Louise Rayner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Louise Rayner
Gambar diri (1780) cat minyak pada kanvas, di Yale Center for British Art
Kewarganegaraan  Britania Raya
Dikenal karena pelukis

Louise Ingram Rayner (lahir di Matlock Bath, 21 Juni 1832 – meninggal di St Leonards-on-Sea, 8 Oktober 1924 pada umur 92 tahun) adalah seorang seniman pelukis cat air berkebangsaan Inggris.

Latar belakang keluarga seniman[sunting | sunting sumber]

Louise dilahirkan di Matlock Bath, Derbyshire.[1] Orang tuanya, Samuel Rayner dan Ann Rayner (née Manser) adalah seniman kenamaan, Samuel pernah berpameran di Royal Academy ketika masih berusia 15 tahun. Empat dari saudari Louise - Ann ("Nancy"), Margaret, Rose dan Frances - dan saudaranya Richard juga adalah seniman. Keluarga ini tinggal di Matlock Bath dan Derby sebelum pindah ke London tahun 1842.

Studi artistik dan bimbingan[sunting | sunting sumber]

Louise belajar melukis sejak usia 15, dengan bimbingan ayahnya dan kemudian juga oleh teman-teman keluarga ini seperti George Cattermole, Edmund Niemann, David Roberts dan Frank Stone. Karya pertama yang dipamerkan adalah Interior Kapel Haddon (The Interior of Haddon Chapel), di Royal Academy tahun 1852, yang pertama dari seri cat minyak.

Media cat air[sunting | sunting sumber]

Sejak 1860 medianya berubah menjadi cat air, yang selama 50 tahun kemudian dipamerkan melalui organisasi-organisasi diantaranya Society of Lady Artists, The Royal Academy, Royal Watercolour Society dan Royal Society of British Artists.

Irongate - dari tahun kematiannya (sekarang di Museum dan Galeri Seni Derby

Tinggal di Chester[sunting | sunting sumber]

Ia tinggal di Chester, Welsh Marches namun banyak melakukan perjalanan, melukis pemandangan Inggris, selama musim panas tahun 1870-an dan 1880-an. Lukisannya sangat detail dan indah, menggambarkan suasana jalan menangkap "suasana kuno" dari karakter kota-kota Inggris pada masa perkembangan periode Victorian. Lukisan-lukisannya kini sangat terkenal terutama dicetak sebagai jigsaw puzzle (permainan menyusun potongan gambar). Sekitar tahun 1910 ia pindah bersama saudarinya ke Tunbridge Wells, dan kemudian ke St Leonards, dimana ia kemudian meninggal pada tahun 1924.

Melihat karya aslinya[sunting | sunting sumber]

Koleksi lukisannya disimpan di Museum dan Galeri Seni Russell-Cotes, Bournemouth, Museum dan Galeri Seni Derby[2] dan Museum Grosvenor, Chester, yang menampilkan 23 lukisan cat airnya, koleksi terbesar yang dipamerkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Simon Fenwick, ‘Rayner, Samuel (1806–1879)’, Oxford Dictionary of National Biography, Oxford University Press, 2004 diakses 14 Feb 2011
  2. ^ (Inggris) Rayner, Louise. "Irongate". Picture the Past. Diakses 23 January 2011. 
  • (Inggris) Simon Fenwick, "Rayner, Samuel (1806–1879)", Oxford Dictionary of National Biography, Oxford University Press, 2004 accessed 26 June 2007
  • (Inggris) Louise Rayner, Chester City Council

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kategory:Pelukis Inggris