Raja Tawanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Raja Tawanan
Inggris: The Captive King
SenimanJoseph Wright
Tahun1772 (1772)
LokasiMuseum dan Galeri Seni Derby, Derby

Raja Tawanan (The Captive King) adalah sketsa karya Joseph Wright diselesaikan tahun 1772 atau 1773. Sketsa ini diperkirakan persiapan dari lukisan yang hilang tentang Perang Salib Prancis Guy de Lusignan di Penjara.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Sketsa berjudul Raja Tawanan memperlihatkan seorang bangsawan Prancis Guy de Lusignan ditahan oleh Saladin. Lusignan melawan Saladin pada 4 Juli 1187 dan ditahan setelah pasukannya menyerah. Diceritakan juga bahwa peninggalan salib asli Yesus juga hilang dalam pertempuran ini.[1] Lusignan yang datang dari dekat Poitiers di Prancis telah menjadi Raja Yerusalem karena pernikahannya. Kemudian Lusignan dibebaskan oleh Saladin dan memerintah Siprus. Sketsa karya Joseph Wright berisi penjelasan dari temannya Peter Perez Burdett.[2] Wright belajar dari Burdett untuk perspektif dan melakukan konsultasi dengannya selama membuat lukisan-lukisan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sketsa ini adalah salah satu dari setidaknya tiga buah di mana Wright membuatnya sebelum melukis dua lukisan yang mirip terkait tertangkapnya pejuang perang Salib. Sketsa ini dikirimkan ke Peter Perez Burdett di Liverpool untuk dikomentari pada musim dingin tahun 1772 sampai 1773 sebelum Wright membuat lukisan yang lebih kecil dan dipamerkan di Society of Artists tahun 1773 dengan salah satu versi dari Bengkel Pandai Besi. Wright berharap menjual salah satu versi Raja Tawanan ke Markgraf Karl Friedrich tahun 1774. Friedrich juga kemudian mempekerjakan Burdett ketika ia pindah ke Jerman menghindari hutang-hutangnya, termasuk uang yang dipinjam dari Wright.[3] Sebuah versi lebih besar dari lukisan dengan ukuran 40 x 50 inci menjadi milik menantu Wrigt setelah terjual tahun 1810. Tidak terdapat laporan mengenai ini di buku Benedict Nicolson tentang karya Wright.[3] Tahun 1774 dan 1778 Wright melukis lukisan dengan subyek yang sama tentang pria yang dipenjarakan, tetapi lukisan-lukisan berikutnya diambil dari novel kontemporer. Yang terakhir adalah Tawanan Sterne dipamerkan tahun 1778.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) A dictionary of military history and the art of war p.350, André Corvisier, John Childs, 1994
  2. ^ (Inggris) Room 4: Gothic Gloom Diarsipkan 2007-09-29 di Wayback Machine., The Tate, London
  3. ^ a b (Inggris) Joseph Wright of Derby:Painter of Light, Benedict Nicolson
  4. ^ (Inggris) "Pictures". Lowell Libson Ltd. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-08-25. Diakses tanggal 30 June 2011.