Filsuf dengan Cahaya lampu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Joseph Wright of Derby. A Philosopher by Lamp Light. exhibited 1769.jpg
Filsuf dengan Cahaya lampu
(Inggris: A Philosopher by Lamplight)
Joseph Wright, 1769 (1769)
Cat minyak di atas kanvas
128,2 × 102,9 cm, 50,47 × 40,51 in
Museum dan Galeri Seni Derby, Derby

Filsuf dengan Cahaya lampu (A Philosopher by lamplight juga dikenal sebagai A Hermit studying anatomy) adalah lukisan karya Joseph Wright. Tidak diketahui kapan Wright melukisnya, namun dipamerkan pertama kali tahun 1769 di London bersama Society of Artists. Lukisan ini adalah salah satu lukisan awal dari banyak gaya lukisan pencahayaan lampu atau lilin yang membuat Wright terkenal.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Lukisan ini dijelaskan pada katalog penjualan tahun 1801 sebagai lukisan pendamping dari Ahli Alkimia Menemukan Fosfor. Masing-masing dengan sosok utama di latar depan dan dua sosok tambahan di belakangnya, keduanya bersuasana malam dan menampilkan pria tua sedang melakukan penelitian ilmiah.[1]

Lukisan menunjukkan seorang pria tua yang diperkirakan adalah filsuf atau peziarah, meneliti sekumpulan tulang manusia di gua berpenerangan lampu. Dua pria yang lebih kecil, atau anak-anak lelaki, berpakaian seperti peziarah (diidentifikasi dari kerang kipas di topinya: sebagai simbol dari St. James) kelihatan sedang mendekatinya. Ukuran dari sosok-sosok ini terlihat kecil sekali dibanding sosok utama di lukisan. Diluar gua pemandangan gelap diterangi cahaya bulan yang keluar dari awan. Kerang kipas adalah lambang dari peziarah, namun juga merupakan lencana keluarga Darwin termasuk Erasmus Darwin yang menjadi anggota utama Lunar Society dan Derby Philosophical Society yang merupakan tokoh kunci dari abad pencerahan.

Demokritos sedang Bermeditasi oleh Salvator Rosa.

Para ahli percaya bahwa lukisan ini berdasar dari karya Salvator Rosa berjudul Demokritos sedang Bermeditasi. Teman Wright John Hamilton Mortimer adalah pengikut Rosa, jadi ada kemungkinan Wright pernah melihat karya Rosa atau karya cetak luksannya.[2] Demokritos adalah filsuf Yunani yang dikenang karena mengolok-olok kekonyolan umat manusia.

Meski subjudul lukisan adalah Hermit Mempelajari Anatomi, perilakunya terhadap tulang-belulang yang ia pegang tidak terlalu memperlihatkan keseriusan penelitian. Ia dikelilingi oleh simbol-simbol kefanaan manusia termasuk diantaranya kerangka manusia, sebuah lampu yang hampir kehabisan bahan bakar, bulan dan jam pasir. Bulan juga merupakan simbol dari Lunar Society dimana Wright sangat erat terkait meskia ia tidak pernah menjadi anggota.

Keasyikan sang filsuf dan keragu-raguan dari dua peziarah bisa merefleksikan sikap pemahaman terhadap ilmu pengetahuan baru dan pencerahan pada masa kehidupan Wright.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Nicolson, Benedict; Mellon, Paul (1968). Joseph Wright of Derby: Painter of light, Volume 1. Taylor & Francis. 
  2. ^ (Inggris) "Art treasure - A Hermit". Diakses 8 June 2011. 
  3. ^ (Inggris) "Joseph Wright of Derby - A Philosopher by Lamp Light". Diakses 8 June 2011.