Llewellyn Jewitt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gambar cetak dari Llewellyn Jewitt. Dibuat sendiri oleh Llewellyn Jewitt berdasarkan patung dada yang dibuat oleh William Henry Goss.
Kapel Jembatan St. Mary, Derby

Llewellyn Frederick William Jewitt (lahir 24 November 1816 – meninggal 5 Juni 1886 pada umur 69 tahun) adalah ilustrator, pemahat, ilmuwan alam dan pengarang dari The Ceramic Art of Great Britain (1878). Karyanya luar biasa dan meliputi banyak hal.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Llewellyn dilahirkan di Kimberworth, Rotherham, anak ke tujuhbelas dan bungsu dari seorang seniman, pengarang dan guru sekolah Arthur Jewitt dan istrinya Martha. Pendidikannya paling banyak dari ayahnya yang menjadi guru di Sekolah Kimberworth Endowed, yang berdiri di Duffield, Derbyshire.

Pada Hari Natal 1838 ia menikah dengan Elizabeth Sage, putri dari Isaac Sage dari Derby, kemudian langsung ke London di hari yang sama agar tidak meninggalkan pekerjaannya.

Dari tahun 1839 sampai 1845 ia bekerja pada pemahat Frederick William Fairholt, untuk membuat ilustrasi karya-karya Charles Knight, dan memberikan kontribusi pada Pictorial Times, The Saturday Magazine, Illustrated London News dan Punch. Ia bekerja di Buckingham Palace tahun 1845, membuat sketsa ruang-ruang istana untuk persiapan karya buku London Interiors.

Antara tahun 1849 sampai 1853 ia adalah pustakawan di Perpustakaan Umum Plymouth kemudian ia kembali ke Derbyshire untuk menjadi editor Derby Telegraph. Tahun 1857, Llewellyn Jewitt menjadi sekretaris Museum Kaunti dan Kota Derby dan Yayasan Sejarah Alam dan dibuka untuk umum setiap Sabtu pagi. Tahun 1858 Derby Philosophical Society bergabung dengan Yayasan Museum dan mereka pidah ke sebuah rumah di Wardwick, Derby.[1] Jewitt membuat jurnal bagi kolektor barang kuno The Reliquary, ia menjadi editor hingga wafat tahun 1886. Ia meninggal di The Hollies, Duffield tahun 1886.

Jewitt menjadi anggota British Archaeological Association dan membantu pendirian Derbyshire Archaeological Society pada tahun 1878.[2] Ia menjadi anggota Society of Antiquaries, menulis banyak artikel tentang barang-barang kuno Inggris dan topografi, menyunting buku panduan wisatawan Black's Guide to Derbyshire (1872).[3]

Buku-buku[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]