membuat "Peta Pelabuhan Liverpool" ("A Chart for the Harbour of Liverpool").[11] and in 1772 Survey of the County Palatine of Chester [12].

Karlsruhe[sunting | sunting sumber]

Tahun 1774 ia meninggalkan Liverpool untuk menghindari tagihan hutang, dan masuk ke wilayah Charles Frederick, Adipati Baden.[13] Menariknya, ia membawa lukisan dirinya dan istrinya namun meninggalkan istrinya untuk menghadapi para penagih hutangnya. Lukisan Burdett dan istrinya kini berada di Galeri Nasional di Praha. Kemudian dipamerkan di Liverpool. Untuk kedua kalinya lukisan ini terlihat di Inggris sejak dibawa Burdett meninggalkan Liverpool pada abad ke delapan belas.

Ia tidak meninggalkan seluruh temannya, Joseph Wright mengunjunginya tahun 1774 di daerah selatan Jerman.[1] Ia menikah lagi dengan Friederike Kotkowski di Jerman tanggal 11 Juli 1787[1] dan mendapatkan anak perempuan Anna yang kemudian menikah dengan seorang Count (pangeran). Pada tahun yang sama ia menggambar rencana untuk pasar Karlsruhe yang garis besarnya masih terlihat dari tata ruang bangunan saat ini.[14]

Burdett wafat di Karlsruhe tanggal 9 September 1793.

Ia melakukan korespondensi dengan Benjamin Franklin[13] yang menjadi anggota pendiri Lunar Society di Birmingham termasuk beberapa tokoh seperti Erasmus Darwin, John Whitehurst, Matthew Boulton, Joseph Priestley, Josiah Wedgwood dan James Watt. Burdett juga digambarkn sebagai "if not in the centre at least in the penumbra of the Lunar Society of Birmingham" ("jika tidak berada di pusat setidaknya berada di penumbra dari Lunar Society Birmingham"). [3]

Karya besar[sunting | sunting sumber]

  • Peta survei Derbyshire dibuat oleh Peter Perez Burdett (1762-1767)
  • Two Boys Blowing a Bladder by Candle-light. Sebuah lukisan akuatin setelah Joseph Wright[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e (Jerman) Karlsruhe (di Jerman) diakses 17 Juni 2008
  2. ^ a b c d (Inggris) Oxford Dictionary of National Biography
  3. ^ a b (Inggris) [Taking Notes on the Left’: The Shadowy Career and Thwarted Ambitions of Peter Burdett], Paul Laxton, UoL, Eighteenth-Century Worlds Research Centre (University of Liverpool) & Walker Art Gallery (NML), 16-17 November 2007, Merseyside Maritime Museum, Liverpool
  4. ^ a b c d (Inggris) Liverpool Museums diakses 17 Juni 2008
  5. ^ (Inggris) "Burdett's map of Derbyshire 1767". A History of the World in 100 Objects. BBC.co.uk. Diakses 27 January 2011. 
  6. ^ a b (Inggris) Timeline of art History
  7. ^ a b (Inggris) The Museum of Modern Art, accessed 17 June 2008
  8. ^ (Inggris) A Philosopher Lecturing on the Orrery (1764-1766), Revolutionary Players, gambar dari Museum dan Galeri Seni Derby, Derby, diakses Juni 2011
  9. ^ Mackenzie, I. (1987), British Prints, a Dictionary and Price Guide, Art Collectors' Club, Suffolk. ISBN 0-902028-96-0
  10. ^ Godfrey, R.T. 1978, Printmaking in Britain, Phaidon, Oxford. Page 59. ISBN 0-7148-1838-0
  11. ^ (Inggris) Origins of Britain's First Lifeboat Station
  12. ^ Bonhams & Brooks
  13. ^ a b The Papers of Benjamin Franklin
  14. ^ Zur Südentwicklung der Karlsruher Innenstadt by von Rudolf J. Schott, accessed 19 June 2008

Pranala luar[sunting | sunting sumber]