Raja Tawanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Raja Tawanan
Inggris: The Captive King
Seniman Joseph Wright
Tahun 1772 (1772)
Dimensi 33,6 cm × 39,5 cm (13,2 in × 15,6 in)
Lokasi Museum dan Galeri Seni Derby, Derby

Raja Tawanan (The Captive King) adalah sketsa karya Joseph Wright diselesaikan tahun 1772 atau 1773. Sketsa ini diperkirakan persiapan dari lukisan yang hilang tentang Perang Salib Perancis Guy de Lusignan di Penjara.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Sketsa berjudul Raja Tawanan memperlihatkan seorang bangsawan Perancis Guy de Lusignan ditahan oleh Saladin. Lusignan melawan Saladin pada 4 Juli 1187 dan ditahan setelah pasukannya menyerah. Diceritakan juga bahwa peninggalan salib asli Yesus juga hilang dalam pertempuran ini.[1] Lusignan yang datang dari dekat Poitiers di Perancis telah menjadi Raja Yerusalem karena pernikahannya. Kemudian Lusignan dibebaskan oleh Saladin dan memerintah Siprus. Sketsa karya Joseph Wright berisi penjelasan dari temannya Peter Perez Burdett.[2] Wright belajar dari Burdett untuk perspektif dan melakukan konsultasi dengannya selama membuat lukisan-lukisan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sketsa ini adalah salah satu dari setidaknya tiga buah dimana Wright membuatnya sebelum melukis dua lukisan yang mirip terkait tertangkapnya pejuang perang Salib. Sketsa ini dikirimkan ke Peter Perez Burdett di Liverpool untuk dikomentari pada musim dingin tahun 1772 sampai 1773 sebelum Wright membuat lukisan yang lebih kecil dan dipamerkan di Society of Artists tahun 1773 dengan salah satu versi dari Bengkel Pandai Besi. Wright berharap menjual salah satu versi Raja Tawanan ke Markgraf Karl Friedrich tahun 1774. Friedrich juga kemudian mempekerjakan Burdett ketika ia pindah ke Jerman menghindari hutang-hutangnya, termasuk uang yang dipinjam dari Wright.[3] Sebuah versi lebih besar dari lukisan dengan ukuran 40 x 50 inci menjadi milik menantu Wrigt setelah terjual tahun 1810. Tidak terdapat laporan mengenai ini di buku Benedict Nicolson tentang karya Wright.[3] Tahun 1774 dan 1778 Wright melukis lukisan dengan subyek yang sama tentang pria yang dipenjarakan, namun lukisan-lukisan berikutnya diambil dari novel kontemporer. Yang terakhir adalah Tawanan Sterne dipamerkan tahun 1778.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) A dictionary of military history and the art of war p.350, André Corvisier, John Childs, 1994
  2. ^ (Inggris) Room 4: Gothic Gloom, The Tate, London
  3. ^ a b (Inggris) Joseph Wright of Derby:Painter of Light, Benedict Nicolson
  4. ^ (Inggris) "Pictures". Lowell Libson Ltd. Diakses 30 June 2011.