Earthstopper

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Earthstopper
SenimanJoseph Wright
Tahun1773 (1773)
Tipecat minyak pada kanvas
LokasiMuseum dan Galeri Seni Derby, Derby

Earthstopper on the Banks of the Derwent (atau diterjemahkan bebas Penutup lubang di Tanggul Sungai Derwent) adalah lukisan Joseph Wright yang selesai tahun 1773. Lukisan ini menggambarkan seorang pria menutup lubang di malam hari di tanggul Sungai Derwent di Derbyshire.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Lukisan ini memperlihatkan seorang pria yang menutup lubang rubah agar perburuan rubah keesokan harinya bisa membunuh rubah ketika hewan itu tidak mempunyai kesempatan untuk bersembunyi di bawah tanah. Pria ini dikenal sebagai Earthstopper.

Joseph Wright dikenal karena lukisan-lukisan yang bertema pencahayaan yang tidak umum dan disini dikombinasikan dengan lanskap. Wright meyelesaikan beberapa lukisan terkenal termasuk lukisan lanskap ketika ia melakukan perjalanan ke Italia dan membuat banyak lukisan termasuk yang menggambarkan letusan gunung Vesuvius. Benedict Nicholson yang pernah punya pengaruh pada Joseph Wright percaya bahwa lukisan ini diilhami oleh baris-baris puisi[1] pada sebuah koleksi yang berkaitan namanya dan untuk melestarikan Hutan Needwood. Baris puisi ditulis oleh Francis Noel Clarke Mundy, yang kemudian menugaskan pembuatan lukisan potret pada Wright termasuk dirinya sendiri. Lukisan potret tiga perempat adalah dirinya dan lima kawannya dalam seragam berburu Mundy. Puisi Mundy adalah:

Whilst as the silver moonbeams rise,
Imagin'd temples strike my eyes
With tottering spire, and mouldering wall,
And high roof nodding to it's fall, -
His lanterns gleaming down the glade,
One, like a sexton with his spade,
Comes from their caverns to exclude
The midnight prowlers from the wood...[2]

Yang diterjemahkan bebas menjadi:

Ketika sinar rembulan keperakan menyingsing,
Terbayang sebuah kuil muncul di mataku,
Dengan puncak menara yang goyah, dan dinding yang retak,
Dan atap yang tinggi bergoyang seakan hendak runtuh, -
Lenteranya berkilauan di permukaan rawa,
Seseorang, seperti penggali kubur dengan sekopnya,
Keluar dari lorong-lorong gelap
Kegelapan tengah malam dirampasnya dari hutan...

Kecenderungan Wright seperti pada lukisan Miravan yang berdasarkan pada literatur, diilhami puisi yang berasal dari kelompoknya seperti Erasmus Darwin dan Anna Seward.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lukisan ini dipamerakan tahun 1773. Dibeli oleh Philip Yorke yang menjadi anggota Royal Society dan menjadi Earl of Hardwicke kedua. Lukisan tetap berada di keluarga Earl sampai dijual oleh fifth Earl[3] yang punya nama lain "Champagne Charlie".[4] Secara kebetulan Charles Yorke (Earl ke-5) dikenal sebagai pemboros dan Disraeli menunjuknya, atas permintaan Pangeran Wales, menjadi Master of the Buckhounds[5] di mana ia mewakili baginda di Ascot. Lukisan itu kemudian dibeli oleh Benedict Nicholson (penulis biografi Wright)[3] kemudian menjual melalui Artfund dan menjadi koleksi Museum dan Galeri Seni Derby.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Nicolson, Benedict (1968). Joseph Wright of Derby:Painter of Light p.97. Taylor & Francis. 
  2. ^ (Inggris) Mundy, Francis Noel Clarke (1776). Needwood Forest p.19. John Jackson. hlm. 52. 
  3. ^ a b (Inggris) "An Earth Stopper on the Banks of the Derwent". artfund.org. Diakses tanggal 30 May 2011. 
  4. ^ (Inggris) "Charles Yorke". Oxford Dictionary of National Biography. Diakses tanggal 30 May 2011. 
  5. ^ (Inggris) F. M. L. Thompson, ‘Yorke, Charles Philip, fifth earl of Hardwicke (1836–1897)’, Oxford Dictionary of National Biography, Oxford University Press, 2004 diakses 30 Mei 2011
  6. ^ "The Earthstopper". Treasures of Derby. derby.gov.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-05-04. Diakses tanggal 29 May 2011.